Hutan Pinus Kragilan, Menikmati Panorama Alam yang Memukau di Magelang

Hutan Pinus Kragilan, Menikmati Panorama Alam yang Memukau di Magelang
Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Top Selfie Pinusan, Area Kebun/Hutan, Desa. Pogalan, Kec. Pakis, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

Apakah Anda merasa stress atau bosan, dan ingin refreshing tetapi tidak tahu ke mana? Anda bisa mengunjungi beberapa tempat wisata yang tersedia, misalnya di Jawa Tengah. Jawa Tengah merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang terkenal akan kesuburannya serta tempat wisata baik alamiah maupun buatan. Misalnya saja Magelang.

Jika Anda tinggal di sekitar Magelang, Anda dapat mengunjungi Hutan Pinus Kragilan, satu di antara sekian wisata alamiah yang unik dan sarat akan hijau-hijau serta berbagai spot foto menarik. Seperti apakah tempat wisata tersebut? Nah, jika Anda penasaran, berikut ini informasi selengkapnya mengenai daya tarik hutan pinus.

Daya Tarik Wisata Hutan Pinus Kragilan

Wisata Alam Hutan Pinus Kragilan Yang Sejuk Dan Menawan Di Magelang
Photo by Google Maps Septy Nur Wulandari

Sebagai salah satu tempat wisata yang berlokasi di Magelang, Hutan Pinus ini menyediakan berbagai daya tarik tersendiri yang dijamin dapat menarik perhatian Anda untuk mengunjungi kawasan wisata hutan, meski masih tergolong baru karena baru diresmikan sekitar tahun 2015 silam. Adapun daya tarik dari hutan tersebut adalah sebagai berikut.

1. Hutan Pinus yang Rimbun nan Tinggi

Setelah melewati pintu masuk kawasan wisata Hutan Pinus Kragilan, begitu masuk, Anda akan menyusuri jalan setapak, dan Anda akan disambut dengan rimbunan pepohonan pinus yang berderet menjulang tinggi menghiasi sisi kiri dan sisi kanan jalan. Rasanya seperti berada di suatu wilayah negara lain seperti di Australia.

Sedikit informasi tambahan, kawasan wisata yang indah ini baru saja diresmikan sekitar 6 tahun yang lalu (Mei 2015), di mana beberapa masyarakat sadar wisata mengunjungi kawasan tersebut dan mengetahui bahwa kawasan yang mereka kunjungi ini sangat berpotensi dijadikan tempat wisata. Sehingga mereka langsung meminta izin kepada pihak Perhutani agar kawasan hutan pinus yang ada di Pogalang ini dimanfaatkan sebagai tempat wisata, dan izinnya pun langsung diterima, sehingga masyarakat setempat berlomba-lomba menghiasi tempat tersebut hingga dijadikan tempat wisata yang ramai dikunjungi hingga saat ini.

2. Keindahan di Sekitar Pohon Pinus

Di sekitar kawasan Hutan Pinus Kragilan, Anda juga akan disuguhi panorama indah di sekitarnya yang bernuansa hijau nan alami dan masih begitu asri. Didukung dengan udara yang segar, sejuk, dan bebas polusi sehingga dapat dihirup dengan aman dan nyaman, kawasan wisata hutan tersebut menjadi favoritnya para wisatawan yang berkunjung ke Magelang. Selain itu, terdapat pula jalan setapak di antara barisan pohon pinus, di mana dapat dijadikan sebagai latar belakang foto pre-wedding yang cukup magis ketika kabut turun ke tempat tersebut.

3. Ikonnya Lereng Gunung Merbabu

Menyambung dari poin sebelumnya, kawasan wisata cantik ini juga terletak di kawasan lereng Gunung Merbabu. Maka dari itu, selain menikmati pemandangan sederet pepohonan yang indah, Anda juga akan mendapatkan bonus pemandangan alam yang indah serta suasana yang nyaman sekaligus menyaksikan indahnya Gunung Merapi dan Gunung Merbabu, terlebih lagi ketika Anda melanjutkan perjalanan menuju Ketep Pass di puncak bukit Sawangan. Selain itu, udara yang dingin di kawasan tersebut dikarenakan Anda berada di kawasan sekitar pegunungan.

4. Sungai Selo Tumpang

Bagi Anda yang merasa kurang puas setelah menjelajahi Hutan Pinus Kragilan, Anda dapat mengunjungi sungai Selo Tumpang yang berlokasi tidak jauh dari kawasan hutan tersebut. Anda dapat melihat indahnya sungai dengan suara gemericik air mengalir di sela-sela bebatuan serta indahnya pemandangan di sekelilingnya yang dihiasi rimbunan pepohonan hijau. Namun, Anda tidak disarankan untuk mengunjunginya ketika memasuki musim kemarau, karena pada saat itu air yang tersedia sangat sedikit alias kering sungainya.

Wisata Alam Hutan Pinus Kragilan Yang Menarik Di Magelang
Photo by Google Maps Rizki Ayu amelia

5. Spot Foto Kreatif nan Menakjubkan

Nah, karena berada di kawasan top selfie Pinusan, maka sudah bisa dipastikan bahwa Hutan Pinus Kragilan menyajikan view yang sangat mengagumkan dilengkapi berbagai spot foto yang didesain sedemikian rupa untuk mendukung aktivitas berfoto ria para pengunjungnya. Beberapa spot foto yang dapat Anda nikmati yaitu sebagai berikut:

Ayunan Gunung (mountain swing), di mana dari sini Anda dihadapkan secara langsung dengan pemandangan alam hutan pinus dengan duduk di atas ayunan. Cocok bagi Anda sebagai penyuka tantangan pemacu adrenalin. Terdapat dua jenis ayunan, yakni ayunan polos dan ayunan plus tambahan efek seperti sayap burung di punggung.

Gardu Pandang, sebuah papan berbentuk bundar, love, dan sebagainya. Gardu pandang favorit pengunjung saat ini adalah yang berbentuk cinta/love yang mana sudah dipastikan akan meninggalkan kesan romantis terkhusus bagi Anda yang mengunjungi kawasan wisata bersama pasangan.

Jalan Setapak di antara barisan pohon pinus, spot selfie terbaik di kawasan hutan pinus, di mana cahaya yang menerobos daun dan pohon pinus menjadi daya tarik tersendiri, apalagi ketika kabut sedang turun yang akan menciptakan suasana magis di dalam foto.

Pohon Pinus, di mana Anda dapat menaiki tangga yang disediakan di pintu masuk kawasan wisata, lalu berfoto dengan latar pepohonan pinus. Rasanya akan menarik karena Anda juga dapat menyaksikan keindahan pohon pinus dari atas.

Negeri Awan, di mana spot foto ini dibangun dengan sebuah papan beserta serpihan kain berwarna putih yang mana seolah-olah memberikan efek salju dan awan. Apalagi jika ditambah dengan latar belakang hutan pinus dari ketinggian serta boneka dan sebagainya untuk memberikan kesan dreamy di dalam foto.

Wisata Alam Hutan Pinus Kragilan Yang Instagramable Dan Lagi Hits Di Magelang
Photo by Google Maps Nelli Tou

Sarang Tawon dan Rumah Lebah, iya, sesuai namanya spot foto ini dibentuk menyerupai rumah lebah. Di bagian tengahnya dibuat berlubang sebagai tempat duduk berpose ria dengan baik.

Sepeda Gantung, di mana di sini Anda seolah-olah bisa menaiki sepeda yang berjalan di atas seutas tali melintang. Anda tidak perlu khawatir akan keselamatan dan keamanan ketika menaiki wahana tersebut karena telah disediakan alat pengaman diri yang dapat memberikan kesan aman bagi Anda.

Rumah Pohon, spot berbentuk rumah kecil kayu yang dibangun di atas pohon besar, dan di bagian bawahnya merupakan suatu hamparan pemandangan perbukitan dan lereng.

Taman Bunga Matahari, suatu taman luas penuh bunga matahari. Namun Anda direkomendasikan untuk mengunjungi taman saat pagi dan sore hari karena pada itulah waktu terbaik bunga untuk mekar, sehingga dapat menambah keindahan di foto yang akan Anda ambil nantinya.

Hammock warna-warni di antara pohon-pohon pinus, di mana Anda dapat menaikinya dan kemudian rebahan sembari menikmati pemandangan alam sekitar hutan pinus yang indah, serta juga dapat menghasilkan hasil foto menarik dengan berbagai pose.

Meja dan Kursi yang menggantung, di mana di sini Anda seakan-akan sedang duduk di atas ketinggian. Anda juga dapat berfoto di sana sembari melakukan aktivitas mandiri seperti bermain atau hanya bercanda ria dengan teman-teman atau keluarga.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Lokasi Wisata Alam Hutan Pinus Kragilan Magelang
Photo by Google Maps Nature Lover

Hutan Pinus Kragilan, salah satu wisata hutan di Magelang, berlokasi di Jalan Top Selfie Pinusan, Area Hutan/Kebun, Desa Pogalang, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah 56193, tepatnya di sekitar lereng barat Gunung Merbabu, ikonnya kota Magelang. Anda bisa pergi ke kawasan wisata tersebut dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun dengan ojek, dengan kondisi jalan yang awalnya baik dan mulus, namun pada akhirnya harus melewati medan yang cukup berliku-liku dengan beberapa tanjakan.

Jika Anda berangkat dari pusat kota Magelang dengan jarak tempuh sekitar 23 km dan memakan waktu hanya sekitar 40 menit perjalanan, Anda dapat mengarahkan kendaraan Anda melalui rute berikut (terutama dari alun-alun Magelang): Jalan Pemuda – Jalan Sriwijaya – Jalan Telaga Warna – Jalan Magelang-Kopeng – Jalan Magelang-Salatiga-Boyolali – Jalan Ketep Kopeng Pass. Namun, jika Anda ingin memahami rute perjalanan secara maksimal, silakan manfaatkan aplikasi maps di gadget Anda.

Harga Tiket Masuk Hutan Pinus Kragilan

Tiket Masuk Di Wisata Alam Hutan Pinus Kragilan Magelang
Photo by Google Maps Kakfa refandra Kaka

Untuk memasuki kawasan wisata Hutan Pinus Kragilan, Anda cukup merogoh kocek setipis mungkin saja, yaitu sekitar 10 ribu rupiah (Senin-Jumat) atau 15 ribu rupiah (Sabtu, Minggu, dan hari libur), ditambah 3 ribu rupiah jika Anda membawa kendaraan beroda dua atau 10 ribu rupiah untuk parkir kendaraan mobil, serta 5 ribu rupiah per spot foto terkhusus bagi Anda peminat fotografi.

Selain itu, kawasan hutan tersebut bisa dikunjungi mulai dari pukul 07.00 hingga 18.00 WIB setiap harinya. Nah, mumpung kawasan wisata ini sudah dibuka untuk umum, tunggu apa lagi?

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Menarik Di Wisata Alam Hutan Pinus Kragilan Magelang
Photo by Google Maps Wanto Arkanan

1. Menikmati Sensasi Keindahan Hutan Pinus

Hutan Pinus Kragilan memiliki ciri khas dan daya tarik tersendiri karena alamnya yang masih asri, sehingga sensasi yang dirasakan cukup berbeda dan tidak kalah menariknya dari Hutan Pinus Mangunan yang dapat dikunjungi di Bantul, DI Yogyakarta. Begitu Anda memasuki kawasan wisata tersebut, Anda akan disambut dengan rimbunan pepohonan pinus yang berderet menjulang tinggi menghiasi sisi kiri dan sisi kanan jalan setapak. Rasanya seperti berada di suatu wilayah negara lain, begitu.

2. Berfoto Ria

Aktivitas tersebut merupakan aktivitas utama yang mesti dilakukan oleh para pengunjung termasuk Anda, karena banyaknya spot foto instagrammable di Hutan Pinus Kragilan dengan daya tarik tersendiri sebagai bukti dari adanya kreativitas yang diciptakan pengelola wisata (dari masyarakat setempat itu sendiri). Bagi Anda yang kurang puas dengan hasil jepretan Anda sendiri, Anda bisa memanfaatkan jasa fotografer andal, tentunya dengan harga yang terjangkau.

Aktivitas Menarik Lainnya Di Wisata Alam Hutan Pinus Kragilan Magelang
Photo by Google Maps naelis nachua

3. Bersantai dan Berfoto di Hammock

Apakah Anda pernah mendengar istilah hammock? Itu lho, semacam tempat tidur yang digantungkan di sekitar pohon, dalam hal ini di antara pepohonan pinus, dengan aneka warna yang disesuaikan dengan selera Anda. Anda dapat melakukan rebahan di sana sembari menikmati udara bebas polusi nan sejuk dan keindahan pohon pinus sembari berfoto ria dengan berbagai pose.

4. Mengunjungi Tempat Wisata di Sekitarnya

Apakah Anda merasa kuang puas setelah mengunjungi Hutan Pinus Kragilan? Wah, jangan khawatir, karena masih terdapat beberapa tempat wisata di sekitar kawasan instagrammable tersebut yang bisa Anda kunjungi, misalnya di Taman Wisata Kopeng (kawasan wisata hijau lainnya sebagai primadona lereng Gunung Merbabu), Wisata Alam Grenden (kawasan wisata yang dilewati sebagai jalan alternatif pendakian menuju Gunung Merbabu), Hutan Pinus Mangli (kawasan hutan lainnya yang bisa dijadikan tempat perkemahan), dan Curug Krenjengan Kembar (kawasan air terjun alamiah yang masih tersembunyi padahal potensial).

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Hutan Pinus

Fasilitas Di Wisata Alam Hutan Pinus Kragilan Magelang
Photo by Google Maps dundung riyanto

1. Warung Makan

Bagi Anda yang tidak sempat membawa bekal perjalanan hingga ke tempat wisata, jangan khawatir, karena terdapat beberapa restoran atau rumah makan yang disediakan di sekitar kawasan hutan tersebut, misalnya Warung Ayam Kosek Panjiwo dengan aneka masakan olahan ayam, Warung Pinggiran Ketep Pass, Warung Legok Sari, dan sebagainya. Pokoknya semua makanan yang disediakan sangat top dan juara, deh.

2. Mushola dan Toilet Umum

Kedua fasilitas tersebut sering sekali dijumpai di berbagai tempat wisata, termasuk pula di Hutan Pinus Kragilan. Anda dapat memanfaatkan toilet umum jika ingin melakukan aktivitas buang air tanpa harus repot-repot mencari tempat lainnya, serta dapat memanfaatkan mushola sebagai tempat beribadah jika Anda beragama Islam.

3. Spot Foto

Sebenarnya, jika Anda menelusuri lebih jauh tentang kawasan wisata indah nan menarik tersebut, terdapat beberapa spot foto yang dapat dimanfaatkan, misalnya hutan pinus beserta jalan setapaknya, sarang burung, patung kingkong, mountain swing atau ayunan langit, sepeda langit, bunga, dan sebagainya. Jadi, siapkah Anda untuk berfoto di semua spot tersebut sebagai stok foto profil Anda?

4. Area Parkir

Jika Anda mendatangi kawasan wisata dengan menggunakan kendaraan pribadi, Anda perlu memarkirkannya sebelum dapat menikmati segala keindahan dan keunikan yang ada di sana. Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena kawasan wisata hijau eksotis ini juga menyediakan lahan parkir yang terbilang cukup luas sehingga dapat menampung puluhan kendaraan bermotor.

Sedikit keterangan tambahan, biasanya mungkin Anda akan merasa kurang puas ketika harus mengelilingi segala kawasan wisata hanya dalam satu hari. Oleh karena itu, Anda mungkin dapat memutuskan untuk bermalam dengan alat kemah atau mencari penginapan. Namun, kawasan hutan pinus tersebut tidak menyediakan fasilitas penginapan karena lokasinya yang memang berada di tengah hutan. Selain itu, camping pun tidak diperbolehkan karena alasan keamanan.

Demikianlah beberapa hal menarik terkait Hutan Pinus Kragilan. Suatu kawasan wisata hutan yang sarat pemandangan hijau dan berbagai daya tarik unik yang disediakan dapat membuat liburan Anda nantinya menjadi lebih berkesan. Jadi, apakah anda tertarik untuk menghabiskan liburan di hutan pinus eksotis ini?