Bukit Karang Gunung Kidul, Spot Terbaik Menikmati Panorama Sunset & Sunrise

Bukit Karang Gunung Kidul, Spot Terbaik Menikmati Panorama Sunset & Sunrise
Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sidoharjo, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

Jogja memiliki beragam tempat wisata yang asyik dan menarik, serta cocok untuk tempat berlibur bagi keluarga, salah satunya adalah Bukit Karang Gunung Kidul. Destinasi wisata alam dan pantai ini memiliki keunikan yaitu terdapat bukit karang yang cantik dan eksotik, sehingga pemandangan alam indah mempesona tampak jelas di mata. Di dekat bukit tersebut juga terhampar pantai yang luas sejauh mata memandang.

Saat berada di bukit karang, keindahan pantai berwarna biru, ombak berkejaran menuju bibir pantai, pasir putih halus dan bersih, dapat disaksikan dengan mata telanjang. Selain itu, beragam daya tarik juga tersedia di area ini, seperti beberapa spot foto yang cantik dan instagenic. Oleh karena itu, wajar jika kawasan ini dipadati oleh wisatawan lokal maupun domestik.

Daya Tarik Bukit Karang Gunung Kidul

Daya Tarik Bukit Karang Gunung Kidul
Photo by Google Maps angga hafmy

Pada umumnya bukit karang merupakan zona yang tidak menarik untuk tempat rekreasi, namun hal itu tidak berlaku bagi Bukit Karang di Gunung Kidul. Karena kawasan wisata ini memiliki daya tarik utama yaitu lokasinya yang dekat dengan Pantai Indrayanti. Sehingga menjadi area khusus bagi mereka yang mencintai akan keindahan.

1. Letak Bukit Karang Berada Dekat Pantai Indrayanti

Menjadi sebuah point tambahan yang menguntungkan bagi objek wisata ini, sebab letaknya berada dekat pantai Indrayanti, sehingga tempat ini terlihat sempurna. Bukit yang estetik dan eksotik dibalut dengan keindahan pantai yang menarik dan cantik, membuat tempat ini sebagai destinasi wisata alam dan pantai. Oleh karena itu, saat wisatawan berkunjung ke bukit karang akan mendapat bonus panorama pantai yang indah.

Selain itu, udara khas pantai yang sejuk dan segar juga begitu terasa ketika berada di bukit karang, sehingga tempat ini dapat sangat cocok untuk menyegarkan tubuh dan pikiran. Maka dari itu, sebuah hal yang wajar jika area piknik yang asyik dan menarik ini dipadati oleh pengunjung dari berbagai usia.

2. Pesona Alam Indah Mempesona

Selain keberadaan Bukit Karang yang terletak di dekat Pantai Indrayanti, daya tarik lainnya yaitu pesona alam indah mempesona. Apabila wisatawan berkunjung ke gunung atau bukit, maka hanya dapat menikmati pemandangan alam saja. Akan tetapi, berbeda ketika rekreasi ke bukit cantik ini, pengunjung bisa menikmati dua fenomena alam sekaligus, yaitu pantai yang cantik dan pesona alam indah mempesona.

Keindahan pantai sudah terlihat saat perjalanan menaiki bukit karang, dan akan semakin sempurna saat berada di puncak bukit. Hamparan pasir putih, air laut berwarna kebiruan, pohon hijau bergoyang tertiup angin, langit biru awan putih, semua dapat dinikmati secara saksama dengan tempo sesuka wisatawan.

3. Keindahan Panorama Sunset dan Sunrise Penuh Surprise

Bagi anda yang ingin mencari moment khusus di Bukit Karang, keindahan panorama sunset dan sunrise penuh surprise bisa menjadi alternatif daya tarik di tempat ini. Pada saat sunset, matahari pergi ke arah Barat langit tetiba senja, moment romantis tersebut sering digunakan pasangan, baik tua maupun muda untuk berduaan.

Begitu juga saat sunrise yaitu saat matahari terbit dari arah Timur, fenomena ini juga diburu oleh mereka yang menginginkan hubungan cinta mereka semakin emosional. Munculnya matahari yang menerangi bumi, seolah menggambarkan hubungan mereka agar selalu bersinar terang. Dua fenomena alam itulah yang membuat antusias dan menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke lokasi ini.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Photo by Google Maps Tri Wahyuni

Destinasi wisata alam dan pantai Bukit Karang, terletak di Dusun Ngasem, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Apabila wisatawan berkunjung dan melakukan perjalanan dari Jalan Tepus Gunung Kidul, jarak tempuh menuju lokasi 19,4 km, sedangkan waktu yang dibutuhkan untuk tiba di lokasi 41 menit.

Akses jalan cukup baik, mulai dari jalan utama hingga mendekati objek wisata. Namun ada kalanya ukuran jalan yang lumayan sempit sehingga susah jika harus berpapasan dengan dua mobil. Anda bisa membawa mobil atau motor, namun disarankan menggunakan sepeda motor untuk menghindari kemacetan.

Harga Tiket Masuk Bukit Karang

Photo by Instagram Puput Nabila

Meski tempat wisata alam dan pantai Bukit Karang Gunung Kidul cantik, menarik, indah mempesona serta berkualitas, namun harga tiket masuk tidak akan menguras tas. Karena biaya yang harus di keluarkan untuk masuk ke area wisata ini hanya Rp. 2.000, sedangkan untuk spot foto, pengunjung dikenakan biaya Cuma Rp. 2.000.

Akan tetapi, area parkir satu lokasi dengan tempat Pantai Indrayati, dimana harga retribusi parkir sepeda Rp. 5.000, sedangkan mobil Rp. 10.000. Meski demikian, tetap saja harga tiket tersebut masih jauh dari kata mahal meskipun digabungkan. Apalagi jika banyak pengalaman seru selama liburan di sini dari daya tarik yang dimiliki.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Menarik di Bukit Karang
Photo by Instagram cutiefranconero

Meski hanya sebuah tempat yang terlihat sederhana, namun Bukit Karang ini memiliki beragam daya tarik yang istimewa. Selain itu berbagai aktivitas yang menarik juga ada di kawasan wisata ini, sehingga pengunjung mengeluarkan bermacam ekspresi bahagia, gembira bahkan tertawa.

1. Berjalan Santai Menuju Bukit Karang dan Menghirup Udara Segar

Saat berada di kawasan Bukit Karang, aktivitas menarik yang paling utama adalah berjalan santai menuju bukit dan menghirup udara segar. Karena perjalanan menuju bukit akan ditemani udara segar, angin bertiup berhawa sejuk, pemandangan pantai yang cantik dan eksotik. Sehingga naik bukit yang aman dan nyaman ini menjadi kegiatan yang menarik untuk dilakukan.

Lagi pula ketinggian Bukit Karang Gunung Kidul hanya beberapa ratus meter saja, sehingga perjalanan menuju puncak bukit akan semakin tidak terasa. Ketika berada di puncak bukit, sensasi keindahan panorama alam yang disaksikan akan terasa berbeda dengan bukit lainnya. Sebab pesona alam di destinasi wisata alam indah ini di sempurnakan lansekap pantai yang cantik dan eksotik.

2. Melihat dan Menikmati Fenomena Sunset

Jika melihat dan menikmati fenomena sunset di pantai menjadi hal yang biasa dan sering dilakukan, maka saatnya menyaksikan dan memanjakan diri di atas bukit ini. Wisatawan akan merasakan hal yang berbeda dan sensasi yang luar biasa jika menonton fenomena sunset di Bukit Karang.

Karena pesona pantai biru, ombak putih, pepohonan hijau, burung camar pulang menuju sangkar, dan rona merah kekuningan cahaya sunset, semua dapat disaksikan di atas bukit karang. Hal inilah yang menjadi alasan utama dan alternatif bagi wisatawan untuk melihat sunset di kawasan bukit, karena sensasi nya terasa sangat berbeda saat menikmati sunset di tempat lain.

3. Hunting Foto Instagramable

Beragam kegiatan seperti berjalan santai dan menghirup udara segar, serta melihat sunset, akan terasa kurang lengkap jika hunting foto instagramable tidak dilakukan. Sebab aktivitas menarik ini merupakan pelengkap dan penyempurna dari semua aktivitas yang ada. Jika semua daya tarik yang ada dan kegiatan menarik yang dikerjakan tanpa ada dokumentasi foto dan video, maka tidak ada jejak digital yang ditinggalkan.

Apalagi di Bukit Karang Gunung Kidul sudah dilengkapi dengan spot foto yang menarik, cantik dan eye catching. Sungguh sangat disayangkan jika tidak disiapkan kamera dan handphone untuk mengabadikan moment indah dan langka tersebut. Cukup bayar dengan biaya yang sangat murah, hasil foto dipastikan lebih estetik dan layak di posting di media sosial.

Fasilitas Penunjang di Bukit Karang Gunung Kidul

Fasilitas di Bukit Karang Gunung Kidul
Photo by Google Maps Aditia Baruna

Para wisatawan yang berkunjung ke Bukit Karang tidak perlu khawatir mengenai fasilitas yang tersedia. Karena tempat ini sudah tersedia area parkir yang luas, toilet umum juga sudah tersedia di atas bukit, sehingga tidak perlu naik turun untuk buang hajat. Selain itu, ada juga gazebo untuk tempat nongkrong dan ngobrol sambil melihat pemandangan bagi wisatawan.

Saatnya mengajak keluarga berlibur ke tempat yang cantik, menarik dan eksotik, yaitu destinasi wisata alam dan pantai Bukit Karang Gunung Kidul. Meski terkesan hanya sebuah bukit sederhana, namun panorama alam yang indah mempesona begitu istimewa. Untuk mendapatkan kebahagiaan harus mahal bukan? Buktinya bisa anda dapatkan di sini!