Bukit Panguk Kediwung, Spot Foto Keren dengan View Alam yang Menakjubkan di Bantul

Bukit Panguk Kediwung, Spot Foto Keren dengan View Alam yang Menakjubkan di Bantul
Harga Tiket: Rp 11.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kediwung, Mangunan, Kec. Dlingo, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

Sudah tidak dapat dipungkiri lagi, bahwa salah satu daya tarik wisata utama di Daerah Istimewa Yogyakarta adalah dataran tingginya dengan pemandangan alam menakjubkan. Salah satu spot wisata menarik di dataran tinggi DIY dengan pemandangan yang spektakuler adalah Bukit Panguk Kediwung di Bantul. Untuk itu, berikut telah kami sajikan paparan lengkap mengenai daya tarik yang ditawarkan bukit cantik ini.

Daya Tarik Utama Bukit Panguk Kediwung

Daya Tarik Bukit Panguk Kediwung Bantul
Photo by Google Maps andi agusman

1. Pemandangan Alam yang Indah

Salah satu daya tarik utama yang sangat indah dari Bukit yang paling ngehits ini adalah pemandangan alamnya yang indah dan mempesona. Karena terletak di dataran tinggi, objek wisata hits yang satu ini menampilkan panorama alam yang luas dan asri. Selain itu, Bukit Panguk Kediwung ini juga tidak terlalu dipenuhi pengunjung, sehingga area wisata alami ini masih cukup bersih dan terawat.

Sama seperti dataran tinggi lainnya di Daerah Istimewa Yogyakarta, tempat ini juga menampilkan pemandangan perbukitan serta hijaunya hutan yang masih terjaga keasliannya. Pemandangan seperti ini semakin bertambah keindahannya terutama pada pagi hari, di mana perbukitan ini akan diselimuti oleh hamparan kabut tebal, sehingga pengunjung dapat merasakan sensasi seperti berada di negeri atas awan. Tak hanya itu saja, karena letaknya di dataran tinggi, pengunjung dapat dengan jelas melihat pemandangan matahari terbit (sunrise) yang sangat mempesona dari balik perbukitan.

Karena pesona alamnya yang menakjubkan ini, banyak sekali wisatawan yang memilih lokasi Bukit Panguk Kediwung untuk bersantai sambil menikmati pemandangan alam dan hembusan angin sejuk khas pegunungan yang sangat menyenangkan. Tak hanya itu saja, karena keaslian alamnya yang masih terjaga ini, sering kali wisatawan dapat melihat hewan-hewan cantik yang berkeliaran, seperti ragam jenis burung yang beterbangan dengan bebas.

2. Ragam Spot Foto Menarik

Salah satu alasan utama wisatawan untuk mengunjungi Bukit Panguk Kediwung adalah karena tersedianya ragam spot foto yang sangat menarik. Spot foto yang tersedia ini sangatlah variatif, dan masing-masing spot foto ini memiliki keunikannya tersendiri. Pengunjung tidak perlu bingung dalam memilih spot foto mana yang akan dipilih, karena setiap spot foto yang tersedia memiliki latar belakang pemandangan alam perbukitan yang sangat menakjubkan.

Ragam spot foto menarik yang terdapat di kawasan wisata Bukit Panguk antara lain adalah sebagai berikut:

  • Kereta Kuda Terbang – Di spot foto ini, pengunjung dapat berfoto layaknya penumpang kereta kuda yang terbang di langit. Selain itu, penumpang juga dapat berfoto sebagai sais yang mengendalikan kereta kuda di depan. Karena ukurannya yang cukup luas, maka spot foto ini dapat menampung hingga 3 orang pengunjung.
  • Pulau Langit – Sesuai dengan namanya, spot foto yang satu ini memang menampilkan sebuah pulau lengkap dengan bangunannya, yang dibuat sedemikian rupa sehingga nampak melayang di atas langit.
  • Bunga Teratai – Spot foto selanjutnya yang tak kalah menarik adalah bunga teratai. Di spot menarik ini pengunjung dapat berfoto di atas kelopak bunga teratai yang dikelilingi oleh beragam tanaman indah. Selain itu, spot foto kelopak bunga teratai ini memiliki latar belakang panorama perbukitan serta sungai yang indah.
  • Kapal – Di spot foto ini, pengunjung dapat berfoto seolah-olah berada di atas kapal penjelajah Eropa jaman dahulu. Kapal ini dibuat sedemikian rupa sehingga sangat mirip dengan aslinya, lengkap dengan layar serta bendera di atasnya.
  • Perahu Kertas – Salah satu spot foto yang cukup menarik perhatian adalah perahu kertas karena tampilannya yang berwarna merah dan kuning. Spot foto yang satu ini memang sangat unik karena berbentuk perahu yang terbuat dari kertas, dengan latar belakang perbukitan serta sungai yang indah.
  • Kolam Love – Di spot foto ini, pengunjung dapat berfoto di dekat kolam yang dibentuk menyerupai lambang hati (love). Spot foto ini sangatlah mempesona karena air di kolam dapat menampilkan bayangan pengunjung sehingga menjadikan hasil foto semakin estetik.
  • Kupu-Kupu – Spot foto kupu-kupu ini cukup sederhana dibandingkan spot foto lain karena hanya terdiri darilantai kayu yang berbentuk mirip dengan sayap kupu-kupu. Namun, panorama alam di balik spot foto ini sangatlah menawan sehingga sayang untuk dilewatkan.

3. Jalur Trekking

Untuk dapat menuju ke lokasi spot foto atau gardu pandang, pengunjung harus berjalan kaki selama beberapa menit dari area parkir atau pintu gerbang. Jalur pejalan kaki ini sudah dibuat sedemikian rupa, sehingga sangat aman dan nyaman untuk dilewati. Selain itu, pemandangan alam di sekitar jalur ini sangatlah menarik, serta ditumbuhi oleh ragam jenis tanaman yang memanjakan mata.

Oleh karena keindahannya ini, tak sedikit pengunjung yang juga memanfaatkan jalur ini untuk melakukan trekking sederhana. Ditambah lagi dengan suasana alamnya yang sejuk, pengunjung semakin dibuat betah berlama-lama sambil melakukan trekking di jalur ini.

Daya Tarik Dimiliki Bukit Panguk Kediwung Bantul
Photo by Google Maps Itok Kristianto

4. Jalur Sepeda

Selain jalur trekking atau pejalan kaki, di tempat wisata alami populer ini juga terdapat jalur sepeda yang dapat diakses oleh para pengunjung. Jalur sepeda ini memiliki medan yang tidak ekstrim, sehingga aman untuk dilewati. Selain itu, sama seperti jalur trekking, jalur sepeda ini juga memiliki pemandangan alam fantastis, serta dipenuhi oleh ragam tanaman cantik di sisi kiri dan kanan.

Untuk dapat mengakses jalur sepeda, pengunjung dapat mempersiapkan sepeda sendiri dari rumah. Kemudian, jangan lupa untuk mempersiapkan peralatan keamanan seperti helm sepeda agar pengalaman bersepeda di menjadi lebih aman dan nyaman.

5. Gardu Pandang

Keindahan alam yang terdapat di Bukit Panguk Kediwung memang sangat mengagumkan. Oleh sebab itu, banyak sekali pengunjung yang tertarik untuk menikmati pemandangan alam perbukitan, hutan, dan sungai yang disuguhkan di tempat ini. Untuk dapat menikmati panorama alam secara lebih jelas, pengunjung dapat memanfaatkan fasilitas gardu pandang yang telah disediakan oleh pihak pengelola.

Selain dapat menikmati keindahan alam di sekitar kawasan wisata hits ini, pengunjung juga dapat berfoto di gardu pandang karena menampilkan latar belakang yang sangat indah, terutama pada pagi hari ketika perbukitan diselimuti oleh kabut tebal berwarna putih.

6. Sungai yang Jernih

Di sekitar kawasan wisata alami terhits ini terdapat sebuah sungai yang sangat jernih, namanya Kali Oyo yang terletak di Kediwung, Mangunan, Dlingo, Bantul. Sungai yang satu ini cukup menarik karena memiliki nilai historis tersendiri, karena pada zaman dahulu sungai ini merupakan lokasi didirikannya istana Sultan Agung dari kerajaan Mataram.

Untuk dapat mengunjugi area Kali Oyo, pengunjung dapat menyewa jasa guide yang akan mengantar pengunjung untuk menelusuri sisi sungai tersebut.

7. Camping Ground

Karena keindahan alam perbukitannya yang spektakuler serta suasana alamnya yang asri dan sejuk, maka lokasi wisata hits ini sangat cocok dijadikan tempat berkemah. Untuk itu, pihak pengelola telah menyediakan area berkemah atau camping ground yang dapat dimanfaatkan oleh para pengunjung untuk membangun tenda dan melakukan kemah bersama teman atau keluarga. Pengunjung tidak perlu khawatir, karena biaya yang dikenakan untuk dapat menyewa camping ground ini terbilang cukup terjangkau.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Alamat Bukit Panguk Kediwung Bantul
Photo by Google Maps Yuni Astutik

Bukit Panguk ini terletak di Kediwung, Mangunan, Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Letak dari spot wisata alam indah ini memang tidak terlalu jauh dari pusat kota Yogyakarta, yakni sekitar 28 km, dan dapat ditempuh dalam waktu kurang dari 1 jam.

Perjalanan dapat dimulai dengan mengakses jalan utama melalui Jl. Imogiri Timur selama kurang lebih 10km, hingga ke area Makam Raja Imogiri. Setelah itu, perjalanan dilanjutkan dengan mengakses Jl. Sukorame ke arah Kanigoro.

Harga Tiket Masuk Bukit Panguk Kediwung

Tiket Bukit Panguk Kediwung Bantul
Photo by Google Maps Fadil Mappiasse

Untuk dapat masuk ke kawasan wisata Bukit Panguk, pengunjung perlu membayar biaya tiket masuk yang cukup terjangkau di kantong, yakni sebesar Rp 11.000 per orang untuk menikmati panorama alam yang tersaji.

Apabila pengunjung membawa kendaraan, maka dapat membayar tarif parkir sebesar Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua, dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Bukit Panguk Kediwung Bantul
Photo by Google Maps Wisata Jogja

Sebenarnya, ada banyak sekali aktivitas menarik yang dapat dilakukan di kawasan Bukit Panguk Kediwung, di antaranya:

1. Menikmati Pemandangan Alam

Salah satu aktivitas yang paling banyak dilakukan pengunjung di Bukit Panguk Kediwung adalah menikmati pemandangan alam yang indah. Biasanya, pengunjung akan memanfaatkan fasilitas gardu pandang untuk dapat melihat panorama alam secara lebih jelas.

2. Berfoto-Foto

Di kawasan wisata spektakuler ini, sangat disayangkan apabila pengunjung tidak mengabadikan momen dengan berfoto. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, ada banyak sekali ragam spot foto menarik di Bukit Panguk Kediwung. Oleh karena itu, ada baiknya pengunjung mempersiapkan kamera yang memadai serta properti agar hasil foto menjadi lebih maksimal.

3. Bersantai

Bagi pengunjung yang ingin menikmati suasana alam yang indah lebih lama lagi, maka dapat memanfaatkan tempat bersantai yang telah disediakan oleh pihak pengelola. Di kawasan wisata hits ini ada beberapa tempat bersantai yang cukup nyaman seperti gazebo, bangku taman, hingga ayunan yang langsung menghadap panorama perbukitan. Oleh sebab itu, pengunjung dapat memanfaatkan tempat bersantai ini untuk beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan.

Aktivitas Seru Bukit Panguk Kediwung Bantul
Photo by Google Maps Tri Sus

4. Berkemah

Aktivitas menarik lainnya yang paling banyak dilakukan oleh pengunjung di kawasan wisata hits ini adalah berkemah. Pihak pengelola kawasan wisata di Bukit Panguk Kediwung telah menyediakan fasilitas camping ground. Oleh karena itu pengunjung dapat melakukan kemah serta aktivitas menarik lainnya .

5. Menikmati Kuliner

Di dalam kawasan wisata bukit ini, terdapat sebuah warung makanan yang menyediakan ragam makanan serta minuman yang nikmat dan variatif. Warung makanan ini tentu sangat cocok bagi pengunjung yang merasa lapar, atau sekadar ingin bersantai sambil menikmati hidangan ringan yang disajikan.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Bukit Panguk

Fasilitas Bukit Panguk Kediwung Bantul
Photo by Google Maps Lukito dzaki

1. Area Parkir

Apabila pengunjung membawa kendaraan, maka dapat memarkirkannya di lokasi parkir yang terletak di sekitaran area pintu masuk di Bukit Panguk Kediwung. Area parkir ini sangatlah luas, serta keamanannya sangat terjamin karena selalu dijaga oleh petugas keamanan.

2. Spot Foto

Salah satu fasilitas utama yang tersedia di tempat wisata alam ini adalah ragam spot foto menarik yang tentunya patut dimanfaatkan. Ragam spot foto ini di antaranya yaitu perahu kertas, kapal, kereta kuda terbang, dan masih banyak lagi.

3. Kedai Makanan

Di dalam area wisata alam terindah ini juga terdapat kedai makanan sederhana yang menyediakan ragam makanan atau minuman ringan yang cocok disantap sambil menikmati suasana alam yang sejuk.

Selain itu, fasilitas lain seperti toilet umum dan tempat ibadah juga disediakan oleh pengelola untuk mendukung kebutuhan pengunjung.

Demikianlah tadi ulasan lengkap mengenai destinasi wisata alam menarik di Kabupaten Bantul, yakni di Bukit Panguk Kediwung. Tempat yang indah ini memang menyuguhkan panorama alam yang sangat menakjubkan. Selain itu, banyak sekali aktivitas menarik yang dapat dilakukan di lokasi wisata hits ini, sehingga sangat cocok untuk dijadikan tujuan wisata bersama teman ataupun keluarga.