Hutan Pinus Pengger, Destinasi Wisata Alam Hits & Kekinian di Bantul

Hutan Pinus Pengger, Destinasi Wisata Alam Hits & Kekinian di Bantul
Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Dlingo Patuk, Sendangsari, Terong, Kec. Dlingo, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan salah satu provinsi yang berada di pesisir selatan Pulau Jawa, Indonesia. Provinsi yang masih memegang teguh sistem pemerintahan Keraton ini memiliki kontur wilayah yang beragam. Kendati wilayahnya relatif kecil ketimbang provinsi lain, keragaman kontur tersebut membuat Yogyakarta memiliki ragam obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi, salah satunya Hutan Pinus Pengger.

Obyek wisata alam yang indah ini menjadi primadona wisata hutan pinus yang populer di Yogyakarta selain Hutan Pinus Mangunan. Pada awalnya, tempat ini cenderung sepi karena dianggap tidak menarik oleh sebagian orang. Namun, berbagai pengembangan pun dilakukan sehingga Hutan Pinus Pengger menjadi tempat yang sayang untuk dilewatkan ketika anda berkunjung ke Yogyakarta. Untuk itu, berikut beberapa informasi yang dapat disampaikan seputar tempat wisata alam yang hits ini.

Daya Tarik Hutan Pinus Pengger

Daya Tarik Hutan Pinus Pengger Bantul
Photo by Google Maps febiola savitri

Hutan Pinus ini terletak di daerah perbukitan yang masih terjaga keasriannya. Letak tersebut membuat udara tempat wisata yang ikonik ini menjadi sejuk dan nyaman. Desiran angin yang ada tentu dapat membantu anda untuk menenangkan diri dari hiruk-pikuk rutinitas yang Anda jalani sehari-hari.

Kumpulan pohon pinus yang tumbuh dengan subur membuat suasana pun menjadi teduh walaupun matahari bersinar dengan terik. Hal tersebut juga membuat kesegaran udara dari Hutan Pinus Pengger pun semakin bertambah. Tidak hanya itu, kumpulan pohon tersebut juga menjadi salah satu spot foto yang bisa anda pilih dalam berwisata ke tempat wisata yang indah ini.

Jika ingin mengunjungi tempat wisata yang indah, maka banyak orang yang berpikir bahwa hal tersebut akan memakan biaya yang banyak. Namun, wisata Hutan Pengger menawarkan segala keindahannya dengan harga yang sangat terjangkau. Hal ini membuat anda tidak perlu lagi bingung untuk memikirkan soal biaya yang harus anda keluarkan.

Untuk mengunjungi tempat ini, anda harus melakukan perjalanan yang sedikit menanjak mengingat letaknya yang berada di tempat tinggi. Maka dari itu, Hutan Pinus Pengger dapat menjadi jawaban bagi anda yang ingin berolahraga sembari berekreasi dengan biaya yang minim dan menyenangkan sekaligus menenangkan.

Tempat wisata yang asri ini memiliki banyak spot foto yang menarik untuk anda coba. TIdak hanya dengan pemandangan pohon saja, tetapi anda juga dapat mengambil potret dengan latar belakang lain yang pastinya antimainstream dan mengesankan.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Alamat Hutan Pinus Pengger Bantul
Photo by Google Maps Zain _Ar

Hutan Pinus Pengger terletak di bagian timur Bantul, tepatnya di Jalan Dlingo-Patuk, Pantirejo, Desa Terong, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta 55783. Lokasi ini bertetangga dengan Puncak Pinus Becici dan Bukit Bintang. Terdapat beberapa rute yang dapat anda pilih untuk mencapai lokasi wisata yang asri ini. Anda dapat menggunakan fitur peta daring yang ada di telepon pintar, tetapi berikut merupakan gambaran yang dapat disampaikan mengenai rute menuju hutan pinus hits di Yogyakarta.

Apabila Keraton Yogyakarta menjadi titik awal keberangkatan anda, kurang lebih jarak yang perlu anda tempuh adalah 21 kilometer. Anda dapat mengarahkan kendaraan anda ke Jalan Alun-Alun – Jalan Musikanan – Jalan Kemitbumen – Jalan Panembahan Mangkurat – Jalan Mantrigawen Lor – Jalan Brigjen Katamso – Jalan Kolonel Sugiyono – Jalan Lowanu – Jalan Nasional III – Jalan Imogiri Timur – Jalan Monumen Perjuangan.

Setelah itu, anda dapat berbelok ke arah Jalan Pleret dan menempuh jarak sekitar 10 kilometer sebelum berbelok ke Jalan Dlingo – Platuk. Sekitar 2 kilometer kemudian, anda akan menemukan jalan masuk menuju Hutan Pinus Pengger ini.

Jika anda memilih Stasiun Lempuyangan sebagai titik awal anda, anda dapat berjalan kaki ke Halte Trans Jogja Jalan Hayam Wuruk yang kemudian dilanjutkan dengan menaiki Trans Jogja Line 4B yang mengarah ke Halte Terminal Giwangan. Setelah itu, anda dapat menaiki bis dengan jurusan Yogya – Wonosari dan turun di perempatan Dlingo – Patuk, lalu selanjutnya anda dapat menggunakan ojek menuju lokasi hutan pinus.

Rute yang perlu anda tempuh jika titik awal anda adalah Stasiun Tugu pun tidak jauh berbeda dengan titk awal Stasiun Lempuyangan. Yang menjadi perbedaan adalah anda harus menaiki Trans Jogja Line 3A dari Halte Trans Jogja Stasiun Tugu menuju Halte Terminal Giwangan, selebihnya rute yang perlu anda tempuh sama seperti rute sebelumnya.

Harga Tiket dan Jam Operasional

Tiket Hutan Pinus Pengger Bantul
Photo by Google Maps Noviya chanel

Hutan Pinus Pengger dibuka setiap hari dari pukul 08.00 – 21.00 WIB. Untuk berkunjung ke tempat ini, anda perlu mengeluarkan biaya masuk sebesar Rp 5.000 per orangnya. Anda juga harus mengeluarkan sejumlah uang ketika ingin menikmati ragam aktivitas yang ditawarkan, diantaranya sebagai berikut:

  • Jelajah Alam: Rp 10.000
  • Hammock: Rp 10.000
  • Sepeda Hutan: Rp 10.000
  • Flying Fox: Rp 15.000
  • Panjat Tebing: Rp 15.000
  • Camping Ground: Rp 15.000 per orang dan per harinya
  • Berfoto di Spot Kayu: Rp 2.000

Jika menggunakan kendaraan pribadi, anda juga perlu menyiapkan biaya untuk retribusi parkir yang berkisar dari Rp 2.000 – Rp 15.000, tergantung kendaraan yang digunakan.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Hutan Pinus Pengger Bantul
Photo by Twitter Airy Indonesia

1. Menikmati Pemandangan

Posisi Hutan Pinus Pengger yang berada di dataran tinggi membuat tempat wisata yang hits ini menyajikan pemandangan yang tidak biasa. Di siang hari, anda dapat menikmati keindahan kota dan hijaunya pepohonan ditemani indahnya langit yang biru. Pada sore menjelang malam, anda dapat menikmati matahari terbenam yang memperlihatkan langitnya yang jingga. Pemandangan di malam hari pun tidak kalah indahnya, anda dapat menikmati cahaya kota dan langit yang penuh dengan bintang yang dapat memukau mata anda.

2. Berpiknik

Jika anda ingin berpiknik ditemani indahnya pemandangan dan sejuknya udara, tempat ini menjadi tempat yang cocok untuk melakukan hal tersebut. Tingginya pepohonan pun menambah keteduhan sehingga anda dapat menikmati sajian makanan anda dengan lebih nyaman. Apabila anda tidak sempat menyiapkan makan, terdapat banyak penjual yang menawarkan beragam kuliner yang dapat anda beli dan rasakan.

3. Bersantai di Hammock

Salah satu aktivitas yang ada di Hutan Pinus Pengger ini memungkinkan anda untuk bersantai di atas hammock yang tergantung diantara pepohonan yang ada. Di sini anda dapat rebahan sembari menikmari semilir angin yang sejuk sambil bercakap dengan teman atau keluarga anda. Tempat ini juga dapat menjadi salah satu spot yang layak untuk masuk ke daftar spot foto anda.

4. Camping

Pihak pengelola obyek wisata hutan pinus memperbolehkan pengunjung untuk melakukan camping di tempat ini. Dengan mengeluarkan biaya yang murah, anda dapat merasakan sensasi tidur diantara taburan bintang dan panorama yang indah.

5. Bermain di Area Outbound

Di tempat ini, terdapat berbagai permaninan yang menyenangkan untuk dilakukan, contohnya sepeda hutan dan flying fox. Harga yang ditawarkan pun cukup murah dan sesuai dengan keseruan yang diberikan oleh permainan tersebut.

Aktivitas Seru Hutan Pinus Pengger Bantul
Photo by Twitter Jogja Istimewa

6. Melakukan aktivitas panjat tebing

Aktivitas ini cocok bagi anda yang ingin melakukan olahraga yang tidak biasa. Disini anda akan diberikan peralatan yang memadai sehingga keamanan anda pun terjaga. Untuk mecobanya, anda harus mengeluarkan biaya sebesar 15 ribu Rupiah per orangnya.

7. Hunting Foto

Hal yang seakan menjadi hal wajib dilakukan saat berwisata adalah berfoto, bahkan banyak diantaranya yang memilih tempat ini sebagai latar belakang foto pre-wedding. Di tempat wisata yang indah ini, terdapat beragam spot yang membuat anda memiliki banyak pilihan untuk mengambil jepretan foto, diantaranya:

  • Tangan Pancawara – Tangan raksasa yang terbuka yang terbuat dari anyaman kayu kering. Untuk berpotret di spot ini, anda dapat mengeluarkan biaya sebesar Rp 2.000 saja
  • Lubang Raksasa – Spot foto ini menjadi salah satu spot andalan lain untuk mengambil foto dengan konsep yang unik. Spot ini berbentuk segitiga seperti rumah suku Indian dengan lubang di bagian tengahnya dan terbuat dari kayu kering yang dirancang sedemikian rupa.
  • Jempol Raksasa – Di spot foto ini, anda dapat mengambil potretan seakan sedang digenggam oleh tangan raksasa yang mengacungkan jempolnya. Tidak jauh dari spot lainnya, Jempol Raksasa ini terbuat dari anyaman kayu keting yang dibuat dengan detail dan kuat
  • Rumah Pohon – Rumah Pohon yang ada di Hutan Pinus Pengger ini dapat anda naiki kendati ukurannya yang tidak terlalu besar. Rumah pohon yang berjumlah dua ini saling menyambung seakan membentuk gapura yang melengkung. Spot foto ini pun terbuat dari bahan yang sama, yakni dari rangkaian kayu kering yang dibuat sedemikian rupa untuk menjaga kekuatannya
  • Jembatan Kayu – Spot foto ini tidak dibangun untuk akses menyeberangi sungai seperti jembatan pada umumnya, tetapi jembatan ini menghubungkan dua pohon pinus yang jaraknya cukup berjauhan. Jembatan ini terbuat dari kayu yang terjamin kualitasnya sehingga kemanan pengunjung pun dapat terjamin.
  • Lorong Kayu – Tempat ini menjadi salah satu spot yang tidak kalah unik. Terdapat sebuah rangkaian kayu yang cukup besar dan berbentuk seperti lorong yang tidak terlalu panjang. Anda dapat mengambil foto di pintu lorong tersebut atau bahkan bisa juga untuk berpotret di bagian dalam lorong tersebut.

Fasilitas di Hutan Pinus Pengger

Fasilitas Hutan Pinus Pengger Bantul
Photo by Google Maps Zain _Ar

Di tempat wisata yang indah ini, terdapat banyak fasilitas yang dibangun untuk menunjang kegiatan pengunjung yang sedang berekreasi. Adanya area parkir yang cukup, kamar mandi yang bersih, dan mushola yang nyaman membuat anda tidak perlu lagi risau ketika sedang berwisata ke wisata alam hits ini.

Selain itu, adanya jalur trekking yang disediakan pengelola membuat perjalanan yang akan anda lakukan tidak lagi sulit dan melelahkan. Terdapat beragam penginapan dan hotel yang dapat anda sewa di sekitar kawasan hutan pinus.

Jika anda ingin berfoto dengan kamera yang profesional, anda dapat menggunakan jasa fotografer yang ada di area wisata tersebut dengan membayarkan biaya yang sangat terjangkau.

Demikian sedikit informasi mengenai obyek wisata Hutan Pinus Pengger di Bantul. Untuk mengunjungi tempat ini, pastikan kondisi anda dalam keadaan yang fit supaya kegiatan rekreasi pun dapat terlaksana dengan lebih menyenangkan. Jangan lupa untuk senantiasa menjaga kebersihan dan ketertiban bersama supaya kenyamanan pengunjung lain pun tidak terganggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published