Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Hargotirto, Kec. Kokap, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

Daerah Yogyakarta memang layak disebut sebagai salah satu destinasi wisata terbaik. Pasalnya hampir setiap sudut Jogja rasanya menyimpan banyak tempat menarik yang layak untuk dituju sepanjang waktu liburan. Seperti di Kabupaten Kulon Progo, yang mana terdapat surga bagi para pecinta swa foto bernama Bukit Pule Payung.

Bukit cantik ini sudah dikenal sejak tahun 2017 silam, dan hingga kini masih di cari-cari oleh para wisatawan penikmat keindahan. Objek wisata yang menghadirkan panorama alam luar biasa tersebut menawarkan banyak spot foto menarik untuk dijajal. Tidak heran jika destinasi ini disebut sebagai surga bagi para narsis-millenials.

Daya Tarik Wisata Bukit Pule Payung

Daya Tarik Wisata Bukit Pule Payung1
Photo by Google Maps Rusmadi AG

1. Kegigihan Masyarakat di Balik Keistimewaannya

Istimewanya destinasi Bukit Pule Payung tidak lepas dari kegigihan masyarakat yang menciptakan kawasan tersebut sebagai objek wisata. Mulanya terdapat sekitar 35 kepala keluarga yang mendiami kawasan Dusun Soropati, Hargotirto. Sebagian besar dari penduduk setempat ini bekerja sebagai petani, penderes nira kelapa, dan pemilik kebun kayu batang keras.

Rumah rumah yang ada di kawasan tersebut cenderung terisolir, sebab jalan setapaknya cukup sulit dilewati jika harus ke sana. Penghasilan warga pun termasuk pas pasan ketika itu, membuat gula kelapa maupun hasil panen empon emponan yang menjadi mata pencaharian masyarakat tidak seberapa.

Kondisi tersebut pada akhirnya membuat banyak warga memilih mengadu nasib menjadi TKI, sehingga hampir 80 persen karyawan di Bukit Pule Payung sekarang merupakan mantan TKI. Namun beberapa pemuda yang ada di Soropati kemudian melihat bahwa banyak warga yang sudah tua tersisa di dusun, sementara para anak mereka bekerja di luar negeri.

Jika dibiarkan begitu saja, maka kearifan lokal hingga tradisi budaya Jawa bisa putus begitu saja. Para pemuda pun berinisiatif untuk membuat lapangan kerja di kampung sendiri, yang mampu menghasilkan terus menerus. Kebetulan pada saat itu beberapa objek wisata panorama dari ketinggian tengah tumbuh di Hargotirto, seperti Kalibiru yang tidak jauh dari Soropati.

Sisi gunung di Soropati pun dianggap tidak kalah mempesona bila dibandingkan dengan Kalibiru. Sehingga warga Soropati akhirnya membuat wisata panorama di sana. Dan jadilah Bukit Pule Payung yang dibuka untuk umum seperti sekarang. Namanya sendiri diambil dari nama pohon pule yang tumbuh subur di kawasan sekitar.

Pohon jenis perdu tersebut biasanya digunakan oleh penduduk untuk berteduh. Melihatnya banyaknya pohon pule ini, alhasil objek wisata yang dibangun seluas 2 hektar milik 15 warga dusun tersebut diberi nama Pule Payung. Pada pembangunannya, destinasi ini tidak mengupas lahan dan hanya memanfaatkan pupuk kompos saja.

Mereka juga bekerjasama dengan ahli geologi UGM untuk memastikan bahwa pembangunan objek wisata yang dilakukan tidak merusak kawasan tersebut. Kini terdapat kurang lebih 9 spot wahana dengan tema berbeda yang bisa anda temukan di sini. Seiring perkembangan swafoto, Bukit hits di Kulon Progo menjadi viral dan terkenal.

2. Keindahan Alam yang Luar Biasa

Salah satu daya tarik dari kawasan wisata Bukit Pule Payung tidak lain adalah pesona alam pegunungannya yang mampu membius setiap pengunjung. Panorama alam dari ketinggian ini pula yang membuat orang orang menyebutnya sebagai bukit wisata. Dari ketinggian kurang lebih 500 meter di atas permukaan laut, anda bisa menyaksikan keindahan alam yang rupawan.

Dimana pesona keindahan Waduk Sermo bisa anda lihat dengan jelas dari atas bukit tersebut. Dilihat dari ketinggian, Waduk Sermo pun terlihat jauh lebih indah dan eksotis dengan dikelilingi oleh pegunungan yang masih begitu asri di kiri dan kanannya. Membuat lokasi ini menjadi salah satu cara terbaik menikmati alam di daerah Yogyakarta.

Daya Tarik Dimilik Wisata Bukit Pule Payung
Photo by Google Maps earvan dzul fahmi ahda

3. Banyak Spot Foto Instagramable

Bukit Pule Payung Kulon Progo merupakan bukit yang dilengkapi dengan sentuhan kreativitas. Di sana anda bisa menemukan banyak sekali wahana atau spot foto instagramable yang siap membantu anda mendapatkan deretan foto ciamik. Tidak heran jika destinasi ini cepat sekali viral di media sosial.

Terlebih bagi para millenials yang begitu gemar mengunggah story dan memposting foto di sosial media. Objek wisata ini dijamin akan langsung memuaskan kebutuhan konten anda. Selain itu, setiap wahana yang disajikan selalu memprioritaskan aspek keamanan sehingga anda tidak perlu khawatir ketika ingin mencoba bergaya di sana.

4. Wisata Kuliner

Menikmati kuliner dari atas ketinggian dengan ditemani udara sejuk dan pemandangan nan indah tentunya memberi pengalaman liburan yang nyata bagi setiap pengunjung. Pengalaman liburan seperti ini bisa anda peroleh ketika berkunjung ke Pule Payung yang ada di Kulon Progo.

Sebab objek wisata ini tidak hanya sekadar menawarkan kenyamanan berwisata dari pemandangan indahnya saja. Namun telah dilengkapi pula dengan sebuah fasilitas berupa cafe yang sangat cocok untuk menikmati keindahan alam sekitar. Cafe tersebut diberi nama Cafe Angkasa yang berada di puncak ketinggian dan langsung menghadap ke arah Waduk Sermo.

Cafe Angkasa ini didesain dengan tempat duduk yang nyaman dan lampu lampu indah yang menyala dengan cantik ketika malam. Selain itu, sajian menu yang ditawarkan juga tidak kalah istimewa dengan pemandangan yang ditawarkan. Beragam menu yang disajikan di sini sangat cocok di lidah orang Indonesia, dan tentunya dibanderol dengan harga cukup terjangkau.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Lokasi

Alamat Wisata Bukit Pule Payung
Photo by Google Maps wahyu

Bukit Pule Payung beralamatkan di Dusun Soropati, Hargotirto, Kecamatan Kokap, Kulon Progo. Dari pusat Kota Jogja, lokasi ini berjarak kurang lebih 35 kilometer atau membutuhkan waktu sekitar 1 jam 20 menit perjalanan. Anda bisa mengikuti rute Kalibiru jika ingin menuju ke kawasan bukit.

Sesampainya di Kalibiru, nantinya anda akan dengan mudah menemukan papan penunjuk jalan yang bisa mengarahkan anda ke Pule Payung. Selain itu, lokasi dari bukit ini juga sejalur dengan Tebing Gunung Gajah sehingga sangat mudah untuk menemukannya. Jika masih merasa kesulitan, anda bisa bertanya pada penduduk sekitar yang melintas.

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk

Ticket Wisata Bukit Pule Payung1
Photo by Google Maps M. Wijaya

Bukit Pule Payung beroperasi dan dibuka untuk umum mulai pukul 08.00 sampai dengan 16.00 WIB. Namun Cafe Angkasanya bisa dikunjungi dari pukul 16.00 hingga pukul 20.00 WIB setiap harinya, sehingga anda bisa berada di sana seharian jika ingin menikmati keindahan yang ada lebih lama.

Harga tiket masuknya sendiri cukup murah, layaknya objek wisata alam di Jogja pada umumnya. Anda hanya perlu membayar sekitar Rp. 5.000 saja untuk tiket masuknya. Namun jika ingin menjajal berbagai wahana yang ada di sana, mungkin akan dikenakan biaya tambahan. Tapi tidak perlu khawatir karena biayanya pun sangat terjangkau dan ramah di kantong.

Beragam Wahana Seru yang Bisa Dicoba

Aktivitas Wisata Bukit Pule Payung
Photo by Facebook Faizzulfadhli Tuah

1. Flying Fox

Mencoba flying fox akan membuat anda bisa melihat keindahan alam di sekitar dari atas. Kegiatan ini tentu sangat menyenangkan dan menguji adrenalin. Bahkan tersedia flying fox untuk anak anak yang menyukai permainan outdoor. Sistem keamanannya yang dijaga dengan baik membuat anda tidak perlu khawatir ketika si kecil mencoba flying fox.

2. Sky Bike

Mau mencari wahana yang memberikan kesan ekstrem dengan penuh keseruan ? Coba wahana sky bike ini ketika berkunjung ke Bukit Pule Payung. Sky bike sesuai dengan namanya, merupakan wahana yang mengharuskan pengunjung untuk mengendarai sepeda di atas seutas tali. Sehingga wahana ini pastinya siap memacu adrenalin anda.

3. Jembatan Surga

Spot foto yang diberi nama jembatan surga ini merupakan sebuah jembatan kayu yang dibuat setinggi beberapa meter. Dari atas jembatan, anda bisa melihat dengan mudah Waduk Sermo dari kejauhan. Selain itu, view hijau perbukitan Menoreh yang ada di sekeliling jembatan membuatnya menjadi spot foto favorit wisatawan.

4. Spot Foto Lolipop

Spot foto lolipop juga menjadi salah satu wahana yang digemari wisatawan ketika berkunjung ke sini. Spot ini berupa gardu pandang yang bentuknya bundar seperti lolipop, lengkap dengan hiasan warna warni. Banyak pose yang bisa anda coba di atas gardu pandang tersebut, mulai dari duduk bersama keluarga hingga gaya meloncat.

Aktivitas seru sekali Wisata Bukit Pule Payung
Photo by Instagram boni_sandhi

5. Spot Wolu

Spot satu ini bisa dibilang sebagai spot utama di bukit cantik Kulon Progo. Pasalnya di sini, anda bisa mendapatkan pemandangan alam secara full frame sehingga mampu menghasilkan foto yang ciamik. Bentuknya sendiri berupa segi banyak beraturan, dengan kapasitas pijakan hingga 7 orang.

6. Spot Angkasa

Spot angkasa adalah salah satu area terluas dari semua wahana yang tersedia di Pule Payung. Luasnya sekitar 24 x 9 meter dan mampu menampung hingga 100 orang pengunjung sekaligus. Di sana anda bisa menemukan beragam properti menarik yang bisa mendukung anda untuk berfoto dengan latar belakang panorama alam.

7. Sky Swing

Satu lagi wahana yang mampu memacu adrenalin anda saat berada di wisata ketinggian satu ini yakni sky swing atau ayunan langit. Ayunan tersebut dibangun tepat di atas jurang, sehingga mampu membuat jantung berdetak kencang ketika anda menaikinya. Namun tidak perlu khawatir karena sky swing ini tentunya telah dilengkapi dengan perlengkapan keamanan.

8. Kursi Langit

Selain sky swing, di wisata alam ini juga ada wahana kursi langit yang kerap dijadikan sebagai spot foto favorit wisatawan. Spot foto satu ini berupa sebuah kursi yang digantung di atas ketinggian beberapa meter. Saat menaikinya, anda mungkin akan merasa ngeri ngeri sedap. Tapi berfoto di spot ini pastinya akan menghasilkan potret yang begitu memukau.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Bukit Pule Payung

Fasilats bukit payung
Photo by Instagram infojogja

Demi memanjakan para wisatawan dan menjaring lebih banyak pengunjung, pengelola melengkapi kawasan bukit dengan berbagai fasilitas penunjang yang sudah memadai. Fasilitas yang ada di destinasi ini antara lain area parkir luas, toilet bersih, gazebo luas, pendopo, mushola, warung makan yang menawarkan beragam makanan dan minuman, hingga penginapan di sekitar area.

Melihat semua pesona yang mampu ditawarkan oleh Bukit Wisata Pule Payung di Kulon Progo, rasanya tidak ada alasan lagi untuk tidak berkunjung ke sana saat musim liburan tiba. Terlebih destinasi ini berada sejalur dengan beberapa tempat wisata terkenal lainnya di Kulon Progo, seperti Kalibiru dan Tebing Gunung Gajah. Sudah siap berkunjung ke bukit hits ini?

Give a Comment