Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dusun 1, Wanurejo, Kec. Borobudur, Kota Magelang, Jawa Tengah.

Jika Anda sedang berlibur di Magelang, maka tak ada salahnya untuk mampir ke Candi Pawon. Menjadi Candi bekas peninggalan era kerajaan Budha, pengunjung akan disuguhi dengan arsitektur candi yang begitu khas dan sederet kisah sejarah yang menarik. Penasaran dengan apa saja daya tarik dan kegiatan seru yang dapat dilakukan di Candi Pawon? Yuk simak ulasan selengkapnya!

Sejarah Singkat Candi Pawon

Sejarah Candi Pawon
Image Credit: Instagram.com @daudteguh

Ketika berbicara tentang lokasi wisata yang ada Jawa Tengah memang tak ada ujungnya. Ada banyak sekali daya tarik yang ditawarkan kawasan ini, termasuk Magelang. Di daerah yang satu ini, Anda bisa mengunjungi berbagai destinasi wisata yang unik. Apalagi, Magelang menjadi salah satu jejak peninggalan era kerajaan dengan corak Hindu dan Budha.

Bahkan, dulunya Magelang ini terkenal menjadi kerajaan yang terkuat dan termasyhur ghingga seluruh penjuru negeri. Meskipun sudah tidak ada lagi, kerajaan itu masih bisa dilihat dalam bentuk peninggalan yang terjaga. Salah satu yang bisa Anda temukan di Magelang yaitu Candi Pawon yang memiliki cerita sejarah cukup menarik.

Menurut catatan sejarah, candi ini ditemukan di Magelang pada akhir abad ke 19. Ketika candi ditemukan, kondisinya tentu masih belum sebagus yang saat ini karena tertimbun dengan semak belukar. Kemudian, candi ini dipugar sekitar tahun 1897 – 1904, dan mengalami perbaikan pada tahun 1903. Selanjutnya, candi ini mengalami perbaikan pada tahun 1908.

Dengan perjalanan sejarah yang cukup panjang, tak heran jika Candi ini selalu menjadi perhatian bagi para pelancong yang berasal dari luar kota. Ada yang sengaja datang sengaja untuk melihat kemegahan dan keunikan dari bangunan Candi tersebut, Pasalnya, menurut catatan sejarah, Candi Pawon bercorak Budha, tetapi bangunannya memiliki gabungan corak Hindu Jawa dan India.

Selain bentuk arsitekturnya yang cukup unik, ternyata ada hal lain yang membuat candi ini begitu menarik perhatian. Pengunjung akan disuguhkan dengan cerita misterius dari penamaan candi tersebut. Pasalnya, dalam bahasa Jawa, Pawon ini memiliki arti yaitu Dapur yang berasal dari kata awu (abu dalam bahasa indonesianya).

Mengingat diberi tambahan pa dan an, maka merujuk pada suatu tempat, maka memiliki arti perabuan. Selain nama tersebut, ternyata candi ini juga memiliki nama lain yaitu Baranjalan. Namun, nama tersebut bisa dikatakan masih kurang familiar di telinga masyarakat dan para pelancong.

Jika diartikan secara kata per kata Brajanalan sendiri berasal dari bahasa Sansekerta yaitu Vajra (halilintar). Sedangkan anala tersebut dapat diartikan sebagai api. Jika dilihat dari mitologi India, Dewa Indra ini memiliki senjata bernama Vajranala yang diyakini berada di Candi Pawon. Hal inilah yang membuat candi ini memiliki nama Baranjalan.

Dari informasi tersebut, beberapa masyarakat menganggap jika kawasan candi ini merupakan sebuah makam. Sebab abu juga identik dengan orang mati yang sudah dikremasi. Namun ternyata, usut punya usut maksud dari Candi bernama Pawon ini merupakan tempat senjata dari Raja Indra yang bernama Vajranala.

Daya Tarik Wisata Candi Pawon

Daya Tarik Wisata Candi Pawon
Image Credit: Google Maps (Denias Susanto)

1. Struktur Bangunan Unik

Jika ditanya bagaimana daya tarik dari Candi Pawon, maka bisa dilihat dari bentuknya yang cukup unik. Berbeda dengan candi candi lainnya, candi yang satu ini memiliki bangunan dengan bentuk persegi. Untuk bangunannya sendiri terdiri dari konstruksi batu yang halus dan diukur dengan rapi di banyak sisi sisinya. Hal ini bisa dilihat dari bentuk atapnya berbentuk stupa.

Candi dengan bentuk persegi ini memiliki panjang 10 meter pada setiap sisinya. Sementara itu, tingginya menunjukkan angka 13,3 meter. Secara lengkap, candi ini memiliki bilik satu dengan ukuran 2,65×2,64 meter dengan tinggi 5,2 meter. Untuk arah bangunnya yaitu menghadap barat dengan bentuk ramping, tidak tambun seperti candi yang ada di sekitarnya.

2. Relief yang Beragam

Selain memiliki bentuk yang unik, candi ini juga memiliki lokasi yang tak biasa. Pasalnya, candi ini berada di atas teras dan tangga yang tak terlalu tinggi. Pada bagian ini, pengunjung bisa melihat hiasan berupa stupa dengan ujung kerucut di atasnya yang begitu khas. Sementara itu, dinding di bagian luar banguna mcandi ini dihiasi dengan relief pohon pohon hayati.

Tak berhenti sampai sampai di situ saja, Anda juga akan disuguhi dengan hiasan kinara kinari. Hiasan unik tersebut merupakan manusia setengah burung. Jika diperhatikan secara mendetail, relief yang ada di Candi ini hampir mirip dengan relief Borobudur. Tak jarang banyak orang yang berpendapat jika candi ini juga merupakan bagian dari Borobudur.

Hal ini semakin kuat mengingat jaraknya hanya yang hanya 1.750 meter atau sekitar satu kilometer saja dari Borobudur. Bahkan, Candi Pawon ini juga sering kali dikaitkan dengan Candi Mendut yang berdekatan. Inilah yang menjadi dasar kenapa banyak orang menduga bahwa ketiga candi tersebut memiliki kaitan erat.

3. Ornamen Ornamen

Menginjak ke bagian berikutnya, pengunjung akan disuguhi dengan ornamen ornamen khas. Candi yang satu ini memiliki ornamen bunga sulur suluran dengan bagian tubuh dihiasi arca Bodhisatva dan juga stupa. Stupa tersebut memiliki ukuran kecil dan juga besar di sisi lainya. Sementara itu pada anak tangga pintu masuk terdapat makara beserta hiasan kala

4. Memiliki Celah

Seperti yang sudah Anda ketahui, umumnya bangunan candi memiliki bagian bagian yang tertutup. Namun hal ini berbeda dengan candi yang satu ini. Sebab, candi yang satu ini justru memiliki celah yang bisa dikatakan cukup besar. Pengunjung disuguhi dengan view dari celah berupa pintu masuk dan ventilasi. Inilah yang menjadikan Candi Pawon unik dan berbeda dari candi lainnya.

Daya Tarik Candi Pawon
Image Credit: Twitter.com @berandajogja

5. Bisa Masuk Ke Dalamnya

Memang benar candi merupakan ruangan yang tertutup dan tidak bisa dimasuki. Tetapi candi ini memiliki celah yang begitu besar, sehingga bisa dimasuki oleh orang. Ketika menginjakkan kaki di dalam candi, pengunjung akan disuguhi dengan relief relief yang berbeda dengan bagian luar bangunan candi.

6. Memiliki Banyak Cerita Sejarah

Bangunan candi sarat akan cerita sejarah yang terkait di dalamnya. Dari sekian banyak cerita yang ada, bisa dikatakan ceritanya dominan berkaitan dengan era zaman kerajaan budha di Indonesia. Hingga saat ini, para ahli masih terus menggali berbagai cerita mengenai candi tersebut dan yang ada di sekitarnya.

7. Penuh Dengan Misteri

Selain penuh dengan cerita sejarah yang menarik untuk diperbincangkan, ternyata Candi Pawon juga memiliki daya tarik dari cerita misterinya. Sejumlah mitos beredar di kawasan candi dengan sangat kental. Umumnya, misteri yang dipertanyakan banyak orang yaitu tujuan utama dari pembuatan candi tersebut pada masa lalu.

8. Suasana yang Begitu Tenang

Seperti yang sudah diketahui, candi cantik di Magelang ini memang memiliki keseluruhan bangunan yang menarik. Meskipun ukurannya kecil, namun candi ini terlihat begitu gagah dipandang. Dari kejauhan. Apalagi, lokasi di sekitar candi ini juga mendukung karena begitu bersih dan bebas dari semak belukar. Bahkan, pengunjung bisa melihat candi ini dari kejauhan dengan jelas.

Di bagian lantainya sudah disediakan paving dengan struktur unik yaitu mengelilingi candi. Selain itu, pengunjung juga bisa melihat rerumputan hijau yang mengelilingi area bangunan. Rerumputan dan tanaman yang ada di sekitar candi ini terlihat rapi dan tentunya terawat dengan baik. Ada juga tambahan pohon yang terlihat rimbun di tepian pagar kawasan candi.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Candi Pawon
Image Credit: Instagram.com @rodri_chen

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke lokasi bersejarah yang satu ini, maka bisa langsung datang ke Dusun Brojonalan, Desa Wanurejo, Magelang. Tepatnya, lokasi Candi Pawon ini berada di antara Candi Borobudur dan Candi Mendut. Jika Anda berkunjung ke wisata candi ini, maka bisa sekalian mengunjungi wisata wisata tersebut untuk menikmati liburan waktu seru.

Candi ini berjakar kurang lebih satu jam perjalanan dari Jogja. Cara yang mudah untuk sampai ke lokasi adalah mengikuti tur atau menyewa kendaraan. Jalur menuju Candi Borobudur, Mendut dan Pawon sudah cukup memadai dan sangat mudah di akses. Dalam perjalanan menuju Candi, Anda akan menikmati udara sejuk Kota Magelang yang dihiasi dengan pepohonan rindang.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Candi Pawon

Aktivitas di Candi Pawon
Image Credit: Google Maps (bernadeta ika ismawati)

1. Berswafoto

Struktur bangunan candi yang begitu unik membuat para pengunjung tak pernah melewatkan kesempatan untuk berfoto di depan bangunan candi. Banyak wisatawan yang berpose di depan pintu masuk candi dan memperlihatkan keseluruhan bangunan yang menawan. Bahkan ada juga para pengunjung yang berswafoto dengan duduk di tangga pintu masuk.

2. Melihat Relief Candi

Aktivitas selanjutnya yang biasa dilakukan oleh pengunjung yaitu dengan melihat relief candi. Bentuknya yang sangat unik, tentu akan sayang jika dilewatkan begitu saja. Ada banyak sekali ukiran menawan yang akan membuat para pengunjung yang datang merasa penasaran. Umumnya, ketika baru sampai ke kawasan candi ini, wisatawan akan melakukan kegiatan yang satu ini.

3. Berkeliling Ke Desa Borobudur

Mengingat Candi Pawon ini berada di kawasan Desa Borobudur, maka Anda bisa melanjutkan aktivitas dengan berkeliling ke desa tersebut. Pemandangan alam yang begitu asri memberikan kesan tersendiri bagi pengunjung yang datang ke kawasan candi. Aktivitas yang satu ini juga merupakan referensi terbaik yang bisa Anda pilih ketika berkunjung.

4. Naik Andong

Siapa bilang jika berwisata ke candi hanya melulu melihat relief? Faktanya ada banyak sekali aktivitas seru yang bisa dilakukan di kawasan Candi Pawon. Wisatawan bisa datang menjumpai andong untuk berkeliling kawasan candi. Biasanya, kegiatan seperti ini tak hanya disenangi oleh anak anak saja, sebab orang tua juga suka.

5. Bersantai Menikmati Pemandangan

Bagi Anda yang sudah lelah berkeliling candi, maka bisa duduk bersantai sambil menikmati pemandangan. Pengunjung akan disuguhi dengan view yang begitu menawan lengkap dengan candi yang berdiri kokoh di tengahnya. Hal ini karena memang lokasi candi yang berada di dataran tinggi dan terbilang sedikit masuk di pedesaan.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Candi Pawon

Fasilitas di Candi Pawon
Image Credit: Instagram.com @floscar.ac

Fasilitas yang tersedia di objek wisata bersejarah ini memang terbilang tidak terlalu banyak. Namun, keberadaanya mampu menunjang kegiatan bagi para wisatawan ketika berkunjung ke Candi Pawon. Beberapa di antaranya yaitu area parkir, toilet, warung makan dan lain sebagainya.

Dengan begitu, pengunjung bisa duduk santai di sekitar kawasan candi untuk menikmati jajanan sembari menikmati keindahan bangunan bersejarah ini. Sebagai seorang pengujung yang baik, Anda tetap harus menjaga kebersihan di sekitar candi agar tidak mengurangi pesonanya di mata pengunjung lain.

Semua daya tarik yang disuguhkan, rasanya cukup untuk membuat para pengunjung yang datang merasa tertarik untuk mengunjungi candi ini. Apalagi di kawasan Candi Pawon ini pengunjung juga bisa melakukan berbagai kegiatan yang seru. Sambil melihat uniknya bangunan candi, Anda juga bisa mencoba hal baru di kawasan ini.

Give a Comment