Citra Grand Mutiara Waterpark, Wisata Air Favorit dengan Beragam Wahana di Sleman

Citra Grand Mutiara Waterpark, Wisata Air Favorit dengan Beragam Wahana di Sleman
Harga Tiket: Rp 55.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Wates, Perengdawe, Desa Balecatur, Kec. Gamping, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

Citra Grand Mutiara Waterpark adalah objek wisata di Jogja yang bertema petualangan air tepatnya berada di Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. Di sini, pengunjung dapat menggunakan berbagai kolam yang disediakan sesuai usianya. Wisata air ini mengusung tema Treasure Adventure yang di dalamnya semakin diperjelas dengan adanya bajak laut yang berdiri di bagian paling atas dengan gaya khas nya.

Selain itu, ada pula kapal yang ukurannya lumayan besar di samping kolam. Kapal ini digunakan sebagai akses pengunjung yang ingin menikmati fasilitas yang tersedia, salah satunya adalah slider. Sementara di sisi lain terdapat Burung Kakatua Biru sehingga hampir mirip dengan yang ada di film.

Wisatawan yang datang seolah sedang berpetualang dengan bajak laut untuk mencari harta karun. Tata letak yang bagus membuat liburan semakin menyenangkan, senyum anak-anak pun semakin mengembang. Objek wisata di Jogja ini dibangun diatas lahan seluas 10 hektar. Tentunya sangat memungkinkan untuk menyediakan berbagai wahana waterboom.

Daya Tarik Citra Grand Mutiara Waterpark

Daya Tarik Citra Grand Mutiara Waterpark
Photo by Google Maps Haruyuki

Tidak dapat di pungkiri bahwa masih banyak lagi objek wisata keluarga yang mirip dengan Citra Grand Mutiara Waterpark. Namun fakta membuktikan bahwa wisata air ini tidak pernah sepi pengunjung dan mampu bersaing dengan lainnya. Ini dikarenakan berbagai daya tarik yang dimiliki, sebagian besar dari jenis kolam yang lengkap.

1. Wahana Tematik

Fokus pengelola bukan hanya dijadikan objek wisata keluarga, namun juga untuk eduwisata bagi pelajar yang ada kegiatan olahraga berenang. Ini dibuktikan dengan adanya kolam Olympic yang memiliki kedalaman dan lintasan sesuai sandar nasional. Di kolam ini dilengkapi dengan garis lintasan, jadi mirip seperti kolam yang ada di olimpiade.

Khusus di kolam ini tidak tersedia fasilitas wahana apapun, jadi pengunjung yang ingin melatih skill berenangnya bisa lebih fokus. Pada umumnya, wahana tematik yang memilki kolam Olympic ini digunakan oleh beberapa instansi sekolah. Pengunjung umum pun dipersilahkan menggunakannya jika tidak ada kegiatan utama.

2. Kolam Anak Water Playground

Citra Grand Mutiara Waterpark menyediakan kolam anak bagi keluarga yang membawa rombongan dibawah usia. Kolam ini hanya memiliki kedalaman tidak lebih 40 cm, jadi cukup aman bagi anak-anak. Menariknya, ada beberapa fasilitas yang tersedia, seperti ember tumpah, water slider mini, dan pastinya pancuran di beberapa titik.

Kolam inilah yang merupakan titik dimana adanya kapal besar. Seluncur air yang dimaksud dimulai dari atas kapal, kemudian meluncur ke bawah ke arah kolam. Anak-anak bebas memilih seluncur air sesuai keinginan, karena ada dua macam yang tersedia. Jenis pertama seluncur lurus yang tidak terlalu ekstrem, satunya lagi spiral yang cukup menantang.

3. Kolam Dewasa

Daya Tarik Dimiliki Citra Grand Mutiara Waterpark
Photo by Google Maps setyadi arien

Adanya kolam dewasa di Citra Grand Mutiara Waterpark semakin melengkapi daya tarik yang dimiliki. Kolam ini terletak di bagian paling atas dengan pemandangan alam yang indah. Konsep kolamnya pun unik, mirip dengan sky pool yang terkesan mewah. Wahana yang disediakan lumayan lengkap, jadi pengunjung tidak mudah bosan.

Kolam yang memilki kedalam antara 100 cm sampai 160 cm memiliki water slider yang lumayan tinggi, berbeda dengan yang ditemukan di kolam anak. Ada tiga macam seluncur yang tersedia, selain lurus dan spiral, ada juga yang berbentuk semi black hole. Pengunjung bebas melakukan apa saja di sini, baik duduk santai atau mencoba semua wahana.

4. Kolam Busa

Daya tarik Citra Grand Mutiara Waterpark lainnya yang tidak pernah sepi peminat adalah kolam busa. Sesuai namanya, kolam ini dipenuhi busa di permukaan air. Kedalaman kolam hanya sebatas mata kaki, memang tidak digunakan untuk berenang. Busa yang keluar dari alat khusus menjadikan anak-anak jauh lebih gembira daripada hanya berenang.

Titik yang paling banyak pengunjung yaitu di meriam busa, ada juga yang tersebar menunggu aliran busa sampai kepada mereka. Letak wahana ini berada persis di sebelah kapal dan dilengkapi dengan seluncur serta air mancur. Karena lokasinya yang tidak berjauhan dengan kolam lain, wisatawan pun dapat beralih dari satu kolam ke kolam lainnya.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Alamat Citra Grand Mutiara Waterpark
Photo by Google Maps Yuliarso Christiono

Pengunjung yang datang ke Citra Grand Mutiara Waterpark dijamin keamanannya dalam hal kualitas air. Selain jernih, air yang ada di sini bebas kaporit sehingga tidak pedih di mata. Apabila anda ingin berkunjung, silahkan menuju ke Jalan Wates KM. 9, Balecatur, Gamping, Argomulyo, Plawonan, Sedayu, Sleman, DI Yogyakarta.

Dari Alun-alun Sleman, objek wisata air ini hanya berjarak 18 kilometer. Karena ada beberapa titik kemacetan, anda pun harus rela menempuh perjalanan selama kurang lebih 45 menit. Untuk rute nya sendiri bisa menuju ke Jalan Siliwangi, kemudian belok kanan menuju ke Jalan Patukan setelah melewati PMI.

Perjalanan dilanjutkan dengan mengambil arah ke Jalan Gamping Tengah, lalu ke Jalan Wates Gemarang. Lurus terus hingga ke Jalan Nasional III, lalu masuk ke Gang Firdaus I dan ikuti papan petunjuk. Objek wisata ini berada di komplek Perumahan CitraGrand Mutiara, jadi jangan heran apabila sedikit masuk ke area perkampungan.

Harga Tiket Citra Grand Mutiara Waterpark

Harga Tiket Citra Grand Mutiara Waterpark
Photo by Gooogle Maps CitraGrand Mutiara Waterpark

Layaknya objek wisata pada umumnya, Citra Grand Mutiara Waterpark mewajibkan setiap semua pengunjungnya untuk membeli tiket masuk. Di hari aktif, pengunjung hanya perlu membayar sebesar 35.000 rupiah. Sedangkan di hari libur dan tanggal merah berlaku tiket 55.000 untuk satu orang wisatawan.

Perlu diketahui, tiket masuk hanya berlaku bagi pengunjung yang memiliki tinggi lebih dari 80 cm. Lansia berusia 60 tahun pun bebas masuk gratis tanpa perlu membeli tiket, asalkan dibuktikan dengan KTP. Mengenai jam operasionalnya, wahana air di Jogja ini terbagi dua. Di hari Selasa – Jumat dibuka pukul 14.00 – 18.00, sedangkan hari libur dibuka mulai 08.30 dengan jam tutup yang sama.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Menarik Citra Grand Mutiara Waterpark
Photo by Gooogle Maps CitraGrand Mutiara Waterpark

Apa yang biasa dilakukan di kolam renang, sebagian besar dapat dilakukan di Citra Grand Mutiara Waterpark. Oleh karena ada wahana yang berbeda, bisa jadi ada perbedaan meskipun tidak terlalu banyak. Berikut adalah beberapa informasi kegiatan yang dapat dilakukan selama di lokasi wisata air favorite ini!

1. Melatih Skill Berenang di Kolam Olympic

Bagi yang merasa jago berenang dan yakin dengan kemampuannya, silahkan berenang di kolam Olympic. Kolam yang memilki standar olahraga air ini cocok juga dijadikan untuk mengasah skill. Bagi yang kurang mahir, sebaiknya didampingi ahli atau menggunakan kolam lain yang tidak terlalu dalam.

2. Mencoba Serunya Seluncur Air

Wahana yang tersedia di Citra Grand Mutiara Waterpark bukan hanya untuk hiasan, melainkan untuk dinikmati dan dicoba. Seluncur air atau water slider termasuk salah satu yang paling favorit. Apalagi ada banyak jenis yang dapat disesuaikan dengan ketinggian dan usia anak-anak. Bagi dewasa, mencoba semi black hole sepertinya lumayan menantang.

3. Bermain di Kolam Busa

Sudah sewajarnya jika aktivitas yang dilakukan di sini berhubungan erat dengan air. Wahana yang tersedia pun kebanyakan berupa wahana air. Dari yang menantang, kita beralih pada kegiatan yang jauh lebih santai, yaitu bermain busa. Kolam busa yang tersedia lumayan besar, jadi tidak berdesakan meskipun ramai pengunjung.

Fasilitas di Citra Grand Mutiara Waterpark

Fasilitas di Citra Grand Mutiara Waterpark
Photo by Gooogle Maps CitraGrand Mutiara Waterpark

Fasilitas di waterpark ini sangat lengkap dan sesuai dengan standar objek wisata. Fasilitas umum dan wajib ada seperti toilet, area parkir, dan mushola juga tersedia di sini. Selain itu, ada fasilitas lan berupa ruang ganti, ruang bilas, loker, dan taman. Dalam hal keamanan, ada penjaga yang siap beraksi ketika terjadi sesuatu.

Hari libur memang sepatutnya diisi dengan liburan dengan tujuan mengisi waktu kosong. Ada kalanya memilih destinasi wisata tidak semudah yang dibayangkan, apalagi bagi keluarga. Biasanya ada banyak request dari berbagai pihak, terutama anak-anak. Dengan mengunjungi Citra Grand Mutiara Waterpark, kemungkinan besar semuanya bakal setuju.