Goa Cerme, Goa Eksotis dengan Kolam & Air Terjun Mini di Bantul

Goa Cerme, Goa Eksotis dengan Kolam & Air Terjun Mini di Bantul
Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Srunggo, Srunggo, Selopamioro, Kec. Imogiri, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

Berbicara tentang wisata Jogja, mungkin yang terlintas hanya pantai dan kuliner nya saja. Padahal masih banyak lain yang perlu dibahas, salah satunya adalah Goa Cerme di Bantul, DI Yogyakarta. Keunikan dan keindahan gua ini menarik banyak wisatawan, sehingga tidak pernah sepi setiap harinya. Mereka yang datang berkunjung rata-rata penasaran dengan isi di dalamnya, ada juga yang datang dengan keperluan lain, seperti semadi atau menghadiri syukuran.

Objek wisata berupa gua memilki tantangan tersendiri, terutama bagi mereka yang memiliki jiwa petualang. Aktivitas susur gua menjadi salah satu yang menarik dilakukan, bahkan dikatakan wajib bagi sebagian orang. Jika gua pada umumya sulit dijangkau, lain halnya kali ini karena banyak petunjuk jalan yang tersedia, lokasinya pun mudah ditemukan.

Sebagaimana gua pada umumnya, Goa Cerme juga memiliki keindahan dari batu stalaktit dan stalagmit yang dimilikinya. Sebagian besar menggantung, ada juga beberapa yang berada di dinding sehingga menambah kesan eksotis. Satu hal yang belum tentu ditemukan di tempat lain yakni adanya sungai yang mengalir di bawahnya.

Daya Tarik Goa Cerme

Daya Tarik Goa Cerme
Photo by Google Maps Wido Prasetyo

Apa yang menjadikan alasan banyak orang mengunjungi suatu objek wisata? Tentu jawabannya adalah dari daya tarik yang dimiliki. Sebelum anda meluncur ke lokasi, ada baiknya menyimak daya tarik Goa Cerme yang sudah kami rangkum berikut ini!

1. Nilai Sejarah

Siapa sangka jika gua yang merupakan bagian perut bumi ini memiliki nilai sejarah yang tidak dapat dilupakan, terutama warga sekitar. Menurut warga, gua eksotis ini ditemukan pertama kali oleh Sunan Kalijaga. Karena cukup strategis, akhirnya dijadikan sebagai tempat pertemuan antara Wali Songo untuk membahas strategi penyebaran agama Islam di Jawa.

Salah satu yang lahir dari kesepakatan yang dilakukan di gua ini adalah pembangunan Masjid Agung Demak. Kata Cerme sendiri berasal dari Ceramah yang artinya pembicaraan. Salah satu tradisi yang dipertahankan saat ini adalah diadakannya syukuran pada waktu tertentu untuk meminta berkah kepada yang maha kuasa dengan Wali Songo sebagai perantara nya.

2. Termasuk Goa Panjang dan Dalam

Tidak terlalu berlebihan jika Goa Cerme dikatakan cukup panjang dan dalam. Panjang dari gua ini sendiri mencapai 1,5 kilometer dan memasuki empat wilayah sekaligus, yaitu Gunung Kidul, Panggang, Ploso, dan Giritirto. Dengan panjang inilah dikatakan tadi bahwa salah satu aktivitas yang wajib dilakukan adalah susur gua.

Untuk memasuki gua tidak bisa dikatakan mudah, karena setiap wisatawan wajib menuruni sekitar 760 buah anak tangga. Jumlah total anak tangga tersebut digunakan untuk menjangkau kedalaman 750 meter. Meski demikian, karakteristik gua di Bantul ini termasuk horizontal, jadi tidak sulit jika ingin menjelajahi bagian dalamnya.

Daya Tarik Dimiliki Goa Cerme
Photo by Google Maps Jarwadi MJ

3. Kolam dengan Air Jernih

Daya tarik Goa Cerme berikutnya adalah memiliki kolam dengan air yang jernih. Sebenarnya bukan kolam, namun ada aliran air di sepanjang jalan gua ketika menyusuri nya. Aliran arus ini berlawanan dengan arah ke mana anda bergerak dari pintu masuk. Tetapi jangan khawatir, arusnya tidak terlalu deras sehingga masih aman dijelajahi.

Kejernihan air bisa dilihat dari tampak jelasnya batu stalagmit yang ada di dasarnya. Seperti halnya lubang besar di dalam bumi, ketinggian gua kali ini juga bervariasi. Paling rendah sekitar 1 meter, jadi perlu merunduk atau bahkan merangkak ketika melewatinya. Untuk ketinggian maksimal diperkirakan mencapai 20 meter di titik tertentu.

4. Air Terjun Mini

Liburan dengan mengunjungi Goa Cerme sepertinya cukup lengkap. Selain menjelajahi gua, di sana juga terdapat air terjun mini dengan aliran air yang sangat jernih dan deras. Ketinggiannya hanya sekitar satu meter, namun keindahannya tidak dapat diragukan lagi. Terlebih jika aliran air terpancar cahaya, maka akan menghasilkan bias yang mempesona.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Goa Cerme
Photo by Googel Maps So Keep

Cukup layak tentunya untuk mengunjungi gua cantik di Jogja ini dilihat dari daya tarik yang dimiliki. Silahkan langsung menuju ke Jalan Srunggo, Selopamioro, kecamatan Imogiri, kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jarak Goa Cerme dari pusat kota Jogja sekitar 28 kilometer dengan waktu tempuh 50 menit menggunakan kendaraan pribadi.

Untuk rute nya sendiri, silahkan menuju ke Terminal Giwangan terlebih dahulu. Lanjutkan perjalanan menuju ke Jalan Imogiri Timur dan berakhir di kawasan Imogiri. Hanya beberapa menit berkendara, anda sudah memasuki kawasan Selopamioro, langsung saja menuju ke daerah Cerme. Ikuti rambu petunjuk yang dipasang warga sekitar dan pengelola hingga tiba di pintu masuk gua.

Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Goa Cermeq
Photo by Google Maps Andhi Rep

Inti dari liburan adalah menyenangkan hati dan mengusir beban pikiran. Meskipun murah, yang penting tujuan tersebut tercapai. Harga tiket Goa Cerme sangat terjangkau, hanya 5.000 rupiah untuk satu pengunjung. Tambahan biaya diperlukan jika membawa kendaraan pribadi untuk tiket parkir. Juga tidak mahal tentunya, hanya 2.000 untuk sepeda motor dan 5.000 untuk mobil.

Sebelum berkunjung, pastikan anda membawa peralatan yang diperlukan untuk susur gua, apalagi kalau bukan lampu senter. Jika tidak, maka anda harus menyewa dari pengelola berupa headlamp yang di banderol dengan harga 30.000 rupiah. Harga yang disebutkan diatas belum termasuk pemandu atau paket cave tubing jika dibutuhkan.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Menarik di Goa Cerme
Photo by Google Maps Whisnu Adhi Pamungkas

Menjadi gua terpanjang, tentunya banyak aktivitas yang dapat dilakukan di Goa Cerme Bantul. Sebagian telah kami sebutkan diatas, tetapi sebaiknya anda simak kegiatan selengkapnya berikut ini supaya bisa mempersiapkan segalanya!

1. Menjelajah Goa Cerme

Kurang lengkap rasanya jika tidak menjelajah isi gua selama berada di lokasi. Apalagi penjelajahan kali ini lumayan lama jika dilihat dari panjang gua itu sendiri. Diperkirakan butuh 2 jam dari pintu masuk menuju ke pintu keluar. Beberapa sudut di wisata goa ini lumayan sempit yang justru menjadi tantangan tersendiri.

Sebisa mungkin siapkan masker yang mungkin berguna sewaktu-waktu. Seperti halnya gua pada umumnya, di sini juga banyak terdapat kelelawar sebagai penghuni tetapnya. Gunakan masker jika ada bau menyengat dari kotoran kelelawar yang mungkin sedang anda lewati. Demikian juga dengan binatangnya, diperlukan kewaspadaan karena sesekali mereka terbang di dalam gua.

2. Cave Tubing

Jika menjelajahi Goa Cerme kurang menantang dan menarik, sebaiknya anda pilih aktivitas cave tubing. Dengan menggunakan ban dan duduk di atasnya, anda pun bisa menyusuri gua lebih santai dan tanpa kelelahan. Untuk aktivitas ini tidak bisa sepanjang jalur penjelajahan, hanya dapat dilakukan di bagian tertentu gua saja.

3. Berburu Spot Foto

Aktivitas yang tidak kalah menarik adalah mengabadikan momen selama di dalam lokasi. Keunikan dan eksotisme gua pastinya sayang untuk dilewatkan, apalagi jika anda termasuk aktif di media sosial. Hasil foto nya dipastikan layak untuk di posting dan dijadikan ajang pamer kepada teman dan saudara.

Minimnya cahaya di dalam Goa Cerme membuat anda harus memiliki penerangan yang cukup untuk menghasilkan foto yang menarik. Lampu flash dari kamera saja sepertinya kurang membantu, silahkan tambahkan lampu senter yang anda bawa. Jangan lupa berpose cantik ketika berada di air terjun mini, tepatnya di akhir penjelajahan dekat dengan pintu keluar.

Fasilitas yang Tersedia

Fasilitas di Goa Cerme
Photo by Google Maps Melia Shani

Menjadi salah satu pertimbangan penting sebelum mengunjungi sebuah tempat wisata. Fasilitas Goa Cerme dikatakan sangat mumpuni dan melengkapi kebutuhan wisatawan. sebut saja toilet, tempat parkir, warung makan, dan tempat penyewaan perlengkapan yang dibutuhkan. Selain itu, ada juga pusat informasi dan jasa pemandu jika dibutuhkan.

Selain memiliki nilai sejarah akan peran sertanya dalam penyebaran agama islam, objek wisata ini terkesan eksotis dan indah sehingga sayang jika dilewatkan. Bagi anda yang saat ini sedang berada di Jogja, tepatnya di Bantul, siapkan semua peralatan yang dibutuhkan dan segera meluncur ke Goa Cerme, paling tidak untuk menjawab rasa penasaran selama ini.