Embung Tambakboyo, Spot Terbaik untuk Bersantai Menikmati Alam di Sleman

Embung Tambakboyo, Spot Terbaik untuk Bersantai Menikmati Alam di Sleman
Harga Tiket: Gratis ; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ngringin, Condongcatur, Kec. Depok, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

Yogyakarta dikenal dengan tempat wisatanya yang menarik dan juga beragam, mulai dari wisata pantai sampai wisata gunung. Namun, wisata yang dapat dijumpai di Yogyakarta tidak hanya itu. Ada juga wisata air yang tidak kalah indah dari objek wisata lain yang terkenal provinsi tersebut. Salah satunya adalah wisata air Embung Tambakboyo di Sleman.

Tempat wisata ini sejatinya merupakan tempat yang digunakan untuk menampung air. Air dari sini kemudian digunakan untuk sarana pengairan serta cadangan air saat musim kemarau tiba. Selain sebagai tempat penampungan air, Tambakboyo juga digunakan sebagai sarana rekreasi bagi penduduk setempat karena memiliki pemandangan yang cantik.

Daya Tarik Wisata Embung Tambakboyo

Daya Tarik Wisata Embung Tambakboyo
Photo by Google Maps Astina Aryadi

1. Wisata Gratis

Embung Tambakboyo merupakan tempat penampung air yang selesai dibangun pada tahun 2008. Fungsi utama tempat yang berupa waduk atau danaubuatan ini adalah untuk menampung air hujan agar dapat lebih mudah dimanfaatkan serta diresapkan kembali ke dalam tanah. Oleh karena itulah tidak ada biaya masuk yang harus dibayar jika ingin berkunjung ke tempat ini. Masyarakat dapat datang untuk menikmati pemandangan dan menggunakan fasilitas yang tersedia secara gratis.

Dengan pemandangan alaminya yang indah, masyarakat sekitar pun kerap menjadikan danau buatan ini sebagai tempat rekreasi. Akibatnya, fasilitas-fasilitas penting yang kerap dijumpai di tempat wisata pun perlahan-lahan dibangun di sekitar tempat ini, termasuk warung makan dan sebagainya. Hal ini menjadikan tempat penampungan air ini berkembang menjadi salah satu destinasi wisata gratis di Yogyakarta.

2. Dekat dengan Pusat Kota

Embung atau waduk Tambakboyo letaknya dekat dengan pusat Kota Yogyakarta sehingga cukup strategis. Untuk sampai ke bendungan ini, hanya perlu melakukan perjalanan sejauh 10 kilometer dari pusat kota. Selain dekat dengan pusat kota Yogyakarta, tempat wisata ini juga tidak jauh dari beberapa perguruan tinggi seperti STMIK Amikom, Kampus Ekonomi Universitas Islam Indonesia (UII), dan UPN Veteran Yogyakarta. Hal inilah yang membuat Embung Tambakboyo kerap dikunjungi oleh mahasiswa, baik untuk berolahraga, memancing, maupun untuk sekadar bersantai.

3. Pemandangan yang Indah

Embung Tambakboyo yang memiliki luas 7,8 hektar ini dapat menampung air sekitar 400.000 meter kubik. Sebagai tempat yang digunakan untuk menampung air dan mempermudah proses peresapan air ke dalam tanah, vegetasi dan tumbuh-tumbuhan yang ada di sekitar tempat ini dibiarkan tumbuh dengan subur.

Bendungan buatan ditambah dengan vegetasi dan tumbuh-tumbuhan tersebutlah yang membuat tempat penampungan air ini memiliki pemandangan yang indah. Berkat karakteristiknya ini, embung atau waduk Tambakboyo menjadi ruang terbuka hijau yang penting bagi masyarakat sekitar.

Selain keindahan waduk dan tumbuhan di sekitarnya, keindahan tempat rekreasi ini juga semakin bertambah dengan pemandangan Gunung Merapi yang terkadang tampak sebagai latar belakang saat cuaca cerah.

Daya Tarik Dimiliki Embung Tambakboyo
Photo by Google Maps Amedia Official

4. Udara Segar

Walau letaknya tidak jauh dari pusat kota dan juga keramaian, udara yang ada di Embung Tambakboyo ini masih segar, terutama pada pagi hari. Ini karena ada banyak pepohonan rindang di sekitar embung. Pepohonan rindang itulah yang membuat udara di sekitar embung tetap segar.

Jika akan berkunjung ke tempat ini, sangat disarankan untuk berkunjung di pagi hari sehingga dapat menghirup udara yang masih bersih dan segar. Hal ini juga akan menghindarkan Anda dari terik matahari yang terlalu panas. Jika beruntung, Anda bahkan dapat melihat panorama Gunung Merapi yang berdiri gagah di kejauhan ditambah dengan keindahan embung. Namun, panorama tersebut hanya dapat dilihat jika langit sedang cerah dan tidak tertutup oleh kabut atau awan.

5. Fasilitas Memadai

Meski fungsi utamanya adalah untuk menampung cadangan air, nyatanya embung ini juga berperan sebagai Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan kerap digunakan sebagai sarana rekreasi baik oleh masyarakat sekitar maupun mahasiswa yang kampusnya tidak jauh dari tempat tersebut.

Oleh karena itu, dalam perkembangannya beragam fasilitas di tempat ini dibangun untuk mendukung aktivitas tersebut. Salah satunya adalah jalan berkonblok di sekeliling embung yang kerap digunakan sebagai jalur olahraga oleh masyarakat sekitar, baik untuk jogging maupun bersepeda.

Bagi pengunjung yang ingin memancing, disediakan tempat memancing yang nyaman. Ditambah dengan adanya ikan berukuran besar, embung atau bendungan ini menjadi salah satu tempat memancing favorit. Ada juga fasilitas lain berupa warung makan di sekitar embung dengan harga yang relatif terjangkau. Selain itu, ada juga fasilitas berupa toilet umum, tempat ibadah, serta tempat parkir.

Alamat dan C ara Menuju Lokasi

Alamat Embung Tambakboyo
Photo by Google Maps Auliya Nusyura Al Islami

Embung Tambakboyo terletak di Kabupaten Sleman, Yogyakarta, tepatnya di Dusun Tambakboyo, Desa Condongcatur, Kecamatan Depok. Namun, genangan airnya meliputi 2 desa, yaitu Desa Condongcatur di Kecamatan Depok dan Desa Wedomartani di Kecamatan Ngemplak.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, embung atau waduk Tambakboyo ini letaknya tidak jauh dari pusat Kota Yogyakarta. Bahkan, lokasinya dekat dengan beberapa kampus perguruan tinggi. Oleh karena itulah akses ke tempat wisata ini sangat mudah, dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun sarana transportasi umum.

Bagi pengguna sarana transportasi umum, Anda dapat menggunakan TransJogja kemudian turun di Halte RRU (Stikes Guna Bangsa) atau Halte UPN Veteran yang terletak di seberangnya.

Harga Tiket Masuk Embung Tambakboyo

Harga Tiket Masuk Embung Tambakboyoc
Photo by Google Maps Idneh Craft

Embung Tambakboyo buka setiap hari selama 24 jam sehingga pengujung tempat ini dapat datang kapan saja. Tempat wisata yang terkenal sebagai spot jogging ini juga tidak memungut biaya tiket masuk sehingga pengunjung dapat keluar maupun memasuki area embung dengan gratis.

Walau tidak ada tiket masuk, pengunjung yang datang dengan kendaraan pribadi harus membayar uang parkir sebesar Rp1.000,00 untuk sepeda; Rp2.000,00 untuk sepeda motor; dan Rp5.000,00 untuk mobil. Saat berkunjung, jangan lupa untuk menggunakan masker, menjaga jarak, dan mematuhi protokol kesehatan.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Menarik Embung Tambakboyo
Photo by Google Maps Agus Rakhmat Suharseno

1. Memancing

Embung Tambakboyo dibangun untuk menampung air dari Sungai Tambak Bayan dan Sungai Buntung. Oleh karena itulah waduk atau danau buatan ini memiliki peran yang sangat penting sebagai area koservasi air.

Ada banyak aktivitas menyenangkan yang dapat dilakukan, salah satunya adalah memancing. Sebagai tempat penampung cadangan air, ada banyak jenis ikan yang hidup di waduk yang memiliki kedalaman rata-rata 7 meter ini, seperti ikan sepat, wader, kotes, dan ikan nila.

Selain banyak jenisnya, ikan-ikan yang ada di embung atau bendungan ini juga ukurannya besar. Oleh karena itulah tempat rekreasi ini menjadi salah satu spot favorit untuk memancing. Dengan adanya tempat memancing yang nyaman, memancing di tempat ini pun menjadi lebih menyenangkan.

Bagi pengunjung yang senang memancing, embung ini adalah tempat yang sangat direkomendasikan.

2. Jogging

Embung Tambakboyo dikelilingi oleh jalan berkonblok. Jalan ini dibangun mengelilingi waduk seluas 7,8 hektar tersebut. Fasilitas tersebut kemudian dijadikan sebagai jalur berolahraga mulai dari jogging hingga bersepeda. Dengan adanya jalur olahraga inilah embung atau waduk ini menjadi salah satu tempat jogging favorit bagi anak muda.

Jika ingin jogging di sekitar embung, sangat disarankan untuk melakukannya pada pagi atau sore hari, saat sinar matahari sudah tidak terasa panas. Apabila datang pada pagi hari, Anda akan dapat merasakan udara yang sangat segar dan bahkan dapat melihat Gunung Merapi yang menjadi latar belakang embung ini jika cuaca bagus. Jika ingin datang di sore hari, waktu yang direkomendasikan adalah sekitar pukul 16.00–17.00 WIB.

Aktivitas Dilakukan di Embung Tambakboyo
Photo by Google Maps Rika Renieta

3. Bersepeda

Selain jogging, jalur olahraga di sekitar embung juga dapat digunakan untuk bersepeda. Pasalnya, jalur tersebut lebarnya mencapai 6 meter, cukup lebar untuk dilalui banyak orang. Oleh karena itulah bagi Anda yang lebih suka bersepeda dibanding jogging, mengelilingi embung menggunakan sepeda dapat menjadi aktivitas yang menyenangkan. Tak hanya menyehatkan dan membuat tubuh lebih bugar, Anda juga dapat menikmati keindahan embung sambil menghirup udara segar yang ada di sekitarnya.

Jika ingin bersepeda, sebaiknya pilih waktu saat sinar matahari belum atau sudah tidak terlalu terik, yaitu pada pagi hari maupun sore hari. Dengan begitu, kulit Anda tidak akan terbakar. Anda dapat bersepeda pada pagi hari jika ingin melihat pemandangan Gunung Merapi. Mungkin saja Anda akan melihatnya jika langit cerah. Namun jika ingin melihat lebih banyak orang maupun pedagang kaki lima, direkomendasikan untuk bersepeda di sore hari.

4. Yoga

Di samping jalur untuk jogging dan bersepeda, Embung Tambakboyo juga memiliki ruang terbuka di sekitar embung yang hanya ditumbuhi oleh rumput. Tempat wisata edukasi ini dapat digunakan oleh pengunjung untuk melakukan berbagai kegiatan termasuk yoga.

Bagi Anda yang lebih senang menghindari keramaian untuk bermeditasi dan menenangkan diri, yoga adalah pilihan yang tepat. Anda hanya perlu membawa alas duduk atau matras yoga kemudian memulai kegiatan. Anda dapat melakukan yoga sambil menikmati keindahan embung sehingga pikiran dapat menjadi lebih tenang.

5. Bersantai Bersama Teman atau Keluarga

Meski Embung Tambakboyo terkenal sebagai tempat untuk olahraga, bukan berarti hanya orang yang mau berolahraga yang dapat berkunjung. Anda pun dapat mengunjungi tempat ini saat ingin bersantai dan menghabiskan waktu bersama teman maupun keluarga. Anda juga dapat berwisata kuliner karena di sekitar embung terdapat cukup banyak pedagang kaki lima yang menjajakan dagangannya.

Selain makanan, fasilitas lain seperti toilet umum dan tempat ibadah juga tersedia sehingga pengunjung dapat bersantai dengan tenang.

Fasilitas Penunjang di Embung Tambakboyo

Fasilitas di Embung Tambakboyo
Photo by Google Maps Amedia Official

Perkembangan embung ini sebagai sarana rekreasi bagi masyarakat sekitar membuat fasilitas di sekitar tempat wisata ini cukup memadai. Pengunjung tempat ini dapat menemukan fasilitas yang umum tersedia di tempat wisata seperti tempat parkir, toilet, hingga tempat ibadah seperti musholla. Hal ini membuat embung ini menjadi tempat yang sangat cocok bagi masyarakat untuk bersantai dan saling berinteraksi.

Jalur olahraga yang panjang mengelilingi embung juga membuat tempat rekreasi ini menjadi tempat yang sangat cocok untuk berolahraga. Saat merasa lapar setelah berolahraga, memancing, maupun melakukan aktivitas lain, pengunjung juga dapat menemukan makanan dengan mudah dari pedagang kaki lima yang berjualan di sekitar embung.

Embung Tambakboyo akan menjadi tempat rekreasi yang sangat cocok untuk mengisi liburan bersama teman maupun keluarga tanpa perlu menghabiskan banyak uang.