Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jugang, Plaosan, Tridadi, Kec. Sleman, Kab. Sleman, Di Yogyakarta.

Tak pernah ada habisnya jika anda berusaha menggali informasi terkait dengan destinasi wisata populer di Yogyakarta. Kota yang satu ini menyuguhkan banyak pilihan destinasi bagi wisatawan. Banyak pula diantara objek wisata tersebut yang mengangkat konsep desa wisata, seperti Kampung Flory. Lantas tahukah anda seperti apa kampung hits ini? Berikut ulasan lengkapnya!

Mengenal Kampung Hits di Jogja

Mengenal Kampung Flory
Photo by Google Maps Nabhan Hidayat

Beberapa tahun belakang ini, konsep kampung wisata sedang hits. Masyarakat kota yang sedang liburan selalu mencari destinasi wisata yang dapat mengakrabkan mereka dengan alam. Kegiatan semacam itu dirasa lebih menarik, dan sulit mereka dapatkan di tempat mereka tinggal. Menangkap peluang tersebut, Desa Tridadi pun mengolah lingkungannya menjadi desa wisata.

Warga desa membuat kampungnya terlihat hijau dan asri, sehingga nyaman untuk dikunjungi oleh wisatawan. Warga pun mengembangkan konsep agrowisata dan edukatif, sehingga para tamu bisa pulang dengan perasaan senang dan kaya ilmu. Konsep tersebut ternyata disukai oleh pengunjung, sehingga hampir setiap hari, kampung tersebut selalu ramai.

Dengan luas lahan 4 hektar, Kampung flory menyediakan space yang cukup untuk para rombongan besar. Layaknya destinasi agrowisata yang lain, rombongan tersebut dapat melihat hijaunya dedaunan, segarnya buah yang matang dari pohon, dan berbagai kuliner daerah yang tentunya sehat dan bernuansa ndeso. Keunikan itulah yang membuat kampung ini sangat istimewa.

Daya Tarik Wisata Kampung Flory

Daya Tarik Kampung Flory
Photo by Google Maps Steven Chan

1. Zona Taruna Tani

Kampung Flory sejatinya terbagi menjadi empat zona, salah satunya adalah Zona Taruna Tani. Di zona tersebut, wisatawan dapat mencicipi berbagai kuliner khas ndeso yang lezat. Menu kuliner yang disajikan cukup beragam, dengan bumbu yang medok. Konsep ndeso ini benar benar terasa, apalagi dekorasi restorannya menggunakan kayu.

Harga makanan dan minuman di sana juga terbilang relative murah. Range harga untuk minuman adalah sekitar 2.000 – 4.000 rupiah, sedangkan untuk makanan mulai dari 10.000 – 50.000 rupiah. Anda yang datang bersama dengan anak kecil juga tidak perlu takut kesulitan mencari menu makanan, karena banyak juga pilihan hidangan yang cocok untuk mereka.

2. Wisata Petik Buah

Karena mengusung konsep agrowisata, anda pasti sudah menebak jika Kampung Flory merupakan rumahnya tanaman buah. Banyak sekali buah buah lezat yang terlihat matang dan masih berada di atas pohon. Setiap wisatawan diperbolehkan untuk memetik buah tersebut dan langsung mencicipinya. Tentu untuk melakukan hal ini, anda perlu membayar sejumlah biaya.

Namun rasanya, biaya tersebut tidak akan sia sia, karena kegiatan semacam ini sangat berkesan. anak anak juga pasti sangat menyukai kegiatan tersebut. Kegiatan ini sudah menjadi primadona, sehingga setiap pengunjung yang singgah pasti penasaran ingin menjajal wahana andalan yang satu ini. Akan sangat disayangkan jika anda melewatkan sensasi keseruannya.

Daya Tarik Wisata Kampung Flory
Photo by Google Maps Ika Rahmawati Hilal

3. Zona Outbound

Dengan area yang sangat luas, anda tidak perlu heran jika didalam destinasi tersebut terdapat kawasan outbound. Aktivitas semacam ini mamou melatih ketangkasan dan konstrenrasi anak. Wahana tersebut menjadi lokasi paling favorit terutama bagi mereka yang datang bersama dengan rombongan. Anda diperbolehkan untuk seru seruan bersama dengan keluarga di sana.

Terkait dengan sistem keamanannya, ada tidak perlu merasa was was. Semua permainannya sudah dibuat sesuai dengan standar sehingga tidak akan membuat wisatawan cedera. Hanya saja, anda pun harus berhati hati dan mengikuti instruksi dari pemandu outbound. Dengan begitu, anda bisa bermain dengan aman dan terhindar dari bahaya.

4. Kolam Terapi Ikan

Daya tarik berikutnya dari tempat yang satu ini adalah keberadaan wahana terapi ikan. Di kolam tersebut, anda diperbolehkan untuk mencelupkan kaki. Nyanyinya, ikan ikan kecil akan mengambil sel sel kulit mati yang ada di bagian kaki. Kegiatan yang satu ini bisa anda lakukan sembari mencicipi makanan dan minuman yang dijual di pinggir kolam.

Kebanyakan, orang orang tua lah yang gemar untuk menjajal fasilitas tersebut. Jika memang anak anak kurang menyukainya, mereka bisa bermain dengan memberi makan ikan. Kegiatan semacam itu akan membuat mereka merasa senang. Orang tua pun bisa melakukan terapi ikan dengan lebih leluasa, nyaman, dan tenang.

Alamat dan Rute Lokasi

Alamat Kampung Flory
Photo by Google Maps Isnanblink

Alamat dari Kampung Flory adalah di Desa Tridadi, Kecamatan Sleman, Kabupaten Jogja. Destinasi yang satu ini sangat hits, sehingga mudah untuk anda cari informasi selengkapnya di Internet. Anda pun hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 19 kilometer saja dari pusat Kota Jogja. Jarak tersebut biasanya hanya memakan waktu sekitar setengah jam.

Jika anda bukanlah warga Jogja, alangkah lebih mudahnya jika menggunakan bantuan Google Maps. Langsung saja ketikkan nama dari destinasi kampung ini. Objek wisata ini lumayan masuk area pedesaan, namun aksesnya cukup baik dan dapat dilalui roda empat. Jika sudah mendekati lokasi, banyak tanda petunjuk arah yang dapat membantu anda.

Harga Tiket dan Jam Operasional

Harga Tiket Masuk Kampung Flory
Photo by Google Maps Zia Ulhaq

Siapa sangka jika wisata anda di Kampung Flory tidak memerlukan budget yang terlalu besar. Tiket masuk hanya berlaku bagi anda yang hendak menjajal whaana yang disediakan oleh mereka. Untuk masuk ke Taman Selfie, pengunjung hanya perlu mengeluarkan biaya sekitar 15 ribu rupiah. Sedangkan untuk petik buah, biayanya tergantung jenis dan jumlah yang diambil.

Untuk jam buka, destinasi hits yang satu ini tidak ada jam pastinya. Hanya saja, anda bisa menggunakan patokan jam operasional fasilitas restoran dan taman selfie nya. Resto Bali Ndeso dan Iwak Kalen buka mulai pukul 11.00 – 20.00. Sedangkan untuk taman selfie, buka pukul 11.00 – 19.00.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Kampung Flory
Photo by Google Maps Nur Rochman

1. Belajar Budidaya Tanaman dari Ahlinya

Dengan mengusung konsep wisata edukasi, setiap pengunjung yang datang ke sana bebas bertanya apa saja terkait dengan proses budidaya suatu tanaman. Di destinasi tersebut, tanaman hias dan tanaman buah lah yang menjadi primadona. Anda boleh mengulik rahasia, mengapa tanaman yang ada di sana tumbuh dengan subur.

Anda pun bisa memborong bibit tanaman untuk kemudian dirawat dan dikembangkan sendiri di rumah. Bahkan informasi terkait dengan tanaman obat juga sangat lengkap. Setiap informasi yang anda dapatkan di sana, benar benar valid dan bahkan bersumber dari pelatihan instansi pemerintahan. Seluruh pemandu wisata yang bertugas telah dilatih sehingga memiliki pengetahuan yang komprehensif.

2. Menjajal Ketangkasan di Zona Outbound

Salah satu fasilitas sekaligus daya tarik yang dimiliki Kampung Flory adalah zona outbound. Oleh karena itu, sangat disayangkan jika anda tidak menjajal wahana yang satu ini. Sudah ada pemandu yang akan mendamping sekaligus memastikan keamanan anda saat bermain. Hanya saja, anda harus mengikuti setiap instruksi yang diberikan dengan baik.

Banyak orang yang mengira bahwa destinasi yang satu ini hanya disediakan untuk anak anak. Padahal, orang dewasa pun diperbolehkan untuk mencoba wahana tersebut. Dengan begitu, anda bisa melatih ketangkasan bersama dengan anak. Tentunya, pengalaman yang satu ini tidak akan mudah dilupakan, dan akan memperkuat hubungan anda dengan si kecil.

Aktivitas di Kampung Flory
Photo by Google Maps Azzam Najib Habibie

3. Mencicipi Kuliner Lezat dengan Nuansa Ndeso

Jika berwisata, tidak lengkap rasanya jika tidak membahas masalah kuliner. Terkait dengan hal yang satu ini, anda tidak akan kecewa. Semua hidangan yang ditawarkan oleh resto di Kampung Flory, benar benar enak. Harganya juga murah, sehingga tidak akan membuat kantong anda tipis seketika. Pilihannya pun sangat variatif dan pastinya terlihat menggiurkan.

Berbagai pilihan sambal juga siap menemani waktu makan anda bersama dengan keluarga. Tentu dengan sambal yang nampol, setiap makanan menjadi lebih lezat. Berbagai rempah yang ada di dalam setiap menunya juga semakin memperkaya cita rasa. Setelah kenyang mencoba bergaya menu yang ditawarkan, anda bisa melanjutkan kegiatan seru lainnya.

4. Memetik Buah Langsung dari Tangkainya

Akan sangat disayangkan jika anda tidak menjajal aktivitas petik buah yang disediakan oleh pengelola. Kegiatan semacam itu sangat mengasyikkan dan pastinya sulit ditemukan di sembarang tempat. Buah yang anda petik seluruhnya benar benar masak pohon, sehingga rasanya manis dan menyegarkan. Anda pun bisa bertanya tanya terkait dengan cara budidayanya.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Kampung Flory

Fasilitas di Kampung Flory
Photo by Google Maps Sandi chandra

Setiap destinasi wisata, tidak boleh hanya fokus untuk menambah wahana atau permainan yang seru untuk pengunjungnya. Pihak pengelola juga harus memastikan bahwa fasilitas penunjang seperti toilet, mushola, dan restoran benar benar nyaman untuk digunakan. Ternyata, pengelola objek wisata telah mempertimbangkan hal tersebut dengan matang.

Melihat areanya yang luas, sudah banyak toilet yang tersebar di setiap zona. Dengan begitu, pengunjung tidak perlu berjalan jauh untuk sampai ke toilet. Selain itu, sudah tersedia mushola kecil bagi anda yang hendak beribadah. Sedangkan untuk restoran, anda juga tidak perlu khawatir jika sampai tidak mendapat tempat, karena terdapat lebih dari satu kedai.

Itulah beberapa informasi terkait dengan Kampung Flory yang perlu anda ketahui. Destinasi yang satu ini, sangat cocok untuk anda gunakan sebagai tempat menghabiskan waktu dikala liburan. Bahkan di lokasi tersebut, sudah terdapat penginapan, sehingga anda bisa sekaligus beristirahat untuk mengembalikan stamina.

Give a Comment