Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Giricahyo, Kec. Purwosari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

Jogja memang menjadi salah satu kota yang tak pernah luput dari perhatian para travelers berkat keindahannya. Ada berbagai macam objek wisata yang ditawarkan untuk memanjakan para wisatawan. Salah satu destinasi yang patut dikunjungi yaitu Bukit Paralayang Watugupit.

Di sini, pengunjung bisa menikmati wahana yang memacu adrenalin yaitu Paralayang. Bagi Anda yang ingin bersantai, maka bisa duduk duduk di sekitar bukit sambil menikmati keindahan sunset dan sunrise. Berbagai pesona alam yang menakjubkan tersedia di kawasan yang satu ini. Berikut ulasannya!

Sekilas Tentang Bukit Paralayang Jogja

Tentang Bukit Paralayang Jogja
Image Credit: Image Credit: Instagram.com @viesti_wijaya

Bukit Paralayang memang menjadi salah satu destinasi yang cukup populer di kalangan para wisatawan. Tak hanya warga Jogja dan sekitarnya saja, tetapi turis dari mancanegara juga tak pernah melewatkan kesempatan untuk mengunjungi lokasi yang satu ini. Suguhan alam yang begitu menakjubkan ini menjanjikan pengalaman wisata yang begitu mengesankan.

Lokasi ini akan semakin ramai dipadati oleh pengunjung apabila menjelang matahari terbenam. Selain itu, banyak orang yang juga berdatangan ketika cuaca cerah. Bagi wisatawan, menyaksikan momen matahari sore berwarna jingga yang akan terbenam ini seakan mendamaikan pikiran dengan tenang.

Apalagi, semua itu makin lengkap dengan adanya hembusan angin senja yang terbilang cukup sejuk. Plus, momen sunset tersebut dapat dinikmati dari atas ketinggian yang ada di tepian laut. Garis pantai yang panjang, birunya ombak laut, sampai dengan matahari sore, memberikan kombinasi sempurna pengusir penat bagi para pengunjung yang datang ke Bukit Watugupit.

Daya Tarik Wisata Bukit Paralayang Watugupit

Daya Tarik Bukit Paralayang
Image Credit: Instagram.com @oom_tommy

1. Keindahan Bukit Gupit

Bukit Gupit menjadi salah satu centerpiece atau daya tarik yang paling menonjol di kawasan wisata ini. Lokasinya lumayan tinggi ini kerap kali dimanfaatkan untuk paralayang. Tempat ini bahkan pernah dijadikan ajang kompetisi bergengsi di bidang Paralayang. Di sekitar kawasan yang satu ini, pengunjung juga akan disuguhi dengan wisata lainnya yang memukau.

2. Spot Sunset Terbaik

Jika Anda mengunjungi lokasi yang satu ini, maka jangan terburu buru untuk beranjak dari Bukit Paralayang Watugupit. Sebab, Anda bisa melihat keindahan matahari tenggelam dari satu sudut puncak bukti. Panorama yang ada seolah menjadi lukisan menawan yang dapat Anda temukan di spot ini. Semakin lengkap, ada pantulan sinar dari laut yang sangat syahdu.

3. Panorama Landscape Atas Bukit yang Menakjubkan

Hal menarik lainnya yang bisa Anda temukan di kawasan wisata ini yaitu view tepi pantai yang memukau. Setelah sampai di atas puncak, seketika Anda langsung disuguhi dengan pemandangan yang memukau. Tak heran jika banyak wisatawan yang betah berlama lama untuk menikmati keindahan pantai Parangtritis bersama birunya samudra Hindia.

4. Terbang Paralayang

Seperti namanya, bukit ini dibuat untuk menantang para pecandu adrenalin dengan sensasi terbang menggunakan paralayang. Bagi Anda yang masih pemula, maka tidak usah khawatir. Sebab, sudah tersedia instruktur profesional yang akan membimbing Anda, sehingga tak perlu cemas lagi mengenai aspek keselamatan.

Akses, Rute dan Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk Bukit Paralayang
Image Credit: Google Maps (Iskandar Rusdi)

Bagi Anda yang ingin menikmati keindahan dari bukit yang satu ini, maka bisa mendatangi Kretek Bantul Untuk mencapainya, gunakan kendaraan roda dua, mobil, dan transportasi besar seperti bus. Hal ini karena akses jalan yang disediakan sudah beraspal bagus dan nyaman untuk dilewati ketika berkendara.

Jika Anda berasal dari Jogja dan melewati titik 0 km, maka arahkan kendaraan Anda menuju arah timur hingga mencapai perempatan Gondomanan. Jika sudah, belok kanan yaitu menuju Pojok Beteng Wetan agar dapat sampai ke lokasi dengan cepat. Di sinilah lokasi Bukit Paralayang Watugupit bisa Anda temukan untuk menghabiskan waktu liburan seru.

Untuk menikmati keindahan yang begitu menawan, tarif yang dikenakan untuk tiket masuknya juga terbilang cukup terjangkau. Pengunjung hanya perlu membayar biaya retribusi berkisar 5000 rupiah saja. Untuk jam bukanya, Anda bisa mengunjungi di waktu kapan saja, karena bukit cantik ini ditutup tengah malam.

Ragam Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan

Aktivitas Seru di Bukit Paralayang
Image Credit: Google Maps (Revanda Irwan)

1. Menikmati Keindahan Disekitar Kawasan Wisata

Perlu diketahui, lokasi wisata ini menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi para pelancong karena keindahan alam di sekitarnya. Ada berbagai macam daya tarik yang dinilai menjadi kekuatan dari Bukit Paralayang Watugupit, sehingga banyak orang yang betah berlama berlama ketika mengunjungi wisata menarik yang satu ini.

Salah satu yang menjadi magnet bagi para pengunjung yang datang ke sini yaitu pesona dari Pantai Parangtritis. Inilah yang menjadikan ikon menarik ketika pengunjung sedang mengunjungi bukit paralayang ini. Bagaimana tidak, sebab para pelancong bisa menikmati sensasi keindahan pantai yang menawan dari atas ketinggian bukit.

Pemandangan indah tersebut bahkan sudah terkenal sampai mancanegara, berkat banyaknya pengunjung yang mengupload ke media sosial. Lokasi wisata bukit ini memang terletak menghadap ke Pantai Parangtritis. Tak ayal jika banyak pengunjung yang datang sengaja untuk bisa menikmati pemandangan pantai yang indah dari atas.

2. Mencoba Wahana Paralayang

Dari namanya saja, tentu Anda sudah tahu jika wisata yang satu ini menawarkan wahana paralayang. Untuk itu, para wisatawan datang ke lokasi bertujuan merefresh pikiran dengan cara mencoba wahana yang satu ini. Sensasi udara yang menyegarkan dari ketinggian bisa Anda nikmati ketika berada di Bukit Paralayang Watugupit.

Dengan bermain paralayang, pengunjung akan disuguhi dengan pemandangan yang menawan sambil menguji adrenalin serta melepas penat. Meskipun Anda pemula, maka tidak perlu khawatir ketika mencoba wahana yang satu ini. Pasalnya, paralayang sudah dilengkapi dengan keamanan yang sangat ketat, sehingga pengunjung akan tetap aman ketika mencobanya.

Aktivitas di Bukit Paralayang
Image Credit: Google Maps (Soul Incubator)

3. Menikmati Pesona dari Sunset dan Sunrise

Ketika berada di lokasi wisata ini, maka jangan lewatkan untuk menikmati keindahan sunset dan sunrise yang menghadap ke pantai. Akan sangat mengecewakan jika Anda tidak menikmati keindahan dari sunset dan sunrise yang menghadap ke pantai. Pemandangan pantai menjadi poin utama untuk menarik perhatian para pelancong ketika ingin melepas penat.

Menariknya, harga tiket masuk yang terjangkau ini dijadikan salah satu kesempatan bagi para pelancong agar dapat menikmati keindahan alam yang menawan. Jika Anda ingin berlibur sambil mencoba melepas penat, maka bisa menjadikan lokasi ini sebagai rekomendasi utama untuk menenangkan diri. Tentunya, sambil menikmati indahnya matahari terbitnya.

4. Mengabadikan Momen

Seperti yang sudah diketahui, ada banyak lokasi wisata yang banyak dicari oleh wisatawan untuk mengabadikan momen. Jika Anda sedang mencari lokasi yang memiliki spot menarik, maka Anda bisa mendatangi Bukit Paralayang Watugupit. Untuk mendapatkan berbagai jepretan yang menawan dan juga unik, pengunjung hanya mengeluarkan uang untuk tiket masuk sebesar 5000 an.

Dengan modal yang terbilang cukup kecil, Anda sudah bisa mendapatkan berbagai foto keren dan kekinian yang bisa dimasukkan ke akun media sosial Anda. Tak ayal jika berlibur ke bukit cantik ini bisa menjadi salah satu aktivitas untuk menghilangkan kepenatan untuk menjalani kehidupan sehari hari karena pesonanya yang begitu menawan.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan Bukit Paralayang Watugupit

Fasilitas Bukit Paralayang
Image Credit: Google Maps (Helmi Santosa)

Mengingat antusiasme para pengunjung yang cukup besar, maka pihak pengelola melengkapi kawasan wisata dengan fasilitas lengkap. Fasilitas yang disediakan yaitu meliputi tempat parkir yang luas, warung makan, penginapan, dan juga tempat ibadah. Untuk kebutuhan MCK, sudah tersedia kamar mandi yang memadai.

Selain dari pihak pengelola, ternyata para warga sekitar juga menyediakan fasilitas secara mandiri. Pengunjung bisa mencoba fasilitas berupa kolam renang yang tersedia di dekat pantai. Tak hanya itu saja, sudah tersedia bangku yang bisa dimanfaatkan untuk duduk bersantai agar bisa menikmati panorama sekitar pantai dari atas.

Tips Wisata ke Bukit Paralayang Jogja

Tips ke Bukit Paralayang Jogja
Image Credit: Google Maps (Rahman Ardian)

1. Membawa Kamera

Banyak masyarakat yang memutuskan untuk menghabiskan liburan ketika sudah merasa telah jenuh dengan kegiatan sehari hari yang penat. Banyak yang rela menunggu beberapa waktu untuk mempersiapkan liburan yang dinantikan dengan berbagai cara. Mulai dari pemilihan lokasi, waktu yang tepat, sampai dengan apa saja yang harus dibawa ke tempat wisata.

Untuk bisa mendapatkan pengalaman tak terlupakan serta berlibur yang menyenangkan, maka perlu mempersiapkan item yang akan dibawa. Salah satu item yang wajib untuk dibawa yaitu kamera. Benda ini penting untuk menangkap gambar dan momen indah ketika Anda sedang berkunjung ke wisata alam yang menarik seperti Bukit Paralayang Watugupit.

2. Menyiapkan Budget Ekstra

Bagi Anda yang ingin mencoba wahana menantang di kawasan bukit ini, maka harus mempersiapkan budget yang lebih. Pasalnya, jika Anda ingin mencoba salah satu wahana yang cukup menantang untuk menghabiskan waktu liburan seru, maka biayanya tak bisa disepelekan begitu saja.

Untuk menjajal wahana paralayang yang ada di kawasan wisata ini, maka pengunjung harus membayar sejumlah biaya yang begitu besar. Tarif yang dipatok umumnya berkisar 300.000 sampai dengan 400.00 ribuan. Biaya tersebut harus Anda bayarkan jika ingin mencoba wahana menantang ini. Namun tentunya dengan biaya tersebut, keamanan dan instruktur sudah tersedia.

3. Cuaca Cerah

Jangan lupa juga amati perkiraan cuaca ketika Anda ingin mengunjungi wisata alam seperti Bukit Paralayang Watugupit. Jangan sampai liburan Anda terganggu karena datang di waktu yang tidak tepat alias waktu musim hujan. Jadi, usahakan untuk datang ketika waktu sedang cerah. Jika mendung, maka segera urungkan niat dan jadwalkan kembali kunjungan wisata Anda.

4. Bawa Bekal

Mengingat biaya dari wahana paralayang cukup menguras kantong, ada baiknya jika membawa bekal dari rumah. Anda bisa mencoba bekal bawaan Anda sambil menikmati keindahan senja di bukit ini. Semakin lengkap, waktu liburan akan menyenangkan ketika dihabiskan bersama orang tersayang, seperti teman, keluarga, maupun pasangan.

Bagaimana? Apakah sudah terbayang untuk berlibur di Bukit Paralayang Watugupit tersebut, bukan? Jika iya, maka segera jadwalkan untuk mengisi liburan seru Anda. Pengalaman wisata yang tak terlupakan akan menjadi sangat berkesan. Oleh karena itu, jika ingin berwisata ke wisata yang satu ini, persiapkan dengan betul apa saja yang ingin dibawa, termasuk perbekalan.

Untuk berkunjung ke Bukit Watugupit, Anda bisa mengajak seluruh anggota keluarga jika ingin menikmati pemandangan serta waktu liburan seru bersama. Bahkan Anda juga dapat menikmati pemandangan di pagi hari dan pulang di waktu senja tiba. Mengingat lokasinya yang begitu menawan, banyak wisatawan yang datang bersama keluarga, teman, maupun pasangan.

Give a Comment