Bukit Bintang salah satu objek wisata yang hits dan kekinian di Patuk, Gunung Kidul, Jogja yang menarik dieksplor. Destinasi romantis ini menyuguhkan pemandangan indah Kota Jogja dari ketinggian yang dijamin memanjakan mata.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Srimulyo, Kec. Patuk, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

Jogja entah siang atau malam hari selalu nampak atraktif dan menyimpan banyak pesona. Ketika Anda liburan di kota yang terkenal gudegnya ini, Anda bisa menghabiskan malam di Bukit Bintang Jogja. Destinasi alam satu ini tidak hanya hits, namun juga akan menawarkan panorama yang indah. Anda akan diajak melihat pesona kota Jogja dari sudut berbeda yang akan membuat Anda berdecak kagum.

Sekilas Tentang Bukit Bintang Jogja

Tentang Bukit Bintang Jogja
Image Credit: Google Maps (Megawan Handra)

Menghabiskan waktu di malam hari tidak hanya bisa dilakukan dengan nonton, nongkrong, dugem ataupun gaya hedonis lainnya. Ada banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan, terutama ketika Anda singgah di Jogja. kota ini akan membuat Anda sejenak rehat dari aktivitas harian ataupun melepaskan diri sebentar dari ponsel yang setia di genggaman.

Menghabiskan malam di kota ini bisa dengan cara mengunjungi Bukit Bintang yang ada di Gunung Kidul Jogja. Objek wisata alam yang baru baru ini hits di Gunung Kidul ini memang akan membuat liburan Anda di Jogja semakin lengkap. Anda akan diajak untuk menikmati keindahan malam hari kota Jogja dari atas ketinggian.

Selama ini, Gunung Kidul memang lebih dikenal dan diandalkan untuk wisata baharinya. Ada banyak jejeran pantai pantai indah yang selalu menjadi jujugan. Namun siapa yang menyangka jika Gunung Kidul ternyata begitu atraktif di bidang wisatanya. Apalagi jika Anda singgah di bukit ini, Anda tak perlu mengeluarkan uang untuk membayar tiket masuk.

Berada di ketinggian 150 mdpl, Anda akan disuguhkan pesona kota Jogja dari ketinggian. Dihiasi dengan berbagai pepohonan besar, Anda akan merasakan suasana yang begitu asri. Berada di bukit ini, Anda tidak hanya memanjakan mata tetapi juga bisa menghilangkan segala penat. Sebenarnya, Anda juga bisa datang ke bukit ini selain malam hari.

Tentang Bukit Bintang
Image Credit: Google Maps (Fitrotul Chabibah)

Tetapi panorama saat malam menjelang lebih banyak digemari dan lebih kondang di kalangan wisatawan maupun masyarakat lokal. Apalagi ketika cuacanya begitu cerah, Anda akan dihadirkan hamparan kerlap kerlip lampu yang mengundang decak kagum. Suasana yang begitu romantis juga terasa begitu kental jika Anda singgah di bukit ini.

Bukit Bintang sendiri sebelumnya dikenal dengan Bukit Hargodumilah. Dimana sebelumnya digunakan sebagai lokasi pesanggrahan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono IX di tahun 1972. Hingga saat ini sebenarnya, kepemilikan tanah bukit ini juga masih ada di tangan sang Sultan. Kemudian oleh masyarakat juga dimanfaatkan sebagai tempat istirahat dan didirikan sebuah bangunan.

Bangunan yang memiliki bentuk memanjang tersebut di bangun dari beton dan sudah ada sejak tahun 2004 silam. Kemudian pada tahun 2006, ketika Gempa Bantul ada banyak rumah penduduk yang mengalami kerusakan. Penduduk yang terdampak gempa akhirnya banyak yang mendirikan bangunan di atas bukit ini. Dan perlahan namun pasti jumlahnya semakin banyak.

Bangunan bangunan ini memiliki banyak fungsi, salah satunya dimanfaatkan sebagai warung atau kedai kopi. Bukit Bintang yang sebelumnya hanyalah tempat singgah kini semakin semarak ketika malam hari. Hingga akhirnya namanya semakin melambung dan dikenal sebagai ikon wisata malam hari di kota Jogja.

Daya Tarik Wisata Bukit Bintang

Daya Tarik Bukit Bintang
Image Credit: Google Maps (Matyas Nico)

Kawasan bukit ini memiliki banyak daya tarik yang membuat wisatawan memburunya. Namanya kondang, terutama di kalangan kawula muda. Karena mereka bisa menghabiskan malam sembari bercengkrama di temani kopi tanpa harus mengeluarkan budget besar. Kebersamaan akan terasa semakin lengkap ditemani roti bakar juga jagung bakar.

Lantaran semakin dilirik oleh wisatawan dan memiliki potensi yang masih bisa dikembangkan, Bukit Bintang terus berbenah. Pemerintah bahkan sudah turun tangan untuk berkolaborasi bersama masyarakat membangun tempat satu ini. Tak heran jika objek wisata alam ini semakin hari semakin terlihat menawan dan berhasil menarik perhatian.

Sebenarnya, sebelum ditambahkan beberapa hal bukit ini sudah menawarkan pemandangan yang indah. Daya tarik utamanya memang panorama kota Jogja dari ketinggian. Anda akan disuguhkan pemandangan perkotaan yang bersandingan dengan pemukiman warga. Ketika malam hari akan makin semarak dengan kerlap kerlip lampu.

Pengunjung juga bisa mengambil banyak foto foto yang instagramable. Sangat cocok untuk Anda yang suka berpose di depan kamera. Ketika cuaca sedang cerah, Anda akan melihat gagahnya Gunung Merbabu dan Merapi dari atas bukit ini. Hanya saja, akan sangat nampak ketika siang hari. ketika malam hari kerlap kerlip lampu lebih menarik untuk diabadikan.

Dari atas bukit ini, Anda juga bisa menikmati aktivitas Bandara Adisucipto. Baik pesawat yang datang hingga pesawat yang akan lepas landas. Hilir mudik burung besi ini menambah daya tarik dari Bukit Bintang. Mengingat tidak setiap hari bisa menyaksikan pemandangan tersebut. Yang jelas, bukit ini sangat cocok untuk melepas penat dari lelahnya aktivitas.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Bukit

Rute Perjalanan Menuju Bukit
Image Credit: Facebook.com @tribunjogjafanspage

Walaupun berada di atas ketinggian, Bukit Bintang termasuk mudah untuk dijangkau. Akses menuju bukit cantik ini tidak hanya bisa dilewati dengan menggunakan kendaraan pribadi, tetapi juga dilalui kendaraan umum. Hanya saja, kendaraan umum ini tidak dilewati selama 24 jam penuh. Untuk itu, lebih disarankan untuk datang dengan kendaraan pribadi saja.

Untuk letak tepatnya dari Bukit Bintang Jogja berada di Dusun Plesetan, Ds. Srimulyo, Kec. Pitungan, Kab. Gunung Kidul. Letaknya berbatasan langsung dengan Kabupaten Bandul. Jika Anda memulai perjalanan dari pusat kota Jogja, Anda membutuhkan jarak 17 km. Dimana jarak tersebut bisa ditempuh dengan waktu 40 menitan jika perjalanan lancar.

Bagi Anda yang menggunakan angkutan umum, Anda bisa berangkat dari Jogja ataupun Solo. Angkutan apapun bisa mengantar Anda hingga kemudian turun Jl. Wonosari tepatnya Perempatan Ringroad. Kemudian dilanjutkan dengan menggunakan bus dengan tarif sekitar Rp 5 ribu. Anda akan diantarkan hingga lokasi dan membutuhkan waktu 30 menitan.

Sementara jika menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa menggunakan rute yang sama. Sebelum berangkat ada baiknya memastikan kondisi kendaraan Anda prima. Mengingat Anda nantinya akan melewati Pertigaan Pitungan yang jalannya menanjak juga berkelok. Ada banyak tikungan tajam juga curam yang menantang selama perjalannya.

Dari Jogja, silahkan melajukan kendaraan Anda menuju Wonosari. Kemudian menuju Piyungan dan ikuti saja rute yang ada. Nanti Anda akan menemukan tikungan Bokong Semar, dan lanjutkan perjalanan menuju Hargo Dumilah. Tak lama, Anda akan sampai di tujuan yang lokasinya di pinggir jalan Utama.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Harga Tiket Bukit Bintang
Image Credit: Google Maps (Sarie Caqiel)

Untuk menghabiskan waktu liburan di Bukit Bintang, Anda memang tidak akan dikenakan tarif apapun. Hingga kini masih belum ada retribusi yang harus dibayarkan pengunjung kecuali biaya parkir kendaraan. Anda juga bisa mengunjungi destinasi wisata ini selama 24 jam. Belum ada jam operasional pasti di kawasan wisata satu ini.

Jika Anda ingin menikmati pemandangan hijau yang mengagumkan, Anda bisa datang pada saat pagi atau sore hari. Namun jika ingin menikmati suasana yang ramai dengan kelap kelip lampu, maka Anda bisa datang malam hari. dan apabila Anda menggunakan kendaraan umum, Anda harus bermalam dan menunggu esok hari untuk pulang.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Bukit Bintang

Aktivitas di Bukit Bintang
Image Credit: Instagram.com @nurainii_399

1. Bersantai

Kegiatan yang bisa Anda lakukan ketika singgah di Bukit Bintang Jogja adalah bersantai. Suasana pegunungan yang asri dengan udara yang sejuk akan membuat siapapun betah berlama lama. tentu saja akan jadi pengalaman yang tidak terlupakan, terutama jika dihabiskan dengan keluarga atau orang orang tersayang.

2. Kulineran

Selain bisa bersantai, Anda juga bisa sekalian wisata kuliner ketika singgah di bukit ini. Pesonanya yang indah dan menikmati kulineran yang nikmat tentu akan menjadi perpaduan yang sangat pas. Makanan yang bisa Anda coba juga ada banyak ragamnya. Mulai dari makanan ringan hingga makanan berat yang merupakan khas daerah tersebut.

Minuman yang bisa Anda jadikan pilihan juga sangat banyak, mulai dari wedang jahe, bandrek hingga kopi. Makanan ringan seperti jagung bakar juga roti bakar menjadi kudapan favorit saat singgah di Bukit Bintang. Selain di warung, Anda juga bisa singgah di restoran yang menyediakan konsep outdoor dengan hidangan yang lebih berkelas.

3. Hunting Foto

Ketika Anda menghabiskan waktu di bukit indah ini, tak lengkap rasanya jika tidak berswafoto atau hunting foto. Ada banyak spot foto yang bisa diandalkan untuk mengambil beberapa pose kekinian. Apalagi saat malam hari, Anda bisa mengambil foto dengan latar belakang kerlap kerlip lampu kota yang cantik.

4. Nongkrong

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Bukit Bintang adalah lokasi hits nongkrong kawula muda di Jogja. Anda yang menghabiskan waktu bersama teman teman bisa menjadikan tempat ini sebagai andalan. Tempat ini sangat ramah untuk nongkrong tanpa harus mengorbankan dompet Anda.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Bukit Bintang Jogja

Fasilitas di Bukit Bintang
Image Credit: Twitter.com @merapi_uncover

Hadir sebagai spot nongkrong di Jogja, bukan berarti Anda tidak akan menemukan fasilitas yang memadai. Anda bisa menemukan lahan parkir yang luas dan dijaga keamanannya. Sebelumnya, Anda harus memarkir di lahan yang sempit. Namun karena sudah mengalami beberapa perubahan, membuatnya fasilitasnya juga ikut dibenahi.

Selain area parkir, Anda juga bisa menemukan toilet yang memadai. Tidak ketinggalan tempat ibadah yang juga bisa dimanfaatkan saat Anda nongkrong di sini. Untuk urusan perut, Anda tak perlu khawatir karena ada banyak warung warung yang menyediakan aneka makanan juga minuman. Harga yang ditawarkan juga tak akan menguras dompet Anda.

Untuk Anda yang ingin lebih lama menikmati keindahannya, Anda bisa menginap di sekitar kawasan ini. Bisa dikatakan jika masalah akomodasi di lokasi wisata sudah sangat memadai. Berbagai penginapan bisa Anda jadikan sebagai pilihan. Mulai dari losmen, homestay, villa, hingga hotel bisa Anda temukan.

Harga yang ditawarkan sangat beragam, tergantung fasilitas yang Anda butuhkan. Namun tarif sewa kamar di kawasan bukit ini terbilang murah, ditawarkan mulai dari Rp 100 ribu sampai Rp 350 ribu per malamnya. Bahkan ada yang sudah termasuk dengan sarapan dengan harga tersebut. Beberapa hotel juga dilengkapi dengan spot spot untuk berfoto.

Bukit Bintang menjadi salah satu destinasi hits di Gunung Kidul, Jogja. Rasanya tidak lengkap jika ke Jogja tidak mampir ke tempat satu ini. Panorama dari ketinggian dengan kondisi alam yang masih asri memang berhasil menarik perhatian banyak orang. Tempat ini Anda bisa bersantai sekaligus bisa menghabiskan waktu dengan orang orang tersayang.

Give a Comment