Bukit Pengilon, Menikmati Keindahan Pantai & Padang Rumput di Gunung Kidul

Bukit Pengilon, Menikmati Keindahan Pantai & Padang Rumput di Gunung Kidul
Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ds. Wates, Desa. Purwodadi, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

Bukit Pengilon merupakan bukit yang terletak di antara Pantai Watu Lumbung dan Pantai Siung. Di tempat ini Anda akan menikmati keindahan alam pantai tersebut. Tak hanya itu, Anda juga akan dapat merasakan nikmatnya tiupan angin sepoi-sepoi yang sangat segar ditemani dengan indahnya laut biru dan deburan ombak yang menabrak karang, serta tepi bukit yang memukau.

Di kawasan bukit juga terdapat keunikan lain yaitu hamparan padang rumput hijau yang luas dan indah mirip padang rumput yang ada di Selandia Baru. Bukit cantik ini memang sayang untuk dilewatkan saat berkunjung ke Gunung Kidul.

Daya Tarik Wisata Bukit Pengilon

Wisata Alam Bukit Pengilon Yang Memukau Dan Menarik Di Gung Kidul
Photo by Google Maps Yobi Aris

1. Pemandangan Pantai yang Indah

Bukit Pengilon menawarkan pemandangan khas pegunungan Gunung Kidul yang alami dan asri. Arti nama Pangilon adalah cermin, dimana terdapat mitos berupa batu yang berbentuk seperti cermin. Sebagian besar dari perbukitan ini adalah bebatuan alam yang ikonik. Jika Anda telah sampai di bukit, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan laut biru, langit yang cerah dan hamparan rumput nan hijau.

Tidak hanya pada siang hari, banyak orang datang untuk bersantai di bukit ini pada malam hari. Anda juga dapat menikmati pemandangan sunset dan sunrise di tempat ini. Jangan sampai Anda ketinggalan momen luar biasa tersebut dengan ditemani udara yang sejuk dan segar.

Pemandangan yang menawan ini dapat menghilangkan penat Anda setelah bekerja keras sebelumnya. Pemandangan alam dan laut yang indah dapat mengisi kembali energi anda yang telah terkuras.

Wisata Alam Bukit Pengilon Yang Menawan Dan Lagi Hits Di Gunung Kidul
Photo by Google Maps Jejak Kakiku

2. Camping Ground

Indahnya panorama alam tersaji di Bukit Pangilon, maka banyak orang memutuskan untuk melakukan camping. Pengunjung dapat mendirikan tenda di lahan yang datar untuk menikmati nuansa perbukitan yang memesona dan sejuk baik siang maupun malam.

3. Jalur Trekking

Ada jalan setapak yang hanya bisa dilewati oleh pejalan kaki dan kendaraan roda dua saja. Pengunjung harus lebih waspada karena jalur trekking ini sempit dan berbatu. Jalur ini juga bersisian dengan tepi bukit yang curam. Namun, disepanjang perjalanan menuju ke Bukit Pengilon, Anda akan disuguhi dengan pemandangan alam yang eksotis.

Trekking menuju bukit membutuhkan waktu 40 menit hingga 1 jam. Anda akan melewati area persawahan, air terjun dan pemandangan laut yang menawan. Di sepanjang rute, jalan telah diberi pagar bambu walau begitu para wisatawan harus tetap berhati-hati agar tidak terpeleset.

4. Area Memancing

Untuk yang hobi memancing, Anda dapat melakukan kegiatan ini di sekitar bukit. Terdapat spot-spot memancing yang berada disisi bukit curam, sehingga Anda harus lebih berhati-hati ketika berjalan menyusuri lokasinya.

Alamat, Rute dan Harga Tiket

Lokasi Dan Tiket Masuk Di Wisata Alam Bukit Pengilon Gunung Kidul
Photo by Google Maps Rizkah Giyasusanti

Bukit Pengilon ini terletak di Dusun Wates, yang berada di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Lokasi bukit tidak terlalu jauh dari Pantai Siung bagian timur. Sebelum naik ke bukit, Anda bisa singgah sebentar untuk menikmati keindahan pantai yang biru yang terletak di kaki bukit.

Tidak sulit untuk mencapai bukit cantik ini walaupun lokasinya cukup lumayan jauh dari Kota Jogja. Jika Anda berangkat dari Kota Jogja dibutuhkan jarak sekitar 80kilometer menuju lokasi bukit ini. Jika di tempuh dengan menggunakan kendaraan umum mungkin bisa memakan waktu hingga 2 jam. Untuk mempersingkat waktu Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi baik motor ataupun mobil.

Untuk menikmati panorama alam yang tersaji di Bukit Pengilon, Anda cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang. Biaya ini sangat murah dan tidak menguras kantong Anda tentunya. Untuk biaya parkir, Anda hanya dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Lebih lengkapnya, berikut daftar harga tiket masuk.

  • TPR Pantai Siung dikenai biaya sebesar Rp 5.000 per orang (Parkir motor Rp 3.000 dan mobil Rp 10.000)
  • Bukit Pantai Siung dikenai biaya sebesar Rp 2.000 per orang
  • TPR Pantai Banyutibo dikenai biaya sebesar Rp 2.000 per orang
  • TPR Bukit Pengilon dikenai biaya sebesar Rp 2.000 per orang

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Menarik Di Wisata Alam Bukit Pengilon Gunung Kidul
Photo by Google Maps Dimas Mardiyansyah

1. Berburu Foto Keren

Bertemakan bukit yang indah dengan pemandangan rumput hijau yang segar ditambah dengan pemandangan laut biru yang mempesona dapat menjadi spot foto yang Instagramable bagi Anda. Anda dapat melihat deburan ombak yang menghantam karang dan tepian Bukit Pengilon. Tidak hanya itu, terdapat keindahan sunset dan sunrise jika Anda tidak kelewatan momen tersebut. Jangan sampai Anda mati gaya jika sedang berburu spot foto di tempat wisata hits ini.

2. Menikmati Indahnya Pemandangan

Pemandangan padang rumput hijau yang mirip dengan yang ada di Selandia Baru. Sehingga tempat ini cocok jika Anda sekedar bersantai dan menggelarkan tikar diatas rumput. Anda dapat menikmati udara segar, angin sepoi-sepoi, dan suara deburan ombak yang merdu. Anda juga bisa menikmati suasana malam ketika berkemah disini.

3. Trekking Menuju Bukit yang Menantang

Untuk menuju Bukit Pengilon, Anda harus mengeluarkan sedikit keringat atau tenaga untuk mencapat tempat ini. Anda harus melewati rute jalan setapak yang berbatu-batu. Jalan setapak ini dimulai dari Pantai Siung ataupun Pantai Watu Lumbung yang berada di timur bukit hits tersebut. Anda tidak akan merasa bosan karena Anda akan disuguhi dengan pemandangan alam yang luar biasa

Anda akan melewati area persawahan yang menghijau, air terjun, dan pemandangan indahnya laut yang biru. Trekking ini memakan waktu 40 menit hingga 1 jam. Di sepanjang rute, jalan telah diberi pagar bambu walau begitu para wisatawan harus tetap berhati-hati agar tidak terpeleset ke bawah jurang karena bukit ini memiliki kemiringan yang curam.

Aktivitas Menarik Lainnya Di Wisata Alam Bukit Pengilon Gunung Kidul
Photo by Google Maps Apri Ardi

Dalam perjalanan mendaki menuju ke puncak Bukit Pengilon, maka Anda akan melihat pemandangan yang luar biasa di sisi kiri dan kanan bukit. Terdapat hamparan padang rumput hijau dan asri yang menghiasi bukit-bukit kecil yang terdapat di kaki Gunung Purba Batur.

4. Camping Bersama Teman atau Keluarga

Di bukit juga tersedia lahan datar untuk berkemah. Karena fasilitas di sini sangat minim, maka Anda harus menyiapkan perbekalan dari rumah, baik tenda, makanan, minuman, dan kebutuhan camping lainnya.

Dengan mengadakan kegiatan berkemah, Anda akan merasa seperti di dunia bebas karena Anda akan disuguhi deburan ombak yang menabrak karang, indahnya warna laut yang biru, hijaunya hamparan Padang rumput di daerah perbukitan.

5. Kegiatan Memancing

Di kawasan Bukit Pengilon, terdapat spot bersantai untuk memancing. Namun, Anda harus hati-hati ketika berjalan menyusuri sisi bukit yang curam. Memancing juga bisa menjadi agenda yang sama dengan berkemah di lokasi bukit.

6. Bersantai Menikmati Pemandangan

Anda akan dimanjakan dengan pemandangan laut biru, langit yang cerah dan bukit yang indah nan hijau. Anda dapat sekedar duduk atau berbaring di atas hamparan rumput di bukit cantik ini. Anda akan menikmati udara yang segar dan sejuk khas area perbukitan.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Bukit Pengilon

Fasilitas Di Wisata Alam Bukit Pengilon Gunung Kidul
Photo by Google Maps Tour Banyuwangi

Ketika mengunjungi kawasan bukit, para wisatawan akan mendapatkan background foto yang Instagramable dan ikonik, serta bisa menikmati panorama sunset dan sunrise. Untuk menuju ke tempat ini akan melewati jalur trekking yang sempit, dan disepanjang perjalanan Anda akan disuguhi pemandangan persawahan yang hijau, keindahan air terjun dan tentunya terdapat keindahan laut biru.

Bukit Pengilon ini juga menyediakan bumi perkemahan untuk Anda yang ingin bermalam di alam bebas. Anda akan mendapatkan suasana malam yang indah ditemani suara deburan ombak dan angin malam yang dingin.

Untuk pengunjung yang akan berkemah maka pengunjung harus membuat persiapan dan membawa segala perlengkapan pribadi dari rumah dengan lengkap. Tidak ada fasilitas toilet maka Anda bisa menggunakan toilet yang ada di pantai terdekat.

Untuk biaya berkemah di Bukit Pengilon tidak dikenakan biaya sama sekali. Pengunjung cukup membayar tiket masuk Pantai Siung atau Wediombo Rp 5.000 per orang. Ketika Anda melakukan trekking menuju tempat wisata yang keren ini maka Anda akan melewati tiga pos retribusi.

Warung makanan dan tempat peristirahatan juga tersedia di sini namun jumlahnya tidak banyak. Warung ini biasanya dilengkapi dengan toilet umum dan musholla yang masih sangat sederhana.

Demikianlah ulasan Bukit Pengilon yang menawan di Gunung Kidul, Jogja. Semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat dan menjadi referensi bagi Anda untuk menentukan destinasi wisata alam terbaik. Selamat Berliburan.