Air Terjun Kedung Kandang, Pesona Alam Eksotis Nan Menawan di Gunung Kidul

Air Terjun Kedung Kandang, Pesona Alam Eksotis Nan Menawan di Gunung Kidul
Harga Tiket: Rp 8.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Nglanggeran, Kec. Patuk, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

Ada sebuah destinasi wisata alam yang unik untuk dikunjungi, tempat itu adalah Air Terjun Kedung Kandang di Gunung Kidul. Pada umumnya, air terjun berada di pegunungan, namun pada objek wisata ini terletak di area persawahan yang hijau, asri, sejuk dan segar, inilah yang menjadi keunikan nya. Selain itu, beragam daya tarik juga ada di tempat ini, sehingga membuat banyak wisatawan yang tertarik untuk berkunjung.

Daya tarik yang paling fenomenal dari lokasi wisata ini adalah dikelilingi tebing vulkanik yang cantik dan eksotik. Selain itu, keberadaan air terjun di tengah sawah membuat para petani mengatur strategi untuk membuat terasering agar sawah tidak longsor. Hal itu membuat lokasi wisata ini semakin indah mempesona, menyejukkan, dan menyehatkan setiap mata yang memandang.

Daya Tarik Wisata Air Terjun Kedung Kandang

Daya Tarik Wisata Air Terjun Kedung Kandang
Photo by Google Maps Jati Kurniawan

Beragam daya tarik yang ada di Air Terjun Kedung Kandang selalu memikat hati wisatawan dari berbagai usia, baik anak usia sekolah, anak kuliah, hingga orang dewasa. Karena destinasi wisata alam ini selalu dikunjungi oleh pengunjung lokal maupun domestik. Adapun daya tarik tersebut diantaranya sudah kami rangkum berikut!

1. Terasering Sawah yang Indah Mempesona

Saat menyaksikan sawah berlapis di daerah perbukitan, baik secara langsung atau lewat media sosial, mungkin masih kebingungan tentang nama dan fungsinya. Jika melihat keberadaan sawah di perbukitan dan tersusun berlapis, hal itu dinamakan terasering yang bertujuan agar tidak terjadi longsor. Ketika berkunjung ke Air Terjun Kedung Kandang, pengunjung akan mendapat bonus menyaksikan terasering sawah yang indah mempesona.

Inilah yang menjadi tujuan utama dan daya tarik bagi wisatawan, meskipun perjalanan menuju air terjun tidak terlalu jauh, hanya sekitar 1 kilometer saja. Selain itu, medan yang harus dilalui berupa jalan setapak persawahan yang cukup terjal, tetapi relatif aman, meski butuh kewaspadaan, namun tetap cukup seru dan menantang.

2. Dikelilingi Tebing Vulkanik yang Cantik dan Eksotik

Selain terasering sawah yang indah mempesona, daya tarik lain yang ada di destinasi wisata alam Air Terjun Kedung Kandang yaitu dikelilingi tebing vulkanik yang cantik dan eksotik. Meskipun ketinggian air terjun hanya sekitar 25 meter saja, namun posisi yang membelah kawasan persawahan hijau memukau, membuat tempat ini semakin menarik dan estetik.

Apalagi saat air terjun turun dari ketinggian, air mengalir melewati batuan vulkanik berlapis hingga enam tingkatan, hal itu memberikan kepuasan bagi setiap mata yang memandang. Enam susunan batuan vulkanik terlihat sempurna, pada bagian atas, air mengalir turun biasa saja, namun semakin turun ke bawah air mengalir di berbagai area, sehingga terlihat eksotik.

3. Hanya Mengalir Saat Musim Hujan

Perlu diketahui bahwa Air Terjun Kedung Kandang hanya mengalir saat musim hujan tiba, wisatawan disarankan untuk berkunjung pada saat bulan November hingga April. Sebab kisaran bulan tersebut, debit air terjun sangat besar, karena curah hujan tinggi, sehingga pesona air terjun yang cantik, estetik dan eksotik akan tampak begitu sempurna.

Akan tetapi, bagi pengunjung yang tidak sabar menanti dan ingin segera berlibur di musim kemarau, pemandangan alam yang indah mempesona masih bisa dinikmati. Namun, volume air terjun tidak terlalu besar, sehingga air yang mengalir tidak begitu banyak dan deras, hal tersebut mengurangi keindahan dan kecantikan air terjun.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Alamat Air Terjun Kedung Kandang
Photo by Google Maps Kabar Timur Gunung

Keberadaan destinasi wisata alam Air Terjun Kedung Kandang terletak di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogykarta. Jarak tempuh ke tempat wisata ini sekitar 27 kilometer, jika perjalanan dimulai dari Jalan Nasional III Kabupaten Gunung Kidul, sedangkan lama perjalanan hanya 50 menit saja.

Adapun rute perjalanannya adalah sebagai berikut, jika ekspedisi dimulai dari kota Yogyakarta, maka arahkan kendaraan ke Selatan menuju Wonosari. Saat tiba di tempat tersebut, wisatawan akan melalui jalan tanjakan Patuk, dari sini lanjutkan perjalanan hingga ke kawasan pusat informasi wisata Gunung Kidul di Patuk. Setelah itu, arahkan kendaraan menuju ke Timur, ke area wisata bukit Nglanggeran.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Kedung Kandang

Harga Tiket Masuk Air Terjun Kedung Kandang
Photo by Google Maps Matheus Heruwiranto

Tidak membutuhkan banyak biaya jika ingin masuk ke Air Terjun Kedung Kandang, hanya menyiapkan uang sebesar Rp. 8.000 saja untuk harga tiket masuknya. Wisatawan sudah bisa menikmati keindahan panorama alam yang cantik dan eksotik. Selain itu, harga karcis parkir sepeda motor cuma Rp. 2.000 saja, sedangkan untuk retribusi tiket mobil hanya Rp. 5.000.

Jadwal operasional destinasi wisata alam ini di buka mulai hari Senin sampai dengan Minggu, sehingga tidak ada hari libur. Akan tetapi durasi waktu yang disediakan, mulai jam 06.00 hingga jam 16.00. Oleh karena itu, persiapkan waktu untuk berlibur bersama keluarga di hari apapun, namun sesuaikan jam kunjungan anda tidak melebihi jam 16.00.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Menarik Air Terjun Kedung Kandang
Photo by Google Maps Opik Tri Handono

Apabila jadwal kunjungan sudah ditentukan, hal lain yang perlu diketahui adalah kegiatan yang bisa dilakukan saat berada di Air Terjun Kedung Kandang. Tujuannya yaitu agar peralatan dan perlengkapan bisa dipersiapkan sejak awal.

1. Trekking Seru dan Menantang

Jika wisatawan sudah sampai di objek wisata ini, maka letakkan kendaraan di area parkir yang sudah disediakan. Setelah itu, para pengunjung harus sedikit bersabar untuk dapat menikmati keindahan pesona alam air terjun ini. Sebab harus menempuh jarak tidak sampai 1 kilometer, atau sekitar 900 meter, dan hanya bisa di tempuh dengan berjalan kaki, sehingga trekking seru dan menantang.

Lama perjalanan untuk tiba di lokasi wisata membutuhkan waktu tidak lebih dari 1 jam, atau sekitar 50 menit saja. Akan tetapi, anda tidak perlu risau dan galau, sebab medan yang dilalui tidak terlalu terjal dan cenderung aman dan nyaman. Karena banyak alat bantu untuk mendaki, seperti tangga dari bambu, tali dan lainnya.

Selain itu juga di temani pemandangan alam yang indah dan menawan, sehingga perjalanan tidak akan terasa lama dan melelahkan, malah justru menyehatkan dan menyegarkan. Inilah yang menjadi aktivitas menarik dan favorit bagi para pengunjung, bahkan mereka betah berlama-lama.

2. Bermain Air yang Sejuk dan Segar

Saat tiba di lokasi Air Terjun Kedung Kandang, kegiatan menarik lain selain trekking seru dan menantang adalah bermain air yang sejuk dan segar. Jika wisatawan berkunjung saat musim kemarau, keindahan, kesejukan dan kesegaran air terjun kurang begitu terasa. Karena debit air terlalu kecil, sehingga arus yang mengalir dan terjun ke bawah tidak begitu besar dan deras.

Akan tetapi, apabila wisatawan berlibur ke tempat ini pada musim penghujan, maka debit air akan semakin besar, curah hujan tinggi, akibatnya berdampak pada derasnya arus air terjun eksotis ini. Moment tersebut akan memberikan efek yang sejuk dan segar pada arus air yang mengalir, sehingga menjadi aktivitas yang menarik dan seru untuk bermain.

3. Hunting Foto

Enam tingkatan pada Air Terjun Kedung Kandang membuat zona wisata ini sangat cantik, estetik dan eksotik, terasering sawah hijau memukau juga indah mempesona. Sehingga spot tersebut layak di hunting foto untuk mengabadikan moment indah bercengkrama bersama alam. Selain itu, aktivitas menarik yang di kerjakan dengan berbagai pose senyuman, lompatan, dan ekspresi kebahagiaan lainnya, bisa diabadikan dengan foto.

Fasilitas Penunjang di Air Terjun Kedung Kandang

Fasilitas Air Terjun Kedung Kandang
Photo by Google Maps Novia Monica Futri

Destinasi wisata alam Air Terjun Kedung Kandang masih di kelola oleh para pemuda milenial yang tergabung dalam karang taruna dan masyarakat setempat. Sehingga fasilitas tersedia masih sangat terbatas, hanya ada area parkir untuk kendaraan dan toilet bagi wisatawan yang ingin buang air besar dan kecil. Selain itu, ada juga gazebo untuk tempat santai sambil melihat pemandangan.

Jika anda dan keluarga termasuk tipe yang suka berlibur seru dan menantang, maka piknik ke sini merupakan pilihan yang tepat dan pintar. Karena Air Terjun Kedung Kandang sangat cocok bagi mereka yang suka berpetualang, baik pemula maupun yang sudah profesional.