Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Glagaharjo, Kec. Cangkringan, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

Berbicara mengenai sederet objek wisata alam di Yogyakarta, tidak banyak orang yang mengenal nama Klangon Hills atau Bukit Klangon. Pasalnya sebagian besar masyarakat lebih akrab dengan nama Bukit Indah Glagaharjo, lantaran lokasi destinasi tersebut berada di Desa Glagaharjo. Terlebih kawasan bukit ini termasuk kawasan tertinggi yang terdapat penduduk bermukim.

Sehingga hal tersebut membuat Klangon Hills menjadi lebih sepi bila dibandingkan dengan bukit yang ada di Kaliurang. Akan tetapi, belakangan tempat ini mulai banyak dikenal sebagai salah satu spot untuk menikmati keindahan Gunung Merapi. Sebab dari atas bukit, pengunjung bisa melihat jelas aktivitas Gunung Merapi.

Daya Tarik Wisata Bukit Klangon

Daya Tarik Wisata Bukit Klangon
Photo by Twitter Kikis_st Crew 

1. Pemandangan Klangon Hills

Perbukitan ini berada di ketinggian sekitar 1.100 meter di atas permukaan laut. Hal ini membuat udara terasa begitu dingin ketika anda berada di atas puncaknya. Maka dari itu, bagi anda yang ingin berkunjung ke sini sebaiknya jangan lupa menggunakan pakaian tebal atau pun membawa jaket.

Di samping udaranya yang dingin dan sejuk, ketinggian Klangon Hills membuat pemandangan yang bisa dilihat dari atas begitu menakjubkan. Dimana anda bisa melihat panorama hijau dengan latar perbukitan milik warga, ditambah pepohonan rindang dengan background Gunung Merapi yang menjulang dengan gagah di baliknya.

Tempat wisata yang dibuka sejak tahun 2011 setelah Gunung Merapi meletus cukup hebat di tahun sebelumnya itu, bahkan disebut sebagai salah satu spot terbaik untuk menikmati pemandangan Gunung Merapi. Sebab jaraknya dari gunung tersebut hanya sekitar 5 sampai 6 kilometer saja, sehingga menjadikan view dari Gunung Merapi terlihat sangat dekat.

Terlebih ketika cuaca sedang cerah, pengunjung akan disuguhkan gambaran puncak Gunung Merapi yang menjulang tinggi dengan megahnya. Selain itu, di sana anda bisa menemukan satu spot khusus untuk menikmati keindahan Gunung Merapi tersebut. Bukit Klangon menghadirkan sebuah gardu pandang bernama Gardu Pandang Rotary untuk para pengunjung.

Gardu pandang yang mempunyai ketinggian kurang lebih 5 meter ini dibangun berdasarkan donasi dari para pemimpin bisnis dan profesional Rotarian, itulah mengapa sebutannya diberi nama demikian. Dengan naik ke atas Gardu Pandang Rotary tersebut, anda bisa melihat pesona Gunung Merapi secara jelas sekaligus panorama alam lainnya di sekitar bukit.

2. Memiliki Nilai Sejarah Perjuangan Rakyat

Tidak hanya pesona alamnya yang begitu rupawan saja yang menjadi daya tarik dari Klangon Hills. Karena objek wisata ini juga memiliki keunikan lain yaitu bisa menjadi salah satu wisata sejarah. Konon, lokasi bukit ini memang sempat menjadi saksi bisu atas perjuangan rakyat Indonesia dalam menghadapi para penjajah.

Dari nilai sejarah tersebut, biasanya akan diadakan acara pengibaran bendera di atas bukit ini setiap menjelang hari kemerdekaan. Pengibaran bendera yang dilakukan di sini bertujuan untuk mengenang pertempuran hebat yang pernah dilakukan oleh rakyat Indonesia, saat melawan penjajah Belanda di masa lampau.

Daya Tarik Dimiliki Wisata Bukit Klangon
Photo by Google Maps arif wibowo

3. Jalur Downhill

Pengelola wisata menghadirkan jalur khusus untuk sepeda downhill atau MTB untuk para pengunjung yang menyukai aktivitas menantang tersebut. Jalur khusus untuk olahraga ini tersedia sepanjang kurang lebih 20 kilometer dengan view pegunungan yang indah. Jalur ini bahkan rutin digunakan untuk perlombaan resmi kejuaraan downhill.

Ketika tidak ada acara yang berlangsung di sana, para pengunjung bebas menggunakan jalur downhill tersebut untuk menguji adrenalin. Namun perlu diingat bahwa sepeda yang digunakan harus sepeda khusus downhill. Dimana anda harus membawa sendiri sepeda dan perlengkapan keamanan dari rumah, sebab di lokasi belum ada tempat penyewaan sepeda.

4. Camping Ground

Salah satu daya tarik lainnya yang dimiliki oleh Bukit Klangon yaitu adanya camping ground di kawasan tersebut. Bahkan area camping yang disediakan terbilang cukup luas dan landai untuk para wisatawan yang ingin bermalam di sana. Anda yang mengaku sebagai pecinta alam pastinya tidak akan berpikir dua kali untuk menjajal menginap di bukit yang cantik nan eksotis tersebut.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Wisata

Alamat Bukit Klangon
Photo by Google Maps Nuri Ayu

Klangon Hills berada di Kalitengah Lor, Desa Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Dari pusat kota, lokasi tersebut berjarak kurang lebih 30 sampai dengan 40 menit perjalanan. Lokasinya terbilang cukup strategis serta dapat diakses dari berbagai titik yang ada di area Jogja dan Magelang.

Dari arah titik nol km Jogja sendiri, anda bisa mengarahkan kendaraan menuju Jalan Magelang ke arah utara. Masih terus ke utara, teruskan perjalanan melalui Jalan Kaliurang menuju ke kawasan Kecamatan Cangkringan. Dari Jalan Kaliurang kemudian ke Jalan Pamungkas sampai ketemu pertigaan.

Nantinya anda bisa mengambil ke arah timur melewati Jalan Grogolan, lalu menemukan pertigaan lainnya. Di pertigaan ini selanjutnya anda bisa lewat Jalan Pasar Butuh, dan tidak butuh lama maka anda akan menemukan letak Bukit Klangon. Jika sudah mendekati lokasi, akan ada papan penunjuk jalan yang bisa anda ikuti untuk mencapai lokasi wisata sehingga anda tidak perlu khawatir.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam

ticket Bukit Klangon
Photo by Instagram piknikseruu

Untuk menikmati keindahan alam di Klangon Hills, anda tidak perlu membayar mahal. Sebab harga tiket masuknya hanya Rp. 5.000 saja per orang. Harga ini memang sedikit naik bila dibandingkan sebelumnya yang hanya Rp. 3.000 saja per kepala. Akan tetapi, naiknya harga tiket tersebut selaras dengan fasilitas di tempat wisata yang semakin ditingkatkan.

Sehingga bukan tidak mungkin jika ke depannya harga tiket ini juga bisa berubah kembali. Namun umumnya tiket masuk objek wisata alam di Yogyakarta relatif sangat terjangkau, sehingga tidak mengharuskan anda merogoh kocek dalam. Selain itu, bagi anda yang ingin sekaligus menginap di Bukit Klangon harus membayar sekitar Rp. 10.000.

Semua biaya tersebut belum termasuk tarif parkir apabila anda membawa kendaraan sendiri. Akan tetapi biaya parkirnya pun tidak mahal, dan dipatok sesuai dengan standar tarif parkir pada umumnya. Yakni senilai Rp. 2.000 saja untuk kendaraan roda dua dan Rp. 5.000 saja untuk kendaraan roda empat.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan

Aktivitas seru Bukit Klangon
Photo by Twitter Jogja Istimewa

1. Menikmati Indahnya Gunung Merapi

Klangon Hills merupakan salah satu spot terbaik untuk menikmati keindahan Gunung Merapi dari dekat. Bahkan dari atas gardu pandang yang ada di bukit ini, anda bisa melihat dengan jelas bagian puncak dari gunung berapi yang masih aktif tersebut. Khususnya jika cuaca sedang cerah, maka semua pemandangan indah yang ada di sekitar bisa terlihat dengan lebih epic.

Sebagai rekomendasi, anda bisa berkunjung ke wisata di Sleman ini pada pagi hari untuk mendapatkan pemandangan yang menakjubkan. Apalagi jika bukan pemandangan kabut yang perlahan lahan turun, udara yang begitu segar, matahari terbit dari timur, dan pemandangan istimewa lainnya yang tidak bisa dilihat sepanjang hari.

2. Kuliner di Tengah Udara Dingin

Sembari menikmati keindahan yang ada, jangan lupa untuk memesan aneka kuliner yang disediakan deretan warung di Klangon. Menu yang menjadi favorit pengunjung yaitu mie rebus dan kopi atau teh hangat. Meski terdengar sangat sederhana, ajaibnya menu tersebut terasa begitu spesial ketika disantap di tengah udara dingin.

Hangatnya mie rebus dan kopi atau teh panas akan membuat tubuh terasa hangat di tengah udara yang dingin. Benar benar menu yang sempurna untuk menikmati keindahan di daerah perbukitan. Pastinya pengalaman ini akan menjadi salah satu momen yang tidak bisa terlupakan sepanjang liburan anda.

3. Bersepeda Menuruni Bukit

Adanya jalur downhill yang disediakan khusus oleh pihak pengelola wisata, memungkinkan anda untuk melakukan aktivitas seru selama berkunjung ke Bukit Klangon. Jadi bagi anda yang suka menantang adrenalin, jangan lupa untuk menjajal aktivitas bersepeda menuruni bukit dengan jalur sepanjang kurang lebih 20 kilometer ini.

Jalur downhill cycling yang tersedia di sini memiliki lintasan naik turun dan berkelok, sehingga dijamin akan membuat anda begitu tertantang. Beberapa rutenya juga melintasi pemukiman penduduk, sehingga terasa lebih mengasyikkan. Belum lagi dengan view di sekitar yang begitu indah akan menemani anda selama bersepeda menuruni bukit.

Aktivitas seru di Bukit Klangon
Photo by Google Maps eko parkir

4. Hill Tracking

Apabila anda ingin mendaki gunung namun belum mempunyai pengalaman sama sekali, maka mencoba tracking di Klangon Hills ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Sebab bukit satu ini terbilang sangat aman untuk para pendaki pemula. Anda pun tidak perlu mendaki hingga berjam jam lamanya untuk sampai ke puncak.

Bahkan anda bisa mengajak putra putri untuk menjajal hill tracking di sini sebagai edukasi pendakian bagi mereka, sekaligus mengenalkan keindahan alam karunia Tuhan kepada buah hati. Selama perjalanan, terkadang anda bisa menjumpai beberapa satwa hutan Merapi. Seperti burung madu gunung, burung alap alap jawa, burung kepodang, monyet, hingga musang.

Selama melewati jalur trekking, anda pun bisa dengan mudah mendengar suara burung serta serangga hutan Merapi yang saling bersahutan. Semua suasana ini menambah keasrian alam sekitar yang membuat setiap orang akan merasa begitu damai. Pengalaman ini tentu sangat bermanfaat bagi anda yang membutuhkan refreshing untuk menghilangkan penat.

5. Berkemah

Adanya camping ground yang luas dengan lahan landai membuat aktivitas berkemah tidak boleh anda lewatkan saat berkunjung ke Bukit Klangon. Dari area camping ini pun anda bisa melihat dengan jelas view Gunung Merapi. Sehingga jangan ditanya lagi bagaimana keindahannya senja menjelang malam ketika mendirikan tenda di lokasi tersebut.

Namun pastikan anda mengikuti syarat dan ketentuan camping ketika ingin bermalam di sini. Yang mana kuota camping per malamnya hanya sekitar 100 orang agar suasana kondusif, sehingga anda sebaiknya melakukan reservasi terlebih dahulu. Setelah itu, jangan lupa melakukan pendaftaran ulang ketika tiba di lokasi wisata.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Bukit Klangon

Bukit Klangon
Photo by Google Maps Saska RF

Fasilitas yang ditawarkan di sekitar bukit terbilang cukup memadai dan mampu memenuhi berbagai kebutuhan pengunjung. Mulai dari tempat parkir, toilet, gazebo, mushola, warung makan tradisional, terdapat porter sepeda, track downhill dan gardu pandang.

Selain itu, ada beberapa spot foto indah dengan latar belakang Gunung Merapi, dan masih banyak lagi yang akan membuat wisatawan merasa nyaman saat berada di wisata alam hits di Sleman ini.

Bagaimana, tertarik untuk berkunjung ke Bukit Klangon? Destinasi ini bisa menjadi tujuan liburan anda selanjutnya yang ingin refreshing menghilangkan penat dari segala aktivitas sehari hari. Berbagai pengalaman seru akan anda dapat di sini, ditemani dengan pemandangan indah nan eksotis. Belum lagi dengan berbagai fasilitasnya, yang menjamin anda betah selama berada di lokasi.

Give a Comment