Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Imogiri – Dlingo, Sukorame, Mangunan, Kec. Dlingo, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

Yogyakarta tidak ada hentinya menawarkan pesona wisata ke khalayak luas. Kali ini, anda akan diajak merasakan sensasi berada di atas awan tanpa harus mendaki pegunungan terlebih dahulu. Caranya yaitu cukup datang ke Kebun Buah Mangunan yang ada di Bantul, Jogja. Pastikan kamera anda selalu standby untuk mengabadikan semua keajaiban yang ada temukan di kebun ini.

Sekilas Tentang Kebun Buah Mangunan

Tentang Kebun Buah Mangunan
Image Credit: Google Maps (Lutfhi Naufal)

Kebun buah yang ada di Desa Mangunan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, ini mulanya merupakan hutan belantara dengan lahan tandus. Pemerintah yang memang memiliki keinginan untuk membuka sebuah kebun buah di Bantul, akhirnya memilih hutan tersebut sebagai lokasinya.

Alasan dipilihnya lahan tandus tersebut adalah untuk membuat Desa Mangunan lebih ramai dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat. Kebun buah milik kas desa dan masyarakat tersebut kemudian disewa oleh pemerintah kemudian ditangani oleh Dinas Pertanian, dan mulai ditanami berbagai bibit tanaman termasuk pohon buah musiman.

Namun karena berada di lahan tandus yang ketika pada musim kemarau airnya pas pasan, pengelola kebun pun tidak memacu agar pohon dapat berbuah sepanjang masa. Hal ini sebenarnya membuat pengunjung yang datang ke kebun buah jadi tidak banyak. Namun hal tersebut mulai berubah sejak tahun 2010.

Kala itu, para pengunjung yang datang tidak menemukan buah yang dicari lantaran buah yang ditanam merupakan buah musiman. Mereka pun beristirahat dengan naik ke bagian puncak area tersebut. Di sanalah para pengunjung menemukan keindahan rupawan yang membuat Kebun Buah Mangunan dijuluki sebagai “Negeri di Atas Awan”.

Setelah tahun 2010 ke atas, para pengunjung yang datang ke kebun buah ini semakin banyak karena mulai tersebarnya julukan negeri di atas awan tersebut. Bahkan setelah media sosial merajalela di kalangan masyarakat, pengunjung yang datang bisa berasal dari luar Yogyakarta hingga wisatawan mancanegara.

Melihat hal tersebut, pemerintah dengan dibantu oleh masyarakat setempat menggunakan sistem bagi hasil, kemudian mengembangkan daerah ini menjadi wisata terpadu. Dimana lahan tersebut tidak lagi hanya sekadar lahan buah semata. Namun wahana wisata lainnya yang dibangun untuk memanjakan para pengunjung dan memikat lebih banyak wisatawan.

Daya Tarik Wisata Kebun Buah Mangunan

Daya Tarik Kebun Buah Mangunan
Image Credit: Google Maps (Wisata Jogja285)

1. Terdapat Berbagai Macam Buah

Antusiasme masyarakat terhadap Kebun Buah Mangunan membuat pihak pengelola semakin gencar menanam berbagai macam tanaman di area kebun ini. Saat ini anda bisa menemukan banyak sekali jenis buah ketika berkunjung ke sana. Mulai dari durian, rambutan, jeruk, mangga, jambu air, nangka, sawo, kelengkeng, belimbing, hingga pisang.

Setidaknya terdapat sekitar 21 jenis pohon yang telah ditanam pada kebun dengan ketinggian sekitar 150 sampai 200 meter di atas permukaan laut tersebut. Karena kebanyakan merupakan pohon musiman, maka anda hanya bisa menemukan buahnya ketika musimnya tiba. Jadi pastikan anda datang ke sini ketika musim buah yang diinginkan agar kunjungan menjadi lebih seru.

2. Rusa Timor di Kebun Buah

Tidak hanya tumbuh tumbuhan saja, pada kebun buah yang ada di Desa Mangunan ini juga terdapat penangkaran rusa timor atau cervus timorensis. Rusa rusanya memang ada di dalam kandang yang memiliki pagar besi kuat. Meski begitu, para pengunjung masih bisa melihat rusa timor tersebut dengan jelas dari luar kandang.

Dinas Pertanian dan Kehutanan Pemerintah Kabupaten Bantul memang sengaja bekerjasama dengan BKSDA Yogyakarta, untuk menghadirkan penangkaran satwa ini. Jadi jangan heran apabila anda menemukan penangkaran rusa timor ketika berjalan jalan di kebun buah tersebut.

Daya Tarik Kebun Buah
Image Credit: Google Maps (Surya Saputera)

3. Teras Pandang Menghadap Ngarai

Inilah yang menjadi salah satu daya tarik utama dari Kebun Buah Mangunan, dan membuatnya terkenal seperti sekarang dengan julukan negeri di atas awan. Teras pandang tersebut terletak di bagian puncak yang langsung menghadap ke ngarai. Banyak pengunjung yang sengaja datang ke sini hanya untuk menuju teras pandang tersebut.

Bahkan tidak jarang mereka datang sebelum subuh untuk berburu sunrise. Pasalnya matahari terlihat seolah terbit di atas awan ketika disaksikan dari gardu pandang di kebun ini. Pemandangan nan elok tersebut membuat siapapun tidak heran kenapa destinasi satu ini disebut sebagai negeri di atas awan.

Pemandangan cantik seperti tiada duanya tersebut juga bisa disaksikan kala sore menjelang petang, yaitu saat matahari mulai kembali ke peraduannya. Dari sisi barat, anda bisa melihat pemandangan eksotis sunset ini bersama dengan orang tersayang untuk membangkitkan kesan romantis.

4. Taman Bermain dan Kolam Renang

Di bagian dalam kebun buah, pengunjung bisa dapat menjumpai taman bermain hingga kolam renang yang dijamin mampu memanjakan keluarga yang membawa putra putrinya kemari. Karena taman bermain yang ada di sini sudah dilengkapi dengan berbagai wahana permainan seperti monkey bar, mangkuk berputar, dan juga ayunan.

Jadi anda bisa menyantap buah buahan segar sembari menemani si kecil bermain sampai puas di taman tersebut. Selepas bermain di taman, anak anak bisa kembali bermain di kolam renang. Kolam renang di sini tidak terlalu besar dan terbilang dangkal, karena memang secara khusus ditujukan untuk anak anak.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Kebun Buah Mangunan

Alamat Kebun Buah Mangunan
Image Credit: Google Maps (Widhi)

Sesuai dengan namanya, kebun buah satu ini berada di Desa Mangunan, Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Untuk menuju lokasinya tidak sulit, anda bisa menuju ke jalan Imogiri Timur terlebih dahulu yang mana untuk menuju ke sana bisa berjalan lurus ke arah selatan apabila dari terminal Giwangan.

Nantinya setelah sampai di jalan Imogiri Timur terus ikuti jalan sampai di sebuah lapangan. Sekitar 500 meter dari lapangan ini, selanjutnya belok kanan untuk menuju ke Kebun Buah Mangunan. Apabila sudah dekat dari area wisata, terdapat papan penunjuk jalan yang biasa anda jadikan sebagai patokan atau jika masih bingung bisa menggunakan peta digital dan bertanya pada penduduk sekitar.

Kondisi jalan menuju kebunnya sendiri terbilang sudah cukup bagus, sehingga dapat dilalui dengan mudah. Namun sampai di pertigaan menuju ke arah kebun tersebut, jalannya semakin sempit meskipun untuk big bus memang masih muat. Oleh sebab itu, bagi anda yang datang rombongan sebaiknya menghubungi pengelola terlebih dahulu untuk reservasi.

Apabila sudah reservasi, maka pihak pengelola bisa melakukan sterilisasi jalan menuju kebun buah agar rombongan wisatawan yang menggunakan big bus bisa masuk kawasan wisata dengan nyaman. Kalaupun driver belum berpengalaman sehingga tidak berani membawa big bus masuk, wisatawan bisa sewa mobil shuttle atau naik jeep yang ada di sana.

Harga Tiket dan Jam Operasional Kebun Buah Mangunan

Harga Tiket Kebun Buah Mangunan
Image Credit: Google Maps (Lusi Yanti)

Dengan banyak wisatawan yang datang ke kebun buah ini dengan tujuan berburu sunrise dan sunset, destinasi tersebut dibuka dengan dua jam operasional. Umumnya Kebun Mangunan buka setiap hari mulai pukul 05.30 WIB sampai 10.00 WIB, lalu dibuka kembali pada pukul 14.00 WIB sampai 17.30 WIB.

Apabila anda sudah berada di sana dari pagi, tidak perlu khawatir akan diusir dari area wisata. Karena meskipun dari pukul 10.00 sampai 14.00 WIB loket ditutup untuk sementara, namun pengunjung yang sudah berada di dalam antara jam tersebut masih diperbolehkan untuk berwisata.

Tiket masuknya sendiri dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau, yaitu sekitar Rp. 5.000 untuk hari biasa dan Rp. 6.000 pada akhir pekan serta hari libur nasional. Sebelum pandemi sendiri, sebenarnya tidak ada pembatasan jumlah kunjungan karena area wisata ini terbilang cukup luas. Namun pada era new normal, pengunjung dibatasi hanya untuk 300 orang per jam buka.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Kebun Buah Mangunan

Aktivitas Seru di Kebun Buah Mangunan
Image Credit: Google Maps (Febrian Aji Pangestu)

1. Mencicipi dan Membeli Buah dengan Harga Murah

Melihat bahwa di Kebun Buah Mangunan ini terdapat berbagai macam pohon yang ditanam, tentu kurang afdol apabila anda tidak mencicipinya ketika berkunjung ke sini, terlebih ketika sedang musimnya berbuah. Selain mencicipinya, pengunjung juga bisa membawa pulang buah buahan tersebut sebagai oleh oleh untuk keluarga di rumah.

Namun tentunya pembelian buah tidak termasuk ke dalam tiket masuk wisata, sehingga anda perlu mengeluarkan biaya lagi untuk membeli buah buahan segar ini. Akan tetapi, anda tidak perlu khawatir sebab harga buah yang ada di sini terbilang sangat murah. Seperti durian Rp. 15.000 per kg, mangga Rp. 5.000 per kg, dan rambutan Rp. 4.000 per kg.

2. Berburu Foto

Memiliki pemandangan yang sangat menawan, tidak heran jika banyak wisatawan yang datang ke sini untuk berburu foto. Khususnya, gardu pandang adalah spot yang paling banyak dijadikan sebagai tempat untuk mengabadikan momen. Karena pemandangan dari ketinggiannya terlihat sangat epic di sini, belum lagi ketika sunrise atau sunset yang akan menambah pesonanya.

Selain itu, buah buahan yang bisa dicicipi dan dibawa pulang sebagai oleh oleh di kebun tersebut selain manis rasanya juga dapat dijadikan sebagai objek foto yang indah. Terlebih ketika pohonnya tengah berbuah lebat. Mengabadikan momen ketika melakukan wisata petik buah akan menghasilkan potret yang tidak kalah apik.

Aktivitas di Kebun Buah Mangunan
Image Credit: Twitter.com @mojo_pak

3. Memancing

Selain kolam renang yang khusus ditujukan untuk anak anak, di kebun buah satu ini juga terdapat kolam pancing cukup luas berisikan berbagai jenis ikan. Beberapa jenis ikan yang ada di sini antara lain bawal, patin, sampai ikan nila. Bagi pengunjung yang memancing di sini, hasil tangkapannya juga bisa dibeli dan dibawa pulang sebagai oleh oleh.

4. Outbound

Bagi anda yang datang beramai ramai ke Kebun Buah Mangunan, sangat disarankan untuk menjajal berbagai permainan alam yang ada di sini. Pasalnya area kebun tersebut memang sangat cocok untuk melakukan kegiatan outbound. Tidak hanya outbound, anda juga bisa bermalam di tenda dan berhubungan langsung dengan alam bebas apabila memilih berkemah di sana.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Kebun Buah Mangunan

Fasilitas di Kebun Buah Mangunan
Image Credit: Google Maps (Sukmadae)

Sebagai destinasi yang dijadikan wisata terpadu, fasilitas yang dihadirkan oleh pihak pengelola untuk memanjakan pengunjung terbilang cukup lengkap. Mulai dari dua aula dengan kapasitas 300 dan 100 orang, gazebo sekitar 15 buah, pendopo, panggung, mushola, parkiran yang cukup luas, kebun aneka buah, camping ground seluas satu ha, sarana outbound, hingga peternakan.

Kebun buah yang ada di Jogja ini memang bukan sekadar kebun buah biasa yang menyuguhkan berbagai macam buah buahan. Di Kebun Buah Mangunan anda bisa menemukan aneka wahana wisata yang akan membuat liburan semakin seru. Menariknya lagi, anda pun bisa membawa oleh-oleh dari sini untuk keluarga di rumah yang kebetulan tidak bisa turut serta berlibur.

Give a Comment