Harga Tiket: Rp 10.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Ketep, Kec. Sawangan, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

Destinasi wisata di Magelang memang dominan menawarkan keindahan yang menawan. Mulai dari wisata budaya hingga pegunungannya memang layak untuk dijelajahi pesonanya. Salah satu wisata alam yang rugi jika dilewatkan adalah Ketep Pass. Memiliki pemandangan Gunung Merapi yang megah, membuat banyak wisatawan banyak yang mampir untuk singgah memanjakan mata.

Lokasinya yang berada di antara dua gunung besar di Jawa Tengah yakni Merbabu dan Merapi, membuat Ketep Pass menawarkan wisata yang sangat indah dan tentu saja tak ada tandingannya. Bahkan anda pun bisa melihat empat puncak gunung sekaligus ketika berada disini, mulai dari Sumbing, Sindoro, Merbabu hingga Merapi. Disini, anda juga sekaligus bisa berwisata edukasi dengan mengunjungi museum Vulkanologi dan Volcano Theater.

Daya Tarik Wisata Ketep Pass

Daya Tarik Dimiliki Ketep Pass
Photo by Google Maps Razzaaq Arditian

1. Pemandangan Alamnya yang Indah

Salah satu daya tarik yang dimiliki adalah pemandangan alamnya yang indah. Disini pengunjung bisa melihat panorama alam yang memukau di balik ketinggian. Untuk mendapatkan panorama yang pas saat melihat pemandangan disini, maka anda pun bisa datang ke Gardu Pandang yang ada di lokasi wisata.

Selain itu, sempatkan pula untuk naik ke puncak Panda Agra. Kedua tempat tersebut memiliki teropong indah yang bisa anda gunakan untuk melihat pemandangan beberapa gunung sekaligus diantaranya adalah Gunung Merapi, Gunung Andong hingga Gunung Merbabu.

Tidak hanya menggunakan teropong saja, pemandangan yang indah tersebut juga bisa anda saksikan di dekat Pelataran Panca Arga. Hal ini dikarenakan pelataran tersebut menjadi salah satu puncak tertinggi yang ada di Ketep Pass. Pada lokasi tersebut, anda pun akan bisa melihat lima pemandangan gunung sekaligus.

Adapun gunung yang bisa anda lihat dari pelataran ini adalah Gunung Slamet, Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro. Selain itu, beberapa pemandangan lain yang juga bisa anda saksikan disini adalah Gunung Tidar, Gunung Pring dan juga Gunung Andong.

Dari gardu pandang, wisatawan yang berkunjung juga akan bisa untuk melihat indahnya pemandangan alam yang ada di sekitar lokasi. Contohnya saja adalah lahan pertanian yang sangat luas, pemandangan gunung Merapi dan Merbabu yang tampak menjulang. Semua pemandangan tersebut bisa anda saksikan hanya dari gazebo yang memiliki ukuran 4 meter persegi ini.

2. Dikelilingi Oleh Puncak 5 Gunung

Berada di Ketep Pass memang menjadi salah satu wisata yang tepat bagi anda yang ingin menghabiskan waktu untuk melihat indahnya gunung yang megah dan menjulang tinggi. Bagaimana tidak, objek wisata yang berada di lereng Gunung Merbabu ini memiliki ketinggian yakni sekitar 1200 mdpl.

Daya Tarik Ketep Pass
Photo by Google Maps Ketep pass

Dimana dari tempat satu ini, apabila cuaca sedang cerah cerahnya, anda pun bisa sekaligus melihat puncak Gunung Merapi dengan jelas tanpa menggunakan teropong atau menuju ke tempat yang tinggi. Di kawasan wisata ini, anda juga akan bisa melihat sisa erupsi yang terjadi di tahun 2010 silam.

Bahkan ketika langit memang sedang cerah dan tanpa kabut, maka pengunjung akan disuguhkan keindahan asam sulfat yang berasal dari kubah lava Merapi. Pemandangan satu ini tentu saja hanya akan bisa anda saksikan ketika anda mengunjungi destinasi wisata yang ada di Magelang ini.

Kemudian, tidak hanya gunung Merapi saja yang bisa dengan jelas untuk anda saksikan, melainkan anda juga akan melihat empat puncak gunung lain yang tampak megah bisa anda saksikan di lokasi ini. adapun puncak tersebut antara lain adalah Gunung Kembar yakni Sumbing dan Sindoro, Gunung Merbabu hingga Gunung Slamet yang mengelilingi destinasi alam ini.

3. Pemandangan Sunrise dan Sunset yang Menakjubkan

Daya tarik lain Ketep Pass yang berhasil menyihir pengunjung untuk datang kesini adalah panorama sunset dan sunrisenya yang sangat indah. Anda bisa datang ketika pagi hari atau menjelang sore ketika matahari sedang tidak terik teriknya. Untuk anda yang datang di pagi hari, anda pun akan bisa menikmati indahnya pemandangan matahari terbit.

Selain itu, udara yang segar berselimut kabut tipis di kawasan satu ini ketika pagi hari akan mampu membius wisatawan yang hadir. Kemudian, jika anda datang disaat sore hari, maka anda pun bisa melihat indahnya pemandangan sunset sembari bersantai dan menikmati jagung bakar.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Ketep Pass
Photo by Google Maps Leo Daroquthni

Destinasi wisata ini berada di Jalan Blabak – Boyolali Km 16, Ketep Pass, Ketep. Tepatnya berada di kawasan Sawangan, Magelang, Jawa Tengah. Rute menuju ke wisata alam ini apabila anda berangkat dari Jogja adalah anda bisa melewati jalan menuju ke arah Magelang. Kemudian, anda bisa melanjutkan perjalanan dan melewati Muntilan.

Berikutnya, ketika anda telah sampai pada Pertigaan Blabak, maka anda pun bisa mengambil arah ke kanan yakni menuju ke Sawangan. Perjalanan selanjutnya bisa dilanjutkan dengan menuju ke arah Ketep. Maka sampailah anda di wisata alam yang menyimpan keindahan yang menakjubkan.

Tiket Masuk dan Jam Operasional

Tiket Masuk di Ketep Pass
Photo by Google Maps Ketep pass

Saat anda berkunjung ke Ketep Pass, pengunjung yang datang akan dibebankan biaya tiket masuk terlebih dahulu. Umumnya, wisatawan lokal dan wisatawan asing akan memiliki harga tiket masuk yang berbeda. Adapun harga tiket masuk untuk wisatawan lokal di hari Selasa hingga Sabtu adalah kisaran 10.500 ribu rupiah.

Sedangkan apabila anda datang di hari Minggu maupun tanggal merah dan hari libur, maka tiket masuk yang anda bayarkan adalah sekitar 12.500 ribu rupiah. Lalu, untuk anda yang ingin mengunjungi objek wisata ini, sebaiknya anda tidak datang ketika hari Senin. Hal ini karena tempat ini tutup pada hari tersebut.

Melainkan anda tetap bisa datang mulai dari hari Selasa hingga Minggu. Untuk jam operasionalnya sendiri adalah mulai pukul 8 pagi hingga pukul 5 sore. Jam tersebut berlaku baik hari biasa ataupun akhir pekan. Bagi anda yang berencana mengunjungi destinasi satu ini, maka anda pun bisa untuk memperhatikan jam buka tersebut.

Berbagai Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan

Berbagai Kegiatan Seru di Ketep Pass
Photo by Google Maps imron anshori shodiq

1. Mengunjungi Museum Vulkanologi dan Volcano Theater

Saat berada di tempat ini, anda tidak hanya akan disuguhkan dengan pemandangan yang indah saja. pasalnya, disini anda juga bisa mendapatkan wisata dengan tema edukasi yakni mengunjungi museum vulkanologi dan juga volcano Theater yang ada di Ketep Pass.

Dengan menggunakan teropong, maka wisatawan yang ingin belajar mengenai vulkanologi, akan bisa melihat merapi dengan jarak yang sangat jelas. Salah satunya adalah dengan melihat bentukan gunung aktif yang megah di Jawa Tengah tersebut setelah erupsi. Bahkan pengunjung juga bisa untuk mempelajari karakteristik dari gunung satu ini.

Museum Vulkanologi ini memiliki bentuk yang melingkar. Di dalam sini, anda pun akan melihat miniatur dari Gunung Merapi, seperti sisa sisa hasil erupsinya. Tak hanya itu saja, saat anda menghabiskan waktu di tempat ini, anda juga akan bisa melihat adanya poster dan juga foto dari aktivitas gunung Merapi.

Disini, anda juga akan melihat adanya peringatan dini lahar Merapi dalam bentuk poster dan juga foto pula. Setelah lelah berjalan jalan mengelilingi museum, saatnya anda mengunjungi dan masuk ke Volcano Theater. Wisatawan juga bisa menonton tanyakan dokumenter yang ada di bioskop mini tersebut.

Salah satu film dokumenter yang bisa untuk anda tonton adalah dokumenter sejarah terbentuknya Merapi. Tak hanya itu saja, anda juga melihat film mengenai meletusnya gunung Merapi hingga penelitian di Puncak Garuda. Film tersebut memiliki durasi yakni sekitar 25 menit. Dan anda pun bisa menontonnya dengan kapasitas pengunjung yakni 78 orang.

2. Meditasi

Kegiatan lain yang bisa anda lakukan adalah bermeditasi. Jika anda mencari tempat yang tenang untuk menikmati pemandangan yang indah, maka destinasi wisata ini memang sangat pas dan tepat. Pasalnya, ketika pagi hari Ketep Pass memang masih belum ramai dan banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Sehingga, ketika anda datang di pagi hari, maka bisa langsung untuk bersantai dan duduk di gardu pandang maupun gazebo yang ada di lokasi wisata alam ini. Di tempat tersebut, anda pun bisa langsung melakukan proses meditasi. Dengan udara pagi yang sangat sejuk, maka anda pun nantinya akan bisa untuk membuat pikiran menjadi lebih rileks.

3. Berpiknik

Ingin berpiknik dengan latar belakang pemandangan yang apik? Maka anda pun bisa langsung menuju ke Ketep Pass saat berada di Magelang. Hal ini dikarenakan anda bisa langsung berpiknik bersama dengan keluarga atau sahabat. Anda bisa membawa makanan atau camilan dari rumah.

Bahkan bagi anda yang kebetulan tidak membawa makanan, bisa langsung membelinya di warung yang ada di kawasan wisata. anda pun bisa bersantai sembari mencicipi hidangan yang anda bawa dari rumah. Berpiknik di tengah suasana pegunungan dan alam yang indah ini akan membuat siapa saja yang berkunjung menjadi betah.

Aktivitas di Ketep Pass
Photo by Google Maps Yuli Sugiarti

4. Bermain di Playground

Bagi anda yang membawa si kecil saat berkunjung kesini, tentunya tak perlu khawatir si kecil akan mengalami kebosanan. Hal ini dikarenakan Ketep Pass memiliki beberapa wahana bermain di Playground yang bisa dimanfaatkan untuk mengisi waktu luas. Di taman bermain ini, anak anak akan menemukan beberapa permainan salah satunya adalah seluncuran.

5. Berfoto

Salah satu kegiatan yang menarik adalah berfoto. Anda tak perlu heran jika banyak pengunjung yang datang sengaja membawa kamera untuk mengabadikan momen yang ada di sekitar tempat wisata, sebab banyak spot menarik yang bisa anda abadikan. Diantaranya adalah momen ketika matahari terbit dan juga tenggelam.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Ketep Pass

Fasilitas di Ketep Passs
Photo by Google Maps Hasim Ikhwanudin

Berkunjung ke wisata alam ini, anda akan disuguhkan dengan fasilitas penunjang untuk berekreasi dan juga edukasi. Bagaimana tidak, anda akan bisa belajar mengenai vulkanologi di museum dan bioskop mini yang ada di lokasi. Kemudian, terdapat pula area parkir, toilet, mushola dan juga warung makan untuk mengisi perut anda.

Berjalan jalan di Ketep Pass memang menjadi salah satu alternatif untuk menghilangkan penat. Melihat pemandangan puncak dari beberapa gunung yang berbeda akan menjadi salah satu hal menakjubkan yang bisa anda dapatkan disini. Jika anda bingung menghabiskan waktu di Magelang, tempat satu ini dapat menjadi solusinya.

Give a Comment