Rasanya kurang lengkap jika mampir ke Jogja tapi tidak berkunjung ke tempat nongkrong yang populer. Inilah rekomendasi cafe unik dan instagramable di Jogja yang bikin betah, serta menawarkan menu dengan harga terjangkau.

Sebagai kota yang selalu jadi tujuan wisata, atraksi yang dihadirkan oleh Kota Jogja memang tak ada habisnya. Mulai dari destinasi wisata hingga berburu kuliner khas bisa dilakukan di kota ini. Bahkan Anda juga bisa menjelajah cafe-cafe hits di Jogja untuk mencicipi kuliner sekaligus nongkrong. Berikut beberapa rekomendasi cafe yang populer dan wajib dikunjungi saat berada di Jogja.

1. Cafe Brick

Brick Cafe Jogja
Image Credit: Google Maps (cafe BRICK)

Cafe Brick termasuk dalam jajaran cafe hits di kota Pelajar. Mengusung konsep vintage British, suasana yang dihadirkan begitu kental dengan Eropa klasik. Untuk dekorasinya banyak menggunakan dinding batu bata, kayu dan ornamen barang antik. Memiliki banyak spot instagramable, menjadikan cafe ini tak pernah sepi pengunjung,

Anda bisa menemukan beberapa sudut yang memang sangat cocok untuk mengambil pose. Seperti hadirnya vespa kuno, boks telepon umum warna merah dan lain sebagainya. Soal menu, Anda bisa menemukan menu lokal, Asia hingga Western. Menariknya lagi cafe ini buka selama 24 jam, soal harga tak perlu khawatir harganya mulai dari Rp 18 ribu an.

Lokasi: Jl. Damai No.8, Tambakan, Sinduharjo, Kec. Ngaglik, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

2. Epic Coffee

Epic Coffee
Image Credit: Google Maps (Agus Sugiono)

Tempat kongkow yang hits dan wajib disinggahi berikutnya adalah Epic Coffee. Memiliki desain yang menarik perhatian, cafe ini hadir dengan ruangan luas juga atap yang tinggi. Pengunjung bebas memilih untuk duduk di dalam ruangan maupun di luar ruangan. untuk outdoornya, Anda akan disuguhkan kebun hijau yang begitu asri,

Di belakang cafe, terdapat Epilog Furniture sehingga Anda bisa sekalian berburu furniture unik. Suasananya membuat siapapun yang singgah di cafe ini betah berlama lama. makanan yang bisa Anda cicipi beragam, mulai dari menu makanan ringan hingga berat. Kebanyakan merupakan menu western dengan harga mulai Rp 30 ribuan ke atas.

Lokasi: Jl. Palagan Tentara Pelajar No.29, Mudal, Sariharjo, Kec. Ngaglik, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

3. Bong Kopitown

Bong Kopitown
Image Credit: Google Maps (djeto catur)

Nama Bong Kopitown bisa dikatakan tidak asing bagi para penjelajah tempat nongkrong. Pasalnya, cafe ini memang sempat viral dan banyak diburu oleh wisatawan. Yang membuatnya menarik perhatian adalah konsep yang diusung, yakni tema penjara. Sehingga saat masuk, Anda bisa menemukan dekorasi seperti jeruji besi ataupun dinding batu.

Belum lagi para pelayan yang menggunakan seragam layaknya narapidana. Soal makanan Anda tak perlu khawatir, cafe ini terkenal dengan rasa makanannya yang nikmat. Makanan yang disajikan kebanyakan menu Nusantara, Pontianak Crab Noodle dan Singapore Laksa Noodle yang paling populer. Harganya termasuk ramah kantong mulai Rp 7 ribu sampai Rp 37 ribuan.

Lokasi: Jl. Sagan Kidul No.4, Terban, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

4. Kalimilk

Kalimilk Yogyakarta
Image Credit: Google Maps (Fahmila Ilma)

Apakah Anda penggemar susu? Jika iya wajib untuk singgah di Kalimilk Jogja. Cafe satu ini menawarkan banyak menu susu dengan berbagai rasa. Interiornya juga terbilang sederhana, tetapi pengunjungnya tak pernah sepi. Harga yang ditawarkan juga terjangkau, masih di bawah harga Rp 50 ribu. Suasananya nyaman dan cocok untuk ngobrol bersama teman atau keluarga.

Lokasi: Jl. Nglempong Sari Jl. Monjali No.251, Jongkang, Sariharjo, Kec. Ngaglik, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

5. Legend Coffee

Legend Coffee
Image Credit: Google Maps (Kang Buddi)

Bagi kawula muda Jogja, cafe satu ini tidak asing dan masih menjadi cafe yang hits. Layaknya namanya, cafe ini bisa dikatakan sebagai nongkrong paling tua di Jogja. Memiliki area yang luas, pengunjung bebas ingin duduk indoor maupun di area outdoornya. Untuk area indoor, memiliki desain yang klasik dengan ornamen juga furniture gaya lama.

Suasana yang dihadirkan di cafe ini membuat siapapun yang singgah betah. Fasilitas yang dihadirkan juga cukup lengkap dan memanjakan pengunjung seperti hadirnya beberapa permainan. Untuk menunya beragam, dari camilan, makanan berat hingga aneka kopi. Harga makanan di Legend Coffe cukup terjangkau, mulai dari Rp 9 ribuan.

Lokasi: Jl. Abu Bakar Ali No.24-26, Kotabaru, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

6. Secret Garden Coffe and Chocolate

Secret Garden Coffee and Chocolate
Image Credit: Google Maps (Anisah Fitri)

Cafe satu ini sangat cocok untuk Anda yang ingin menghabiskan waktu dengan orang tersayang. Suasana yang begitu romantis memang begitu kental terasa di cafe ini. Menawarkan suasana outdoor dengan lampu lampu yang indah saat malam hari, Secret Garden Coffe and Chocolate tak pernah sepi oleh pengunjung.

Bukan hanya malam hari, saat siang Anda akan melihat hamparan hijau sesuai dengan namanya taman rahasia. Cafe ini cocok untuk Anda yang ingin sekalian berburu foto foto cantik. Menu makanan yang ditawarkan beragam, dari camilan hingga makanan berat. Tidak ketinggalan olahan coklatnya yang juga menjadi andalan. Harganya berkisaran Rp 25 ribu ke atas.

Lokasi: Jl. Prof. DR. Ki Amri Yahya No.2, Pakuncen, Kec. Wirobrajan, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

7. Roaster and Bear

Roaster and Bear
Image Credit: Google Maps (Dan Ho)

Tak hanya hits, Roaster and Bear menjadi tempat nongkrong instagramable di Jogja yang juga harus dikunjungi. Memiliki desain yang unik dengan berbagai lukisan beruang yang menggemaskan. Anda juga bisa mengambil beberapa foto di beberapa sudutnya. Makanan yang ditawarkan didominasi oleh makanan western dengan rasa yang tak perlu diragukan.

Lokasi: Jl. P. Mangkubumi No.52, Gowongan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

8. Tempo Gelato

Tempo del Gelato
Image Credit: Google Maps (Elizabeth W.)

Jogja termasuk kota yang cukup terik ketika siang hari, menghabiskan siang dengan menikmati gelato tentu bukanlah ide yang buruk. Datang saja ke Tempo Gelato untuk mencicipi nikmatnya aneka gelatonya. Di Jogja sendiri, cafe ini sudah memiliki 3 cabang sehingga Anda bisa mengunjungi salah satunya. Memiliki desain yang khas, Anda dijamin betah berlama lama.

Memiliki desain eksterior yang dominan kaca, dijamin jika hasil foto Anda akan sangat cantik. Karena sinar mataharinya langsung masuk ke dalam bangunan. Di bagian interior, Anda akan dimanjakan dengan gaya Eropa yang begitu mewah. Untuk gelatonya, rasanya tidak akan membuat Anda kecewa. Harga menu makanannya aman untuk kantong Anda.

Lokasi: Jl. Prawirotaman No.38B, Brontokusuman, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

9. Indische Koffie

Indische Koffie
Image Credit: Google Maps (Sondha Siregar)

Indische Koffie berada di dalam museum Benteng Vredeburg dan Anda bisa sekalian mampir jika berkunjung ke tempat wisata satu ini. Mengusung tema klasik yang kental dengan tempo dulu, Anda akan dibuat kagum dengan interiornya. Hal ini bisa ditemukan pada furniture kayu, piano hitam dan juga foto foto hitam putih pada dindingnya.

Dengan dominan warna putih, membuat Anda seakan akan dibawa ke masa silam. Menu yang harus Anda cicipi saat nongkrong di cafe ini adalah Indische Mixed Rice. Kuliner satu ini merupakan perpaduan 3 nasi yakni, nasi merah, kuning dan putih. Kemudian disajikan dengan berbagai lauk yang menggugah selera. harganya mulai dari Rp 5 ribu hingga ratusan ribu.

Lokasi: Benteng Vredeburg, Jl. Jend. Ahmad Yani No.6, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

10. Mezzanine Eatery And Coffee

Mezzanine Eatery And Coffee
Image Credit: Google Maps (berbagifun Family)

Cafe satu ini memiliki bangunan yang berhasil mencuri perhatian siapapun yang singgah. Mezzanine Eatery and Coffee menggunakan eksterior dominan kaya yang sangat unik. Di Jogja sendiri cukup jarang cafe yang mengusung konsep glass house. Sementara untuk menu makanan, mayoritas menu yang disuguhkan adalah menu western dengan harga mulai dari Rp 35 ribu ke atas.

Lokasi: Jl. Palagan Tentara Pelajar No.Km.8 No.30, Karang Moko, Sariharjo, Kec. Ngaglik, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

11. Filosofi Kopi

Filosofi Kopi Jogja
Image Credit: Google Maps (Tri Budhianto)

Ngopi asyik di Jogja juga bisa Anda lakukan dengan mengunjungi Filosofi Kopi. Setelah sukses di Jakarta, kini juga sudah hadir di Jogja dengan menggabungkan unsur modern dan Jawa. terdapat joglo unik dengan daerah pedesaan membuat suasananya begitu tenang. Selain aneka kopi, Anda juga bisa menemukan berbagai snacknya dari harga Rp 18 ribuan.

Lokasi: Jl. Pandhawa No.001/17, Tegal Rejo, Sariharjo, Kec. Ngaglik, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

12. Lawas 613 Café

Lawas 613 Café
Image Credit: Google Maps (janetta anissa)

Kendati cafe satu ini cukup mungil, namun menjadi jujugan bagi kawula muda untuk kongkow. Suasana tempo doeloe Lawas 613 Cafe memang sangat kental dan membuat Anda seakan akan sedang di rumah nenek. Apalagi, cafe ini juga memiliki beragam menu yang bisa dicicipi. Dari menu nusantara hingga western dengan rasa yang nikmat.

Lokasi: Jl. Prawirotaman 2 No.613, Brontokusuman, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

13. Kafe 80’s Bocor Alus

Kafe 80’s Bocor Alus
Image Credit: Google Maps (Evarista Experience)

Suasana tahun 1980 an sangat terasa begitu Anda menginjakkan kaki Anda di cafe ini. Tampilan cafe ini sangat nyentrik dengan quote quote unik di dindingnya. Menjadikan tempat nongkrong ini buruan jepretan. Makanan yang disajikan kebanyakan makanan khas Indonesia dengan harga yang tak akan membuat kantong menjerit.

Lokasi: Jl. Parangtritis 5.5, Kulon No.RT. 007, Tarudan, Bangunharjo, Kec. Sewon, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

14. Tujuan Café

Tujuan Café
Image Credit: Google Maps (Felisitas Brillianti)

Memiliki desain yang lucu dan artistik, Tujuan Cafe juga termasuk tempat terkenal di Jogja yang tak bisa dilewatkan. Sangat cocok untuk Anda yang ingin kongkow sekalian berpose pose cantik untuk diunggah di media sosial. Menu yang ditawarkan juga sangat beragam dan tentunya ramah kantong.

Lokasi: Jl. Tirtodipuran No.17C, Kec. Mantrijeron, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

15. Kalluna

Kalluna
Image Credit: Google Maps (Ami Fraise)

Saat ini konsep Bohemian juga mulai hits dijadikan konsep cafe. Di jogja, Anda bisa mengunjungi Kallula yang jadi cafe instagramable. Tempat yang mendapatkan julukan Santorini Jogja ini menyediakan banyak menu western. Jika Anda ingin kebagian tempat, ada baiknya Anda reservasi lebih dulu, mengingat tempat ini tak pernah sepi.

Lokasi: Jl. Sajiono No.13, Kotabaru, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

16. Lantai Bumi Coffe & Space

Lantai Bumi Coffe & Space
Image Credit: Google Maps (Nugraha Gunamanta)

Cafe yang tak kalah ramai dan hits di kalangan kawula muda selanjutnya adalah Lantai Bumi Coffe. Ruangan yang tidak dilapisi cat ini memiliki kesan antik yang begitu dominan. Tidak hanya menjadi tempat nongkrong, cafe ini juga bisa untuk meeting. Menikmati hangatnya kopi ditemani aneka camilan akan membuat Anda nyaman.

Lokasi: Jl. Pogung Baru, Pogung Kidul, Sinduadi, Kec. Mlati, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

17. House Of Raminten

House Of Raminten
Image Credit: Google Maps (Erry Putri .A)

Rasanya tak lengkap jika nongkrong di Jogja, tapi tak singgah di House Of Raminten. Konsep yang diusung merupakan tradisional cafe dengan mengutamakan kenyamanan bagi pengunjung. Makanan yang disajikan menu angkringan dan juga khas nusantara yang rasanya tak perlu diragukan begitu juga harganya.

Lokasi: Jl. Faridan M Noto No.7, Kotabaru, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

18. The Captain Urban Lounge

The Captain Urban Lounge
Image Credit: Google Maps (jojo jojo)

Jika Anda ingin merasakan nongkrong di tempat unik, The Captain Urban Lounge adalah tujuan yang tepat. Bagaimana tidak, Anda akan diajak nongkrong di hanggar pesawat. Pada bagian dalam, Anda juga bisa menemukan kursi pesawat, bagian kokpit hingga galley pesawat. Menunya kebanyakan western dan asia juga olahan kopi.

Lokasi: Jl. Damai No. 41, Ngaglik, Wonorejo, Sariharjo, Kec. Sleman, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

19. Ekologi Desk & Coffe

Ekologi Desk & Coffe
Image Credit: Google Maps (Fadhila Hasna Athaya)

Tak hanya untuk kongkow, tempat ini juga menyediakan Coworking Space. Tema yang diusung merupakan tema rustic yang cocok untuk segala usia. Fasilitas koneksi wifi di kafe ini terkenal ngebut, tak heran jika banyak mahasiswa atau pelajar yang mengerjakan tugas di sini. Menu yang ditawarkan juga sangat beragam dengan harga pas kantong pelajar.

Lokasi: Jl. Pandean Sari Blok IV No.10A, Candok, Condongcatur, Kec. Depok, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

20. Kedai Mataram

Kedai Mataram
Image Credit: Google Maps (Setiawan Mangkunegara)

Jika Anda ada di area Malioboro dan mencari tempat nongkrong nyaman, Kedai Mataram bisa jadi tujuan. Desain interiornya amat nyaman dan pengunjung akan dibuat betah. Pengunjung juga bisa menjajal berbagai permainan tradisional yang tersedia gratis. Sajiannya mulai tradisional, kekinian hingga western bisa ditemui.

Lokasi: Jl. Mataram No.55, Suryatmajan, Kec. Danurejan, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

Deretan cafe hits di Jogja akan menjadi alternatif Anda untuk menghabiskan liburan. Rasanya sayang jika Anda tidak mengunjungi di antaranya untuk sekedar cicipi makanan atau berbincang dengan nyaman. Apalagi beberapa juga menghadirkan desain yang cocok untuk berburu foto-foto cantik yang instagramable. Jadi sudah memutuskan akan datang kemana dulu?

Give a Comment