Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat:Banyuroto, Kec. Sawangan, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

Berkunjung ke wisata yang ada di Magelang memang tak akan ada habisnya. Salah satu yang bisa anda kunjungi untuk berlibur yaitu desa yang ada di lereng Gunung Merbabu dan di antara Gunung Merapi. Bisa dikatakan menurut administrasi, desa ini terletak di bawah perbukitan yang menawan, apalagi ketika cuaca sedang bersahabat.

Selain alamnya, potensi lainnya yang dapat anda temukan ketika berkunjung ke daerah wisata ini yaitu perkebunan strawberry yang dibudidayakan masyarakat di Agrowisata Banyuroto. Berkat keindahan alam dan juga ide dari masyarakat sekitar, maka menarik banyak minat wisatawan untuk mengunjunginya, terlebih bisa memetik buahnya untuk dimakan secara langsung atau dibawa pulang. Seperti apa kebun strawberry ini? Daripada penasaran, cari tahu infonya di sini!

Daya Tarik Agrowisata Banyuroto

Daya Tarik Kebun Strawberry
Photo by Google Maps Fachri Muhammad

1. Pemandangan Alam yang Begitu Menawan

Mengingat letak geografisnya berada di antara Gunung Merapi dan juga Gunung Merbabu, lokasi wisata ini memiliki pemandangan yang begitu menawan. Sejauh mata memandang, pengunjung akan disuguhi dengan berbagai macam panorama alam eksotis ala pegunungan. Hal ini sudah terlihat sejak menuju pintu masuk kawasan wisata.

Di sepanjang perjalanan, anda akan melihat betapa indahnya alam yang ada di kawasan Agrowisata Banyuroto Magelang. Di kanan dan kiri jalan, wisatawan akan melihat banyak perkebunan milik warga sekitar berupa sayur sayuran. Berbagai macam tanaman sayuran berjajar sepanjang jalan menemani perjalanan menuju ke kebun ini.

2. Kebun Strawberry yang Luas

Setelah sampai di lokasi wisata, pengunjung akan disuguhi dengan kebun strawberry yang begitu luas. Hamparan perkebunan strawberry bisa anda temukan ketika sampai di lokasi wisata. Disini, anda hanya akan menemukan strawberry yang ditanam secara rapi dan tersusun dengan baik. Sehingga strawberry yang ditanam di perkebunan tersebut berkembang dengan baik.

Ketika menginjakkan kai di perkebunan tersebut, anda akan disuguhi dengan hamparan tanaman strawberry yang cukup melimpah. Bisa dikatakan, sepanjang mata memandang, anda hanya akan melihat tanaman strawberry yang dibudidayakan dengan baik. Tak ayal jika banyak pengunjung senang untuk berwisata ke perkebunan strawberry yang satu ini.

Daya Tarik di Kebun Strawberry
Photo by Google Maps Dwina Setia Putri

3. Strawberry Segar yang Bisa Dipanen Sendiri

Dari namanya saja sudah jelas jika tempat wisata ini menawarkan strawberry sebagai daya tariknya. Anda akan benar benar disuguhi dengan strawberry segar yang siap dipanen. Cukup membayarkan sejumlah tiket sesuai ketentuan, anda sudah bisa panen sendiri strawberry yang ada di perkebunan Banyuroto.

Mengingat strawberry yang ditanam merupakan jenis california, maka ukurannya jauh lebih besar jika dibandingkan strawberry lokal. Pengunjung bisa dengan mudah untuk memetik strawberry langsung dari kebun sesuai keinginan. Akan ada pemandu yang memberikan instruksi cara memanen strawberry yang benar.

4. Suasana yang Sejuk

Kawasan perkebunan ini terbilang cukup sejuk dengan udara yang begitu segar. Mengingat lokasi perkebunan ini berada di perbukitan. Hal ini juga menjadi alasan kenapa strawberry dapat tumbuh subur. Karena itu, ada banyak pengunjung yang datang untuk melepas penat sambil menikmati udara segar di kawasan perkebunan strawberry Magelang.

Alamat dan Rute Lokasi

Alamat Kebun Strawberry
Photo by Google Maps Erik Setiawan

Terletak di kawasan lereng gunung Merbabu, Desa Banyuroto, Magelang, pengunjung bisa menjangkaunya dengan beberapa rute. Salah satu cara menuju lokasi Agrowisata Banyuroto yaitu melewati jalur Ketep Pass. Jadi, anda bisa langsung mengikuti jalanan beraspal dari pertigaan Blabak melewati Sawangan menuju ke Ketep Pass.

Dari arah ini, pengunjung bisa mengikuti jalan sekitar 1 kilometer yang mengarah ke Salatiga. Sememntara itu di rute kedua, anda bisa mengaksesnya dengan menuju ke arah Magelang sampai di Pasar Pakis. Sesampainya di pertigaan tersebut, anda bisa belok kiri menuju ke Ketep Pass yang mengarah ke lokasi kebun strawberry.

Lokasi wisata yang satu ini sangat mudah, sehingga transportasi umum bisa dengan mudah mengaksesnya. Tak hanya itu saja, pengunjung yang ingin merasakan sensasi naik transportasi umum juga bisa memilihnya. Cukup dengan naik bus jurusan Magelang,kemudian, turun di Salatiga. Dari sini,m anda bisa naik bus menuju ke Kopeng atau Ketep dan menuju ke kebun.

Fasilitas wisata yang ada di Agrowisata Banyuroto ini terbilang cukup lengkap jika ingin berkunjung ke destinasi wisata ini. Pasalnya, anda bisa dengan mudah menemukan berbagai fasilitas mumpuni, seperti toilet, gazebo atau tempaat istirahat, tempat parkir yang luas, Mushola, kios penjual strawberry, pusat pemetikan strawberry, dan masih banyak lagi yang bisa ditemukan.

Harga Tiket Masuk Agrowisata

Harga Tiket Masuk Kebun Strawberyy
Photo by Google Maps bondan wiratmoko b. s.

Bagi anda yang ingin mencari tempat wisata on budget dan ramah di kantong, maka kebun Strawberry ini menjadi pilihan yang tepat. Anda bersama keluarga bisa menikmati waktu liburan seru ketika berkunjung ke wisata yang satu ini dengan tiket yang murah. Harga tiket masuknya hanya 5000 an saja per kepala. Bahkan harga ini berlaku di setiap hari, baik weekdays atau weekend.

Untuk biaya parkir kendaraan roda empat yang ditarik itu Rp 5.000. Sementara itu, bagi pengunjung yang membawa sepeda motor ke lokasi yang satu ini, cukup membayarkan biaya parkir sebesar 2000 an saja. Agar tak salah waktu, anda bisa mengunjungi lokasi wisata ini mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 16.00 WIB di setiap harinya.

Bagi pengunjung yang tertarik untuk membawa strawberry hasil panenan sendiri, maka harus menambah biaya lainnya. Strawberry akan dihargai 15.000 an di hari libur per 100 gramnya. Sedangkan di hari biasa, strawberry akan dipatok dengan harga 10.000 an saja per 100 gramnya. Dengan harga segitu, anda sudah bisa menyantap strawberry hasil petikan sendiri.

Jadi, bisa dikatakan jika harga tiket masuk akan berbeda dengan harga petik buah strawberry. Jika ingin petik strawberry dan ingin membawa hasil panen, maka pengunjung harus membayar biaya lebih. Dengan begitu, anda baru bisa menikmati hasil kebun strawberry secara fresh langsung dari kebun.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Kebun Strawberry
Photo by Google Maps Bayu Putra Pratama

1. Memetik Buah Strawberry

Kegiatan pertama yang tentu menjadi daya tarik tersendiri adalah memetik buah strawberry langsung dari tanamannya. Pengunjung bisa dengan mudah memetik buah dari kebun sesuai keinginan. Pihak pengelola akan menyediakan keranjang dan juga gunting untuk memanen buah strawberry yang ada di kebun.

Untuk memetik strawberry, pihak pengelola menyiapkan pemandu yang siap sedia untuk menjelaskan bagaimana teknik yang benar. Anda akan dibimbing bagaimana cara memetik buah strawberry dan kriteria apa saja strawberry yang patut di panen. Alhasil, anda bisa memanen buah segar, fresh, dan tentunya memiliki rasa otentik khas strawberry.

Kebun Strawberry di kawasan Agrowisata Banyuroto ini akan berbuah sepanjang musim, sehingga tak perlu khawatir strawberry tidak bisa dipanen lagi. Di kebun strawberry ini memang sudah tersedia lokasi karantina strawberry sendir. Tujuannya tidak lain dan tak bukan untuk meregenerasi strawberry supaya tidak serta merta dipetik saja oleh para wisatawan yang datang.

2. Menikmati Keindahan Alam Sekitarnya

Disamping memetik buah strawberry, para wisatawan yang datang juga bisa melakukan kegiatan seru lainnya. Apalagi bagi anda yang sudah penat dengan aktivitas sehari hari yang terlalu sibuk. Dengan mengunjungi lokasi wisata ini, anda bisa merefresh pikiran sambil menikmati kelezatan dan segarnya buah strawberry.

Tak ketinggalan, anda juga bisa menikmati keindahan alam serta udara sejuk khas pegunungan yang begitu bersih. Mengingat lokasi wisata ini terletak di lereng gunung, tentu memberikan sensasi tersendiri bagi para pengunjung yang terbiasa merasakan panasnya ibukota dan segala macam hiruk pikuk suasana yang padat.

Datang ke lokasi wisata ini berarti memberikan space tersendiri bagi anda dan keluarga yang datang. Pasalnya, udara dan pemandangan sekitarnya begitu menawan. Sambil memetik buah strawberry, anda bisa melihat pegunungan yang mengelili kawasan kebun Strawberry Magelang. Alhasil liburan anda bisa menjadi lebih seru dan tidak membosankan.

Aktivitas di Kebun Strawberry
Photo by Google Maps Deta Widyananda

3. Wisata Edukasi Bersama Keluarga

Bagi anda yang ingin berlibur bersama keluarga di akhir pekan, maka berkunjung ke Agrowisata Banyuroto menjadi pilihan yang tepat. Peson dari wisata alam yang ada di kawasan ini sangat indah. Pasalnya, letak geografis dari kebon ini berada di gugusan pegunungan. Tak ayal jika lokasi ini pantas untuk dijadikan wisata adventure yang seru.

Wisata kebun strawberry ini tak hanya sekedar lokasi kebun saja, sebab mempunyai nilai edukasi serta agrowisata. Tentu wisata ini akan sangat cocok untuk mengisi liburan anda dan keluarga. Di sini anda dapat belajar bagaimana cara menumbuhkan, memelihara, sampai dengan memetik buah strawberry dengan benar.

Tak berhenti sampai di situ saja, pihak pengelola juga memperkenankan para pengunjung untuk memakan langsung buah strawberry di tempat atau dibawa pulang. Dengan sederet fasilitas yang tersedia dan layanan tersebut, tentu liburan yang anda habiskan di kawasan Agrowisata Banyuroto menjadi lebih seru dan tak terlupakan.

4. Mengabadikan Momen Berharga

Di setiap sudut kebun yang satu ini juga tersedia spot foto yang bagus. Jadi, anda bisa dengan mudah untuk berswafoto di lokasi lokasi tersebut. Kegiatan yang satu ini memang tak boleh dilewatkan begitu saja bagi para pengunjung yang datang. Sebab, di Kebun Strawberry ni memang memiliki pemandangan yang sangat indah.

Tips Ketika Berkunjung ke Kebun Strawberry

Tips Ketika Berkunjung ke Kebun Strawberry
Photo by Google Maps Haldoko Koko

Ada satu hal yang perlu diperhatikan ketika mengunjungi Agrowisata Banyuroto. Ada baiknya jika anda datang di waktu atau musim yang tepat. Akan lebih baik jika anda tidak datang saat musim penghujan. Sebab, wisata di alam terbuka seperti wisata Kebun Strawberry Banyuroto ini akan sangat merepotkan jika dikunjungi saat musim hujan.

Selain karena dapat membuat anda kehujanan, persediaan buah strawberry di kebun bisa dikatakan tidak terlalu banyak. Pada musim penghujan, tanaman ini tidak terlalu banyak memiliki buah. Bahkan di musim penghujan, tidak jarang buah strawberry rata rata busuk dan kualitasnya tidak begitu bagus seperti musim panas.

Maka dari itu, anda bisa datang ketika musim sedang bersahabat saja. Di waktu tersebut, tentu buah strawberry lebih melimpah dan anda bisa leluasa memetik strawberry tanpa takut kehujanan. Selain itu, jangan lupa membawa kamera atau hp yang ada kameranya untuk mengabadikan momen berharga ketika berburu strawberry langsung si kebunnya.

Itulah beberapa informasi untuk Anda yang ingin berwisata ke Kebun Strawberry di Agrowisata Banyuroto, Magelang. Anda bisa datang ke kebun tersebut bersama keluarga untuk sekedar refreshing atau berwisata agro. Dengan ulasan di atas tentunya diharapkan mampu membuat perjalanan wisata menjadi lebih nyaman dan lancar.

Give a Comment