Candi Sari, Candi Peninggalan Zaman Kerajaan Mataram Kuno di Sleman

Candi Sari, Candi Peninggalan Zaman Kerajaan Mataram Kuno di Sleman
Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bendan, Desa Tirtomartani, Kec. Kalasan, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

Banyak sekali tempat wisata di kota Yogyakarta, salah satu tempat wisata ini adalah bangunan sejarah berupa candi. Salah satu candi yang keren di Jogja adalah Candi Sari. Bangunan candi ini diperkirakan dibangun sekitar abad ke-8 atau abad ke-9 Masehi pada saat zaman Kerajaan Mataram Kuno masih memerintah di daerah tersebut.

Bangunan Candi Sari keren ini dulunya diperuntukkan sebagai sebuah biara untuk para pendeta Budha. Tempat wisata keren ini memiliki 9 buah stupa yang disusun dalam tiga deretan sejajar. Bangunan ini memiliki ukuran 17,3 x 10 meter. Candi yang hits di Jogja ini memiliki 3 tingkatan.

Daya Tarik Wisata Candi Sari

Daya Tarik Candi Sari Sleman
Photo by Google Maps Vinh Phuc

1. Dipenuhi Arca dan Pahatan

Candi Sari ini memiliki ukuran yang kecil. Tinggi keseluruhan dari bangunan ini adalah 18 meter. Candi ini memiliki 3 lantai yang bertingkat. Fungsi dari lantai atas adalah sebagai tempat penyimpanan barang-barang untuk ritual keagamaan. Dan lantai bawah lainnya digunakan sebagai tempat belajar tentang keagamaan Budha. Tiap ruang yang berjajar memiliki ukuran 3,48 x 5,8 meter.

Untuk menunjukkan bahwa Candi Sari ini memiliki 3 ruang yang bertingkat maka di bagian dinding terdapat bagian yang menonjol ditengah tubuh candi. Terdapat relung-relung bangunan di setiap bagian tingkat atas candi ini. Walau sekarang relung tersebut kosong, namun dipercaya dulunya terdapat banyak arca Budha di dalam relung tersebut.

Akan tetapi, sekarang masih tersisa sedikit arca yang tersisa dari peninggalan zaman dahulu. Terdapat sepasang arca laki-laki dan wanita yang memegang bunga teratai di ambang pintu. Terdapat 36 Arca yang dibuat menyerupai manusia tersebut. Berdasarkan pembagian Tempat arca, terdapat 12 arca di bagian dinding barat dan sisanya 8 dimasing-masing di dinding bagian Utara, Timur dan Selatan

2. Wisata Sejarah

Candi ini dibangun pada abad ke-8 M yang bercorak Budha tersebut. Dibalik bangunan tersebut banyak menyimpan sejarah dan legenda. Disetiap pahatan Candi Sari hits ini memiliki banyak kisah tentang manusia. Candi ini diperkirakan dibangun pertama kali pada tahun 1929 dan selesai kira-kira pada tahun 1930. Dan tentunya Candi Keren ini selalu menyimpan keindahan dan keunikan tersendiri. Bagi Anda yang suka mempelajari kisah masa sejarah tentunya tempat ini sangat cocok bagi Anda.

Daya Tarik Dimiliki Candi Sari Sleman
Photo by Google Maps Raynardthan Pontoh

3. Spot Foto yang Instagramable

Setiap bentuk dari Candi Sari yang keren memiliki keindahan dari setiap pahatan yang ada di dinding candi tersebut. Tempat ini juga terdapat lapangan rumput yang luas dan menghijau secara anggun tentunya. Dengan berlatarkan Candi dan hamparan rumput yang indah dapat menjadi spot foto yang luar biasa bagi Anda. Anda akan mendapatkan spot foto dengan nuansa candi masa lalu. Usahakan outfit senada dengan latar Candi agar hasil foto Anda makin keren. Dan jangan lupa juga membawa baterai HP/ kamera yang full. Jangan sampai Anda mati gaya jika Anda berada di tempat wisata hits ini.

4. Berdekatan dengan Candi Lainnya

Selain menikmati keindahan candi ini, Anda juga bisa melihat Candi lainnya yang lokasinya tidak jauh dari Candi Sari. Candi lain itu seperti Candi Prambanan, Kalasan, Candi Sambisari, Candi Ijo, Blue Lagoon Jogja, dan Candi Plaosan. Candi ini juga memiliki keindahan yang luar biasa sama seperti keindahan Candi Sari.

Terdapat area bersepeda untuk mengelilingi Candi Anda dapat bersantai pada pagi atau sore hari dengan sepeda kesayangan Anda untuk menyusuri keindahan dari candi ini. Keramahan orang-orang Yogyakarta juga akan menemani Anda untuk belajar dan mengetahui legenda tentang Candi Sari.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Alamat Candi Sari Sleman
Photo by Google Maps Oak Khaoropt

Akses jalan menuju Candi Sari sudah layak dan bagus untuk dilewati oleh para pengunjung. Lokasi wisata sejarah ini lumayan dekat dengan pusat Kota Yogyakarta. Alamat lengkap dari candi ini tepatnya berada di Dusun Bendan, Desa Tirtamartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Rute menuju candi sangat mudah untuk dijangkau oleh wisatawan.

Jika anda berada di Pusat Kota Yogyakarta ke arah timur di Jalan KH. Ahmad Dahlan menuju Jalan Pangurakan, kemudian lurus terus ke Jalan Kusumanegara, sampai perempatan ke arah utara ke Jalan Janti, lurus terus sampai di perempatan ke arah utara ke Jalan Ringroad Timur, lalu di pertigaan ke arah timur menuju Jalan Laksda Adisucipto, lalu lurus terus mengikuti jalan yang ada, di pertigaan ke arah utara kemudian lurus terus mengikuti jalan yang ada hingga anda akan sampai di lokasi wisata sejarah.

Jarak dari pusat Kota Yogyakarta ke lokasi candi lumayan dekat yaitu sekitar 15,1 Kilometer dan waktu tempuh normal kendaraan bermotor dari pusat Kota Jogja menuju Candi Sari sekitar 32 menit.

Harga Tiket Masuk Wisata Candi

Tiket Candi Sari Sleman
Photo by Google Maps Satriya Umbu

Harga tiket untuk masuk ke tempat wisata hits ini sangatlah murah. Harga tiket untuk masuk ke dalam Candi Sari hanya Rp 5.000 untuk orang dewasa dan hanya Rp 2.000 untuk anak-anak (Harga bisa berubah tergantung dengan kebijakan pengelola candi). Untuk biaya parkir Anda hanya dikenakan biaya sebesar Rp 5.000 untuk mobil dan Rp 3.000 untuk tarif biaya parkir motor.

Tentunya dengan harga sangat terjangkau tersebut, Anda dapat menikmati keindahan tempat hits ini tanpa mengeluarkan kocek yang besar. Di sini juga Anda akan belajar mengenai sejarah masa lalu untuk meningkatkan wawasan Anda tentunya.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktvitas Candi Sari Sleman
Photo by Google Maps ʜᴏʟᴅ ᴍʏ ᴅ*ᴄᴋ

1. Berburu Foto yang Instagenic

Anda bisa berfoto berlatarkan dengan keindahan Candi Sari hits ini dan hamparan rumput yang luas. Setiap bentuk dari candi ini memiliki keindahan dari setiap pahatan yang ada di dinding candi tersebut. Dengan berlatarkan candi dan hamparan rumput yang indah dapat menjadi spot foto yang luar biasa bagi Anda. Anda akan mendapatkan spot foto dengan nuansa candi masa lalu. Usahakan outfit Anda senada dengan latar candi agar hasil foto Anda makin keren.

2. Bersepeda

Anda dapat berolahraga pada pagi atau sore hari dengan sepeda Anda untuk menyusuri keindahan dari Candi Sari ini. Terdapat area bersepeda untuk mengelilingi kawasan candi. Olahraga baik untuk kesehatan Anda, tidak hanya untuk memperlancar peredaran darah, olahraga juga dapat membuang penat setelah selesai bekerja. Keramahan orang-orang Yogyakarta juga akan menemani Anda untuk belajar dan mengetahui legenda tentang Candi tersebut.

3. Belajar Sejarah

Tentunya di sini Anda akan belajar tentang sejarah baik sejarah tentang kehidupan manusia maupun tentang kehidupan masa lampau dari Candi tersebut. Candi keren ini dibangun pada abad ke-8 M yang bercorak Budha tersebut. Candi Sari ini memiliki banyak kisah tentang manusia. Bangunan ini diperkirakan dibangun pertama kali pada tahun 1929 dan selesai kira-kira pada tahun 1930. Banyak kisah manusia yang terlukis sebagai arca di bagian relief candi.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Candi Sari

Fasilitas Candi Sari Sleman
Photo by Google Maps Oak Khaoropt

Fasilitas yang tersedia di Candi Sari yang indah ini tentunya sudah cukup memadai disediakan pengelola bagi para pengunjung yang ingin berwisata, diantaranya sebagai berikut:

1. Area Parkir yang Luas

Di tempat wisata hits ini telah menyediakan lapangan parkir yang cukup luas untuk kendaraan bermotor baik mobil ataupun sepeda motor. Harga dari parkir ini juga cukup murah dan terjangkau

2. Toilet Umum

Di kawasan candi juga tersedia banyak toilet umum atau kamar mandi jika Anda ingin kebelet ke kamar mandi. Jadi, Anda tidak perlu khawatir jika sudah berada di sini.

3. Mushola

Terdapat juga musholla bagi Anda yang ingin beribadah. Walaupun Candi Sari ini bercorak agama Budha tapi pihak pengelola tetap membangun musholla bagi Anda yang ingin beribadah tentunya.

4. Tempat Istirahat

Fasilitas Di Candi Sari Sleman
Photo by Google Maps Supri Yatno

Disekitar ini juga terdapat tempat penginapan bagi Anda yang ingin beristirahat. Bagi para wisatawan manca negara mereka sering menginap untuk menikmati tempat wisata keren ini.

5. Warung Makan

Anda tidak perlu khawatir jika Anda mereka kelaparan di sini, karena di sini juga banyak tersedia warung yang menyediakan berbagai macam makanan baik makanan ringan maupun makanan berat. Jadi, Anda tidak perlu takut kelaparan jika berada di sini.

6. Pusat Oleh-oleh

Jika sedang berlibur ke tempat wisata hits ini, Anda juga dapat membeli oleh-oleh. Terdapat banyak souvenir seperti miniatur Candi Sari untuk Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh.

Agar hasil foto Anda keren, usahakan siapkan baju yang cocok dengan spot foto yang ada di candi ini. Karena fasilitas ini berada di outdoor dan tidak beratap, maka untuk berjaga-jaga Anda harus membawa payung agar tidak kehujanan maupun kepanasan karena tersengat cahaya matahari.

Bawalah kamera terbaik Anda untuk mendapatkan hasil foto yang luar biasa. Usahakan datang tidak diwaktu liburan agar tidak terlalu ramai sehingga Anda akan lebih nyaman untuk berfoto-foto dan mendapatkan foto yang Instagramable serta menikmati liburan tanpa terganggu kehadiran khalayak ramai. Jangan lupa mengenakan alas kaki yang nyaman dipakai kaki Anda untuk pergi menyusuri keindahan candi.

Demikian informasi menarik seputar Candi Sari di Sleman, Jogja. Semoga informasi bermanfaat bagi Anda untuk memilih tempat untuk liburan. Jangan lupa mengajak keluarga, sahabat, orang-orang terdekat Anda, maupun pasangan Anda untuk menikmati liburan akhir pekan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published