Air Terjun Sumuran, Air Terjun Indah dengan Batu Tebing Eksotis di Magelang

Air Terjun Sumuran, Air Terjun Indah dengan Batu Tebing Eksotis di Magelang
Harga Tiket: Rp 4.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Seloprojo, Kec. Ngablak, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

Mengunjungi Magelang dengan tujuan berwisata tentunya kurang lengkap jika tidak menyempatkan diri melihat keindahan Air Terjun Sumuran. Keindahannya mampu menghipnotis setiap wisatawan yang datang, tentunya juga anda. Lokasinya yang berada di atas ketinggian lebih dari 1.100 mdpl membuta udaranya sejuk dan terbebas dari polusi udara.

Wajar saja jika lokasinya terletak di ketinggian, karena air terjun cantik ini berada di lereng Gunung Telomoyo. Keindahan yang terpancar bukan hanya dari air yang mengalir, namun juga berbagai pohon yang tumbuh subur di sekitarnya. Batu tebing sebagai landasan utama air yang mengalir berbentuk undakan yang cantik, cocok dijadikan latar belakang foto indah.

Karena lokasinya yang lumayan tersembunyi, masih belum banyak wisatawan yang berkunjung selain hari libur. Selain itu, lokasinya masih minim petunjuk yang mungkin menjadikan alasan lain kenapa jarang dikunjungi. Meski demikian, anda dapat menanyakan kepada warga sekitar mengenai letak persis nya. Warga Magelang terkenal ramah, jadi tentunya mereka sudi untuk menunjukkan keberadaannya.

Daya Tarik Wisata Air Terjun Sumuran

Daya Tarik Wisata Air Terjun Sumuran
Photo by Google Maps Ruwanto

Air Terjun Sumuran juga dikenal dengan air terjun Seloprojo. Nama ini diambil karena lokasinya berada di Desa Seloprojo. Banyak daya tarik yang dimiliki, bahkan nuansa Bali sangat kental saat anda berkunjung, meskipun letaknya di Jawa.

1. Kolam Buatan Unik dengan Pancuran Candi

Dikatakan memiliki nuansa Bali bukan tanpa alasan. Air terjun cantik ini memiliki kolam buatan dengan desain unik. Letaknya persis di sebelah kolam alami yang dilengkapi 3 buah patung candi. Setiap patung memiliki pancuran dengan aliran air sangat deras. Menariknya, ada dua kolam buatan yang menjadikannya seperti undakan, tetapi tidak terlalu luas.

2. Terdapat Sumur di Dalam Kolam

Di kolam utama, tepatnya dibawah turunnya air langsung, terdapat sumur dengan kedalaman sekitar 30 meter. Oleh sebab itulah objek wisata alam di Magelang ini dinamakan Air Terjun Sumuran. Beredar mitos bawah air terjun ini terdapat seekor naga yang menjadi penjaganya. Di sumur itulah katanya naga tersebut bersemayam dan sekaligus menjadi rumahnya.

Daya Tarik Dimiliki Air Terjun Sumuran
Photo by Google Maps Wahyu Setiawan

3. Batu Tebing Eksotis

Tidak perlu diragukan lagi dalam hal eksotisme air terjun atau curug ini. Air yang mengalir tidak langsung terjun ke kolam, melainkan melewati batu tebing terlebih dahulu. Batu tebing memiliki undakan kecil seperti lapisan yang dialiri air. Tampak jelas cipratan air setiap kali menyentuh permukaan batu tersebut. Debit air yang tidak terlalu deras membuatnya semakin terlihat jelas seperti anak tangga yang tidak merata.

4. Keindahan Alam Sekitar

Air Terjun Sumuran memiliki keindahan alam yang cantik dan asri. Tanaman liar yang tumbuh di batun air terjun menjadi daya tarik tersendiri. Bukan hanya ketika di lokasi curug, namun selama di perjalanan sudah dapat anda temui keindahannya. Misalnya pematang sawah hijau dan perkebunan warga, juga pohon rindang yang menemani setiap perjalanan.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Alamat Air Terjun Sumuran
Photo by Google Maps Ruwanto

Tertarik mengunjungi air terjun di Magelang ini? Silahkan langsung menuju ke Desa Seloprojo, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Perjalanan yang harus ditempuh lumayan berat dengan medan penuh tanjakan. Sebaiknya gunakan roda dua atau menggunakan fasilitas ojek yang tersedia.

Bukan berarti tidak dapat ditempuh dengan kendaraan roda empat, hanya saja jalannya kurang begitu luas. Air Terjun Sumuran dapat ditempuh dengan jarak sekitar 3 kilometer dari jalan raya utama. Sesampainya di tempat parkir, anda pun harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki, kira-kira 10 menit dengan pemandangan hutan pinus dan tanaman hortikultura.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Sumuran

Harga Tiket Air Terjun Sumuran
Photo by Google Maps Pak Dhé Wied

Tidak ada kata mahal ketika anda mengunjungi Air Terjun Sumuran, setiap pengunjung hanya perlu membayar 4.000 rupiah sebagai tiket masuk. Tiket berlaku untuk semua usia, baik anak-anak maupun dewasa. Tetapi usahakan tidak membawa anak kecil, mengingat perjalanannya lumayan melelahkan dan cukup jauh.

Biaya tambahan yang dibutuhkan yakni untuk parkir kendaraan. Lagi-lagi biayanya tidak mahal, hanya 2.000 untuk motor dan 5.000 bagi wisatawan yang membawa mobil. Selain itu, mungkin saja anda perlu jasa ojek dengan biaya tertentu yang berlaku, silahkan ditawar jika dirasa kemahalan. Perlu diketahui, ojek yang ada di lokasi wisata ini tidak dapat mengantarkan pengunjung langsung ke lokasi, melainkan di tempat parkir.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Menarik di Air Terjun Sumuran
Photo by Google Maps Bowie Jati

Keindahan dan eksotisme Air Terjun Sumuran semakin lengkap dengan berbagai aktivitas yang dapat dilakukan selama di lokasi. Air terjun ini tidak cocok digunakan berenang karena ada titik dengan kedalaman maksimal. Meski demikian, aktivitas berikut cocok dijadikan sebagai gantinya!

1. Menikmati Pesona Air Terjun Sumuran

Batu tebing yang eksotis mejadi pemandangan utama ketika anda melihat langsung ke arah air terjun cantik ini. Undakan nya sangat indah ketika dialiri air yang tidak begitu deras. Di samping aliran air yang masih satu titik di batu tebing tumbuh subur tanaman liar yang menjadikannya hijau.

Pemandangan semakin hijau di sekitar air terjun dan juga selama perjalanan. Pohon rindang yang ada di sekitar tidak hanya menyejukkan pandangan, tetapi juga memberikan udara sejuk dan menyegarkan. Meskipun perjalanan yang dilalui lumayan berat, tetapi semua terbayar lunas dengan keindahan alam yang dimiliki.

2. Bermain Air Santai

Meskipun kolam Air Terjun Sumuran tidak disarankan sebagai tempat berenang, bukan berarti anda tidak bisa melakukan aktivitas yang berhubungan dengan air. Di kolam buatan yang unik, setiap pengunjung bebas bermain air, bisa juga merendamkan kaki dan menikmati kesegaran airnya. Tetapi perlu berhati-hati, karena bagian pijakan yang mirip bendungan lumayan licin.

Aktivitas Dilakukan di Air Terjun Sumuran
Photo by Google Maps Abdul Ghofur

3. Camping di Alam Terbuka

Aktivitas berikutnya yang menarik adalah camping di tengah hutan belantara dan menyatu dengan alam terbuka. Lokasinya tidak berada di dalam air terjun, melainkan di luarnya. Namun begitu, jaraknya tidak terlalu jauh sehingga cocok dijadikan pilihan aktivitas berikutnya. Apalagi dengan camping, anda dapat mengunjungi Air Terjun Sumuran setiap saat.

4. Aktivitas Fotografi

Bukan hanya konten kreator yang perlu mencari spot foto terbaik, mereka yang berlibur dengan suasana alam indah pun berhak melakukannya. Apalagi kali ini anda mengunjungi objek wisata alam dengan sejuta pesona. Memang tidak ada spot khusus yang dibangun pengelola, tetapi setiap titik lokasi memberikan pemandangan alam yang berbeda.

Spot paling favorit yaitu berdiri diatas kolam buatan dan mengambil latar belakang Air Terjun Sumuran. Pastikan undakan nya terlihat jelas untuk hasil foto lebih eksotis. Spot lain yang sering dijadikan incaran wisatawan adalah ketika perjalanan. Pohon pinus dan pematang sawah cocok dijadikan latar belakang foto yang hijau dan asri.

Fasilitas Penunjang di Air Terjun Sumuran

Fasilitas di Air Terjun Sumuran
Photo by Google Maps Albertdigda Buana

Sayang sekali jika keindahan dan pesona yang dimiliki air terjun cantik ini masih belum dilengkapi fasilitas yang memadai. Anda tidak bisa menemui warung yang menjual makanan di sekitar lokasi Air Terjun Sumuran, jadi diharapkan membawa perbekalan yang cukup. Namun jangan khawatir, karena untuk toilet dan kamar mandi sudah tersedia, jadi tidak perlu menahan ketika buang air.

Di sekitar curug juga tersedia gazebo sebagai tempat istirahat sambil menikmati pesonanya. Ada juga bangku bagi yang ingin duduk santai dan menghirup udara segar. Fasilitas yang cukup lengkap dapat ditemui di tempat parkir yang sekaligus menjadi fasilitas utamanya. Di sana tersedia warung yang dikelola warga sekitar dengan beberapa jenis makanan. Jika tidak membawa perbekalan dari rumah, silahkan beli di warung tersebut.

Bukan hanya legenda ular naga saja yang menjadi bahasan menarik Air Terjun Sumuran. Banyak daya tarik lain yang menjadikannya layak dikunjungi dan dimasukkan kedalam daftar kunjungan wisata berikutnya. Ada baiknya jika menyiapkan kondisi fisik yang prima dan membawa perbekalan dari rumah jika ada niat berkunjung.