Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Solo – Yogyakarta, Bugisan, Kec. Prambanan, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

Indonesia memang menjadi negara yang terkenal dengan warisan budaya yang sangat beragam. Hal ini menjadi alasan jika banyak wisatawan asing yang berkunjung ke tanah air hanya untuk mengunjungi situs-situs peninggalan sejarah. Salah satu yang menarik para hati pelancong mancanegara yaitu Candi Sewu di Sleman, Yogyakarta.

Sederet kisah menarik bisa anda temukan di kawasan candi ini, lengkap dengan bukti sejarahnya. Selain itu, bangunan bersejarah ini juga memiliki keterkaitan dengan candi-candi yang ada di sekitarnya, seperti Candi Prambanan karena hanya berjarak sekitar 800 meter. Lantas, apa saja daya tarik dari Candi Sewu? Yuk intip ulasan lengkapnya seperti berikut!

Daya Tarik Wisata Candi Sewu

Daya Tarik Candi Sewu
Image Credit: Instagram.com @apta_wisatajogja

1. Memiliki Jumlah Candi yang Cukup Banyak

Dinamakan Sewu karena candi ini masih memiliki kaitan yang cukup erat dengan kisaah Roro Jonggrang yang populer. Sebab, candi yang satu ini memiliki sederet kisah yang begitu panjang dari segi sejarahnya. Meskipun diberi nama Sewu atau dalam Bahasa Indonesianya 1000, tetapi pada kenyataannya, candi ini berjumlah 249 candi.

2. Menjadi Candi Bercorak Budha yang Besar

Meskipun candi ini jarang diketahui banyak khalayak, tetapi candi ini memiliki ciri khas tersendiri. Bahkan candi ini disebut sebut menjadi Candi bercorak budha terbesar setelah Candi Borobudur. Untuk ukuran dari Candi ini yaitu dibangun pada tanah seluas 165 meter dan 185 meter ke arah selatan. Sedangkan untuk tingginya bisa dibilang cukup menjulang karena 30 meter.

3. Letak Candi yang Begitu Unik

Jika dilihat secara mendetail, Candi Sewu ini memiliki pintu gerbang yang cukup luas pada gerbang luar. Pintu ini berjumlah 4 dari sisi barat, timur, utara, dan juga selatan. Masing masing pintu akan dijaga dengan dua arca yang saling berhadapan. Hal ini juga berlaku pada arca yang di luar yang memiliki karakteristik serupa.

Sementara itu, candi utama ini berada di tengah-tengah. Bisa dikatakan, susunan candi ini cukup simetris karena dikelilingi oleh Candi Pengapit yang ada sejumlah 8 buah candi. Untuk letak candi utamanya yaitu di sebuah pelataran persegi dengan luas yang mampu mencapai 40 meter persegi.

4. Arca Penjaga Pintu Masuk yang Beragam

Ketika anda memasuki kawasan Candi Sewu, maka akan disambut dengan arca penjaga pintu. Ini bisa anda temukan ketika anda melalui pintu masuk di sebelah timur. Uniknya lagi, pengunjung juga dapat menemukan Arca Dwarapala yang memiliki ketinggian hingga mencapai 2.3 meter. Arca yang satu ini diyakini menjadi salah satu pelindung dari tempat suci ini.

Daya Tarik Wisata Candi Sewu
Image Credit: Google Maps (R R)

5. Relief Candi

Tak hanya berupa bebatuan saja, ternyata anda juga bisa menemukan motif pahatan yang ada di dinding candi. Motif ini tak hanya dibuat begitu saja, sebab relief ini memiliki cerita tersendiri yang begitu mengena. Pada kaki Candi Sewu ini terdapat tiga bagian yakni pembingkaian bawah, tubuh kaki, dan pembingkaian bawah.

6. Memiliki Cerita Sejarah yang Unik

Selain memiliki ciri khas dari bentuk candi yang terbilang cukup unik, candi ini juga memiliki cerita sejarah yang panjang. Mulanya, candi ini dibangun pada sekitar abad ke 8 Masehi di masa Kerajaan Rakai Panangkaran. Candi ini digunakan sebagai salah satu pusat kegiatan keagamaan yang cukup penting pada masanya.

Tak hanya itu saja, ada cerita menarik lainnya dari nama Sewu ini. Sebab, nama asli dari candi ini sebelumnya yaitu Prasada Vajrasana Manjusrigrha. Istilah Prasada memiliki sebuah arti yaitu kuil, sedangkan Vajrasana bermakna tempat intan atau halilintar bertakhta. Untuk makna dari Manjusri-grha sendiri memiliki arti yaitu Rumah Manjusri.

Jika ditelisik ke belakang, Manjusri menjadi salah satu Boddhisatwa diajarkan dalam ajaran agama Buddha. Sedangkan pemberian nama Candi Sewu ini dikarenakan kawasannya yang begitu megah dan sangat luas. Selain itu, candi ini dipercayai menjadi Candi Buddha yang berperan penting dalam segala hal kegiatan agama tersebut pada masanya.

7. Hiasan Candi

Di dekat tanggal menuju dalam candi tersebut, pengunjung akan melihat hiasan yang disebut dengan makara. JIka belum tahu apa itu makara, maka bisa diketahui jika hiasan ini berupa kepala naga yang memiliki mulut lebar menganga dan memiliki arca Buddha di dalamnya. Sedangkan di sisi luar tangga dihiasi dengan pahatan patung Kalpawreksa yang cukup besar.

Alamat, Fasilitas dan Harga Tiket Masuk

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk Candi Sewu Jogja
Image Credit: Google Maps (Philippe Bun)

Candi Sewu yang megah ini terletak di Jl. Raya Solo – Yogyakarta No.KM.16, Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. Mengingat pengunjung yang datang cukup banyak, maka pihak pengelola menyediakan fasilitas yang cukup lengkap. Situs bersejarah ini bisa dibilang memiliki beberapa fasilitas dan pelayanan penunjang di antaranya Area Parkir kendaraan yang luas, kamar mandi yang memadai, penginapan, bahkan mushola juga tersedia di kawasan yang satu ini.

Anda juga harus tahu jam buka dari wisata sejarah ini agar mengunjungi di waktu yang tepat. Para wisatawan bisa datang mulai dari jam 6 pagi hingga 5 sore. Untuk memasukinya, cukup bayar biaya retribusi berkisar Rp10.000,00 per orang. Sedangkan untuk biaya parkir bisa membayarkan sebesar 2000 rupiah dan 5000 rupiah untuk kendaraan beroda empat.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Ragam Aktivitas Di Candi Sewu
Image Credit: Instagram.com @wisata_oke

1. Berburu Foto di Candi Sewu

Dengan sederet relief dan bangunan yang cukup megah, candi ini menjadi lokasi yang sangat pas untuk hunting foto. Hal ini karena relief candi ini memiliki keindahan yang begitu menawan, sehingga menjadi salah satu spot foto yang menarik. Tak jarang, banyak wisatawan yang datang mengabadikan momen dengan latar belakang bangunan candi.

Spot yang tidak boleh dilewatkan begitu saja ketika berada di Candi Sewu yaitu patung yang ada di pintu masuk. Memiliki bentuk yang unik, pengunjung bisa mendapatkan spot terbaik ketika sedang berada di kawasan yang satu ini. Hal ini juga menjadikan alasan kenapa banyak orang memposting di media sosial sebagai ajang untuk menunjukkan lokasi yang indah.

2. Bersantai di Sekitar Candi

Kegiatan yang tak kalah menarik yang dapat dilakukan pengunjung sewaktu menghabiskan liburan adalah bersantai di sekitar halaman candi. Mengingat kawasan candi ini begitu luas, tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk sekedar melepas lelah atau saling bercengkrama bersama rombongan, keluarga, maupun pasangan.

Tak jarang, banyak wisatawan yang sengaja datang ke kawasan Candi Sewu ini sambil membawa perbekalan yang dibawa dari rumah. Dengan beralaskan karpet yang dipersiapkan sebelumnya, anda pun bisa menikmati makan siang di areal Candi yang begitu luas yang tepat berada di depan bangunan cantik tersebut.

Pengunjung bisa menggelar tikar di atas rerumputan candi tersebut sambil mengobrol dan juga bersantai. Hal ini juga menjadi momen yang paling tepat untuk mendekatkan diri bersama keluarga sembari santai. Ditambah lagi, anda juga dapat dengan leluasa mencicipi hidangan yang sudah dipersiapkan dari rumah sebelum datang ke lokasi ini.

Ragam Aktivitas Menarik Di Candi Sewu
Image Credit: Instagram.com (Vida Adisti)

3. Mempelajari Sejarah

Jika anda tertarik dengan sesuatu yang memiliki nilai sejarah yang cukup tinggi, maka berwisata ke Candi Sewu menjadi salah satu alternatif yang tentunya bisa anda lakukan dengan mudah. Hal ini dikarenakan candi ini sendiri memang banyak memiliki hiasan dengan corak Budha yang begitu menawan.

Tak heran jika pengunjung yang ingin mempelajari sejarah, bisa saja langsung mengenali jika candi di kawasan wisata satu ini memiliki kaitannya dengan kerajaan Budha di masa lampau. kemudian, di pintu masuk utama, anda pun bisa langsung menemukan arca yang saling berhadapan cukup unik. Biasanya, banyak wisatawan yang penasaran mengenai filosofi dari arca tersebut.

Dengan adanya bangunan candi dan juga hiasan hiasan yang ada di dalamnya, memberikan gambaran bagaimana keindahan masa lampau. Selain itu, relief yang ada di dinding candi juga memiliki cerita tersendiri, sehingga anda bisa mempelajari bagaimana kisah dari tersebut bisa bergulir di masanya.

4. Menyusuri Keindahan Candi Sewu

Ketika berada disini, menyusuri keindahan candi menjadi salah satu kegiatan seru yang bisa anda lakukan. Dengan kegiatan ini, anda pun akan bisa melihat secara lebih dekat bagaimana candi dengan corak Budha satu ini. Suasana yang hijau dan asri beserta bangubnan candi yang megah, tentunya menjadi tempat yang pas untuk melepas penat sekaligus mempelajari sejarah.

Tips Berkunjung ke Candi Sewu Jogja

Tips Berkunjung ke Candi Sewu Jogja
Image Credit: Google Maps (Pratomo Harminanto)

Sebagai saran, ada baiknya untuk mempersiapkan berbagai macam kebutuhan sebelum menuju ke Candi Sewu. Jangan lupa untuk memenuhi segala hal yang anda butuhkan dan beberapa barang tambahan. Salah satu yang bisa anda bawa yaitu kamera dan handphone untuk mengabadikan momen, Jangan lupa juga membawa baterai cadangan atau pengisi daya.

Tak lupa juga, anda juga harus membawa perlengkapan kesehatan agar mencegah hal hal yang tidak diinginkan. Seperti contoh, siapkan sabun antiseptik, tisu basah, dan lain sebagainya. Selain itu, sanda juga tak boleh mengabaikan kesiapan fisik dan kendaraan karena perjalanan cukup panjang.

Tips lainnya yang bisa and aterpakan yaitu cara menuju ke lokasi. Untuk wisatawan luar kota dan luar negeri, maka cari tahu terlebih dahulu tempat menuju wisata. Tentunya, anda tak boleh melupakan apa saja sarana transportasi yang dapat digunakan untuk berwisata ke situs bersejarah ini. Beruntungnya, anda sudah tak perlu bingung lagi mengenai lokasi wisata dan transportasi.

Hal ini karena lokasi berada di tempat yang mudah dijangkau dan bisa dituju dengan memakai kendaraan pribadi seperti, mobil atau motor pribadi. Bahkan, anda bisa meminta panduan arah ke dengan mudah melalui peta digital yang terpasang di smartphone anda. Dengan begitu, anda bisa sampai dengan waktu yang cepat dan tepat.

Akan tetapi jika anda memakai kendaraan umum seperti angkutan atau bus umum, maka bisa berhenti di terminal bus kota. Setelah itu, lanjutkan perjalanan dengan cara menggunakan ojek ataupun kendaraan pribadi agar bisa sampai dengan mudah menuju lokasi wisata sejarah yang berada di Sleman tersebut.

Dengan sederet keindahan dan akses yang mudah, tak mengherankan jika kawasan Candi Sewu ini kerap kali dijadikan sebagai salah satu area yang dikunjungi para wisatawan. Dimana kebanyakan pelancong memang ingin mencari tahu bagaimana sejarah yang ada. Ditambah lagi, suasana yang begitu asri dan bangunan unik membuat siapa saja tertarik untuk mengunjunginya.

Give a Comment