Alamanda Jogja Flower Garden, Taman Bunga Kekinian di Sleman

Alamanda Jogja Flower Garden, Taman Bunga Kekinian di Sleman
Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Tempel-Turi No.Km.5, Dedapan, Desa. Bangun Kerto, Kec. Turi, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

Setiap sudut kota Yogyakarta memiliki destinasi wisata andalan yang akan memastikan liburan terasa menyenangkan. Jika Jogja bagian selatan memiliki deretan pantai indah yang menakjubkan, Jogja bagian utara juga menawarkan destinasi wisata yang tidak kalah mencengangkan. Selain memiliki Museum Gunung Merapi, Jogja bagian utara juga dipenuhi desa wisata yang menjanjikan pengalaman seru berpetualang di alam. Dan yang terbaru, kini wisatawan bisa menikmati taman bunga warna-warni di Alamanda Jogja Flower Garden.

Taman bunga Alamanda Jogja Flower Garden di Sleman ini akan menjadi pilihan alternatif wisata bersama keluarga. Taman bunga yang baru dibuka pada pertengahan 2019 silam langsung menjadi destinasi utama warga sekitar. Dua tahun belakangan, Taman Alamanda viral dan mulai didatangi wisatawan dari luar kota Yogyakarta. Pesona seperti apa yang membuat wisatawan jatuh cinta pada taman bunga ini?

Daya Tarik Alamanda Jogja Flower Garden

Wisata Taman Alamanda Jogja Flower Garden Yang Cantik Dan Menarik Di Sleman
Photo by Google Maps Rifai ardiansyah

1. Taman Bunga Warna-Warni

Daya tarik utama dari taman bunga ini tentu saja hamparan padang rumput yang hijau dengan bunga warna-warni di sekitarnya. Dengan taman yang sangat luas, pengelola memiliki aneka jenis bunga aneka warna. Kombinasi beberapa jenis bunga berhasil menciptakan gradasi warna yang sangat indah. Di satu sisi, wisatawan akan melihat perpaduan bunga yang berwarna kuning dan merah yang sangat indah. Di sisi lainnya, terdapat deretan bunga putih dan merah yang menyejukkan mata.

Area di sekitar tanam bunga yang dipenuhi dengan rerumputan hijau menjadi spot favorit untuk piknik para keluarga. Banyak rombongan yang datang bersama buah hati mereka yang akan senang untuk bermain di area taman bunga. Padang rumput yang hijau akan menjadi arena berlari bagi si kecil tanpa perlu khawatir jatuh tersungkur. Wisatawan juga bisa mengikuti setapak yang akan mengajak mengelilingi seluru area taman wisata. Saat sore tiba, semakin banyak wisatawan yang datang untuk berekreasi, membuat Alamanda Jogja Flower Garden padat oleh pengunjung.

2. Spot-Spot Foto Lucu

Selain keindahan bunga warna-warni, wisatawan akan takjub dengan aneka spot-spot foro yang sangat lucu. Pengelola menyediakan beberapa hiasan yang tersebar di seluruh area wisata. Beberapa spot foto favorit yang disukai wisatawan adalah Balon Udara dengan aneka warna. Ada pula Frame Love yang sangat populer di kalangan muda mudi kota Yogyakarta.

Selain itu, terdapat miniatur rumah Iglo yang terbuat dari besi. Rumah-rumah Iglo terhampar di area berundak yang diselimuti rerumputan hijau. Wisatawan sering menggunakannya sebagai tempat istirahat sembari menikmati suasana di sekitar taman bunga.

Wisata Taman Alamanda Jogja Flower Garden Yang Unik Dan Menawan Di Sleman
Photo by Google Maps Widi Widex

Sedangkan bagi anak-anak, pengelola memiliki beberapa patung Doraemon dengan berbagai ekspresi, patung Ratu Lebah, hingga patung Upin dan Ipin. Alamanda Jogja Flower Garden menawarkan aneka spot foto lucu untuk semua kalangan. Baik anak-anak, orang dewasa, atau pasangan yang datang ke sini, bisa mendapatkan gaya foto yang maksimal selama liburan.

3. Rumah Hobbit Lucu

Daya tarik selanjutnya yang paling disukai oleh wisatawan adalah miniatur Rumah Hobbit yang sangat lucu. Rumah Hobbit yang ada di taman wisata indah ini memang tidak terlalu besar, namun spot ini selalu menjadi bahan kerumuman pengunjung yang ingin foto di pelatarannya. Terdapat sebuah tempat duduk di depan pintu bundar, yang selalu menjadi spot yang paling disukai oleh wisatawan.

4. Miniatur Negeri Belanda

Tepat di tengah Alamanda Jogja Flower Garden, terdapat sebuah danau mini yang tidak kalah populer dari spot-spot foto lain. Banyak yang menyebutnya sebagai miniatur Negeri Belanda karena di sekitar danau terdapat kincir angin khas Negeri Belanda. Wisatawan bisa meniti jembatan yang akan memberikan akses ke tengah danau demi mendapatkan angle foto terbaik. Tepi jembatan juga dihiasi dengan bunga plastik warna-warni yang membuatnya sarat nilai estetik.

Jika memilih posisi yang tepat, hasil jepretan kamera akan membuat Anda terpana. Posisi 5 kincir angin yang berada di sekitar danau dan 1 kincir air berukuran besar di tengah danau akan terlihat lebih indah dari layar kamera. Untuk bisa berada di tengah jembatan, wisatawan harus rela antri demi keamanan dan kenyamanan. Meski tidak terlalu dalam, pengunjung harap tetap berhati-hati saat berada di tengah danau.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Lokasi Wisata Taman Alamanda Jogja Flower Garden Di Sleman
Photo by Google Maps johan kevas

Alamanda Jogja Flower Garden beralamatkan di jl. Tempel-Turi, Dedapan, Bangun Kerto, Sleman. Lokasinya diapit oleh Kolam Renang Bangunkerto dan Polsek Turi, tepat berada di tikungan jalan utama. Untuk menuju ke lokawisata, wisatawan bisa menempuh perjalanan sepanjang 20 km dari Malioboro dengan waktu tempuh sekitar 50 menit.

Untuk bisa mencapai lokasi dari pusat kota, wisatawan bisa mengarah ke utara melewati jl. Magelang-Yogyakarta hingga masuk ke kabupaten Sleman. Setelah melewati Pertamina SPBU Dukuh, belok ke kanan melalui jl. Turi yang akan langsung menuju ke lokasi.

Harga Tiket Alamanda Jogja Flower Garden

Tiket Masuk Di Wisata Taman Alamanda Jogja Flower Garden Sleman
Photo by Google Maps Peter Chong

Harga tiket masuk kawasan Taman Bunga Alamanda yakni sebesar Rp 10.000 untuk anak-anak dan Rp 15.000 untuk pengunjung dewasa. Pengelola memberlakukan jam buka mulai pukul 08.30 hingga pukul 17.00 WIB.

Taman bunga ini beroperasi pada hari Selasa hingga Minggu dan hanya tutup pada hari Senin saja. Saat yang paling tepat untuk berkunjung ke Taman Alamanda adalah pada sore yang cerah, dimana kita bisa melihat bunga bermekaran dengan suasana kota yang teduh

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Menarik Di Wisata Taman Alamanda Jogja Flower Garden Sleman
Photo by Google Maps Wisata Jogja

1. Berfoto di Taman Bunga

Datang ke taman bunga Alamanda rasanya kurang sempurna jika belum mengabadikan momen liburan di beberapa spot foto yang tersedia. Kita bisa melihat wisatawan berhamburan di beberapa spot ikonik Alamanda Jogja Flower Garden, seperti rumah Iglo besi yang dikelilingi padang rumput hijau menawan, spot foto Balon Udara warna-warni yang tersebar di beberapa sudut taman, hingga spot foto unik seperti Frame Love dan Tempat Duduk Kekinian.

Pada dasarnya, hampir setiap area taman Alamanda cocok dijadikan sebagai tempat foto-foto. Pada jalan setapak yang mengelilingi taman juga dihiasi dengan gapura kecil dengan hiasan bunga tiruan. Dan pada saat musim tertentu, beberapa jenis bunga akan mekar secara bersamaan sehingga kita bisa melihat keindahan bunga mekar yang masih segar. Tapi ingat, jangan sampai keseruan kita dalam mengabadikan kenangan justru sampai merusak tanaman dan bunga-bunga yang bermekaran, ya!

2. Jalan-Jalan Bersama Si Kecil

Banyak keluarga yang membawa anak-anak untuk menghabiskan waktu di sore hari meski hanya sekedar jalan-jalan di taman bunga Alamanda. Bahkan di hari Minggu, ada banyak rombongan yang datang untuk berpiknik ria. Seluruh kawasan taman wisata memang diciptakan agar bisa memberikan kesan nyaman bagi semua kalangan. Anak kecil tentu akan suka bermain dan berlarian ke sana kemari di hamparan padang rumput hijau yang memukau.

Aktivitas Menarik Lainnya Di Wisata Taman Alamanda Jogja Flower Garden Sleman
Photo by Google Maps Rifai ardiansyah

Taman bunga Alamanda juga akan mengajarkan buah hati Anda untuk mengenal alam. Ada berbagai jenis bunga yang menjadi hiasan di seluruh sudut taman. Selain itu, kupu-kupu yang hinggap dan beterbangan juga akan menarik perhatian si kecil untuk terus mengeksplorasi. Piknik di taman bunga terasa menyenangkan karena berbagai keceriaan bersama buah hati Anda.

3. Pacaran di Tepi Danau

Jika rombongan keluarga datang untuk berbagi kegembiraan bersama anak-anak, taman bunga Alamanda sering menjadi saksi kisah cinta muda-mudi kota Yogyakarta. Dikenal sebagai Kota Pelajar, banyak mahasiswa yang datang ke tempat ini untuk sekedar menikmati waktu bersama pasangannya. Apalagi terdapat Frame Love yang ikonik dan populer di kalangan remaja. Terdapat beberapa spot lucu yang cocok untuk mengambil gambar terbaik bersama pasangan.

Danau buatan yang dihiasi dengan miniatur kincir angin khas Negeri Belanda juga sering menjadi tempat favorit pasangan mudah. Duduk bersama, foto-foto, dan berjalan mengelilingi taman seakan membuat mereka berada di surga. Tidak heran jika banyak pasangan muda-mudi yang menjadikan taman bunga sebagai tempat yang wajib dikunjungi saat malam Minggu tiba.

Fasilitas Wisata di Alamanda Jogja Flower Garden

Fasilitas Di Wisata Taman Alamanda Jogja Flower Garden Sleman
Photo by Google Maps Ragil Adhie

Taman Bunga Alamanda menyediakan fasilitas yang cukup lengkap untuk menunjang keamanan dan kenyamanan wisatawan. Area parkir yang luas diawasi oleh pengelola untuk memastikan keamanan kendaraan. Di sekitar area parkir juga terdapat warung-warung kecil yang menjajakan aneka ragam makanan ringan.

Taman bunga ini juga berhadapan dengan tempat makan yang berada di seberang jalan sehingga wisatawan bisa menikmati kuliner lokal. Selain itu, terdapat beberapa bilik toilet yang bersih dan terawat agar pengunjung bisa nyaman saat keadaan darurat. Posisi toilet berada di dekat loket dan memiliki akses yang mudah. Sayangnya, kami tidak memiliki informasi tentang keberadaan tempat ibadah di area wisata.

Mengunjungi taman bunga adalah pilihan terbaik bagi wisatawan yang ingin menjelajah tempat-tempat wisata yang menarik di Yogyakarta bagian utara. Selain lokasinya yang memiliki strategis dan mudah diakses, Alamanda Jogja Flower Garden akan menjadi tujuan wisata yang tepat untuk keluarga. Anak-anak pasti akan suka untuk menikmati keindahan bunga dengan aneka warna.