Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sermo, Kec. Kokap, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

Daerah Yogyakarta rasanya hampir tidak ada habisnya menawarkan berbagai objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Deretan destinasi yang ada di provinsi tersebut, membuat para wisatawan tidak pernah bosan mengunjungi kota gudeg untuk menikmati berbagai hal dan pengalaman liburan seru.

Kali ini di daerah Kulon Progo, ada wisata alternatif yang populer di media sosial sejak dibuka pada pertengahan tahun 2017 silam. Namanya Gunung Gajah atau dikenal pula dengan nama Tebing Gunung Gajah. Destinasi ini langsung mencuri perhatian masyarakat lantaran panorama alam yang menawan. Penasaran? Yuk intip bagaimana pesona dari gunung ini.

Daya Tarik Wisata Gunung Gajah

Daya Tarik Gajah Kulon Progo
Photo by Google Maps Arif Budisayoga

1. Sejarah Nama Tebing Gunung Gajah

Tebing gunning ini berada di daerah perbukitan, namun destinasi tersebut memang lebih akrab disebut dengan tebing. Bahkan pada pintu masuknya pun tertulis nama Tebing Gunung Gajah. Alasan pemberian nama ini adalah karena letaknya memang di antara lereng dan tebing, yang mempunyai ketinggian mencapai kurang lebih 1.000 meter di atas permukaan laut.

Semantara nama gunungnya sendiri merupakan pemberian dari masyarakat sekitar, lantaran pada salah satu bagian puncaknya terlihat seperti kepala gajah. Viral dengan nama demikian, pada bagian pintu masuk kemudian dibuatkan dua patung gajah yang berdiri di samping kiri dan kanan gerbang.

Dibukalah objek wisata alam ini untuk masyarakat umum. Dimana kemunculannya tidak lepas dari kegigihan Arif B. Sayoga. Beliau berhasil mewujudkan sebuah objek wisata baru di Kulon Progo, dengan dibantu oleh masyarakat dari Dusun Teganing dan Katerban.

Yang mana latar belakang terkait ide untuk mewujudkan objek wisata baru ini adalah dari kecintaannya terhadap lingkungan. Sehingga dengan adanya sebuah objek wisata yang berdiri di lokasi tersebut, maka beliau sekaligus masyarakat setempat berharap tidak akan ada lagi aktivitas perusakan hutan yang terjadi di wilayah ini.

2. Spot Foto Unik dan Beragam

Berangkat dari ide menciptakan objek wisata baru yang mampu menjaring banyak wisatawan, agar aktivitas perusakan hutan tidak terjadi kembali. Destinasi wisata ini pun kemudian dilengkapi dengan berbagai spot foto unik, agar menarik minat para generasi millenials yang amat gemar melakukan wisata selfie alias berburu foto sambil rekreasi.

Jadi di Tebing Gunung Gajah ini anda akan menemukan banyak spot foto unik dan menarik, yang akan menghadirkan banyak foto ciamik untuk dibagikan di laman sosial media anda. Dimana salah satu spot foto yang menjadi favorit wisatawan sendiri yaitu foto bulan sabit. Anda bisa mencoba berpose duduk atau bersantai di atas bulan dengan latar belakang pemandangan hijau nan indah.

Jika ingin mendapatkan pemandangan yang lebih cantik untuk latar belakangnya, anda bisa berkunjung ke sini pada pagi hari atau sore hari ketika senja. Alhasil potret yang bisa anda dapatkan tentunya akan lebih instagramable. Selain spot foto bulan sabit, masih banyak spot foto lainnya yang tidak kalah seru dan patut untuk dicoba.

Seperti spot foto gembok cinta, sky bar, hingga top bunga. Bahkan cukup banyak wisatawan yang merasa tertarik untuk mengabadikan momen di depan gerbang, atau di samping patung gajah di samping kiri dan kanan gerbang yang menjadi ikon dari Tebing Gunung Gajah.

Daya Tarik Gunaung Gajah Kulon Progo
Photo by Google Maps Agus Purnomo

3. Udara yang Sejuk dan Dingin

Berada di ketinggian perbukitan, objek wisata pegunungan ini tentunya mempunyai udara yang sejuk dan dingin khas pegunungan. Dengan udara yang cenderung dingin ini, tentunya pemandangan alam yang ada di sekitar dijamin sangat indah. Menjadikannya sebagai tempat wisata yang cocok untuk menghilangkan penat setelah beraktivitas.

Apalagi dari ketinggian gunung ini, anda bisa melihat dengan jelas bagaimana segarnya pemandangan hijau dari deretan perbukitan Menoreh. Selain itu ada juga pemandangan Waduk Sermo yang berada di tengah tengahnya, seolah melengkapi pemandangan yang ada dan membuatnya terlihat seperti lukisan yang begitu rupawan.

4. Wahana Outbound

Selain menikmati keindahan alam yang ada dari atas Gunung Gajah, anda juga bisa menjajal berbagai wahana outbound seru di objek wisata tersebut. Beberapa wahana yang disajikan adalah flying fox dan treetop. Untuk flying fox pasti anda sudah tidak asing lagi, karena wahana outbound satu ini cukup umum ditemukan di berbagai objek wisata alam.

Sementara treetop merupakan sebuah wahana outbound yang berbentuk lintasan. Wahana ini menghubungkan antara satu pohon dengan pohon lainnya, dimana lintasannya sendiri terdiri atas papan kayu dan tali. Jumlah treetop di sana ada sekitar 10, dengan kemiringan kurang lebih 45 derajat sampai dengan 60 derajat.

Berbagai wahana outbound tersebut sangat cocok dicoba bagi anda yang suka menantang adrenalin. Rasakan keseruannya dengan ditemani pemandangan cantik dan udara sejuk yang ada di sekitar. Mengenai keamanan dan keselamatannya, anda tidak perlu khawatir. Pasalnya wahana outbound di sini sudah dilengkapi dengan perlengkapan memadai dan didampingi instruktur profesional.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Lokasi

Alamat dan Rute Gunung Gajah Kulon Progo1
Photo by Google Maps Bogi Gumelar Indra Jaya

Gunung Gajah terletak di jalan Sermo-Girimulyo, Katerban, Desa Donorejo, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Yogyakarta. Letaknya yang berbatasan dengan Purworejo dan berada di jalur kawasan wisata Borobudur, membuat Tebing Gunung Gajah menjadi mudah dikenal dan tidak butuh lama menjadi viral di kalangan wisatawan.

Lokasinya yang strategis membuat anda tidak akan merasa kesulitan menemukan destinasi tersebut. Dari pusat kota saja, anda hanya perlu menempuh jarak sekitar satu jam perjalanan saja untuk menuju lokasi. Rute termudah bisa dilalui dari pusat kota nol km Yogyakarta, dengan mengarahkan kendaraan ke arah barat menuju jalan KH Ahmad Dahlan.

Dari jalan KH Ahmad Dahlan bisa lurus terus mengikuti Jalan Wates, sampai anda ketemu perempatan Jalan Ringroad. Dari sini, belok ke arah kanan menuju ke perempatan Demak Ijo. Selanjutnya belok kiri ke arah Jalan Godean dan ke arah Jalan Raya Ps. Kenteng. Lanjutnya perjalanan anda ke Jalan Watu Murah kemudian Jalan Nanggulan-Girimulyo.

Ambil jalan Sermo-Girimulyo dan belok kiri ke rute jalan tersebut. Nantinya tebing ini akan berada tepat di sebelah kanan anda. Jika merasa kesulitan, anda bisa mengikuti peta navigasi digital. Rutenya tidak sulit sehingga anda akan mudah mengikutinya. Atau bisa juga dengan bertanya ke penduduk sekitar yang melintas jika sudah mendekati tempat wisata.

Jam Operasional dan Harga Tiket

Ticket Gunung Gajah Kulon Progo
Photo by Google Maps Anjartconcept Channel

Bagi anda yang ingin berkunjung, Gunung Gajah ini beroperasi mulai pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 17.00 WIB setiap harinya. Harga tiket masuknya sendiri sangat murah meriah, sama seperti objek wisata alam di Yogyakarta pada umumnya. Dimana anda hanya perlu membayar sekitar Rp. 5.000 saja per orangnya.

Harga tiket masuk tidak mencakup kontribusi parkir dan berbagai wahana yang ada di dalam lokasi wisata. Bagi anda yang ingin menjajal berbagai wahana, tarif yang diberlakukan beragam kurang lebih Rp. 15.000 sampai dengan Rp. 50.000. Sementara biaya parkirnya sendiri hanya Rp. 2.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp. 5.000 untuk kendaraan roda empat.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan

Aktivitas Gajah Kulon Progo
Photo by Google Maps Rizan Graves

1. Menikmati Pemandangan Nan Asri

Gunung Gajah merupakan salah satu tempat terbaik untuk menikmati pemandangan alam. Terlebih jika anda ingin rekreasi untuk menghilangkan penat dari berbagai aktivitas sehari hari, lokasi wisata ini tentunya akan sangat tepat untuk menghabiskan waktu liburan.

Apalagi di sini sudah tersedia gardu pandang yang dapat anda manfaatkan untuk menikmati pemandangan alam nan asri. Dari gardu pandang di atas ketinggian ratusan meter di atas permukaan laut, anda bisa mengagumi pesona alam yang bagaikan lukisan tersebut. Selain itu, kondisi wisata yang masih cukup sepi dan terasa begitu damai sangat cocok bagi anda yang mencari ketenangan.

2. Berburu Foto Ciamik

Tebing Gunung Gajah menghadirkan banyak spot foto menarik untuk dicoba. Mulai dari spot foto bulan sabit, gembok cinta, sky bar, hingga top bunga yang siap anda jadikan sebagai teman untuk berpose. Tentunya jangan lupa untuk mengambil gambar di depan gerbang untuk menunjukkan anda tengah menghabiskan waktu liburan di tempat ini.

Anda bisa berpose bersama dengan kedua patung gajah yang berada di sisi kiri dan kanan gerbang, dengan latar belakang pemandangan hijau dari perbukitan. Jika datang ketika cuaca sedang cerah, dijamin anda tidak memerlukan aplikasi edit foto lagi untuk mempercantik hasil potret yang diperoleh. Hasil fotonya bisa anda bagikan ke media sosial secara langsung.

3. Melakukan Wisata Alam Susur Goa

Kegiatan menarik lainnya yang bisa anda lakukan ketika berkunjung ke Gunung Gajah yaitu mencoba wisata alam susur goa. Destinasi ini memang menawarkan wisata alam berupa goa susur yang menyimpan berbagai keindahan di alamnya. Dimana adanya goa susur tersebut memungkinkan para wisatawan untuk melakukan penelusuran.

Bagi anda yang berminat mencoba pengalaman seru ini tidak perlu khawatir tersesat atau salah mengambil jalan selama menelusuri goa. Pasalnya di sana sudah tersedia jasa pemandu yang akan menemani anda selama perjalanan. Sehingga wisata alam susur goa yang dilakukan di gunung ini dijamin aman, nyaman, dan tentunya penuh keseruan.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Gunung Gajah

Fasilitas Gunung Gajah Kulon Progo
Photo by Google Maps Mul Yantoro

Demi memberi kenyamanan ekstra bagi para pengunjung yang datang dan supaya dapat menjaring lebih banyak wisatawan, Tebing Gunung Gajah sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas mumpuni. Selain sejumlah spot foto dan berbagai wahana outbound seru yang ditawarkan, ada banyak lagi fasilitas lainnya yang siap menyambut anda di sini.

Seperti area parkir yang cukup luas, toilet bersih di beberapa titik, akses WiFi gratis yang memungkinkan anda tetap terhubung internet, tempat isi ulang baterai gratis sehingga anda tidak perlu repot membawa powerbank, tempat ibadah, hingga kafetaria. Bahkan tersedia pula jasa foto yang bisa anda sewa untuk mendapatkan hasil foto yang jauh lebih ciamik dan epic.

Sangat menarik bukan wisata Gunung Gajah di Kulon Progo ini? Berbagai keseruan akan langsung menyambut anda jika berkunjung ke destinasi tersebut. Bahkan pemandangan alam yang ada di sekitar akan membuat anda betah berlama lama di tempat. Jadi wisata pergunungan ini wajib dimasukkan ke dalam list liburan anda selanjutnya.

Give a Comment