Kota Jogja dikenal sebagai wilayah yang memiliki kisah sejarah yang cukup istimewa. Kondisi itulah yang membuat Jogja sangat menarik sebagai tempat berlibur. Akan tetapi, saat ini ada destinasi lain yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi di Jogja, yaitu hutan pinus. Berkaitan dengan hal tersebut, yuk simak deretan hutan pinus yang indah dan menyejukkan berikut ini.

1. Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus Mangunan
Photo by Google Maps Sheilla Rahma

Hutan Pinus Mangunan dikenal pula oleh masyarakat sekitar dengan sebutan Hutan Pinus Nganjir. Kawasan tersebebut dulunya sempat menjadi wilayah yang tandus dan gersang. Akan tetapi, saat ini sudah berubah menjadi tempat wisata yang menyenangkan. Pemandangan di sana menjadi asri berkat dilakukannya program reboisasi dengan menggunakan tanaman pinus.

Secara administratif, objek wisata yang satu ini berada di Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, lebih tepatnya di Desa Mangunan. Namun karena akses jalannya menuju arah makam raja Imogiri, masyarakat juga sering menyebut destinasi tersebut dengan nama Hutan Pinus Imogiri. Banyaknya julukan inilah yang pada akhirnya membuat wisatawan sedikit bingung untuk menemukannya.

Salah satu spot yang paling menarik dari lokasi wisata ini adalah panggung pertunjukan yang dikelilingi oleh bangku bangku kayu yang disediakan untuk penonton. Spot ini sangat digemari pengunjung karena menjadi spot foto yang sangat indah. Keberadaan bangku bangku yang masih berbentuk kayu membuat setiap foto yang diambil menjadi unik dan menarik.

Di sana juga ada taman bunga yang penataannya sangat rapi. Anda bisa menggunakan taman tersebut sebagai salah satu tempat selfie yang potensial. Bahkan di lokasi tersebut juga ada penambahan spot istimewa berupa gardu pandang atau rumah pohon. Anda bisa naik ke atasnya dan melihat hamparan pohon pinus yang memukau.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sukorame, Desa Mangunan, Kec. Dlingo, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

2. Hutan Pinus Asri

Hutan Pinus Asri
Photo by Google Maps Fatiha Nursila

Hutan Pinus Asri menjadi objek wisata yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Destinasi yang satu ini sangat hits dan banyak didatangi oleh anak anak milenial. Mereka gemar menghabiskan waktu di sana untuk bersantai saat lelah dengan rutinitas yang selalu dijalani nya. Bukan hanya pohon, di sana juga banyak spot menarik yang bisa anda kunjungi.

Adapun spot tambahan yang dimaksud adalah rumah spongebob, rumah pohon, gardu pandang, patung elang, dan taman bunga. Spot spot itulah yang membuat lokasi ini semakin layak untuk dikunjungi. Anda juga bisa membawa hammock dari rumah dan menggunakannya untuk bersantai di atas pohon. Akses hutan ini juga mudah sehingga anda tidak akan sulit menemukannya.

Keunggulan tempat yang indah ini tidak berhenti sampai disitu. Hutan ini juga dikenal sebagai spot wisata yang ekonomis. Kabarnya, anda tidak perlu membayar biaya untuk masuk ke sana. Hanya saja, anda harus membayar biaya parkit sekitar 3 sampai 10 ribu tergantung dengan jenis kendaraan yang anda gunakan.

Harga Tiket: Rp 2.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Hutan Pinus Nganjir, Mangunan, Kec. Dlingo, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

3. Hutan Pinus Pengger

Hutan Pinus Pengger
Photo by Google Maps Zain _Ar

Hutan Pinus Pengger dikenal sebagai tempat hunting foto paling hits di Kota Jogja. Hamparan pohon pinusnya terlihat indah dan cocok digunakan sebagai background foto. Bahkan beberapa kali, lokasi ini digunakan sebagai spot untuk prewedding. Hal tersebut semakin membuktikan bahwa panorama di tempat ini memanglah estetik dan fotogenik.

Beberapa spot andalan yang membuat lokasi ini semakin menarik adalah jembatan kayu, spot tangan raksasa, sarang burung, dan rumah pohon. Semua lokasi yang telah disebutkan tadi menjadi daya tarik istimewa yang membuat destinasi ini semakin dikenal oleh khalayak ramai. Keberadaan spot tersebut terbukti semakin menggugah minat wisatawan untuk berkunjung.

Jika anda tertarik untuk datang, kemudikanlah kendaraan anda ke Dusun Sendang dari Desa Terong Kabupaten Bantul. Apabila masih sulit untuk menemukannya, anda bisa menggunakan bantuan google map. Lokasi ini sudah sangat terkenal sehingga keberadaannya mudah untuk dideteksi. Bahkan sampai malam hari, lokasi tersebut masih saja ramai pengunjung.

Mungkin banyak orang yang bertanya tanya, mengapa lokasi ini semakin ramai di malam hari. Alasannya karena setiap lampu hias di hutan tersebut sudah dinyalakan. Gemerlap cahaya inilah yang membuat suasananya semakin romantis. Selain itu, kerlap kerlip lampu kota dari ketinggian juga membuat semuanya semakin indah.

Untuk menikmati pengalaman yang telah dijelaskan tadi, anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Harga tiket masuknya hanyalah 2.500 ribu per orang dengan biaya parkir motor dan mobil sekitar 2 sampai 5 ribu rupiah saja. Destinasi ini buka mulai dari pukul 06.30 hingga 23.00. Jam bukanya yang panjang membuat wisatawan bisa menyesuaikan waktu kunjungan dengan mudah.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Dlingo Patuk, Desa Terong, Kec. Dlingo, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

4. Puncak Pinus Becici

Puncak Pinus Becici
Photo by Google Maps fauzan azim

Spot wisata hutan pinus yang selanjutnya adalah Puncak Pinus Becici. Luas area hutan ini mencapai 4,4 hektar. Tidak heran jika kemudian suasananya sangat rindang dan sejuk. Dari lokasi ini, anda bisa melihat fenomena matahari terbenam yang sangat indah dan memukau. Dari spot ini pula, anda bisa melihat megahnya Candi Prambanan dan luasnya Pantai Selatan.

Lokasi yang satu ini semakin tenar saat Mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama melakukan kunjungan. Beliau bersama dengan rombongannya mengunjungi berbagai spot menarik di kawasan tersebut. adapun beberapa tersebut diantaranya adalah gardu pandang, rumah jamur, taman cina, dan rumah marsupilami.

Puncak becici ini berada di kecamatan dlingo, kabupaten bantul. Anda bisa sampai kesana dengan menempuh perjalanan sejauh 30 km dari pusat kota Yogyakarta. Akses jalannya juga mudah dilalui, sehingga anda bisa menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua dengan mudah. Tempat parkirnya juga lumayan luas sehingga bisa menampung banyak kendaraan.

Destinasi hits yang satu ini termasuk salah satu destinasi wisata yang ekonomis. Anda hanya perlu membayar biaya tiket masuk sebesar 2 ribu rupiah. Anda juga bisa menikmati fasilitas sewa hammock dengan membayar biaya sebesar 20 ribu rupiah saja. Meskipun hanya sekedar duduk dan berbaring santai, hammock ini membuat liburan di hutan semakin berkesan.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gunung Cilik, Desa Muntuk, Kec. Dlingo, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

5. Seribu Batu Songgo Langit

Seribu Batu Songgo Langit
Photo by Google Maps Budi Cahja Santoso

Popularitas film The Hobbit memang tidak perlu diragukan lagi. Berbagai destinasi wisata berusaha membuat replikaa rumah hobbit untuk menarik minat pengunjung. Cara ini juga dilakukan oleh pengelola kawasan wisata alam seribu batu songgo langit. Di hutan pinus inilah, anda bisa menemukan replika rumah hobbit yang terlihat indah dan memukau.

Masih di lokasi yang sama, anda bisa menemukan berbagai spot menarik yang cocok digunakan sebagai background foto. Setiap sisi hutan terlihat berbeda sehingga anda tidak akan kehabisan spot selfie. Bukan hanya sekedar berfoto ria, anda juga bisa menguji adrenalin dengan meluncur bebas menggunakan wahana flying fox.

Wahana tersebut sangat populer sehingga sangat sayang untuk dilewatkan. Dari atas sana, anda bisa melihat indahnya desa hobbit dan rumah kurcaci yang dikelilingi oleh pohon pohon pinus yang tinggi menjulang. Jika tertarik untuk melakukannya, anda hanya perlu membayar biaya sebesar 15 ribu rupiah saja. Namun terkait dengan keamanannya, anda tidak perlu khawatir.

Setiap kru yang bertugas di bagian flying fox ini sudah berpengalaman. Peralatan yang digunakan juga sudah memenuhi standar keamanan yang memadai. Meskipun murah, bukan berarti pengelola taman wisata ini akan mengabaikan keselamatan para pengunjung. Oleh karena itu, anda tidak perlu merasa takut dan was was.

Seribu batu songgo langit ini berada di batu Kecamatan Dlingo Kabupaten Bantul, lebih tepatnya di Dusun Sukarame, Desa Mangunan. Lokasi tersebut juga mudah untuk didatangi karena akses jalannya yang cukup baik. Mengejutkannya, wisata ini tidak menerapkan biaya tiket masuk sehingga anda hanya perlu membayar parkir saja.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Hutan Pinus Nganjir, Sukorame, Mangunan, Kec. Dlingo, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

6. Hutan Pinus Kalilo

Hutan Pinus Kalilo
Photo by Google Maps Erik Setiawan

Hutan Pinus Kalilo terletak di Tlogoguwo, kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Meskipun tidak masuk di dalam kawasan administratif Yogyakarta, namun wilayah ini masih berbatasan langsung dengan Kulon Progo. Alasan inilah yang membuat wisatawan yang datang ke Jogja sering mengunjunginya.

Objek wisata yang satu ini, memiliki keindahan yang tidak kalah indah dibandingkan dengan deretan hutan pinus yang telah disebutkan sebelumnya. Meskipun termasuk kawasan wisata hutan yang baru, destinasi ini sudah cukup populer di kalangan traveler. Mereka sangat penasaran dengan lokasi ini dan ingin segera mengunjunginya.

Pohon pinus yang tinggi menjulang akan langsung menyambut anda seketika setelah turun dari kendaraan. Udaranya juga sejuk dan rindang sehingga anda tidak akan kepanasan. Kanopi yang dibentuk dari dahan dahan pinus membuat teriknya matahari tidak langsung masuk menyentuh tanah. Kondisi inilah yang diburu oleh wisatawan, terlebih oleh mereka yang tinggal di perkotaan.

Dari berbagai informasi yang berhasil dihimpun, tidak ada biaya tiket yang harus dibayar oleh pengunjung untuk masuk ke dalam sana. Akan tetapi, pengelola hutan memberlakukan sistem sumbangan sukarela, yang artinya pengunjung bisa memberikan uang seikhlasnya sebelum masuk ke hutan yang satu ini.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kalilo, Desa Tlogoguwo, Kec. Kaligesing, Kab. Purworejo, Jawa Tengah.

Demikianlah sedikit informasi tentang beberapa destinasi hutan pinus yang indah di Jogja. Melalui informasi ini, diharapkan anda bisa menemukan lokasi wisata baru saat hendak berkunjung ke Jogja. Namun karena pandemi yang belum reda, coba sesuaikan waktu kunjungan anda dengan ketentuan pemerintah terkait dengan pembatasan jumlah pengunjung.

Give a Comment