Bukit Pandawa Godean, Spot Favorit untuk Liburan Keluarga di Sleman

Bukit Pandawa Godean, Spot Favorit untuk Liburan Keluarga di Sleman
Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sidorejo, Kec. Godean, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

Bagi anda yang berada di Jogja dan ingin mencari destinasi wisata murah, Bukit Pandawa Godean dapat dijadikan tujuan utama. Tidak perlu mengeluarkan biaya di sini, karena sampai saat ini masih gratis bagi semua wisatawan. Sebenarnya, lokasi ini bukanlah sebuah objek wisata, melainkan bangunan untuk perumahan bersubsidi.

Sebelum dijadikan bangunan perumahan, kawasan yang berada di perbukitan Kab. Sleman, DI Yogyakarta ini merupakan tambang tanah liat. Artinya, warga di sana mengambil bahan baku tanah liat untuk dijadikan bahan setengah jadi. Bahan setengah jadi yang dimaksud bisa apa saja, sebagian besar dijadikan batu bata dan genting untuk atap rumah.

Kawasan ini semakin ramai dikunjungi karena ada pengunjung sebelumnya yang mempublikasikan keindahannya. Apabila dibandingkan perbukitan di tengah hutan, tentunya masih di bawah itu. Tetapi karena aksesnya yang mudah dan tanpa biaya, warga setempat berbondong-bondong menghabiskan waktu di sini.

Daya Tarik Wisata Bukit Pandawa Godean

Daya Tarik Wisata Bukit Pandawa Godean
Photo by Google Maps iwan benjamin

Bukit Pandawa Godean tidak terlalu luas seperti halnya bukit pada umumnya di Jogja. Namun ada hal lain yang menjadi daya tarik wisatawan. Selain dapat menikmati pemandangan di bawahnya, masih ada beberapa daya tarik lain yang akan kami bahas berikut!

1. Batu Diorit Usia 40 Juta Tahun

Dalam proses pengembangan perumahan bersubsidi, ternyata lokasi ini pernah dihentikan sementara waktu. Penyebabnya yakni karena ditemukan Batu Diorit yang ukurannya sangat besar. Batu Diorit inilah yang saat ini dikenal dengan Bukit Pandawa Godean. Batu ini memiliki usia lebih dari 40 juta tahun, dan menurut peneliti dulunya berada di laut.

Bukan berarti batu tersebut berpindah ke daratan, namun hal ini menjelaskan bahwa Jogja dulunya termasuk lautan yang berubah menjadi daratan karena proses alam. Bukti dari usianya yang mencapai 40 juta tahun dapat diketahui dari adanya endapan dari dasar laut. Bukti lain menunjukkan bahwa batu ini termasuk bagian dari aktivitas gunung api purba ratusan juta tahun yang lalu.

Oleh sebab ditemukannya batu tua ini, Bukit Pandawa Godean sedang dalam pengajuan sebagai kawasan cagar alam geologi. Karena banyak hal yang perlu digali untuk kepentingan penelitian, sampai saat ini pengajuan masih dalam proses. Jika sudah ditetapkan sebagai warisan geologi, maka mungkin ke depan bakal diresmikan menjadi objek wisata di Jogja.

2. Dilengkapi Berbagai Patung

Daya tarik lain yang tidak kalah penting yakni adanya berbagai patung yang menghiasi bagian kaki bukit. Bahkan diatas bukit pun terdapat deretan patung yang siap dijadikan latar belakang foto. Uniknya, ada dua jenis patung di Bukit Pandawa Godean yang mirip dengan nama tempat wisatanya.

Di bagian bawah bukit terdapat patung Pandawa Lima, yaitu Yudhistira, Bima, Arjuna, Nakula dan Sadewa. Masing-masing berpose sesuai gaya pada umumnya yang dikenal masyarakat Jawa, begitu juga dengan senjata utamanya. Sedangkan di bagian atas juga terdapat patung yang mirip dengan namanya, yakni patung panda.

Entah nama Bukit Pandawa merujuk pada Pandawa Lima atau hewan Panda, saat ini masih menjadi misteri. Namun keunikan ini ternyata mampu memberikan daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Apalagi untuk patung panda nya bukan panda biasa, melainkan mengambil tokoh kartun Kungfu Panda dengan berbagai gaya.

3. Sebagai Objek Wisata Keluarga Murah

Bukit Pandawa Godean cocok dijadikan objek wisata sederhana bersama keluarga. Setiap hari selalu ada pengunjung yang datang, terutama di pagi atau sore hari. Tujuannya berbeda, ada yang hanya sekedar ingin menghabiskan waktu luang atau berburu spot foto. Bagi yang membawa keluarga, pada umumnya mereka piknik asyik di sini.

Pemandangannya yang indah dengan landscape Perbukitan Menoreh membuat siapa saja betah. Suasananya pun asri karena pada dasarnya lokasi yang belum resmi menjadi objek wisata ini berada di atas ketinggian. Selain perbukitan, tampak juga deretan perumahan dengan gaya dan ciri yang tidak jauh berbeda, terutama di bagian atapnya.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Photo by Google Maps Maz Hanz

Sebagai objek wisata alternatif, tidak ada salahnya jika anda sesekali mengunjungi Bukit Pandawa Godean. Apalagi tidak terlalu sulit mencapainya, karena lokasi yang sangat strategis. Dari Tugu Jogja, jarak yang harus ditempuh hanya 12 kilometer. Anda pun hanya membutuhkan waktu sekitar 25 menit untuk bisa sampai ke lokasi.

Langsung saja arahkan kendaraan menuju ke Desa Jering, Sidorejo, Kecamatan Godean, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Namun sebelumnya, anda harus mengetahui rute yang paling cepat supaya tidak butuh waktu lama. Dari Tugu Jogja, silahkan menuju ke Jalan Kyai Mojo terlebih dahulu.

Tidak jauh dari titik ini, anda akan tiba di Jalan Godean, terus saja ikuti jalan raya. Setelah melewati JNE Azzam Sleman, ada pertigaan di dekatnya, ambil arah kanan yang menuju ke Jala Tanjung Pare. Lurus terus hingga ada jalan bercabang, kemudian belok kiri di Jalan Pare. Sebelum SDN Kwagon ada pertigaan, belok kanan menuju ke Jalan jering dan ikuti petunjuk.

Harga Tiket Masuk Bukit Pandawa Godean

Harga Tiket Bukit Pandawa
Photo by Google Maps Antonius Yansen

Setelah tiba di kawasan Bukit Pandawa Godean, silahkan cari lokasi parkir yang nyaman. Masih belum ada fasilitas parkir resmi di sini, anda bisa menggunakan tanah lapang di sekitar bukit. Petugasnya pun masih belum ada, jadi sebaiknya kunci ganda atau selalu mengawasi kendaraan.

Untuk harga tiket masuknya sampai saat ini masih gratis, begitu juga dengan retribusi parkir. Tetapi bukan berarti tidak harus membawa budget, tentunya anda harus menyiapkan dana karena ada banyak penjual di sekitar lokasi wisata. Hampir tidak memerlukan biaya sama sekali, maka dari itulah selalu ramai pengunjung, terutama dari warga sekitar.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Menarik Bukit Pandawa
Photo by Google Maps Sinung Baskoro

Pada umumnya, berwisata selalu identik dengan aktivitas yang dapat dilakukan. Ini juga berlaku bagi Bukit Pandawa Godean. Untungnya ada banyak kegiatan yang dapat dilakukan, jadi liburan di sini dijamin lebih seru.

1. Menikmati Pemandangan Sekitar

Alamnya yang indah dengan pemandangan Perbukitan Menoreh bisa dijadikan salah satu aktivitas yang seru. Tentu aktivitas yang dimaksud adalah menikmatinya. Terkesan tidak melakukan apa-apa, namun berbukti mampu membuat pikiran jauh lebih jernih dan sedikit melepas beban pikiran.

Selain perbukitan, pemandangan alam yang dapat disaksikan di puncak Bukit Pandawa Godean yakni sawah dan perkebunan milik warga sekitar. Tempatnya tidak terlalu jauh, jadi cukup jelas terlihat warna hijau dari padi yang masih baru dan kekuningan jika sudah waktunya panen. Tepat dibawah bukit terdapat perumahan yang rapi dan lumayan indah.

2. Berburu Spot Foto

Biasanya, wisatawan yang datang ke sini bertujuan untuk berburu spot foto. Bagaimana tidak, ada banyak spot cantik yang tersedia. Sebut saja patung Pandawa dan patung Panda dengan berbagai gaya lucunya. Ada juga patung gajah yang ukurannya lumayan besar, juga harimau yang diletakkan di tengah jalan seperti sedang menghadang pengunjung.

3. Melihat Atraksi Burung

Aktivitas di Bukit Pandawa Godean yang tidak ditemui di lokasi wisata alam hits lainnya adalah melihat atraksi burung. Di sore hari, banyak orang yang sedang melatih burung di puncak bukit. Atraksinya cukup unik, yakni melepaskan burung yang kemudian di bunyikan peluit supaya mereka kembali lagi kepada pemiliknya.

Fasilitas Penunjang di Bukit Pandawa Godean

Fasilitas di Bukit Pandawa Godean
Photo by Google Maps Susie sih

Sempat di singgung sedikit diatas bahwa Bukit Pandawa bukanlah resmi objek wisata yang dikelola pemerintah maupun instansi terkait. Oleh sebab itu, tidak ada fasilitas yang dapat ditemukan di sini. Hanya ada area parkir yang memanfaatkan tanah lapang dan warung yang menyediakan makanan dan minuman.

Itulah sedikit ulasan dari salah satu destinasi wisata keluarga di Jogja. Mumpung saat ini masih gratis dan dibuka setiap hari, ada baiknya jika anda bergegas mengunjungi Bukit Pandawa Godean. Paling tidak, anda dapat menjadikannya daftar teratas dari tujuan wisata berikutnya ketika liburan tiba.