Yogyakarta sangat dikenal karena indahnya dan eksotisnya pemandangannya. Salah satu lokasi wisata yang sangat hits dan digemari oleh wisatawan di Yogyakarta adalah Gunungkidul. Destinasi ini sangat terkenal dengan keindahan pasir putih, keunikan Goa Pindul, Air Terjun Sri Gethuk, dan objek wisata lainnya.

Untuk Anda yang sering berwisata, tentunya wisata tidak akan lengkap tanpa menikmati kuliner khas dari objek wisata yang Anda kunjungi. Wisata Gunung Kidul terkenal dengan keindahan objek yang ditawarkan serta kuliner yang dihidangkan. Kuliner disini sangat kental dengan penggunaan rempah-rempah yang menambah cita rasa dan kesan tradisional pada setiap menu kulinernya. Berikut daftar rekomendasi kuliner khas Gunung Kidul yang menarik untuk Anda cicipi.

1. Tiwul

Tiwul
Photo by Twitter Veronika Peni asih

Nasi tiwul adalah makanan khas yang terbuat dari gaplek atau singkong yang sudah dikeringkan. Gaplek ini akan diolah dengan cara dihaluskan dengan menggunakan penggilingan dan akan dihasilkan singkong berbentuk butiran nasi. Gaplek ini kemudian dicuci bersih kemudian dikukus. Hasil kukusan ini disebut tiwul. Setelah itu, umumnya akan dicampur dengan nasi hangat dan disajikan bersama dengan ikan asin, sambal, dan lainnya.

Untuk Anda yang ingin menikmati tiwul tanpa nasi, terdapat juga tiwul yang langsung disajikan tanpa dicampur dengan nasi. Tiwul biasanya dipadukan dengan lauk dan pauk yang memiliki rasa gurih dan asin. Hal ini karena tiwul sendiri memiliki rasa yang hambar. Tiwul ini juga dijadikan sebagai olahan manis dengan dicampur dengan gula merah dan kelapa parut.

2. Gatot

Gatot
Photo by Twitter Amici Rent&Adventure

Gatot merupakan kuliner khas yang juga diperoleh melalui olahan singkong. Singkong ini akan melalui proses pengupasan lalu dibersihkan dan dijemur dibawah sinar matahari hingga kering. Setelah itu, gatot ini direndam dalam air bersih selama lebih kurang 12 jam dan kemudian dikukus di dandang selama dua jam dan kemudian gatot dapat dinikmati.

Gatot umumnya akan disajikan dibalut dengan daun pisang sehingga memberikan kesan rasa daun pisang yang tentunya menambah cita rasa dari gatot. Gatot ini juga umumnya dipadukan dengan parutan kelapa halus yang ditaburkan di atas gatot untuk menambah keindahan serta rasa gatot. Makanan khas ini sangat laris di pasaran dan umumnya disajikan atau dijual di pasar tradisional Gunungkidul.

3. Sayur Lombok Ijo

Sayur Lombok Ijo
Photo by Twitter ripsi

Sayur Lombok Ijo atau yang sering disebut sebagai sayur cabe hijau merupakan makanan yang memiliki rasa khas yang pedas. Kuliner ini juga sering disebut sebagai jangan Lombok ijo dimana jangan berarti sayur, dan lombok berarti cabai. Hidangan ini dilengkapi dengan tambahan kacang panjang dan tempe rebus yang dimasukkan saat proses memasak. Sayur Lombok ijo ini menjadi salah satu makanan ikonik di wisata Gunungkidul.

Sayur lombok ijo umumnya disajikan dengan tahu putih, ikan asin, nasi, dan petai sebagai penambah cita rasa makanan. Nasi yang digunakan umumnya adalah nasi merah karen nasi merah merupakan salah satu ciri khas dari makanan yang ada Gunungkidul. Makanan ini akan Anda temui di setiap acara besar seperti Khitan, pernikahan dan lainnya. Sealin itu, kuliner ini juga banyak dijual di pasar tradisional atau pun warung makan di sekitar destinasi wisata.

4. Sego Abang

Sego Abang
Photo by Twitter IG: @streetofjogja

Sego abang merupakan bahasa daerah dari nasi merah. Makanan ini juga bersanding dengan makanan khas yang terkenal di Gunungkidul. Pengolahannya dilakukan dengan proses pengukusan. Beras merah yang sudah dipersiapkan dikukus yang umumnya menggunakan tungku tanah liat. Sego abang ini merupakan nasi yang menjadi makanan yang akan lebih sering ditemui daripada nasi putih.

Sego abang biasanya disajikan dengan tempe goreng, ayam goreng, urap, dan lauk pauk lainnya. Pasar tradisional dan warung makan sekitar Gunungkidul banyak menjual kuliner ini dengan harga yang bervariasi tergantung dari lauk pauk pelengkapnya dan porsi yang dipesan. Saat Anda berwisata ke kabupaten ini pastikan Anda mencicipi hidangan unik ini.

5. Belalang Goreng

Belalang Goreng
Photo by Twitter 𝐜𝐡𝐚𝐧𝐝𝐫𝐚

Belalang, serangga yang sering kita temui di rerumputan atau hutan. Siapa yang dapat menyangka bahwa serangga ini dapat dijadikan hidangan yang terkenal dan diminati banyak orang? Belalang memiliki kandungan protein yang tinggi yang pastinya baik untuk kesehatan Anda. Belalang goreng merupakan makanan khas dan unik yang dijajakan di sekitar Wisata Gunungkidul.

Belalang goreng ini banyak dijajakan di pinggir jalan maupun di warung-warung makan. Belalang goreng ini disajikan dengan sambal bawang yang terkenal dari Gunungkidul. Untuk Anda yang menyukai makanan ekstrim dan tidak biasa sangat direkomendasikan untuk mencicipi hidangan satu ini. Untuk kebersihannya tidak perlu diragukan lagi dan juga sangat aman karena tidak mengandung pengawet.

6. Sompil

Sompil gunung kidul
Photo by Facebook Kuliner Jogja

Sompil adalah salah satu makanan khas dari Gunungkidul yang bentuk dan teksturnya sangat mirip dengan lontong. Selain bentuk dan teksturnya, rasa dan cara menghidangkannya pun cukup mirip. Sompil umumnya akan disajikan dengan kuah santan dan beberapa lauk pauk berupa tahu, tempe, atau sayuran. Perbedaan paling mencolok antara sompil dan lontong adalah penggunaan daun pisang berbentuk mengerucut pada pengolahan sompil.

Sompil merupakan kuliner terkenal bagi para wisatawan. Ketertarikan wisatawan disebabkan kemiripannya dengan lontong. Warung makan dan pasar tradisional sekitar Gunungkidul banyak yang menjual dan menyajikan makanan ini sehingga Anda tidak perlu lelah dan repot untuk mencari makan unik satu ini.

7. Glinding Burung Dara

Glinding Burung Dara
Photo by Facebook Toko Indofamily Rui An(cc family)

Glinding burung dara merupakan makanan khas yang mirip dengan bakso. Perbedaannya adalah bakso pada umumnya merupakan olahan dari daging sapi maupun ayam, namun untuk kuliner unik ini merupakan olahan dari daging burung dara. Daging burung dara ini akan dihaluskan dan dicampur dengan rempah-rempah dan parutan kelapa. Makanan enak ini disajikan dengan kuah dan bawang goreng yang menambah kenikmatan glinding burung dara ini.

Namun, sekarang kuliner unik ini sudah jarang ditemui karena sudah banyak penjual yang beralih dan menjual makanan lain. Pasalnya burung dara sudah sedikit populasinya di Gunungkidul. Kuliner unik terbilang murah dimana harga per buah glinding burung dara adalah Rp 2000. Untuk menemukan kuliner ini, Anda sebaiknya mencarinya di pasar-pasar tradisional di kabupaten ini.

8. Kelelawar Bacem

Kelelawar Bacem
Photo by Twitter BunTalFish

Selain belalang, makanan tidak biasa lainnya adalah kelelawar. Kelelawar yang umumnya menjadi hewan gua ini dapat juga diolah menjadi makanan khas oleh masyarakat Gunungkidul. Kelelawar bacem umumnya disebut juga dengan codot bacem. Kelelawar ini dibersihkan dari bulu-bulu dan kotorannya kemudian direbus bersama bumbu bacem. Setelah kelelawarnya matang, kemudian diberi minyak kelapa dan digoreng lagi.

Kelelawar bacem ini tidak ditemui di seluruh wilayah wisata Gunungkidul. Hanya ada beberapa lokasi yang menyajikan dan menjualnya. Hal ini diakibatkan oleh sulitnya dalam penangkaran dan pengolahan kelelawar karena kelelawar yang digunakan merupakan jenis khusus yaitu kelelawar yang berukuran kecil. Salah satu tempat makan yang menjual makan unik ini terletak di Desa Giriharjo. Untuk Anda yang ingin mencicipi makan unik ini dapat langsung mengunjungi Desa Giriharjo, ya.

9. Urap Trancam

Urap Trancam
Photo by Twitter reza andrea

Urap merupakan makanan yang berupa perpaduan dari beberapa jenis sayur. Urap trancam yang ada di Gunungkidul ini belakangan ini menjadi terkenal dan hits bagi wisatawan. Pasalnya urap ini merupakan sebuah kuliner sehat dan enak yang tentunya sangat baik untuk Kesehatanmu baik secara fisik maupun jiwamu karena makanan yang enak akan membantu Anda untuk tetap positif.

Urap trancam ini mirip dengan urap lainnya dimana sayuran yang digunakan adalah tauge, kemangi, dan sayur mayur lainnya dan dicampur dengan kelapa parut manis. Kemangi ini akan memberi rasa khas dalam urap khas satu ini. Untuk menambah cita rasanya, Anda dapat menambah tambahan seperti ayam, sate usus, dan makanan lainnya.

10. Sambal Bawang

Sambal Bawang
Photo by Twitter agriansyah

Sambal bawang adalah sambal yang belakangan ini diburu oleh wisatawan karena rasanya yang sangat lezat. Sambal bawang dari Gunungkidul ini merupakan sambal yang dapat Anda nikmati dengan produk makanan apapun baik ikan, ayam goreng, tahu, tempe, dan makanan lainnya. Anda akan sangat mudah menemui sambal ini baik di warung makan, kedai, atau restoran sekalipun.

Sambal bawang seringkali disajikan di dalam ulekan dan ditata dengan makanan pendamping yang Anda inginkan. Ulekan ini akan memberi kesan tradisional dan unik dalam menyantap makanan. Untuk Anda yang berencana untuk berlibur ke Gunungkidul jangan lupa membeli dan mencicipi sambal bawang unik ini, ya.

Demikianlah ulasan mengenai rekomendasi kuliner khas Gunung Kidul yang dapat Anda gunakan sebagai referensi untuk Anda yang hendak berlibur dan berwisata di kabupaten ini. Kuliner di atas akan memberi kesan indah dan menarik bagi kegiatan liburan Anda. Pastikan Anda mencoba makanan-makan di atas agar kegiatan wisatamu makin sempurna. Penulis berharap semoga tulisan ini bermanfaat bagi pembaca.

Give a Comment