Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Wukirharjo, Kec. Prambanan, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

Anda tentu sudah sangat akrab dengan istilah Teletubbies yang merupakan serial kartun anak-anak zaman dahulu. Di dalam serial kartun tersebut, anda akan menjumpai lingkungan yang berupa perbukitan dengan rumah yang berbentuk setengah bola. Bukit Teletubbies di Jogja ini mengadopsi nama dari serial kartun tersebut karena memang memiliki penampakan yang cukup mirip.

Di sini anda akan menjumpai banyak rumah-rumah berbentuk setengah bola yang terletak di perbukitan. Awalnya lokasi ini bukan tempat wisata, namun belakangan mulai dibuka sebagai tempat wisata dan banyak orang yang mengunjunginya. Hal ini tidak lepas dari keunikan tempat ini meskipun ada beberapa destinasi yang serupa.

Daya Tarik Wisata Bukit Teletubbies

Photo by Google Maps zulistya adi

1. Pemandangan Rumah Domes

Daya tarik yang dimiliki oleh Bukit Teletubbies ini adalah adanya rumah-rumah domes yang berjejer dan sangat indah jika dilihat dari atas bukit. Rumah domes atau rumah yang berbentuk setengah bola ini sebenarnya dibangun sebagai rumah donasi untuk para korban gempa bumi yang pernah terjadi di Jogja. Keunikannya terletak pada bentuknya yang setengah lingkaran.

Meskipun terlihat minimalis, ternyata rumah ini memiliki dua lantai dan dibangun sebagai rumah tahan gempa. Awalnya lokasi ini hanya desa biasa yang dihuni oleh penduduk, namun lambat laun diubah menjadi sebuah tempat wisata dan dicat berwarna-warni. Anda bisa menikmati keindahan pemandangan rumah Teletubbies ini dari atas perbukitan ini.

Dari atas bukit, anda tidak hanya akan menikmati pemandangan rumah domes, tetapi juga hamparan alam yang hijau dan sejuk. Anda bisa menikmati pemandangan tersebut dengan jelas dari atas ketinggian dan mengabadikan keunikan tersebut. Saat ini sudah banyak wisatawan yang berkunjung ke bukit ini untuk melihat keunikan dan pesonanya.

2. Ladang yang Diubah Menjadi Bukit Teletubbies

Tahukah anda jika awalnya bukit cantik ini adalah sebuah ladang biasa yang digarap oleh penduduk setempat? Ladang ini yang menjadi mata pencaharian beberapa penduduk yang ada di sekitarnya. Akan tetapi, lokasinya yang mendukung dan ditambah dengan adanya jajaran rumah domes membuat tempat ini disulap menjadi bukit yang dibuka untuk tempat wisata.

Pada awalnya di sini hanya tersedia gazebo, kemudian dilakukan pembangunan sarana dan prasarana yang lebih banyak lagi. Terdapat tulisan “Bukit Teletubbies” berwarna-warni yang sangat ikonik dari tempat ini. Kini anda bisa merasa nyaman saat berkunjung ke bukit hits di Jogja karena sudah tersedia fasilitas yang menunjang kenyamanan pengunjung.

3. Peristirahatan Para Pesepeda

Selain sering dikunjungi oleh para wisatawan, bukit ini juga sering menjadi tempat peristirahatan para pesepeda setelah mendaki bukit. Track Bukit Teletubbies memang tidak begitu tinggi seperti bukit lain yang ada di Jogja. Akan tetapi, banyak orang yang memanfaatkan track ini untuk berolahraga, sehingga anda akan menjumpai banyak pesepeda di sini.

Jumlahnya akan semakin banyak ketika hari Minggu dimana banyak orang yang menggunakan akhir pekan untuk bersepeda menaklukkan track dari bukit ini. Bagi anda yang penasaran dengan track menuju bukit, lokasi ini sangat tepat untuk anda coba. Setelah lelah berkendara, anda bisa beristirahat sembari menikmati keindahan alam dari atas bukit.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Lokasi

Alamat Bukit Teletubbies Jogja
Photo by Google Maps zulistya adi

Apabila anda tertarik untuk berkunjung ke salah satu lokasi wisata hits di Jogja ini, anda bisa menuju Desa Sumberharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, DIY. Lokasi ini juga tidak jauh dari objek wisata lainnya, seperti Tebing Breksi dan Candi Ijo. Namun, perjalanan untuk tiba di sini memang cukup jauh dari pusat Kota Jogja.

Anda bisa berangkat dari titik nol kilometer Jogja menuju Jalan Wonosari di arah timur. Melanjutkan perjalanan hingga anda tiba di Kecamatan Piyungan dan bertemu dengan pertigaan yang ditandai oleh traffic light. Dari sini anda ambil arah utara menuju Jalan Piyungan Prambanan. Tidak lama kemudian, anda akan menjumpai papan tanda rumah domes di sebelah timur.

Selanjutnya, anda tinggal mengikuti papan tanda tersebut hingga tiba di lokasi Bukit Teletubbies Jogja. Jarak yang anda tempuh sekitar 20 kilometer dari pusat Kota Jogja dengan waktu tempuh kurang lebih 60 menit menggunakan kendaraan bermotor. Disarankan untuk menggunakan motor karena jalan yang mendekati lokasi cenderung menanjak dan sempit.

Kondisi jalan yang seperti ini cukup berbahaya jika anda menggunakan kendaraan roda empat, terlebih saat musim hujan tiba. Namun, jika anda memilih untuk menginap di sekitar lokasi, maka anda bisa berkunjung ke bukit ini menggunakan sepeda sambil mencoba track di sini.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Ticket Bukit Teletubbies Jogja1
Photo by Twitter YogJo

Saat tiba di lokasi, anda akan diminta untuk membayar biaya parkir kendaraan dan biaya masuk lokasi wisata. Untuk parkir roda dua adalah Rp 2 ribu dan roda empat Rp 5 ribu. Sementara itu, harga tiket masuk tidak ditetapkan, sehingga anda diminta untuk membayar seikhlasnya. Dengan biaya yang sangat murah, anda sudah bisa menikmati keindahan yang tersaji di bukit ini.

Ada beberapa tips untuk anda yang ingin berkunjung ke tempat wisata ini. Biasanya, Bukit Teletubbies akan lebih padat pengunjung saat hari Minggu, baik itu wisatawan maupun para pesepeda. Jika anda tidak ingin berkunjung saat jam sedang ramai, maka disarankan menghindari hari Minggu. Dengan demikian, anda akan terhindar dari suasana bukit yang penuh sesak.

Pasalnya, ada beberapa wisatawan yang tidak suka jika berkunjung ke lokasi wisata saat jam ramai. Sebab, mereka menjadi tidak leluasa menikmati keindahan dan berfoto ria. Apabila anda termasuk wisatawan yang lebih suka dengan kesepian, maka anda bisa mencoba untuk berkunjung di hari lain selain hari Minggu atau akhir pekan.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan

Aktivitas Bukit Teletubbies Jogja
Photo by Google Maps Adit’s Daily Vlog

1. Bersepeda

Salah satu kegiatan yang populer dilakukan di Bukit Teletubbies adalah bersepeda untuk menaklukkan track perbukitan. Track dari bukit ini pun cukup bersahabat karena tidak terlalu tinggi seperti bukit lain yang ada di Jogja. Selain itu, fasilitas jalannya juga sudah dibnagun dengan baik, sehingga anda akan tetap merasa nyaman selama bersepeda di bukit ini.

Kegiatan yang satu ini wajib untuk anda coba jika anda suka dengan olahraga sepeda. Setelah lelah mendaki bukit dengan sepeda, anda bisa langsung beristirahat di atas bukit sembari menikmati keindahan pemandangan yang ada di sini. Tentu akan sangat segar untuk tubuh anda yang sudah lelah, kemudian melihat pemandangan alam yang hijau dan asri.

Rute perjalanan sepeda umumnya dimulai dari Desa Wisata Rumah Domes yang ada di bawah bukit. Kemudian, anda akan menelusuri jalan yang ada hingga tiba di atas Bukit Teletubbies. Dari sini, anda akan melihat deretan rumah domes yang berwarna-warni, sehingga menambah keindahan pemandangan alam dari atas bukit.

2. Menikmati Pemandangan dari Ketinggian

Pemandangan yang dinikmati dari atas ketinggian memang memiliki pesona tersendiri. Anda bisa melihat pemandangan dengan jarak pandang yang sangat jauh. Terlebih, lokasi wisata yang ada di perbukitan membuat pemandangannya semakin hijau dan menarik. Kegiatan anda juga didukung dengan adanya gardu pandang yang sudah dibangun di atas bukit.

Dengan begitu, anda bisa melihat luasnya panorama yang ada di bawah bukit, termasuk jajaran rumah domes yang unik. Bagi anda yang suka dengan fotografi, lokasi ini juga sangat cocok untuk menghasilkan foto yang menarik dan bagus. Dengan latar belakang pemandangan alam dan penampakan khas Teletubbies yang unik.

3. Berburu Spot Foto

Saat ini hampir segala hal harus diabadikan menggunakan kamera, terlebih jika anda berkunjung ke lokasi wisata yang unik seperti Bukit Teletubbies Jogja. Sangat disayangkan jika anda tidak mengabadikan momen ketika berada di sini karena keunikan yang dimilikinya. Banyak spot foto yang bisa anda gunakan, terutama dengan latar belakang alam yang hijau.

Salah satu spot foto yang tidak boleh terlewat adalah tulisan “Bukit Teletubbies yang menjadi ikon dari lokasi ini. Belum lengkap kunjung ke bukit ini jika belum berfoto di ikon wisatanya. Untuk itu, jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen anda selama berada di kawasan bukit.

Waktu yang paling direkomendasikan untuk berkunjung ke sini adalah saat pagi hari dan kondisi cuaca cerah. Anda bisa melihat pemandangan dengan sangat jelas dan udaranya pun sangat sejuk. Waktu pagi juga waktu yang paling tepat untuk menikmati segarnya alam dan menambah semangat untuk menjalani hari. Oleh karena itu, anda bisa berkunjung ke sini saat pagi hari.

Fasilitas yang Tersedia di Bukit Teletubbies

Photo by Google Maps Gau - Tama https://www.google.com/maps/contrib/109836615109687087576
Photo by Google Maps Gau – Tama

Sebagai salah satu tempat wisata yang hits di Jogja, Bukit Teletubbies telah dibekali dengan beberapa fasilitas yang mumpuni. Di sini tersedia area parkir untuk kendaraan yang anda gunakan. Kemudian, ada musala dan toilet untuk pengunjung yang membutuhkan toilet dan menunaikan ibadah. Selanjutnya, ada gazebo sebagai tempat yang sangat tepat untuk bersantai dengan keluarga.

Untuk menunjang keindahan pemandangan dari lokasi ini, tersedia gardu pandang yang dibangun di atas bukit. Dengan begitu, anda bisa menikmati pemandangan dari destinasi hits di Jogja dengan lebih leluasa. Dari gardu pandang ini, anda juga bisa menghasilkan foto yang bagus berlatang belakang perbukitan hijau dan deretan rumah domes yang unik.

Yang tidak kalah penting adalah banyaknya spot foto yang bisa anda gunakan. Tidak lengkap rasanya jika tidak mengabadikan momen saat menjelajah di bukit cantik ini. Untuk itu, anda bisa memanfaatkan banyaknya spot foto yang ada di sini, terutama di tulisan “Buki Teletubbies” yang ikonik tersebut. Fasilitas lain yang bisa anda nikmati adalah tersedianya warung makan untuk pengunjung.

Dengan adanya fasilitas ini, anda tidak perlu khawatir jika lelah setelah bersepeda menaklukkan bukit. Anda bisa langsung makan di warung makan yang ada di sini. Hal ini juga sangat memudahkan wisatawan lain yang tidak membawa bekal dan perlu mengisi perut. Menikmati makanan dari atas bukit tentu adalah pengalaman yang luar biasa untuk anda.

Bukit Teletubbies yang ada di Jogja tersebut adalah tempat yang sangat cocok untuk mendekat dengan alam dan menikmati suasana yang asri. Terlebih, lokasinya yang berupa perbukitan dapat dimanfaatkan oleh para pecinta cycling untuk menaklukkan track perbukitan. Bagi anda yang suka dengan olahraga sepeda, jangan sampai melewatkan kesempatan tersebut.

Give a Comment