Grojogan Watu Purbo, Pesona Air Terjun Indah dengan 6 Tingkatan di Sleman

Grojogan Watu Purbo, Pesona Air Terjun Indah dengan 6 Tingkatan di Sleman
Harga Tiket: – ; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bangunrejo, Merdikorejo, Kec. Tempel, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

Jogja selalu berhasil memukau pesona wisatawan dengan memunculkan lokawisata baru yang viral di sosial media. Salah satu tempat wisata baru di Jogja terbaru yang juga bisa Anda kunjungi adalah Grojogan Watu Purbo. Tempat wisata yang satu ini merupakan sebuah grojogan atau air terjun yang memiliki formasi yang menawan.

Bagi Anda yang menyukai tempat wisata air, maka tempat ini cocok dengan selera Anda. Air terjun ini berada di aliran sungai Krasak yang berlokasi di Desa Merdikoreko yang merupakan daerah Sleman. Karena berlokasi di aliran Sunga Krasak, air terjun ini mempunyai suasana yang sejuk dan keindahan alam yang asri.

Daya Tarik Wisata Grojogan Watu Purbo

Daya Tarik Wisata Grojogan Watu Purbo
Photo by Google Maps Ifan M.I.

1. Belajar Sejarah

Jika Anda berkesempatan untuk mengunjungi Grojogan Watu Purbo, salah satu hal menarik yang akan Anda alami di sini adalah belajar sejarah dari tempat wisata itu sendiri. Lantas, bagaimana sejarah air terjun ini? Semua ini bermula pada tahun 1975. Terdapat proyek Merapi dengan tujuan membangun dam. Proyek ini dibangun untuk menahan aliran apa bila terjadi erupsi Merapi yang sewaktu-waktu dapat terjadi. Proyek ini juga dibangun dengan tujuan untuk menahan lahar dingin.

Desain awal bendungan yang berbentuk tingkat ini kemudian menjadi proyek mangkrak. Lalu karena proyek ini dekat dengan aliran Sungai Krasak, maka air perlahan-lahan mengalir ke bekas bendungan ini. Dengan model bendungan yang bertingkat, maka tempat ini berubah menjadi mirip air terjun. Lalu pada tahun 2020, pemerintah setempat pun meresmikan bendungan ini sebagai Grojogan Watu Purbo.

2. Air Terjun 6 Tingkat

Desain bendungan yang mempunyai 6 tingkat inilah yang membuat Grojogan Watu Purbo menjadi wisata yang populer. Dengan aliran sungai Krasak yang menyegarkan, pemandangan alam yang hijau, dan latar belakang berupa Gunung Merapi, maka tempat wisata ini pun mulai sering dikunjungi banyak orang. Bahkan objek wisata ini pun sempat populer di media sosial karena banyaknya wisatawan yang mengunggah foto di air terjun ini.

Keindahan air terjun 6 tingkat membuat tempat wisata ini sangat cocok bagi Anda yang suka mengabadikan momen. Jika Anda mengujungi tempat ini, jangan lupa untuk mengambil foto dengan latar belakang berupa air terjung dengan 6 tingkat ini.

Pemandangan alam di sekitar pun juga cocok diabadikan. Bagi Anda yang suka membuat konten, Grojogan Watu Purbo merupakan tempat membuat konten alam yang tepat karena keindahan alam di sekitar Gunung Merapi selalu mampu menghipnotis para pengujungnya.

3. Bermain Air

Mengunjungi air terjun artinya Anda bisa melakukan aktivitas berenang di sana. Dengan debit air yang tidak terlalu kencang, Grojogan Watu Purbo sangat aman untuk bermain air. Bahkan anak-anak pun bisa berenang di sini namun tetap dalam pengawasan orang tua. Bagi Anda yang ingin berenang, jangan lupa untuk membawa pakaian renang dan baju ganti. Di sini tersedia fasilitas kamar mandi yang bersih untuk berganti baju.

Berenang di air terjun merupakna kegiatan yang menyenangkan. Saat Anda sudah menempuh perjalanan yang jauh menuju tempat wisata ini, tentunya badan akan terasa segar saat merasakan air dari aliran Sungai Krasak. Rasa penat yang melanda akan hilang dengan seketika berkat airnya yang dingin dan bersih.

Kesegaran akan semakin terasa jika Anda mengujungi Watu Purbo pada pagi hari dimana udara masih sangat segar. Jika cuaca sedang cerah, maka Anda akan mendapatkan pemandangan luar biasa dari langit yang biru, Gunung Merapi yang cantik, pemandagan alam sekitar yang hijau, dan kesegaran air terjun.

Daya Tarik Dimiliki Grojogan Watu Purbo
Photo by Google Maps Trisca Fariana

4. Tempat yang Estetik

Grojogan Watu Purbo sempat viral di media sosial pada tahun 2021 silam. Saat itu ada sebuah foto cantik yang diambil di sini. Karena itulah para pelancong berbondong-bondong berkunjung untuk membuktikan sendiri apakah memang benar air terjun Watu Purbo sebagus yang ada di foto.

Tentunya hal ini dapat dibuktikan dengan benar. Watu Purbo merupakan salah satu wisata alam Jogja yang mempunyai daya tariknya tersendiri. Spot estetik utama dari tempat ini tentu saja air terjun 6 tingkatnya ini. Banyak orang yang mengambil foto di tingkat dasar agar keseluruhan air terjunnya dapat diabadikan lewat kamera.

Di setiap tingkatnya sudah disediakan pendopo yang bisa Anda gunakan untuk duduk yang menikmati air terjun dari tingkat yang berbeda. Pemandangan tiap tingkat mempunyai pesona yang berbeda-beda. Di sebelah timur air terjun juga terdapat taman bunga yang bisa Anda kunjungi untuk dijadikan sebagai spot estetik lainnya.

5. Spot Memancing

Bagi para bapak yang suka memancing, maka tempat wisata ini pun juga menyediakan spot memancing. Karena sumber airnya berasal dari Sungai Krasak, maka jangan heran jika banyak ikan yang bisa ditemukan di dekat air terjun. Jika Anda ingin memancing di sini, Anda bisa membawa peralatan memancing sendiri atau menyewa langsung di tempat wisatanya. Ikan yang Anda pancing juga bisa dibawa pulang dan siap dimasak pula menjadi ikan bakar.

Memancing di Grojogan Watu Purbo merupakan kegiatan memancing estetik yang bisa Anda rasakan. Mengapa demikian? Karena Anda akan memancing dengan latar belakang Gunung Merapi. Jika cuaca sedang sangat cerah, Anda bisa melihat Gunung Merapi dengan sangat jelas. Terkadang Gunung Merapi akan tertutup oleh awan, namun dengan kemegahan air terjun 6 tingkatnya tetap membuat lokasi wisata ini menjadi selalu bagus di setiap keadaan.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Alamat Grojogan Watu Purbo
Photo by Google Maps Waes Alqorny

Bagaimana cara menuju ke Grojogan Watu Purbo? Jika Anda memulai perjalanan dari pusat kota seperti Keraton, Nol Kilometer, dan Malioboro, maka Anda harus berkendara menuju Ringroad utara terlebih dahulu. Saat sudah mencapai Jalan Magelang maka Anda bisa menggunakan Google Map untuk menuju ke lokasi wisata ini. Anda akan diarahkan menuju Desa Bangunrejo yang ada di Merdikorejo, Sleman, DI Yogyakarta.

Untuk akses jalan yang akan Anda lewati sudah diaspal dengan bagus sehingga Anda tidak akan mengalami kendala saat menuju ke kawasan wisata alam. Jika Anda masih bingung mencari rutenya, jangan sungkan untuk menanyakan ke warga sekitar.

Namun dari pihak pemerintah sendiri sudah memberikan papan petunjuk yang bisa Anda ikuti. Dari Jalan Magelang menuju ke air terjun ini membutuhkan waktu sekitar 30 menit. Namun rasa lelah Anda akan sepadan dengan pemandangan yang disuguhkan sesampainya di sana.

Harga Tiket Masuk Grojogan Watu Purbo

Harga Tiket Masuk Grojogan Watu Purbo
Photo by Instagram Fitri Ana

Harga tiket yang dipatok untuk bisa masuk ke tempat wisata ini sangat terjangkau yaitu Anda hanya perlu membayar seikhlasnya. Memang tempat wisata ini belum menetapkan harga tiket masuknya. Warga sekitar yang membantu mengurusi tempat wisata ini mulai dari kebersihan, parkir, dan adminstrasinya.

Selain membayar tiket masuk, Anda juga harus menyiapkan uang untuk membayar parkir. Terkadang ada tempat wisata air terjun yang tidak mempunyai tempat parkir yang luas akibat kondisi alam tertentu, namun di Grojogan Watu Purbo sudah disediakan tempat parkir yang luas. Tarif parkir hanya Rp 2.000. untuk motor, untuk mobil Rp 10.000, dan untuk bis sekitar Rp 20,000. Anda bisa mengujungi tempat ini dari pukul 08:00 hingga 18:00 WIB.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Menarik di Grojogan Watu Purbo
Photo by Google Maps windu dolandolan

1. Berkunjug ke Teras Merapi

Karena Grojogan Watu Purbo terletak di kaki Gunung Merapi, maka ada beberapa tempat wisata alam cantik lain yang bisa Anda kunjungi di sekitarnya. Salah satunya Teras Merapi yang terletak tidak jauh dari air terjun, jika Watu Purbo menawarkan wisata air, maka Teras Merapi menawarkan pemandangan alam kehijauan yang menyegarkan mata. Teras Merapi merupakan tempat wisata buatan dimana Anda bisa menikmati pemandangan alam Kawasan Merapi dari tempat yang tinggi.

Di area inilah Anda juga bisa melaksanakan berkemah karena Teras Merapi menyediakan tempat untuk berkemah. Tentunya akan menjadi pengalaman berkesan sendiri saat berkemah di daerah Gunung Merapi. Hawanya yang dingin, udara yang segar, dan pemandangan alam di sekitar Gunung Merapi akan memberikan pengalamam yang tak ternilai.

2. Bunker Kaliadem Merapi

Tak jauh dari Grojogan Watu Purbo terdapat Bunker Kaliadem Merapi. Karena Gunung Merapi merupakan gunung dengan aktivitas yang dapat membahayakan warga sekitar, maka oleh pemerintah dibangun bunker. Bunker ini berfungsi sebagai tempat warga berlindung jika terjadi erupsi dari Gunung Merapi atau terdapat lahar panas yang dapat membahayakan nyawa.

Namun yang terjadi justru sebaliknya, pada tahun 2006 saat Gunung Merapi meletus terdapat dua orang yang mencoba berlindung di bunker tersebut. Namun yang terjadi adalah kedua orang tersebut tewas karena bunker tidak bisa melindungi mereka.

Bahkan pada erupsi Gunung Merapi di tahun 2010 membuat Bunker Kaliadem terkubur sedalam 4 meter karena tidak mampu menahan letusan Gunung Merapi. Sekarang Bunker Kaliadem dijadikan sebagai wisata. Anda bisa mengunjungi tempat wisata ini jika Anda tertarik dengan wisata sejarah dan wisata mistis yang menyelimuti Bunker Kaliadem.

3. Museum Ullen Sentalu

Museum ini merupakan salah satu museum tercantik yang ada di Jogja. Lokasi Museum Ullen Sentalu masih berada di lerang kaki Gunung Merapi. Karena terkenal akan kecantikannya, Museum Ullen Sentalu diberikan gelar sebagai museum terbaik kedua di Indonesia. Museum ini sangat cocok bagi Anda yang suka dengan wisata sejarah dan ingin mengetahui berbagai hal tentang Keraton Solo dan Yogyakarta. Selain itu, museum ini juga menampilkan sejarah Kerajaan Mataram.

Pada awalnya Museum Ullen Sentalu adalah museum untuk koleksi pribadi. Karena sang empunyai sangat mencintai sejarah dari Kerajaan Mataram. Pemilik museum ini mempunyai koleksi berupa kain batik, patung, gamelan kuno, replica relief, dan arca-arca peninggalan budaya Hindu dan Budha.

Fasilitas Penunjang di Grojogan Watu Purbo

Fasilitas di Grojogan Watu Purbo
Photo by Google Maps Satria Raka Siwi

Fasilitas wisata yang ada di Air Terjun Watu Purbo sudah terbilang lengkap meskipun tempat wisata ini masih baru. Tempat parkir yang luas dan aman sudah tersedia. Kamar mandi yang bersih juga bisa Anda gunakan dengan nyaman. Banyak pendopo yang tersedia yang bisa Anda gunakan untuk beristirahat.

Mengunjungi Grojogan Watu Purbo saat akhir pekan tentunya dapat menyegarkan jiwa Anda Kembali dengan keindahan dan kesegaran alam sekitar. Bahkan tempat wisata di sekitar air terjun juga sangat layak untuk dikunjungi.