Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Jatimulyo, Kec. Girimulyo, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

Air terjun Kedung Pedut merupakan salah satu objek wisata alam di Kulon Progo, Jogja yang sangat direkomendasikan untuk anda yang ingin berlibur dengan nuansa alam. Air terjun yang satu ini sudah berhasil membuat banyak orang terpukau karena keindahannya. Pasalnya, air terjun ini memiliki dua warna yang sangat indah, yaitu putih bersih dan biru toska.

Tidak heran jika kemudian banyak orang yang tertarik untuk mengunjungi air terjun cantik di Kulon Progo ini. Tidak hanya lokasinya yang menawan, di sepanjang perjalanan pun anda juga akan disambut dengan panorama alam indah nan hijau. Meski begitu, rute yang harus anda lalui cukup sulit dan membutuhkan perjuangan untuk menikmati indahnya Kedung Pedut.

Daya Tarik Wisata Air Terjun Kedung Pedut

daya tarik Kedung Pedut
Photo by Google Maps Wisata Jogja

1. Memiliki Dua Warna

Kawasan air terjun yang dibuka secara resmi untuk umum pada tanggal 15 Februari 2015 ini memang memiliki keistimewaan berupa air terjun yang memiliki dua warna. Warna yang dimiliki oleh air terjun ini adalah putih bersih dan biru toska. Menariknya lagi, pembentukan warna ini terjadi secara alami, bukan karena efek buatan manusia. Menarik, bukan?

Asal dari warna air terjun ini pun berbeda-beda, ada yang mengatakan berasal dari pantulan sinar matahari yang mengenai pecahan bebatuan Pegunungan Menoreh. Sinar inilah yang kemudian menjadikan warna air terjun ini begitu eksotik. Namun, ada pula yang mengatakan jika warna tersebut berasal dari batuan dasar kolam yang melarut secara perlahan.

Larutan dari batuan inilah yang kemudian mengubah warna Air Terjun Kedung Pedut seperti sekarang ini. Namun, yang jelas warna tersebut terbentuk secara alami dan menghasilkan pemandangan indah luar biasa. Anda bisa menikmati keindahan air terjun dengan dua warna ini dalam waktu yang lama.

2. Kesegaran Sumber Mata Air Alami

Pengunjung dan bertandang ke air terjun ini tentu tidak boleh melewatkan kesempatan untuk mencoba airnya yang segar. Bagaimana tidak, air terjun ini berasal dari mata air Mudal yang ada di Pegunungan Menoreh. Mata air ini juga mengalir ke air terjun lainnya yang masih di sekitar Kedung Pedut, yaitu Kembang Soka.

Kesegaran dari mata air alami memang tidak perlu dipertanyakan lagi. tidak hanya segar untuk badan, tapi juga sangat ampuh untuk menyegarkan pikiran yang sedang kacau. Dingin dan segarnya air akan membuat anda betah untuk berlama-lama di sini. Tidak heran jika banyak orang yang berbondong-bondong ingin berkunjung ke sini untuk merasakan kesegaran airnya.

Daya Tarik Wisata Air Terjun Kedung Pedut
Photo by Instagram Ahmadi Kedung Pedut

3. Memiliki 5 Kolam

Air Terjun ini memiliki 5 buah kolam yang masing-masing memiliki kedalaman yang berbeda. Kedung Pedut sendiri memiliki arti kolam yang dalam dan sangat sesuai dengan kondisi kolam yang ada di sini. Kelima kolam tersebut bernama Kedung Lanang, Kedung Wedok, Kedung Anyes, Kedung Merang, dan Kedung Merak.

Kedalamannya berbeda-beda, bervariasi antara 2 hingga 5 meter dan cukup dalam untuk orang dewasa sekalipun. Anda pun tidak disarankan untuk berenang di kolam utama karena memiliki kedalaman yang berbahaya. Untuk itu, anda bisa memanfaatkan kolam lainnya yang lebih aman untuk kegiatan berenang dan berendam diri.

Kelima kedung atau kolam ini juga memiliki air yang berwarna biru toska dan sangat indah jika dipandang dari gardu pandang. Apabila anda tidak ingin bermain basah-basahan, anda bisa menikmati keindahan pemandangan kolam ini dari gardu pandang yang sudah disediakan oleh pengelola objek wisata. Keren, bukan?

4. Suasana Waterpark Alami

Ketika anda berkunjung ke Air Terjun Kedung Pedut, anda akan merasakan sedang berkunjung ke waterpark alami. Memang seperti itulah tampilan yang disematkan untuk air terjun di Kulon Progo ini. Tata letak dan beberapa fasilitas yang tersedia di sini dibuat seolah-olah mirip dengan waterpark, namun dengan versi yang lebih alami dan tradisional.

Terdapat papan seluncur kayu, pancuran air yang terbuat dari bambu, kolam yang terbentuk secara alami, dan masih banyak lagi. Menariknya lagi, di sini juga tersedia banyak spot foto yang bisa anda manfaatkan untuk mendapatkan hasil jepretan yang bagus. Tidak hanya air terjunnya yang indah, susunan batu alami di sekitar kawasan ini juga tidak kalah indah untuk dipandang dan diabadikan.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Lokasi

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Lokasi2
Photo by Instagram Adelia Ratnadita

Untuk bisa menikmati keindahan air terjun ini memang membutuhkan sedikit perjuangan karena ada beberapa jalan yang masih dalam proses perbaikan. Air terjun yang berlokasi di Dusun Kembang, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo ini bisa ditempuh dari Tugu Jogja. Kemudian, anda bisa ambil arah barat ke perempatan Ring Road Demak Ijo.

Setelah itu, anda bisa ambil Jalan Godean hingga tiba di Pasar Godean, lalu lurus saja ikuti jalan menuju Pasar Kenteng. Setelah tiba di Pasar Kenteng, anda bisa melanjutkan perjalanan ke tanjakan Menoreh dan ambil arah ke Goa Kiskendo. Anda akan bertemu dengan pertigaan dan ambil ke arah kiri, lalu jalan sekitar 4 km hingga bertemu dengan Grojogan Mudal.

Dari sini, anda bisa belok kiri ke arah Air Terjun Kembang Soka dan anda akan menemukan petunjuk jalan yang akan menuntun ke lokasi Air Terjun Kedung Pedut. Lokasi air terjun yang berada di Pegunungan Menoreh memang cukup sulit untuk dilalui, terlebih ada beberapa jalan yang kondisi aspalnya rusak dan ada pula yang masih dalam perbaikan.

Meski begitu, di sepanjang perjalanan anda akan ditemani dengan pemandangan yang masih sangat alami dan terdapat beberapa objek wisata lain yang masih dikembangkan. Rasa lelah anda menyusuri jalan untuk tiba di sini akan terbayar lunas dengan indahnya pemandangan di sekitar air terjun. Anda juga bisa menyegarkan diri dengan mandi di kolam air.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam

Harga Tiket Masuk
Photo by Google Maps iin

Biaya yang perlu anda persiapkan untuk menikmati keindahan di salah satu objek wisata kebanggan Kulon Progo Jogja ini sangatlah terjangkau. Anda hanya perlu membayar sebesar Rp 3 ribu per orang dengan tambahan biaya parkir. Untuk kendaraan roda dua dikenakan biaya parkir sebesar Rp 2 ribu dan untuk roda empat atau mobil sebesar Rp 5 ribu.

Dengan biaya tersebut, anda sudah bisa menikmati keindahan air terjun Kedung Pedut sampai puas dan dalam waktu yang lama. Ketika sudah menikmati kesegaran air terjun ini, bisa dipastikan anda akan lupa waktu karena sangat nyaman. Di sekitar air terjun ini juga terdapat air terjun lainnya, sehingga anda bisa mampir ke beberapa lokasi wisata air terjun sekaligus.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan

Aktivitas Seru
Photo by Google Maps Nasi Padang

1. Berenang

Berkunjung ke lokasi wisata air emang kurang lengkap rasanya jika tidak melakukan aktivitas yang berbau dengan air. Berenang adalah kegiatan seru yang bisa andal lakukan di sini karena akan sangat disayangkan jika anda tidak menikmati kesegaran dari air terjun yang bersumber dari mata air alami ini. Terlebih, banyak kedung yang bisa anda coba.

Akan tetapi, pastikan anda tidak berenang di kedung yang dalam karena akan membahayakan diri anda sendiri. Dengan berenang, anda bisa menikmati kesegaran air dari Air Terjun Kedung Pedut yang populer ini. Jangan lupa untuk membawa baju ganti jika anda sudah memutuskan untuk berenang supaya tidak kedinginan setelah berenang.

2. Menikmati Pemandangan

Daya tarik utama yang dimiliki memang pemandangan air terjun yang sangat memukau dan bisa anda nikmati dengan leluasa. Apabila anda tidak ingin bermain air ketika berkunjung ke sini, anda bisa menikmati keindahan dari Kedung Pedut. Pemandangan lokasi ini akan terlihat lebih sempurna jika dinikmati dari atas ketinggian gardu pandang yang sudah tersedia.

Untuk itu, jangan sampai lupa untuk membawa kamera supaya anda bisa mengabadikan pemandangan yang tersaji secara permanen. Sembari menikmati indahnya pemandangan, anda juga akan merasakan kesejukan dan kesegaran alami dari Pegunungan Menoreh. Sangat cocok sebagai tempat untuk melepas penat dari kesibukan.

3. Bermain Air di Pinggir Kedung

Selain berenang, anda juga bisa bermain air di pinggir kedung atau kolam untuk merasakan kesegaran airnya. Mungkin anda adalah orang yang takut dengan kedalaman air, maka aktivitas ini bisa menjadi alternatif untuk anda. Pastikan untuk memilih kolam yang tidak dalam supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, terutama saat musim penghujan.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Air Terjun Kedung Pedut

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Air Terjun Kedung Pedut
Photo by Google Maps Nasi Padang

Fasilitas yang tersedia di lokasi air terjun sebenarnya masih sangat sederhana. Akan tetapi, masyarakat setempat bekerja sama dengan pihak pengelola telah membangun beberapa fasilitas yang setidaknya bisa membuat para wisatawan merasa nyaman selama berada di air terjun hits di Kulon Progo.

Beberapa fasilitas yang bisa dimanfaatkan di lokasi wisata adalah toilet, musala untuk ibadah, ruang ganti, dan beberapa warung makan. Bagi anda yang tidak membawa bekal ketika berkunjung ke sini, anda tidak perlu khawatir karena ada warung makan yang tersedia dan bisa mengobati rasa lapar anda. Selain itu, di sini juga terdapat sebuah jembatan yang terbuat dari bambu.

Jembatan ini biasanya digunakan untuk para pengunjung yang ingin berenang di kolam air terjun dan melompat dari ketinggian. Untuk beberapa pengunjung, cara seperti ini memang terasa lebih menyegarkan dan lebih seru. Anda pun tidak perlu khawatir dengan ketahanan jembatan bambu tersebut karena ada petugas khusus yang bertugas untuk mengecek kondisi materialnya.

Hal ini dilakukan supaya tidak ada hal buruk yang terjadi kepada pengunjung karena sarana dan prasarana yang tidak terjaga dengan baik. Namun, pastikan anda tidak membuang sampah sembarang di sini supaya lingkungan air terjun tetap bersih dan nyaman dikunjungi. Sebab, ada beberapa pengunjung yang tidak peduli dengan hal itu, sehingga membuat lingkungan kotor.

Air Terjun Kedung Pedut memang sangat direkomendasikan sebagai tempat kunjungan wisata alam perairan yang menyenangkan. Sekalipun jalan yang ditempuh tidak mudah dan membutuhkan perjuangan, rasa lelah anda akan terbayar lunas saat tiba di lokasi wisata. Pemandangan alamnya yang asri, udaranya yang sejuk, dan air terjun yang indah menjadi sajian yang tergantikan.

Give a Comment