Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Keditan, Kec. Ngablak, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

Jika Anda mendengar kota Magelang, maka destinasi wisata yang akan terpikirkan adalah candi megah yakni Borobudur. Akan tetapi tak hanya itu saja, sebab di daerah ini Anda pun bisa menikmati dan menjelajah Gunung Telomoyo. Bagi Anda yang memiliki hobi naik gunung, maka destinasi satu ini tak bisa Anda lewatkan begitu saja, karena menghadirkan pemandangan alam yang sangat memukau dari ketinggian.

Sekilas Tentang Gunung Telomoyo

Tentang Gunung Telomoyo
Image Credit: Google Maps (Mas Kribz)

Telomoyo termasuk salah satu gunung berapi yang bisa Anda jelajahi saat berada di Jawa Tengah. Meskipun termasuk gunung yang memiliki status aktif, gunung satu ini belum pernah tercatat meletus. Sehingga kondisinya terbilang cukup aman dan ramah jika Anda ingin melakukan pendakian.

Hal inilah yang menyebabkan gunung indah ini merupakan wisata pendakian yang ramai dikunjungi oleh wisatawan yang ingin melihat pemandangan yang apik dari ketinggian. Tinggi dari gunung ini sendiri adalah sekitar 1864 meter. Ada pun area gunung ini berada di Kabupaten Magelang dan juga Kabupaten Semarang.

Untuk lokasinya sendiri, gunung ini dikelilingi oleh beberapa gunung menawan lainnya. Sebut saja seperti Gunung Ungaran dan juga Gunung Sumbing. Jadi, ketika Anda mendaki gunung satu ini, maka pemandangan yang disajikan oleh Telomoyo sangat indah dan memukau.

Daya Tarik dan Pesona Gunung Telomoyo

Daya Tarik dan Pesona Gunung Telomoyo
Image Credit: Instagram.com @madscaper

1. Panorama Indahnya Gunung Bak Negeri di Atas Awan

Salah satu daya tarik yang disukai oleh wisatawan ketika berkunjung ke Gunung Telomoyo yang berada di Magelang adalah keindahan panorama gunung yang bisa Anda saksikan di lokasi satu ini. apabila Anda kesini ketika hari sedang cerah, maka wisatawan pun akan disuguhkan dengan keindahan dan megahnya beberapa gunung sekaligus dalam satu waktu.

Adapun gunung gunung tersebut antara lain adalah Gunung Prau, Gunung Sindoro, dan juga Gunung Sumbing nampak berjajar dengan rapi di sebelah barat. Selanjutnya, ketika pagi hari tiba, Anda pun akan melihat lapisan awan sehingga seolah olah Anda sedang berada di negeri di atas awan.

2. Jalur Pendakian yang Mudah

Salah satu keunikan dan daya tarik yang bisa Anda dapatkan ketika melakukan pendakian adalah jalurnya yang terbilang cukup mudah. Ketika Anda ingin mendaki, terdapat dua jalur yang berfungsi sebagai titik awal. Pertama, Anda bisa memulainya di Dalangan, Desa Pandean, Kecamatan Ngablak. Kemudian Anda juga bisa menggunakan jalur yang lain yakni Desa Sepakung, Kecamatan Banyubiru, Kab. Semarang

Pendakian menuju Gunung Telomoyo ini memang terbilang cukup terkenal karena gunung ini memang memiliki jalur yang mudah untuk didaki. Tak hanya itu saja, daya tarik dari pendakian gunung satu ini memang memiliki infrastruktur yang cukup rapi. Dimana pengunjung akan dimudahkan dengan jalanan yang telah beraspal hingga puncak.

Dengan adanya jalur pendakian beraspal tersebut, pengunjung yang datang pun bisa mendakinya dengan menggunakan kendaraan pribadi. Umumnya, banyak wisatawan yang datang dengan menggunakan kendaraan roda dua saat berada disini. Bahkan tidak hanya motor trail, motor matic juga bisa dengan mudah melewati jalanan ini.

Meskipun jalur terasa mudah dilewati, namun pengunjung yang datang tetap harus mempersiapkan berbagai macam hal. Salah satunya bensin, karena di sekitar lokasi tidak terdapat tempat untuk mengisi bahan bakar. Terlepas dari itu, jalur satu ini cukup aman dilewati oleh Anda yang membawa mobil.

Walaupun terdapat beberapa titik jalan yang rusak. Selain itu, Anda pun sebaiknya menghindari untuk menggunakan mobil pribadi saat ingin ke puncak gunung ini. sebaiknya Anda bisa datang dan menyewa jeep. Sehingga Anda bisa memarkirkan kendaraan di area parkir dan pastinya wisata ini sangat cocok bagi Anda yang ingin melakukan pendakian dengan sensasi yang berbeda.

Lokasi dan Rute Menuju ke Gunung Telomoyo

Rute Menuju ke Gunung Telomoyo
Image Credit: Google Maps (Latifah Kusuma)

Apabila Anda berkeinginan untuk mengunjungi destinasi wisata satu ini, maka sebaiknya Anda segera datang ke Gunung Telomoyo. Gunung satu ini menempati dua kabupaten yakni di Magelang dan Semarang. Untuk jalur pendakian gunung satu ini melalui Magelang sendiri dimulai dari Jalan Dalangan, Desa Pandean, Kecamatan Ngablak.

Dimana untuk jalan satu ini hanya bisa diakses dengan menggunakan Jalan Magelang – Salatiga. Sehingga jika Anda yang ingin menyewa mobil Jeep, maka jalur Dalangan ini adalah titik untuk tempat penyewaan Jeep. Sedangkan untuk rute menuju destinasi wisata satu ini, jika Anda berangkat dari kota Magelang bisa mengawali perjalanan dari Jalan Sriwijaya.

Kemudian, Anda pun bisa masuk ke Jalan Beringin I menuju ke Jalan Beringin II. Lalu melanjutkan perjalanan ke Jalan Soekarno Hatta dan Jalan Magelang – Lanjut ke Kopeng hingga melewati Jalan Grabag hingga masuk ke Merapisari dan akhirnya Anda sampai di Wisata Telomoyo.

Alamat, Rute Lokasi dan Biaya Wisata

Alamat Gunung Telomoyo
Image Credit: Google Maps (Hasyim Gustam)

Untuk Anda yang berencana melakukan pendakian di gunung satu ini bisa datang kapan saja. sebab, Gunung Telomoyo buka selama 24 jam penuh setiap harinya. Untuk itu, jika Anda datang ketika ingin melihat matahari terbit, maka Anda pun bisa datang kapan saja di pagi hari untuk menikmati keindahan tersebut.

Kemudian, untuk tiket masuk dari wisata satu ini tentunya berbeda beda. Namun, tak perlu khawatir karena harga tiket masuk yang harus Anda bayarkan sangat murah dan terjangkau. Selain itu, jika Anda tidak membawa kendaraan pribadi saat berada disini, tak perlu khawatir karena pengunjung dapat menyewa motor, menggunakan jasa ojek maupun sewa mobil jeep.

Adapun tarif dari paket Jeep yang ada di Telomoyo ini adalah kisaran 500 ribu hingga 700 ribu rupiah. Lalu, untuk tiket masuk senin hingga jumat, Anda akan dikenakan biaya yakni sekitar 10 ribu rupiah. Sedangkan jika Anda datang di waktu weekend, maka biaya tiket masuk yang harus dibayarkan yakni sekitar 15 ribu rupiah. Sama halnya ketika Anda masuk ke awang awang Telomoyo.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Gunung Telomoyo

Aktivitas di Gunung Telomoyo
Image Credit: Instagram.com @mia_hastya

1. Mencoba Melakukan Paralayang

Jika Anda menyukai kegiatan yang memicu adrenalin, maka paralayang menjadi salah satu kegiatan yang bisa Anda lakukan ketika berada disini. Hal ini dikarenakan Gunung Telomoyo merupakan salah satu spot yang sangat populer untuk melakukan olahraga paralayang. Bahkan beberapa kejuaraan paralayang dan juga gantole kerap kali diadakan di Kawasan gunung ini.

Landasan yang ada di gunung ini memang menjadi salah satu yang tertinggi di Indonesia. Oleh karena itu, apabila Anda beruntung, maka Anda pun bisa melihat orang orang yang sedang melakukan olahraga paralayang di kawasan satu ini melintasi area sekitar gunung.

2. Melihat Indahnya Sunrise

Salah satu hal menarik yang wajib Anda lakukan di tempat satu ini adalah melihat indahnya sunrise. Pasalnya, kegiatan satu ini memang akan membuat siapa saja menjadi betah akan keindahan yang dimilikinya. Bagi Anda yang ingin merasakan nikmatnya momen matahari terbit, sebaiknya datang di saat subuh.

Ketika Anda datang dini hari, pastinya Anda pun akan bisa melihat keindahan matahari yang berangsur angsur mulai menampakkan diri. Tentu saja, hal ini akan menjadi salah satu fenomena alam terbaik yang bisa Anda lakukan di Gunung Telomoyo. Bagi Anda yang berada di lokasi satu ini, sebaiknya tidak melewatkan kesempatan tersebut.

3. Mendaki Dengan Jeep

Jika Anda memang tidak terbiasa melakukan pendakian, maka ketika Anda berkunjung tak perlu khawatir untuk sampai ke lokasi. Pasalnya, Anda bisa melakukan pendakian dengan menggunakan jeep. Bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi dan malas menyetir, maka Anda pun bisa untuk menyewa jeep yang ada bersama dengan rombongan.

Dengan menyewa jeep di tempat penyewaan yang ada di sekitar lokasi satu ini tentu saja akan membuat Anda bisa merasakan pengalaman yang berbeda. Dimana Anda bisa merasakan melakukan pendakian dengan menggunakan jeep. Sepanjang perjalanan, Anda pun juga akan disuguhkan dengan pemandangan alam indah yang memukau.

Image Credit:

4. Hunting Foto

Ketika Anda berwisata, hunting foto adalah salah satu kegiatan yang tidak boleh Anda lewatkan begitu saja. hal ini dikarenakan dalam setiap wisata pastinya memiliki keindahan dan keunikan masing masing. Itulah mengapa mengabadikan momen dalam bingkai kamera menjadi salah satu kegiatan yang bisa Anda lakukan.

Hal ini pula yang wajib Anda lakukan ketika berada di Gunung Telomoyo. Wisata satu ini menghadirkan keindahan tersendiri. Oleh karena itu, Anda pun wajib berfoto. Suasana alamnya yang masih asri dan alami, tentunya akan tampak cantik dalam bingkai kamera Anda.

Selain itu, latar belakang yang ada di wisata ini memang sangat mempesona. Bagaimana tidak, sejauh mata memandang, Anda pun akan disuguhkan dengan gunung gunung megah lain yang berada di sekitarnya. Mulai dari Gunung Prau, Gunung Merbabu dan lainnya. Hal ini akan membuat hasil foto Anda akan nampak apik dan instagramable.

5. Melihat Indahnya Pemandangan Alam

Menjelajah kawasan Gunung Telomoyo ini akan membuat Anda tak henti hentinya terkagum kagum. Bagaimana tidak, saat berjalan jalan kesini, Anda pun akan bisa menikmati panorama indah yang mempesona. Ketika hari sedang cerah, Anda pun akan bisa melihat pegunungan lain yang mengelilingi gunung ini. selain itu, Anda juga akan melewati air terjun alami untuk bersantai dan beristirahat sejenak.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Gunung Telomoyo

Fasilitas di Gunung Telomoyo
Image Credit: Google Maps (Strim X)

Apabila Anda memiliki keinginan untuk datang ke gunung menawan ini, maka Anda pun perlu tahu bahwa fasilitas umum yang tersedia sangatlah terbatas. Hal ini lumrah dan sudah diketahui oleh penikmat destinasi pegunungan. Jika Anda pergi berlibur dan melakukan pendakian ke tempat satu ini, maka sarana dan prasarana yang ada disini hanyalah sebatas infrastruktur jalan.

Kemudian, Anda juga bisa menemukan pos keamanan dan juga tempat untuk menyewakan kendaraan jeep. Anda pun tidak akan menemukan warung ataupun toilet umum apabila berada di tempat satu ini. sehingga, ketika Anda memang ingin melakukan pendakian di tempat satu ini, ada baiknya Anda membawa bekal dari rumah.

Keindahan yang Anda dapatkan di destinasi wisata satu ini memang sangat mempesona. Selain itu, bagi Anda yang ingin melakukan perjalanan untuk menghilangkan stres dan penat, maka Gunung Telomoyo dapat menjadi salah satu destinasi yang pas untuk dijelajahi. Panorama alam yang luar biasa di sekitar gunung ini tentu akan membuat Anda berdecak kagum.

Give a Comment