Embung Batara Sriten, Pesona Keindahan Danau Buatan di Gunung Kidul

Embung Batara Sriten, Pesona Keindahan Danau Buatan di Gunung Kidul
Harga Tiket: Rp 4.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sriten, Pilangrejo, Kec. Nglipar, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

Ide kreatif dan inovatif selalu menjadi hal yang menarik untuk dibahas, seperti halnya Embung Batara Sriten di Gunung Kidul. Destinasi wisata ini memiliki panorama alam yang indah mempesona, berada di lokasi pegunungan Bataragung Utara dengan ketinggian sekitar 800 mdpl. Tempat ini merupakan objek wisata buatan, yaitu berupa telaga dengan kapasitas air sebanyak 10.000 meter kubik.

Beragam daya tarik yang disajikan masih natural dan bersentuhan langsung dengan alam. Kawasan ini awalnya adalah sebuah area yang gersang dan tandus, namun kreativitas warga dibantu pemerintah daerah, kini menjadi zona wisata yang cantik dan eksotik. Berbagai daya tarik membuat wisatawan lokal, domestik maupun mancanegara berkunjung untuk menyaksikan secara langsung pemandangan alam yang indah dan menawan.

Daya Tarik Embung Batara Sriten

Daya Tarik Embung Batara Sriten
Photo by Google Maps Akbar Nuryadin

Bagi wisatawan yang meragukan kualitas Embung Batara Sriten, maka pelajari terlebih dahulu beragam daya tarik yang ada di daerah ini, agar semakin mantap untuk berangkat ke lokasi. Berikut kami sampaikan ulasan berbagai daya tarik yang ada di destinasi wisata tersebut!

1. Bentuk Embung Elips Tidak Beraturan

Embung adalah sebuah tempat besar dan luas yang berfungsi untuk menampung air hujan, sehingga air tersebut dapat digunakan sebagai irigasi sawah maupun ladang. Daya tarik utama kali ini yaitu bentuk elips tidak beraturan, sehingga terlihat begitu klasik dan estetik. Lekukan pada embung memberikan kesan cantik, menarik dan eksotik.

Selain itu, keberadaan kawasan wisata tersebut yang terletak pada ketinggian hampir 1.000 mdpl, membuat destinasi wisata ini semakin banyak diminati orang dari berbagai usia. Embung ini termasuk telaga buatan yang tertinggi di Yogyakarta, karena biasanya hanya dibuat pada ketinggian tertentu saja.

Sehingga pemandangan alam terlihat begitu jelas dan nyata, sawah hijau terhampar, gunung tinggi menjulang, pepohonan rimbun dan rindang, langit biru, awan putih, semua berkolaborasi menjadi destinasi wisata alam yang indah menawan. Suasananya pun sejuk dan nyaman, pastinya betah berlama-lama di sini.

2. Terdapat Area Olahraga Aerosport

Selain bentuk embung elips tidak beraturan, daya tarik lain yang ada di Embung Batara Sriten yaitu terdapat area olahraga aerosport. Kawasan ini merupakan tempat favorit bagi wisatawan, khususnya mereka yang hobi paralayang, gantole maupun paramotor. Jika pengunjung takut akan ketinggian, jangan mencoba olahraga ini, sebab tubuh anda akan terbang melayang ke udara.

Akan tetapi, bagi wisatawan yang suka tantangan dan memacu adrenalin, mencoba paramotor untuk melihat keindahan pesona alam Sriten merupakan hal yang asyik dan menarik. Dari atas sambil terbang menggunakan paralayang dapat melihat pemandangan alam, gunung, sawah, pepohonan hijau, semua terlihat sempurna indah mempesona.

3. Pemandangan Alam yang Cantik dan Eksotik

Jika ingin menikmati pemandangan alam yang cantik dan eksotik di Embung Batara Sriten dengan santai dan rileks, maka membawa hammock adalah cara yang cerdas. Karena menikmati panorama alam di Sriten sambil bermalas-malasan dengan menggunakan hammock dapat menghilangkan rasa lelah, penat bahkan stres dalam jiwa.

Sambil minum kopi dan menghirup udara segar, merasakan hawa yang sejuk, serta angin berhembus, merupakan daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Selain itu, saat berada di puncak tertinggi lokasi ini, pemandangan alam pegunungan, waduk gajah mungkur yang besar dan luas, rawa jombor semua akan terlihat dengan jelas.

Ditambah pepohonan hijau area agrowisata seperti pohon manggis, sirsak, kelengkeng, hingga durian juga akan tampak di sana, dan semakin menambah keindahan yang sempurna. Tidak ada alasan yang terlalu baik untuk menolak mendatang objek wisata di Jogja ini. Semua seolah berpadu sempurna memanjakan wisatawan yang datang berkunjung.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Embung Batara Sriten
Photo by Google Maps Cahjuang Channel

Destinasi wisata Embung Batara Sriten berada di Padukuhan Sriten, Desa Pilangrejo, Kecamatan Nglipar, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kawasan ini cukup unik dan menarik, jalur yang harus di lalui penuh dengan tanjakan. Sebab terletak di sebuah tempat dengan ketinggian lebih dari 800 mdpl.

Memiliki jarak tempuh 46,5 km dari Jalan Nasional III Yogyakarta, sedangkan waktu perjalanan sekitar 1 jam 30 menit. Apabila wisatawan hendak berkunjung dan berangkat dari pusat Kota Yogyakarta, maka segera arahkan kendaraan menuju ke Jalan Wonosari. Jika sampai di Jalan Wonosari, lanjutkan perjalanan menuju ke arah Kecamatan Piyungan dan Kecamatan Pathuk, hingga melewati tempat tersebut.

Setelah itu, lanjutkan perjalanan menuju ke pertigaan Sambipitu dan arahkan kendaraan menuju ke Nglipar. Dari Nglipar, wisatawan akan menemukan pertigaan di sekitar kantor Kepala Desa Pilangejo, di area ini pengunjung akan dibantu dengan papan penunjuk jalan menuju kawasan wisata.

Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk Embung Batara Sriten
Photo by Google Maps Bowo yuli hertanto

Tidak harus membawa uang banyak untuk berkunjung ke Embung Batara Sriten, sebab harga tiket masuk wisata ini hanya Rp. 4.000. Retribusi parkir sepeda motor Rp. 2.000, sedangkan bagi pelancong yang membawa mobil, karcis parkir Rp. 10.000. Jadwal destinasi wisata ini yaitu di buka setiap hari Senin hingga Minggu, tidak ada libur, mulai jam 06.00 WIB – 18.00 WIB.

Sehingga wisatawan bisa berkunjung kapan pun dengan jam buka selama 12 jam. Akan tetapi, bagi wisatawan yang ingin berkemah bersama keluarga atau orang tercinta, maka lokasi ini di buka selama 24 jam. Pastikan memberi tahu petugas dan mendapatkan izin terlebih dahulu sebelum bermalam di lokasi.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Menarik Embung Batara Sriten
Photo by Google Maps Rangga dy

Kegiatan favorit yang biasa dilakukan di Embung Batara Sriten yaitu berkemah, hunting foto instagramable, dan melihat sunset. Berbagai aktivitas tersebut lebih asyik, menarik dan seru dibandingkan dengan piknik ke pegunungan. Lebih lengkapnya, berikut rangkuman singkat yang telah kami siapkan!

1. Berkemah Terasa Sempurna

Berkemah merupakan kegiatan yang asyik dan menarik, pegunungan biasanya lokasi yang sering digunakan oleh wisatawan, namun terlalu makan banyak waktu, biaya, bahkan tenaga. Oleh Karena itu, destinasi wisata Embung Batara Sriten adalah sebagai alternatif, bahkan berkemah terasa sempurna di tempat wisata alam cantik ini.

Karena tujuan berkemah seperti melihat pemandangan alam, menghirup udara segar, mendengar nyanyian hewan malam, semua dapat dinikmati dan dirasakan. Akan tetapi, bedanya adalah tidak terlalu makan banyak waktu, sebab tidak ada jalur trekking panjang yang harus di lalui. Hemat tenaga, karena dekat dengan area camping dan bisa langsung mendirikan tenda yang dekat telaga.

2. Hunting Foto Instagramable

Kebanyakan orang ketika sedang berada di puncak, maka sering lupa dengan yang ada di bawahnya. Oleh karena itu, ketika berada di puncak Embung Batara Sriten jangan lupa untuk mengabadikan moment yang asyik maupun pemandangan yang cantik dan menarik. Siapkan kamera terbaik atau handphone dengan resolusi tinggi.

Karena hunting foto instagramable di tempat ini akan menambah koleksi pribadi anda. Embung Batara yang merupakan telaga tertinggi di Yogyakarta, begitu juga dengan panorama alam yang indah mempesona di atas sana, perlu diabadikan semuanya. Kosongkan memori jika perlu, pastinya akan banyak jepretan yang bakal diambil.

3. Menikmati Keindahan Sunset

Melihat sunset di pantai itu sudah biasa, tetapi menyaksikan matahari tenggelam pada ketinggian hampir 1.000 mdpl, itu adalah hal yang luar biasa. Para wisatawan dapat menikmati keindahan sunset di Embung Batara Sriten. Karena tempat yang cukup tinggi dan tanpa terhalang oleh sesuatu apapun, pengunjung seolah bisa menggenggam matahari tersebut.

Fasilitas yang Tersedia

Fasilitas Embung Batara Sriten
Photo by Google Maps Toni Hermanto

Meski harga tiket masuk destinasi wisata Embung Batara Sriten ini murah, namun kualitasnya tidak murahan. Para pengunjung bisa melihat dari fasilitas yang tersedia, betapa kebutuhan vital pengunjung seperti toilet umum, area parkir, Musholla, warung makan, dan lainnya sudah tersedia.

Apabila anda dan keluarga atau dengan orang tercinta ingin berlibur yang sederhana, namun memberikan kesan yang mendalam, Embung Batara Sriten adalah jawabannya. Sebab kawasan wisata ini memiliki beragam daya tarik dan dapat melakukan berbagai aktivitas menarik yang dapat menambah hubungan semakin harmonis dan romantis.