Candi Ratu Boko atau Istana Raja Baka salah satu candi terindah dan megah di Prambanan, Sleman, Jogja yang menarik dijelajahi. Situs purbakala ini dibangun pada abad ke-8 memadukan aristektur khas Buddha dan Hindu. Pemandangan sunset di candi menjadi buruan para wisatawan.

Harga Tiket: Mulai Rp 30.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Piyungan-Prambanan No.KM.2, Gatak, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

Selain Bali, Jogja juga menjadi tujuan favorit wisatawan dari berbagai daerah. Kota yang mendapatkan julukan sebagai kota pelajar ini memang memiliki banyak atraksi yang menarik untuk dikunjungi. Mulai dari bentang alam hingga wisata candinya yang menawarkan pesona luar biasa. Salah satunya Candi Ratu Boko yang menjadi favorit wisatawan.

Mengintip Keindahan Candi Ratu Boko

Keindahan Candi Ratu Boko
Image Credit: Facebook.com @ohbulanofficialfan

Candi Prambanan dan Borobudur menjadi candi yang sudah banyak dikenal oleh wisatawan. Menjadi peninggalan sejarah yang begitu mempesonanya, rupanya Jogja masih memiliki Candi Ratu Boko yang tak kalah menarik. Situs purbakala ini juga dikenal dengan Situs Ratu Boko yang merupakan reruntuhan dari istana juga bangunannya tidak mirip dengan candi.

Tempat wisata sejarah ini juga dikenal dengan Keraton Ratu Boko. Kompleks istana ini sudah ada sejak tahun 792 Masehi. Saat itu, masih dalam pemerintahan keturunan Dinasti Syailendra yaitu Rakai Panangkaran. Bangunan ini memiliki makna tersendiri pada saat itu yakni Abhayagirivihara. Jika dalam bahasa Indonesia memiliki arti vihara di bukit penuh kedamaian.

Memang lokasinya berada di sebuah bukit yang tingginya sekitar 196 mdpl. Membuat pemandangan yang disuguhkan luar biasa cantik. Dari atas bukit, pengunjung bisa menikmati panorama Candi Prambanan hingga Gunung Merbabu yang berpadu dengan kelompok pedesaan. Membuat semuanya jadi kesatuan yang menakjubkan.

Komplek candi ini merupakan peninggalan Hindu Budha. Hal tersebut karena ditemukan Rakai Panangkaran yang diketahui sebagai agama Budha. Terdapat juga Arca Dhyani Buddha yang menguatkan bahwa peninggalan ini merupakan peninggalan Budha. Tetapi di situs ini juga disebutkan sebagai peninggalan dari agama Hindu.

Keindahan Ratu Boko
Image Credit: Google Maps (Shella Aprilliya)

Mengingat ditemukan arca dari agama Hindu di dalam bangunannya. Seperti arca Ganesha, Yoni hingga Durga. Maka bisa dikatakan jika Candi Ratu Boko merupakan peninggalan dari dua agama yakni Hindu Budha. Candi ini ditemukan oleh warga Eropa yang waktu itu sedang kujungan ke Jawa, tepatnya berada di kawasan Bokoharjo.

Kedatangannya ini diperkirakan terjadi pada abad 17, tetapi di kunjungi pertama tidak menemukan apapun. Hingga akhirnya H.J De Graff orang Belanda yang masih penasaran melakukan penelitian kembali. Penelitian akhirnya dilakukan oleh FDK Bosch dan ditemukannya reruntuhan dari Ratu Boko yang ada di Jogja.

Apabila melihat berdasarkan prasasti Abhayagiri Wihara, prasasti tersebut menyebutkan angka 792 M. Sejarah akan terbentuknya Candi Ratu Boko sendiri ada dua versi. Untuk versi yang kedua disebutkan jika berkaitanan dengan kisah Ayah Roro Jonggrang. Yang mana keraton Ratu Boko sudah sangat lama digunakan, tepatnya sejak masa dinasti Syailendra.

Daya Tarik Wisata Candi Ratu Boko

Daya Tarik Candi Ratu Boko
Image Credit: Twitter.com @saranstm

Daya tarik candi ini tidak hanya terletak pada sejarah yang menarik. Namun juga pada bangunan yang terbilang unik dan berbeda dari candi pada umumnya. Terletak di area yang luasnya sekitar 250.000 meter persegi, candi ini berada di atas bukit. Sehingga Anda bisa menyaksikan pemandangan yang indah dari atas ketinggian.

Bagian yang dimilikinya juga terbagi menjadi beberapa bagian. Hanya saja, saat ini masih berupa bekas reruntuhan dari bentuk istana yang sebenarnya. Ketika Anda tiba di Candi Boko ini, Anda akan disambut dengan bagian gerbang utama dari Candi Ratu Boko. Gerbang ini terdiri dari dua gerbang yakni gerbang bagian dalam juga bagian luar.

Untuk gerbang pada bagian luar memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan gerbang utamanya. Pada gapura luarnya, Anda akan menemukan gapura paduraksa yang jumlahnya 3 dan disusun berjajar. Dan di bagian dalamnya gapura utamanya memiliki 5 gapura paduraksa. Dimana di dalamnya terdapat tulisan Panabwara.

Selain gerbangnya yang ikonik, Anda juga bisa menemukan bagian lain dari candi ini. Seperti misalnya pendopo, tempat tinggal serta kolam pemandian. Pagar pelindung juga turut mengelilingi bagian dari Candi Ratu Boko. Bangunan yang dimiliki candi ini merupakan daya tarik utama yang membuatnya terlihat unik dan berbeda dari candi pada umumnya.

Daya Tarik Ratu Boko
Image Credit: Google Maps (Sonys)

Ratu Boko termasuk candi yang memiliki bangunan serupa dengan candi Batu Putih dan Candi Batu Kapur. Dimana biasanya candi ini bisa ditemukan di daerah bagian timur laut. Dinamakan demikian, sebab pondasi yang digunakan candi ini adalah batu kapur. Dengan bagian atap yang telah menghilang mungkin dimakan usia.

Keindahan alam yang disuguhkan juga turut membuat Candi Ratu Boko begitu indah. Begitu Anda melihat pemandangannya, hamparan sawah hijau akan menyegarkan penglihatan Anda. Apabila sedang beruntung, di antara hamparan sawah hijau ini akan dilalui oleh kereta api. Menjadikan pesonanya seperti sebuah lukisan yang sangat menawan.

Udaranya yang segar juga turut menambah daftar panjang dari daya tarik yang dimilikinya. Pepohonan rindang dan juga rumput hijau yang mengelilinginya memberikan suasana asri yang kental. Membuat Candi ini sebagai tempat instagramable di Jogja yang selalu menjadi jujugan. Pengelola juga sudah menyiapkan kursi kursi untuk pengunjung menikmati pemandangan yang ada.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Situs Ratu Boko

Alamat Situs Ratu Boko
Image Credit: Google Maps (Ridwan Firmansyah)

Berada di Sleman, candi satu ini menjadi salah satu candi yang wajib Anda kunjungi. Alamat tepatnya berada di Jl. Raya Piyungan Prambanan KM 2, Gatak, Bokoharjo, Kecamatan Prambanan di Kabupaten Sleman. Candi Ratu Boko berada di lokasi yang sangat mudah untuk dijangkau, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi untuk tiba di wisata candi ini.

Kawasan wisata ini lokasinya memang tak jauh dari kompleks Candi Prambanan. Inilah mengapa banyak pengunjung yang langsung mampir ke Ratu Boko setelah dari Prambanan. Bahkan bisa menggunakan kendaraan shuttle Prambanan dengan menggunakan tiket terusan Candi Prambanan dan Ratu Boko. Shuttle ini akan tersedia setiap 10 menit sekali.

Selain menggunakan kendaraan pribadi ataupun shuttle, Anda juga bisa menggunakan kendaraan umum. Pengunjung bisa memanfaatkan Trans Jogja dengan rute 1A maupun 2A. Dengan transJogja ini Anda bisa turun di Halte Prambanan. Kemudian perjalanan bisa dilanjutkan dengan angkutan umum, delman hingga ojek.

Apabila Anda memulai perjalanan dari Jogja, Anda bisa mengambil jalur untuk menuju jalan Solo. Setelah Anda ambil jalan lurus untuk tiba di lampu merah pada pertigaan Pasar Prambanan. Selanjutnya, Anda tinggal mengikuti jalan ke kanan sepanjang 3 km. Barulah nanti Anda akan menemukan papan petunjuk yang mengarahkan ke kawasan candi.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional Candi Ratu Boko

Harga Tiket Candi Ratu Boko
Image Credit: Google Maps (Arini Lupitasari)

Lokasinya yang masih satu kawasan dengan Candi Prambanan memang sangat memudahkan untuk menjangkaunya. Selain itu, harga tiket masuk Candi Ratu Boko juga tak akan membuat kantong jebol. Pembelian tiket bisa dilakukan di Kompleks Candi Prambanan dengan harga mulai dari Rp 30 ribu hingga Rp 40 ribu.

Anda juga bisa mengambil tiket terusan jika ingin mengunjungi Prambanan sekaligus Ratu Boko. Jika mengambil tiket terusan, maka Anda akan mendapatkan fasilitas shuttle yang tersedia hingga pukul 4 sore. Harga tiket akan berbeda untuk anak anak juga orang dewasanya, begitu juga jika Anda ingin menikmati sunsetnya.

Namun jika Anda langsung datang ke Ratu Boko, harga tiketnya mulai dari Rp 25 ribu. Biaya tiket masuk masih belum termasuk dengan biaya parkir kendaraan. Biaya parkir kendaraan mulai dari Rp 5 ribu hingga Rp 15 ribu tergantung kendaraan yang digunakan. Sementara jam operasionalnya mulai pukul 06.00 hingga 17.00 WIB.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Istana Ratu Baka

Aktivitas di Istana Ratu Baka
Image Credit: Google Maps (Jarryd Anderson)

1. Belajar Sejarah Candi

Hal yang bisa dilakukan di Candi Ratu Boko Jogja sebenarnya sangat banyak. Salah satunya adalah belajar sejarah dengan lebih menyenangkan. Karena kita bisa melihat langsung dan mempelajarinya di depan mata. Anda bisa tahu lebih banyak tentang asal usul dan sejarah lainnya. Tentunya Anda perlu menyewa tour guide untuk melakukan kegiatan ini.

Mengingat mereka akan menjelaskan lebih detail tentang candi yang dahulunya menjadi istana ini. Membawa anak anak tentu akan memberikan pengalaman yang berbeda. Selain bisa menceritakan banyak hal dengan detail, menyewa tour guide juga membantu Anda ketika akan mengambil beberapa potret tertentu.

2. Berburu Matahari Terbenam

Kegiatan yang paling ditunggu tunggu oleh banyak pengunjung adalah menikmati momen sunsetnya. Bahkan banyak yang sengaja datang untuk menikmati indahnya matahari terbenam di tempat satu ini. Inilah mengapa sore hari menjadi waktu favorit untuk mengunjungi Candi Ratu Boko. Sehingga pengunjungnya cenderung meningkat di waktu ini.

Bagaimana tidak, semburat oranye menjadikan bangunan candi tampak siluet dan mempesona. Matahari tenggelam ini akan terbingkai sempurna di bagian pintu gerbang candi. Lambat laun akan memberikan warna gelap dan pemandangannya luar biasa. Mengunjungi Ratu Boko memang tak boleh melewatkan sajian satu ini.

Namun, tidak semua orang bisa menyaksikan keindahan atraksinya ini. Mengingat di waktu tertentu akan tertutup kabut juga awan yang membuat sunsetnya tak terlalu nampak. Kendati demikian sebenarnya sore hari di candi ini sama sama mengagumkan. Sehingga tak perlu berkecil hati saat cuacanya tidak cerah.

Aktivitas Istana Ratu Baka
Image Credit: Instagram.com @bdrk97

3. Berburu Foto Cantik

Menginjakkan kaki di Ratu Boko tak boleh melewatkan untuk berburu foto foto yang menarik. Ada banyak spot foto instagramable yang tak boleh Anda sia siakan. Salah satu spot terbaiknya adalah di pintu gerbang ketika sunset. Untuk itu, pastikan membawa kamera terbaik Anda saat liburan kemari.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Candi Ratu Boko Jogja

Fasilitas Candi Ratu Boko
Image Credit: Google Maps (Bondan Nm)

Di situs peninggalan sejarah ini, Anda sudah bisa mendapatkan fasilitas yang lengkap. Mulai dari lahan parkir yang luas untuk menampung kendaraan hingga toilet yang bersih. Anda juga bisa beribadah di mushola yang disediakan di area candi. Tidak ketinggalan beberapa gazebo maupun papan informasi yang akan memanjakan para pengunjung.

Bagi Anda yang tidak sempat membawa bekal, Anda bisa membeli di restoran yang ada di area candi. Berbagai menu makanan dan minuman disediakan di candi cantik ini. Anda juga bisa berburu oleh oleh maupun souvenir di area yang ada. Untuk Anda yang ingin menginap, Anda juga bisa menemukan penginapan di luar area candi dengan harga yang beragam.

Keindahan yang dimiliki Candi Ratu Boko memang luar biasa dan membuat siapapun berdecak kagum. Peninggalan sejarah ini tak hanya cocok untuk menghabiskan liburan tetapi juga mendapatkan banyak ilmu baru. Keindahan alam dan situs yang bersatu mampu menyihir siapapun yang datang. Bagaimana tertarik untuk menjelajah wisata sejarah satu ini?

Give a Comment