Air Terjun Sri Gethuk, Air Terjun Eksotis yang Berbalut Mistis di Gunung Kidul

Air Terjun Sri Gethuk, Air Terjun Eksotis yang Berbalut Mistis di Gunung Kidul
Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Mungguran II, Desa Bleberan, Kec. Playen, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

Daerah Gunung Kidul di Yogyakarta tidak hanya terkenal dengan Goa Pindulnya. Nyatanya banyak sekali wisata alam yang terdapat di daerah wisata tersebut. Mulai dari wisata alam berupa goa, pantai, pegunungan, hingga air terjun yang memiliki keunikan dan keindahannya masing-masing. Adapun daya tarik yang dimiliki oleh daerah wisata tersebut juga berbeda beda.

Banyak sekali wisatawan, baik lokal, maupun turis, yang berdatangan ke berbagai daerah wisata di wilayah Gunung Kidul, Yogyakarta. Karena alamnya yang masih sangat asri, menjadi salah satu alasan wisatawan berbondong-bondong datang. Apalagi saat musim liburan tiba, atau bahkan saat akhir pekan, banyak wisatawan yang datang hanya untuk merasakan keindahan alamnya. Tidak dapat dipungkiri, bahwa nyatanya kabupaten ini memiliki banyak sekali daya tarik sehingga mampu mendatangkan wisatawan.

Salah satu dari banyaknya jenis wisata alam yang ada di daerah Gunung Kidul, Air Terjun Sri Gethuk merupakan salah satu air terjun yang tidak kalah hits dengan wisata alam lainnya. Keindahan alamnya yang masih asri, pemandangannya yang masih hijau dipenuhi dengan pepohonan, serta air terjunnya yang mengalir deras menjadi daya tarik dari wisata alam yang menyegarkan ini. Nyatanya, masih banyak daya tarik lainnya yang dimiliki oleh air terjun yang indah ini, maka simak penjelasan berikut untuk mengetahui lebih lanjut.

Daya Tarik Air Terjun Sri Gethuk

Daya Tarik Air Terjun Sri Gethuk
Photo by Google Maps Very Bege

Masing-masing wisata alam pasti memiliki daya tariknya tersendiri. Namun, Air Terjun Sri Gethuk memiliki daya tarik yang khas. Daya tariknya juga telah berhasil mendatangkan banyak wisatawan, baik lokal maupun dari mancanegara. Banyak sekali yang menikmati keindahan alam di sini.

1. Sejarah Mistisnya

Anda mungkin belum mengetahui bahwa di balik keindahan air terjun yang tersaji, ternyata tersimpan segudang sejarah yang belum banyak diketahui. Banyak masyarakat yang berpikir bahwa penamaan dari Sri Gethuk berasal dari nama makanan khas Jawa Tengah, yaitu gethuk. Namun kekeliruan tersebut masih banyak dipercaya. Nyatanya, kata “Gethuk” diambil dari kata “Kethuk” yang merupakan salah satu perangkat gamelan khas Jawa.

Konon katanya, masyarakat setempat percaya bahwa lokasi air terjun tersebut digunakan untuk menyimpan perangkat gamelan kethuk milik makhluk halus yang bernama Jin Anggo Meduro. Percaya tidak percaya, masih banyak masyarakat setempat yang sesekali mendengar bunyi gamelan dari air terjun yang cukup deras ini saat maghrib. Nyatanya, banyak masyarakat setempat yang masih percaya dengan cerita ini. Sehingga sejarah ini masih tetap eksis sampai hari ini dan menjadi salah satu daya tarik yang khas dari Air Terjun Sri Gethuk.

2. Tebing Karst Sekitar Sungai

Wisatawan yang berkunjung tidak hanya disuguhkan oleh segarnya air yang mengalir dan pemandangan yang hijau, tetapi juga disuguhkan tebing layaknya Grand Canyon. Anda bisa melakukan apapun selain berenang, yaitu melompat dari atas tebing untuk merasakan adrenalinnya. Saat menceburkan diri ke sungai, anda akan merasakan sensasi kesegaran dari dinginnya air terjun yang mengalir ke sungai.

Melompat dari tebing dan berenang menikmati air yang segar tidak akan anda rasakan di tempat wisata lainnya. Air Terjun Sri Gethuk yang deras juga menjadi daya tarik untuk para wisatawan yang ingin mencoba bermain air di bawah air terjun langsung. Tebing tersebut juga diselimuti oleh hijaunya tanaman sehingga menambahkan kesan asri. Nyatanya tempat wisata yang telah ada sejak 2017 ini memang masih asri dan belum tercemar sejak dahulu.

3. Suara Gemercik Air yang Menenangkan

Suara gemercik air yang bersumber dari air terjun itu sendiri membuat suasananya menjadi sangat natural. Banyak wisatawan yang menikmati suara gemercik air karena sangat menenangkan. Tidak jarang juga wisatawan yang menikmati gemercik air langsung di bawah air terjun dan bermain air atau bahkan berendam. Walaupun anda tidak bisa berenang, anda tetap bisa menikmati segarnya sungai dan air terjun karena sungainya yang cukup dangkal, namun anda juga harus tetap berhati-hati saat berenang.

Suara ini nyatanya akan membuat anda tenang karena anda akan merasakan seperti di alam bebas. Anda bisa merekam video dan memuat suara gemercik air atau mengambil foto sesuka hati. Gemercik ini sangat banyak masyarakat yang menikmati. Menikmati suara gemercik sambil berenang dan berendam merupakan ide yang bagus.

4. Fenomena Pelangi yang Kerap Muncul

Daya Tarik Dimiliki Air Terjun Sri Gethuk
Photo by Google Maps hafidz muzakki

Di sekitar sungai, anda akan menemukan fenomena pelangi jika beruntung. Lengkungan berwarna warni ini banyak diburu oleh wisatawan. Alasannya adalah karena keindahannya yang berpadu dengan suasananya yang hijau. Nyatanya, fenomena ini akan muncul saat musim hujan tiba.

Anda bisa mengambil foto atau merekam video pelangi jika anda melihatnya. Pasalnya, pelangi tersebut sangat indah. Pemandangan menakjubkan seperti ini tentunya menjadi salah satu daya tarik yang khas dari Air Terjun Sri Gethuk ini. Maka, daerah yang indah ini merupakan tempat wisata yang sangat cocok untuk dikunjungi untuk melepas penat.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Alamat Air Terjun Sri Gethuk
Photo by Google Maps Muhammad Zaky Zakwandarsyah

Air terjun dengan air yang jernih dan menyegarkan, pemandangan yang asri, serta tebing karst yang unik, pastinya membuat anda penasaran. Kalau begitu, anda bisa mengunjungi Air Terjun Sri Gethuk yang terletak di Dusun Menggoran, Desa Wisata Bleberan, Kabupaten Gunung Kidul, Kecamatan Playen, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lebih tepatnya berada di tepi Sungai Oyo, ada di arah tenggara dari pusat kota Yogyakarta.

Adapun rute yang bisa anda ikuti, yakni dimulai dari jalur utama dari Kota Yogyakarta menuju ke arah Jalan Wonosari sampai tiba di Piyungan dan dilanjutkan menuju ke arah Patuk, lalu ke arah Sambipitu sampai anda melihat dengan pertigaan Lanud TNI AU yaitu Lapangan Gading, lalu ambil ke arah kanan yang akan menuju ke Playen sampai perempatan di Pasar Playen dan anda dapat meneruskan perjalanan dengan melihat papan petunjuk arah yang sudah terpasang di sepanjang jalan dan sudah ada dari kisaran 500 meter dari lokasi Pasar Playen.

Kemudian, anda dapat melanjutkan dengan melihat rute perjalanan dengan membuka peta yang ada di ponsel, karena wisatawan akan dihadapkan dengan 2 pilihan jalur yang harus ditempuh. Pertama, jalur dengan melakukan tracking dan menyusuri jalanan yang cenderung sempit dan diapit oleh luasnya hamparan sawah yang jauhnya kurang lebih 450 m, dan masih ditambah lagi oleh anak tangga yang mempunyai sekitar 96 undakan.

Jalur yang kedua dengan menyusuri perairan Sungai Oyo memakai rakit sederhana, yaitu terbuat dari drum dan papan bekas, dan yang akan dibutuhkan untuk perjalanan jalur ini adalah sekitar 7 menit lamanya dan memerlukan biaya sebesar 10 ribu rupiah untuk pulang dan pergi.

Harga Tiket Objek Wisata

Tiket Air Terjun Sri Gethuk
Photo by Google Maps zamimotret

Terkait harga tiket masuk, anda tidak perlu khawatir karena harganya yang terbilang cukup terjangkau untuk semua kalangan. Tidak jauh berbeda dengan destinasi wisata lainnya yang berada di Yogyakarta, yang terbilang sudah disebut murah. Anda hanya perlu membayar biaya untuk masuk sebesar Rp15.000 saja untuk satu orang pengunjung. Harga ini nyatanya sudah mencakup tiket masuk ke wisata Gua Rancang Kencono.

Namun, apabila anda berminat untuk menyewa beberapa perlengkapan yang ada di sini, maka anda harus menyiapkan dana lebih untuk menyewa. Kemudian, anda juga perlu paham bahwa harga dari tiket masuk ke destinasi wisata Air Terjun Sri Gethuk tersebut bisa berubah sewaktu-waktu tanpa adanya informasi yang pasti. Maka dari itu, bisa saja nanti anda akan dimintai biaya tiket dengan harga yang berbeda. Namun, apabila terjadi kenaikan harga, biasanya harganya tidak akan jauh-jauh dari harga harga yang telah disebutkan.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Air Terjun Sri Gethuk
Photo by Google Maps 1001malam

Berbagai kegiatan bisa anda lakukan di Air Terjun Sri Gethuk. Mulai dari berenang hingga berendam saja. Bahkan banyak wisatawan yang hanya berendam. Maka simak lebih lanjut untuk mengetahui apa saja yang dapat dilakukan.

1. Berenang dan Berendam

Jika anda hanya ingin berendam dan berenang, maka tempat yang indah ini adalah tempat yang tepat. Karena tingginya yang cukup dangkal sehingga hampir semua orang bisa menikmati jernihnya air. Anda juga bisa berendam saja. Karena airnya yang segar membuat anda tidak ingin selesai bermain.

2. Cliff Jumping

Kegiatan inilah yang sangat menarik dilakukan. Anda bisa melompat dari tebing karst yang ada di pinggiran pantai. Hal inilah yang membuat Air Terjun Sri Gethuk dikunjungi oleh banyak wisatawan. Ternyata ingin merasakan sensasi cliff jumping dan berenang.

3. Berfoto dengan Latar Air Terjun

Indahnya dan derasnya air terjun cantik tersebut membuat banyak wisatawan yang penasaran. Sebaiknya anda persiapkan peralatan foto untuk berfoto dengan latar belakang air terjun. Anda bisa sepuasnya berfoto di berbagai sisi. Pastinya setiap sisi memiliki suasana yang berbeda.

Fasilitas Wisata di Air Terjun Sri Gethuk

Fasilitas Air Terjun Sri Gethuk
Photo by Google Maps zamimotret

Tempat wisata air terjun yang sangat indah bernama Air Terjun Sri Gethuk ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap dan layak. Fasilitas tersebut misalnya berupa mushola, warung makan, persewaan rakit, persewaan ban dan bahkan pelampung, penitipan barang, dan yang terpenting adalah toilet umum. Fasilitas yang sudah disebutkan itu pun dikelola dan dirawat dengan sangat baik. Maka dari itu, wisatawan dapat berlibur di tempat ini dengan merasa nyaman dan aman.

Kemudian, di sini juga sudah tersedia area parkir kendaraan yang tergolong cukup luas. Jadi, wisatawan yang membawa kendaraan pribadi, baik yang beroda dua maupun empat bisa menitipkannya di area parkir tersebut. Harga untuk parkir pun tidak akan menguras kantong anda. Adapun terkait harga, yaitu untuk motor akan dikenakan biaya 5 ribu rupiah, sedangkan untuk mobil akan dikenakan biaya sebesar 10 ribu rupiah saja.

Itulah berbagai fasilitas yang terdapat di area wisata. Cukup lengkap bukan? Pihak pengelola juga akan terus mengembangkan fasilitas-fasilitas yang ada untuk dapat terus memenuhi kebutuhan para wisatawan. Karena fasilitas ini tentunya dibuat demi kenyamanan para wisatawan yang berkunjung.

Seperti itulah berbagai informasi terkait dengan tempat wisata yang sudah berdiri selama lebih dari 5 tahun yaitu Air Terjun Sri Gethuk. Destinasi wisata alam yang sangat menyejukkan dan menarik untuk dikunjungi. Jadikan tempat wisata yang memiliki panorama yang hijau ini sebagai daftar referensi yang wajib dikunjungi saat anda berada di daerah Gunung Kidul.

Leave a Reply

Your email address will not be published