Jogja Bay Waterpark, Taman Wisata Air Favorit yang Dilengkapi Wahana Permainan

Jogja Bay Waterpark, Taman Wisata Air Favorit yang Dilengkapi Wahana Permainan
Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Utara Stadion, Jenengan, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

Bagi Anda berencana untuk menghabiskan waktu liburan di Yogyakarta, terdapat salah satu spot wisata popular yang tidak boleh dilewatkan, yakni Jogja Bay Waterpark yang terletak di Sleman. Sesuai dengan namanya, spot wisata menarik ini memang menyediakan ragam wahana permainan air yang seru dan menyenangkan. Untuk itu, berikut telah kami sajikan ulasan lengkap mengenai waterpark hits ini.

Ragam Wahana Jogja Bay Waterpark

Wahana Jogja Bay Waterpark
Photo by Google Maps R. Agung

Sebenarnya, ada banyak sekali daya tarik di Jogja Bay Waterpark yang menjadikannya sebagai salah satu destinasi wisata popular di Yogyakarta. Waterpark ini merupakan salah satu wahana waterboom terbesar di Asia Tenggara yang terletak di Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Wahana waterboom yang satu ini sangatlah luas serta menghadirkan ragam wahana permainan air yang menarik dan variatif, sehingga banyak sekali wisatawan lokal maupun mancanegara yang tertarik untuk mengunjungi.

Di waterpark hits ini, pengunjung bebas memilih wahana air mana yang akan dicoba, karena masing-masing wahana air ini menawarkan sensasi dan keunggulan yang berbeda-beda pula. Berikut beberapa wahana yang seru dan menyenangkan.

1. Memo Racer

Wahana air pertama yang terdapat di Jogja Bay Waterpark adalah Memo Racer. Sesuai dengan namanya, di wahana ini pengunjung dapat berlomba (race) sambil menguji kecepatan ketika meluncur di lintasan seluncur ini. Di wahana Memo Racer, terdapat 8 buah lintasan seluncur yakni 2 yang berwarna merah, 2 yang berwarna biru, 2 yang berwarna kuning, dan 2 lagi yang berwarna hijau.

2. Bekti Adventures

Wahana lain yang tak kalah menarik adalah Bekti Adventures. Wahana yang satu ini dinamakan berdasarkan tokoh pemimpin pasukan keraton yang cukup terkenal, yakni Bekti. Di wahana satu ini, pengunjung dapat merasakan sensasi meluncur melintasi slider (lintasan seluncur) yang meliuk dan berputar yang dapat dinaiki hingga 4 orang per giliran.

3. Volcano Coaster

Sekilas, wahana yang satu ini sangat mirip dengan wahana Bekti Adventure karena lintasan seluncurnya yang juga meliuk dan berputar. Hal yang cukup membedakan adalah tampilan dari lintasan seluncur Volcano Coaster yang berwarna merah, putih, dan hitam, yang dirancang sedemikian rupa sehingga menyerupai ular yang meliuk-liuk. Selain itu, wahana yang satu ini bermuara di wahana sungai buatan Jogja Bay.

4. Timo Timo Rider

Timo Timo Rider merupakan wahana lintasan seluncur lain dengan warna yang cukup menarik yakni hijau toska. Wahana seluncuran yang satu ini memang tidak terlalu panjang, namun terdapat 3 putaran pada lintasan seluncuran ini. Oleh karena itu, pengunjung dapat merasakan sensasi layaknya terombang-ambing di laut lepas ketika melintasi putaran demi putaran di seluncuran ini.

5. Jolie Raft River

Jolie Raft River merupakan sebuah wahana lintasan seluncur yang letaknya bersebelahan dengan Timo Timo Rider. Wahana Jolie Raft River ini memiliki ukuran yang cukup panjang serta arus ombak yang lembut. Banyak sekali pengunjung yang tertarik untuk mencoba wahana satu ini karena arusnya yang cukup lembut, namun tetap memacu adrenalin karena bentuk dan panjang lintasannya.

Wahana Di Jogja Bay Waterpark
Photo by Google Maps M. Ibnu Akbar Nuryadi

6. Brando Boomeranggo

Wahana Brando Boomeranggo ini memang cukup unik dan merupakan salah satu daya tarik utama di Jogja Bay Waterpark. Pertama-tama, pengunjung akan melintasi seluncuran yang tinggi dan panjang dengan arus yang cukup besar sehingga pengunjung dapat merasakan sensasi meluncur dengan kecepatan tinggi. Ketika sampai di akhir lintasan, pengunjung akan meluncur di wahana seluncuran lain yang cukup lebar, karenanya pengunjung seolah-olah terpental bagai boomerang.

Setelah meluncur di wahana seluncuran boomerang, arus air ini akan bermuara di aliran sungai sekitarannya. Wahana yang satu ini memang sangat seru dan menantang, sehingga cocok bagi para pecinta tantangan. Pengunjung juga sudah tidak perlu khawatir karena lintasan satu ini telah dirancang sedemikian rupa sehingga memiliki standar keamanan yang tinggi.

7. Ziggy Giant Barrel

Wahana Ziggy Giant Barrel ini terdiri dari beberapa wahana perosotan pendek yang bermuara di kolam dengan air yang cukup dangkal, sehingga dapat juga dimainkan oleh anak-anak dengan tinggi tertentu. Wahana yang satu ini juga memiliki tema bajak laut, sehingga terdapat wahana permainan lain seperti jembatan jaring, dan seluncuran layaknya playground di atas air. Tak hanya itu saja, di atas wahana ini terdapat giant barrel (barel air yang besar) yang siap mengguyur pengunjung di area ini dalam jangka waktu tertentu.

8. Mimi Family

Wahana permainan air Mimi Family ini menyediakan beragam fasilitas seluncur air dengan ketinggian yang sedang serta arus yang tenang, sehingga sangat cocok untuk dimainkan bersama seluruh anggota keluarga. Di area Mimi Family ini, terdapat 3 jenis wahana seluncur, yakni 2 buah seluncur yang berkelok, serta sebuah wahana seluncur lurus yang cukup lebar. Ketiga wahana seluncur ini akan bermuara di satu kolam yang sama, dan kolam ini memiliki ketinggian yang rendah sehingga cukup aman bagi anak-anak.

9. Hip Playground

Hip Playground merupakan sebuah area bermain air dengan beragam wahana menarik seperti pancuran air berwarna warni serta buket yang akan mengguyur air dalam waktu tertentu. Oleh karena itu, Hip Playground ini sangatlah cocok bagi anak-anak. Di sekitar Hip Playground juga terdapat gazebo yang dapat dimanfaatkan pengunjung untuk bersantai sambil mengawasi anak-anak yang sedang bermain.

10. South Beach

South Beach merupakan sebuah kolam dengan gelombang ombak buatan yang cukup besar, sehingga pengunjung dapat merasakan sensasi layaknya berenang di laut dalam. Gelombang ombak buatan ini akan muncul secara rutin yakni 1 jam sekali.

Wahana Seru Di Jogja Bay Waterpark
Photo by Google Maps Tesalonika Anastasya

11. Donte Wild River

Sesuai dengan namanya, Donte Wild River memang merupakan sungai buatan yang mengelilingi kawasan Jogja Bay Waterpark. Aliran air di Donte Wild River ini sangatlah tenang, serta dikelilingi oleh beragam jenis tanaman yang asri. Karenanya, pengunung dapat memanfaatkan alat pelampung untuk bersantai mengikuti aliran sungai ditemani udara yang sejuk serta kicauan burung yang menenangkan.

12. Kula Playpool

Kula Playpool merupakan sebuah kolam renang yang cukup luas serta biasanya digunakan sebagai lokasi bersantai. Di sisi kolam renang ini terdapat pool bar sehingga pengunjung dapat bersantai sambil menikmati ragam minuman favoritnya.

13. Harbour Theater

Harbour Theater merupakan sebuah panggung besar yang digunakan sebagai lokasi pertunjukkan drama musikal yang digelar setiap akhir pekan dan hari libur pukul 14.00 WIB. Selain itu, panggung ini juga dapat dimanfaatkan sebagai tempat untuk menyelenggarakan berbagai event, seperti gathering dan konser musik.

14. Museum Air

Museum air merupakan sebuah spot edutainment (edukasi dan hiburan) yang berlokasi di dalam kawasan Jogja Bay Waterpark. Museum Air ini menghadirkan ragam informasi mengenai air sebagai salah satu elemen utama dalam kehidupan manusia, yang mencakup bagaimana cara air terbentuk, fungsi air dalam tubuh, serta manfaatnya dalam kehidupan manusia sehari-hari.

Selain itu di Museum Air ini juga terdapat informasi sejarah mengenai Selokan Mataram yang merupakan tempat pengaliran air terbesar di Yogyakarta. Informasi ini mencakup sejarah asal mula terbentuknya Selokan Mataram, dan juga manfaatnya bagi masyarakat luas.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Alamat Jogja Bay Waterpark
Photo by Google Maps Helmi Santosa

Lokasi Jogja Bay Waterpark ini cukup strategis dan mudah dijangkau, yakni tepatnya di Jl. Utara Stadion, Jenengan, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasinya ini tidak terlalu jauh dari pusat kota Yogyakarta, yakni hanya sekitar 9 km, dan dapat ditempuh dalam waktu setengah jam.

Dari pusat kota, pengunjung dapat mengakses jalan utama melalui Jl. Pajajaran dan Jl Ring Road Utara. Setelah itu, perjalanan dilanjutkan dengan mengakses Jl. Nusa Indah, dan belok kanan ke Jl. Candi Indah.

Harga Tiket Masuk Jogja Bay Waterpark

Tiket Jogja Bay Waterpark
Photo by Google Maps Wisata Jogja

Untuk dapat masuk ke kawasan wisata indah di Yogyakarta ini, pengunjung dapat membeli tiket masuk dengan rincian harga sebagai berikut:

  • Weekday : Rp 100.000
  • Weekend : Rp 100.000
  • High Season : Rp 150.000

Namun, perlu diperhatikan bahwa wahana waterboom ini sementara tutup pada hari biasa (weekday) sehingga wisatawan dapat mengunjunginya pada akhir pekan (weekend) atau hari libur nasional.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Jogja Bay Waterpark
Photo by Google Maps nurazizpbw Prabowo

1. Mencoba Beragam Wahana Air

Ada banyak sekali wahana air yang dapat dicoba oleh pengunjung, mulai dari wahana seru untuk anak-anak hingga orang dewasa yang dapat disesuaikan.

2. Berfoto-Foto

Banyak sekali spot foto menarik di Jogja Bay Waterpark, mulai dari berfoto di wahana air, sampai Grand Hall yang bertemakan bajak laut.

3. Menikmati Pertunjukkan

Bagi pengunjung yang menyukai pertunjukkan seru, maka wajib menyaksikan pertunjukkan drama musikal yang digelar setiap akhir pekan dan hari libur pukul 14.00 WIB di Harbour Theater.

4. Bersantai

Pada umumnya, setelah puas mencoba beragam wahana air yang seru, pengunjung akan bersantai di gazebo yang tersedia sambil menikmati suasana yang sejuk dan nyaman.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Jogja Bay

Fasilitas Jogja Bay Waterpark
Photo by Google Maps Sally Hutagalung

Ragam fasilitas yang tersedia di waterpark ini tergolong sangat lengkap. Fasilitas tersebut diantaranya:

1. Area Parkir

Area parkir yang tersedia di kawasan Waterpark populer ini sangatlah memadai, dan cukup untuk menampung kendaraan roda dua, kendaraan roda empat, bahkan bus pariwisata. Soal keamanan, pengunjung sudah tidak perlu khawatir karena seluruh kendaraan yang terparkir area parkir ini selalu dijaga oleh petugas keamanan.

2. Toko Merchandise

Di toko merchandise ini, pengunjung dapat menemukan beragam merchandise pilihan bertemakan Jogja Bay Waterpark, mulai dari baju renang, sandal, kaos, dan masih banyak lagi. Selain itu, pengunjung juga dapat membeli ragam oleh-oleh khas Yogyakarta yang cukup popular.

3. Restoran

Di dalam area wisata Jogja Bay Waterpark, terdapat restoran yang menyediakan ragam hidangan yang nikmat dan variatif. Oleh karena itu, pengunjung dapat mengisi perut dengan santapan nikmat setelah melakukan ragam aktivitas menarik di kawasan wisata spektakuler ini.

4. Mushola

Kawasan waterpark ini sudah dilengkapi dengan Mushola. Jadi pengunjung tidak perlu khawatir Ketika ingin melaksanakan kewajiban beribadah tepat waktu.

Fasilitas Di Jogja Bay Waterpark
Photo by Google Maps Nizar Channel

5. Toilet dan Kamar Ganti

Di kawasan wisata taman air ini, terdapat banyak toilet serta kamar ganti yang cukup bersih dan terawat.

Demikianlah tadi ulasan lengkap mengenai destinasi wisata alam yang cukup viral di Kabupaten Sleman, yakni Jogja Bay Waterpark. Apabila Anda tertarik untuk mengunjungi destinasi wisata terbaik ini namun masih membutuhkan informasi lebih lanjut, maka dapat menghubungi pihak pengelola di nomor +622748722020.