Air Terjun Tlogo Muncar, Pesona Air Terjun yang Super Jernih di Sleman

Air Terjun Tlogo Muncar, Pesona Air Terjun yang Super Jernih di Sleman
Harga Tiket: Rp 8.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Tlogo Putri, Area Hutan, Desa. Hargobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

Dari sekian banyak destinasi wisata di Sleman Yogyakarta, air terjun Tlogo Muncar bisa menjadi pilihan. Tempat ini bisa dimasukkan ke dalam list liburan berikutnya bersama keluarga di daerah istimewa ini.

Pada dasarnya, Jogja memang kental dengan budaya dan tempat wisatanya yang bervariasi. Mulai dari wisata sejarah, kuliner, pantai, dan tentunya alam yang menawan.

Daya Tarik Air Terjun Tlogo Muncar

Wisata Alam Air Terjun Tlogo Muncar Yang Menawan Dan Menarik Di Sleman
Photo by Google Maps Resya Wulan

Sebagai salah satu destinasi wisata yang kondisi alamnya masih terjaga, daya tarik air terjun ini memang tak terbantahkan. Adapun beberapa daya tarik wisata alam Tlogo Muncar yang bisa dinikmati adalah sebagai berikut.

1. Air Terjun yang Jernih

Air terjun ini berada di ketinggian 878 meter di atas permukaan laut (dpl). Adapun ketinggiannya sendiri sekitar 30-45 meter dengan kondisi aliran air yang masih jernih.

Sumber mata air terjun berasal dari lereng Bukit Plawangan sehingga masih asri dan sejuk. Mengingat debit airnya yang tergolong kecil, maka ketika musim kemarau pun akan mengalami kekeringan.

Namun aliran airnya memang begitu menyejukkan sehingga bisa mengatasi rasa penat dan beban pikiran yang ada. Kejernihan airnya begitu membuat siapa saja takjub sehingga di permukaan air pepohonan pun bisa terefleksi dengan cukup jelas.

2. Gazebo di Sekitar Air Terjun

Wisata Alam Air Terjun Tlogo Muncar Yang Sejuk Dan Lagi Hits Di Sleman
Photo by Google Maps Muhammad Asad

Jika ingin menyaksikan air terjun Tlogo Muncar dengan santai, Anda bisa memilih berada di gazebo yang tersedia di sekitarnya. Gazebo tersebut berjarak sekitar 100 meter dari air terjun sehingga bisa menjadi spot menarik.

3. Bukit Menawan

Tidak hanya menawarkan kejernihan dan kesejukkan air terjun, Anda juga bisa menikmati keindahan bukit menawan. Letaknya sendiri tidak jauh dari sekitar air terjun.

Bagi yang senang dengan petualangan, menaiki dan menyusuri bukit indah ini bisa menjadi pilihan. Tidak perlu khawatir, bukit tersebut tidak terlalu tinggi. Namun, tetap membutuhkan stamina yang baik karena cukup membuat kaki Anda pegal.

Namun, tentunya rasa lelah bisa terbayarkan ketika sudah berhasil berada di atasnya. Terlebih pemandangan air terjun yang terlihat begitu memanjakan mata sehingga momen ini sulit terlupakan.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Alamat Air Terjun Tlogo Muncar
Photo by Twitter Izumi Tachibana

Untuk menuju lokasi air terjun Tlogo Muncar, caranya memang tidak terlalu sulit. Mengingat destinasi wisata ini memang masih berada di kawasan wisata Kaliurang yang cukup populer.

Air terjun menawan ini berada di Area Hutan, Hargobinangun yang berada di Kecamatan Pakem dan masuk di dalam wilayah dari Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Jika datang dari pusat kota Jogja, maka jarak tempuhnya sekitar 27 kilometer.

Sedangkan waktu tempuh yang dibutuhkan kurang lebih satu jam menggunakan kendaraan pribadi. Anda juga bisa menggunakan Google Map yang siap memandu perjalanan ke tempat wisata eksotis ini.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Tlogo Muncar

Harga Tiket Masuk Air Terjun Tlogo Muncar
Photo by Google Maps Anna

Sebagai salah satu objek wisata alam mengagumkan di Yogyakarta, harga tiket masuk yang disediakan cukup terjangkau. Untuk menikmati kesejukan air terjun Tlogo Muncar ini, Anda cukup membayar Rp 8.000 per orang.

Adapun biaya tambahan memang harus disiapkan terutama untuk retribusi tiket parkir wisata. Untuk kendaraan roda dua, biaya parkirnya sebesar Rp 3.000. Sedangkan jika membawa mobil, tiket parkir yang dibebankan sebesar Rp 5.000.

Destinasi wisata alam ini sendiri buka mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB setiap hari. Dengan demikian, Anda bisa mengunjunginya secara fleksibel baik ketika weekday maupun weekend.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Menarik Air Terjun Tlogo Muncar
Photo by Instagram Arung EsWe

Mengingat destinasi wisata ini masih dalam kawasan Kaliurang, ada berbagai macam aktivitas menarik yang bisa dilakukan, yaitu sebagai berikut.

1. Berenang di Sekitar Air Terjun

Bagi yang hobi berenang, tempat ini memang begitu menyenangkan karena kondisi airnya yang masih sangat jernih. Mengingat sumber airnya sendiri memang berasal dari perbukitan yang masih asri.

Mengunjungi tempat wisata alam seperti air terjun Tlogo Muncar memang bisa menjadi solusi dari rasa jenuh karena pekerjaan ataupun masalah yang dihadapi. Anda bisa melakukan relaksasi dengan bermain air atau sekedar berendam di air yang jernih.

2. Menyusuri Perbukitan

Jika ingin menambah pengalaman menaiki bukit yang tidak terlalu ekstrim, Anda bisa mencobanya di bukit dekat air terjun ini. Rasa lelah akan terbayar dengan suguhan pemandangan alam yang menawan.

3. Bermain di Taman Rekreasi Anak

Aktivitas Dilakukan di Air Terjun Tlogo Muncar
Photo by Instagram Ivan Restu Fahriansyah

Jika Anda datang membawa anak-anak, di sekitar air terjun cantik ini disediakan taman rekreasi anak yang menyenangkan. Tak heran jika destinasi wisata ini sangat direkomendasikan untuk didatangi bersama keluarga.

4. Mencoba Camping Ground

Bagi yang ingin berkemah atau camping, cobalah area camping ground yang disediakan. Tentunya, berkemah di sekitar pemandangan air terjun Tlogo Muncar akan menjadi pengalaman tersendiri yang tak terlupakan.

5. Menelusuri Hutan Wisata

Pada dasarnya, area air terjun ini termasuk masih sangat asri. Anda bisa menikmati hutan wisata di dalamnya yang menarik untuk ditelusuri.

6. Mengunjungi Kolam Tlogo Putri

Tak jauh dari lokasi air terjun ini, Anda juga bisa menikmati keindahan kolam Tlogo Putri yang tak kalah jernih. Tak heran jika aktivitas bermain air pun akan bertambah seru bersama keluarga dan teman-teman.

Fasilitas di Kawasan Air Terjun Tlogo Muncar

Fasilitas Di Wisata Alam Air Terjun Tlogo Muncar Sleman
Photo by Google Maps Donny Yudha

Ada beberapa fasilitas wisata yang disediakan pengelola air terjun Tlogo Muncar. Anda dan keluarga bisa menikmatinya sehingga menjadi liburan yang seru bersama keluarga. Adapun beberapa fasilitas di sekitar air terjun ini yang tersedia adalah sebagai berikut.

1. Area Parkir Wisata

Tempat wisata ini menyediakan area parkir yang cukup memadai untuk memarkirkan kendaraan Anda. Tidak hanya itu, biaya parkirnya pun cukup hemat sehingga tidak terlalu membebani wisatawan.

2. Warung Wisata

Pada dasarnya, tidak perlu khawatir ketika Anda tidak membawa bekal makanan dari rumah. Di sekitar area wisata terdapat warung wisata yang menjual aneka makanan dan jajanan.

3. Akses Jalan yang Baik

Air terjun Tlogo Muncar menjadi salah satu destinasi wisata yang tidak jauh dari pusat kota Jogja. Tak heran jika akses jalan menuju tempat ini tergolong baik karena sudah diaspal.

Tidak hanya itu, petunjuk jalan pun bisa ditemukan dengan mudah sehingga para wisatawan tidak akan kesulitan menemukannya.

4. Spot Foto

Sebagai salah satu tempat wisata yang menyuguhkan keindahan alam, air terjun ini menyediakan spot foto yang mengagumkan. Anda bisa mengabadikannya sehingga menjadi pengalaman liburan tak terlupakan.

Pilih sudut terbaik dari pemandangan air terjun ini dan abadikan menggunakan kamera kesayangan. Mengingat tempat wisata ini memang dikenal Instagramable karena panoramanya yang menakjubkan.

5. Toilet Umum

Fasilitas toilet tentunya menjadi hal krusial yang tidak boleh terlewatkan. Tidak perlu khawatir, tempat wisata alam ini menyediakannya dalam keadaan cukup bersih. Tak heran jika para pengunjung pun akan merasa nyaman ketika menggunakannya.

Fasilitas yang disediakan pengelola air terjun ini memang senantiasa diperbarui. Dengan demikian, Anda tidak perlu mengkhawatirkan soal fasilitas dasar yang tersedia di dalamnya.

Air terjun Tlogo Muncar bisa menjadi tujuan wisata Anda berikutnya bersama keluarga. Tempat wisata ini sangat mendukung aktivitas menyenangkan seperti berenang, menyusuri bukit, atau sekedar menikmati pemandangan sejuk nan hijau. Oleh karena itu, jangan sampai melewatkannya ketika Anda berkunjung ke Yogyakarta.