Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kaliurang, Sawungan, Desa Hargobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

Agrowisata Bhumi Merapi merupakan salah satu tempat wisata hits paling keren di Yogyakarta. Tempat ini banyak menawarkan wisata edukasi yang bermanfaat bagi anak Anda untuk mengenal dunia hewan dan alam sekitar mereka.

Agrowisata keren ini dibangun pada tahun 2015 dan tempat ini memiliki luas sekitar 5,2 hektar. Bhumi Merapi menawarkan suasana yang asri karena berkonsep pertanian, perkebunan dan peternakan. Selain dijadikan tempat liburan hits, juga menjadi tuujuan untuk menimba ilmu. Disini, Anda akan menikmati suasana berlibur yang bernuansa alam dan bersuasana asri yang sejuk.

Daya Tarik Agrowisata Bhumi Merapi

Daya Tarik Bhumi Merapi Jogja
Photo by Google Maps Twitter

Agrowisata ini merupakan salah satu tujuan wisata alam di Jogyakarta yang yang dapat Anda kunjungi bersama dengan keluarga dan orang terdekat Anda. Dengan berlibur di tempat ini tentunya dapat menghilangkan penat Anda setelah selesai bekerja. Tempat wisata hits ini dapat menenangkan pikiran Anda.

1. Mini Farm dengan Berbagai Macam Hewan Ternaknya

Agrowisata Bhumi Merapi memiliki berbagai macam hewan ternak, Hewan ternak dapat berupa hewan kambing, kelinci, kura-kura, bebek, burung, berbagai binatang reptil dan masih banyak lagi. Hewan ternak ini dapat menjadi edukasi bagi anak Anda yang ingin mengenal hewan lebih banyak lagi. Banyak sekolah yang membawa anak-anak didik mereka kesini sekedar mengenalkan hewan-hewan yang berada di tempat wisata hits ini.

2. Lahan untuk Field Trip

Lahan field trip ini digunakan sebagai sarana edukasi bagi para siswa dalam kegiatan bercocok tanam. Kegiatan bercocok tanam yang biasa dilakukan adalah kegiatan hidroponik. Anak Anda akan belajar tentang cara bercocok tanam dengan baik dan mengenal lingkungan sekitar dengan baik lagi. Dan lebih menghargai lingkungan agar lebih bijak lagi.

3. Kawasan Camping

Anda bisa melakukan camping di Bhumi Merapi bersama dengan keluarga Anda. Kegiatan camping dapat membuat Anda dan orang terdekat lebih dekat dengan alam sekitar dan merasakan segarnya udara khas alam bebas.

Daya Tarik Dimiliki Bhumi Merapi JogjaDaya Tarik Dimiliki Bhumi Merapi Jogja
Photo by Twitter arie ayeeta

4. Kegiatan Outbond

Banyak kegiatan outbond yang dapat Anda lakukan di tempat ini. Kegiatan Outbond dapat membuat Anda untuk beraktivitas positif dan mendatangkan kebugaran bagi Anda, pastinya lebih menyenangkan.

5. Coffee Luwak Production

Terdapat wisata edukasi tentang coffe luwak. Menjelaskan edukasi tentang bagaimana proses penghasilan kopi luwak melalui proses fermentasi kopi di dalam pencernaan hewan luwak.

6. Spot Foto yang Instagenic

Bhumi Merapi juga banyak menyediakan spot foto ala orang Eropa. Tempat ini bernama Langlang Buana. Di Langlang Buana Jogjakarta ini kamu bisa mendapatkan spot foto yang menarik dan kekinian karena bertemakan negara Eropa. Spot foto yang terdapat di Langlang Buana Jogjakarta ini antara lain Santorini, Alpen House, Underground Baker Street, Arab Street, dan Castle.

Jadi, tanpa berkeliling dunia dan harus menempuh perjalanan puluhan jam Anda dapat menikmati sensasi seperti berfoto di luar negeri dengan memakai kostum/property tradisional ala-ala Negara Eropa tentunya. Anda akan menikmati perjalanan seperti keliling negara Eropa tentunya.

7. Resto Bhumi Merapi

Terdapat berbagai makanan yang ditawarkan di restoran unik ini. Jenis yang tersedia dapat berupa makanan ringan maupun makanan berat yang dapat Anda gunakan untuk mengisi kekosongan perut Anda jika telah lelah menikmati segala wahana yang ada di tempat wisata hits ini.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Alamat Bhumi Merapi Jogja
Photo by Google Maps Patricia Eastherlia

Untuk mengunjungi obyek wisata satu ini anda tidak perlu lagi merasa kesulitan karena lokasinya sangat mudah untuk dikunjungi. Akses wisata yang sudah baik dengan petunjuk lokasi yang jelas akan memudahkan kunjungan liburan anda. Agrowisata Bhumi Merapi sendiri lokasinya berada di Jl. Kaliurang KM. 20, Sawangan, Hargobingangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Jika anda berangkat dari pusat kota Jogja. Maka jarak yang harus anda tempuh untuk mengunjungi agrowisata ini sekitar 22 km. Anda bisa berkunjung menggunakan kendaraan dengan waktu tempuh kurang lebih 40 menit.

Jarak yang harus anda tempuh untuk sampai di lokasi wisatanya adalah sekitar 22.8 km, dengan waktu perjalanan kurang lebih selama 47 menit apabila anda berangkat dari pusat kota Jogyakarta. Akses wisatanya sendiri cukup mudah dilalui dan juga tersedia petunjuk lokasi yang jelas, sehingga anda tidak perlu merasa kesulitan untuk menemukannya.

Harga Tiket Masuk Agrowisata

Tiket Bhumi Merapi Jogja
Photo by Google Maps Nurul Muslihati Idris

Tiket masuk ke dalam ke Agrowisata Bhumi Merapi yang keren ini tidaklah mahal. Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp. 25.000 untuk bisa masuk ke dalam tempat wisata hits ini. Jam operasional dari tempat wisata keren ini adalah jam 08.30 hingga 17.00 WIB. Dengan harga tiket Anda dapat menikmati beberapa wahana yang ada tempat wisata hits ini.

Akan tetapi untuk beberapa kegiatan, Anda akan dikenakan beberapa biaya tambahan, seperti memberi makan kelinci Rp 5.000, foto dengan rusa Rp 10.000, memberi makan rusa Rp 5.000, meminumkan susu anak kambing Rp 5.000, memberi makan merpati Rp 5.000 dan naik kuda keliling kawasan agrowisata Rp 20.000.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Kegiatan Bhumi Merapi Jogja
Photo by Google Maps V3 Pratiwi

Anda dapat merasakan sensasi indahnya liburan bersama keluarga dan orang-orang tercinta. Anda dapat menikmati banyak kegiatan dan wahana yang ada di agrowisata keren ini.

1. Merawat Hewan-Hewan Ternak

Kegiatan berternak yang dapat Anda lakukan disini antara lain memerah susu kambing, memberi minum susu kepada anak kambing, belajar bagaimana cara membuat yoghurt dan cara membuat es krim menggunakan susu kambing. Serta di sini Anda juga akan belajar bagaimana membuat bahan organik dan biogas dari kotoran kambing

Tidak hanya itu, di sini juga Anda akan belajar mengenai memelihara hewan ternak seperti hewan kambing, kelinci, dan beberapa hewan lain seperti kura-kura, bebek, burung, dan mengenal binatang reptil lainnya.

Terdapat banyak jenis hewan lucu, seperti adalah kelinci hias dan kelinci pedaging. Pengunjung dapat memberi makan kelinci secara langsung di tempat ini. Hewan lainnya seperti kura-kura, bebek, burung dan reptil untuk media edukasi lain.

2. Kegiatan Field Trip

Bhumi Merapi cocok dijadikan sebagai media wisata edukasi yang keren bagi anak-anak sekolah. Anak-anak dapat belajar langkah-langkah dalam bercocok tanam dan mengenal lebih dalam tentang jenis-jenis hewan ternak. Anak-anak juga bisa melakukan kegiatan permainan outbound yang menyenangkan bersama dengan teman-temannya.

Destinasi hits ini tentunya juga dapat menjadi edukasi bagi anak-anak Anda. Dan Anda tidak perlu khawatir karena wisata field trip ini sangat aman bagi anak Anda. Tanaman hasil hidroponik ini juga dapat dibeli oleh anak Anda.

3. Berburu Spot Foto yang Instagenic

Di Agrowisata Bhumi Merapi juga banyak menyediakan spot foto ala orang Eropa. Jangan sampai Anda mati gaya jika berada di tempat wisata hits ini. Tempat ini bernama Langlang Buana. Di Langlang Buana Jogjakarta ini kamu bisa mendapatkan spot foto yang menarik dan kekinian karena bertemakan negara Eropa. Spot foto yang terdapat di Langlang Buana Jogjakarta ini antara lain Santorini, Alpen House, Underground Baker Street, Arab Street, dan Castle.

4. Belajar Proses Pembuatan Kopi

Di sini juga banyak kegiatan positif yang dapat Anda lakukan antara lain belajar proses pembuatan kopi. Salah satu kegiatan pembuatan kopinya adalah pembuatan kopi luwak. Dan Anda juga dapat membawa hasil olahan tersebut sebagai oleh-oleh.

Bagi anda para pecinta kopi anda dapat melihat proses produksi kopi luwak secara langsung di Agrowisata Bhumi Merapi keren ini. Jika Anda tertarik untuk membuka usaha di bidang pariwisata, Anda dapat bertanya tentang pelatihan usaha yang tersedia di tempat wisata hits ini. Di sini sudah disediakan jasa guide yang akan memandu Anda dalam memberikan pembelajaran tentang arahan membuka wisata yang baik dan benar.

5. Kegiatan Pacuan Kuda dan Kegiatan Outbond

Selain kegiatan menarik diatas Anda dapat melakukan banyak aktivitas yang menarik lainnya seperti mengikuit pacuan kuda dan masih banyak kegiatan outbond yang dapat Anda lakukan bersama dengan Anak dan keluarga Anda.

Fasilitas Wisata yang Bisa Ditemukan

Fasilitas Bhumi Merapi Jogja
Photo by Google Maps Sherly Mayrina

1. Spot Foto yang Instagramable

Para pemburu spot foto instagramable akan mendapatkan spot foto yang kekinian. Spot foto kekinian dapat ditemukan Wahana Langlang Buana. Wahana ini menyediakan spot bernuansa Alpen House dengan jendela dan dinding kayu yang berwarna kecoklatan. Serta nuansa Santorini yang berwarna biru laut dan putih sama seperti di Negara Yunani.

Untuk menghidupkan suasana foto ala orang Eropa, di Bhumi Merapi juga disediakan kostum khas negara Eropa. Kostum ini dapat anda sewa dengan harga Rp 20.000 per jam. Spot foto yang luar biasa yang dapat Anda coba antara lain yaitu rumah hobit, gazebo-gazebo unik, dan latar bunga-bunga yang berwarna-warni.

2. Area Parkir Wisata

Anda tak perlu khawatir untuk kendaraan Anda, di tempat wisata ini juga menyediakan area parkir yang luas dan dijamin aman.

3. Toilet Umum

Toilet umum juga banyak tersedia di agrowisata ini. Jadi, Anda tidak perlu khawatir jika sudah kebelet saat berada di kawasan wisata.

4. Tempat Ibadah

Dalam area wisata juga tersedia tempat ibadah bagi Anda yang ingin menunaikan sholat. Sembari berwisata, Anda juga tetap dapat menjalankan ibadah jika masuk waktunya.

5. Restoran

Jangan takut kelaparan saat Anda berkunjung ke garowisata, karena sudah tersedia restoran yang menyediakan berbagai jenis menu makanan dan minuman khas Jogyakarta.

6. Camping Ground

Dalam kawasan agrowisata, terdapat lahan yang khusus untuk Anda yang ingin melakukan kegiatan berkemah bersama keluarga maupun teman-teman.

7. Jeep Wisata

Anda juga dapat menyewa jeep untuk berkeliling menikmati keindahan dalam kawasan Agrowisata Bhumi Merapi.

8. Mini Farm

Terdapat mini farm yang dapat Anda gunakan sebagai wisata edukasi bagi keluarga Anda, utamany si kecil. Disini pengunjung bisa belajar tentang cara menanam dengan sistem hidroponik.

Tips Berkunjung ke Agrowisata Jogja

Tips Bhumi Merapi Jogja
Photo by Google Maps Sungging Nanda P

Berikut beberapa tips yang harus Anda perhatikan ketika mengunjungi Agro Wisata Bhumi Merapi. Pertama, berkunjunglah bersama dengan keluarga Anda ketika sedang akhir pekan dan datanglah ketika cuaca sedang cerah dan datanglah pada pagi hari.

Bawalah kamera terbaik Anda untuk mendapatkan hasil foto yang luar biasa. Usahakan datang tidak di musim liburan agar tidak terlalu ramai sehingga Anda akan lebih nyaman untuk berfoto-foto dan menikmati liburan tanpa terganggu kehadiran khalayak ramai. Jangan lupa mengenakan alas kaki yang nyaman dipakai kaki Anda untuk pergi menyusuri keindahan tempat wisata hits tersebut.

Demikianlah informasi mengenai destinasi hits Agrowisata Bhumi Merapi yang bisa Anda jadikan pilihan untuk berlibur di Yogyakarta bersama keluarga. Semoga apa yang sudah saya sampaikan di atas bermanfaat dan membantu perjalanan wisata anda.

Give a Comment