Yogyakarta memang memiliki banyak daya tarik di mata wisatawan lokal hingga mancanegara. Selain menjelajah wisatanya, Anda juga bisa sekalian berburu makanan khasnya dengan menjajal berbagai tempat kuliner malam di Jogja yang paling terkenal.

Berikut tempat kuliner malam di Jogja

Tidak pagi atau malam, Jogja tetap akan memberikan pesona yang luar biasa. Ada banyak hal yang bisa dilakukan saar berada di Jogja, terutama ketika malam hari. Anda bisa berburu kuliner yang terkenal lezat. Ada beberapa tempat yang bisa Anda kunjungi untuk petualangan rasa tak terlupakan dan berkesan. Berikut rekomendasi tempat untuk kulineran malam ketika berada di kota Jogja.

1. Soto Sampah

Soto Sampah
Image Credit: Google Maps (putri farida)

Untuk memulai perjalanan kuliner Anda di Jogja, Anda bisa memulainya dengan mencicipi Soto sampah. Jangan salah sangka dengan namanya lebih dahulu, karena bukan berarti terbuat dari sampah. Warung soto satu ini memang memiliki tampilan yang sangat sederhana. Tapi jangan meragukan rasa yang akan Anda cicipi nantinya.

Dalam satu porsi soto sampah, Anda akan menemukan nasi putih, kol, bihun, toge juga seledri lengkap dengan bawang gorengnya. Tidak lupa suwiran daging ayam yang kemudian disiram dengan menggunakan kuah segar juga gurih. Untuk menambah cita rasa, Anda bisa memilih lauk yang beragam, mulai dari sate ati, telur dadar, gorengan dan lainnya.

Lokasi: Jl. Kranggan No.2, Cokrodiningratan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

2. Nasi Campur Teri Gejayan

Nasi Campur Teri Gejayan
Image Credit: Google Maps (Donny Artya)

Tempat makan satu ini selalu dibanjiri pengunjung saat malam datang. Menyediakan nasi campur, Anda bisa menikmati rasa yang luar biasa. Nasi Campur Teri Gejayan sendiri menjadi favorit mahasiswa untuk berburu makanan ketika malam tiba. Jam bukanya memang pukul 9 malam hingga setengah 4 pagi.

Sehingga menjadi penyelamat kala lapar tengah malam melanda. Menariknya lagi, selain menawarkan rasa yang nikmat tempat satu ini juga membanderol harganya ramah kantong. Ada banyak pilihan lauk yang bisa Anda pilih untuk menemani makan Anda. Mulai dari teri, telur, gorengan, tahu, tempe dan lainnya. Pengunjung biasanya akan menikmatinya di pinggir trotoar.

Lokasi: Jl. Affandi No.5, Klitren, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

3. Dimsum Uma Yum Cha

Dimsum Uma Yum Cha
Image Credit: Google Maps (Ria Ekawati)

Selain makanan berat, di Jogja Anda juga bisa berburu dimsum saat malam datang. Dimsum Uma Yum Cha termasuk dimsum hits dengan rasa yang enak. Kedai satu ini menawarkan dimsum dengan bahan daging ayam. Namun Anda bisa menemukan banyak isian yang beragam, dari lobster, wortel, udang, jamur hingga daging asap.

Perpaduan rasa gurih dan asam dari saus asam manisnya akan membuat siapapun ketagihan. Tenang saja, Anda tak perlu khawatir dompet jebol. Karena dimsum di tempat satu ini dibanderol mulai dari Rp 3 ribu rupiah. Anda bisa menuju daerah pasar Condronegaran untuk menemukan kedai dimsum yang tak pernah sepi pembeli ini.

Lokasi: Jl. Kp. No.980, Gedongkiwo, Kec. Mantrijeron, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

4. Sate Taichan Senayan Jogja

Sate Taichan Senayan Jogja
Image Credit: Google Maps (Rickook)

Penggemar sate? Maka Anda harus mencicipi nikmatnya sate Taichan saat di Jogja. Sate Taichan Senayan Jogja ini menjadi tempat kuliner yang tak pernah sepi. Restoran satu ini memang mengusung konsep street food. Menu yang ditawarkan cukup beragam, Anda bisa memilih sate daging atau sate kulit yang menjadi menu favorit,

Bumbu sate yang gurih meresap sempurna pada dagingnya. Dijamin ketika mencicipi kuliner satu ini Anda akan ketagihan. Rasa rempahnya juga sangat kaya, makin mantap jika dipadukan dengan daging ayam lembut. Selain itu rahasia utama nikmatnya taichan ini adalah sambalnya. Tidak hanya sate, Anda juga bisa memilih rice bowl sebagai pilihan.

Lokasi: Jl. Kolonel Sugiyono No.19C, Brontokusuman, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

5. Angkringan Kopi Jos Lik Man

Angkringan Kopi Jos Lik Man
Image Credit: Google Maps (Salahudin Ardi)

Jogja tanpa deretan angkringan rasanya tidak akan pernah lengkap. Dan Anda yang tiba di Jogja juga jangan sampai melewatkan menikmati aneka kuliner di angkringan. Salah satu angkringan yang bisa Anda jadikan tujuan untuk kuliner malam adalah Angkringan Kopi Jos Lik Man. Menu yang ditawarkan di tempat satu ini tak berbeda jauh dengan angkringan lainnya.

Mulai dari aneka sate satean, nasi kucing, aneka gorengan juga minuman. Hanya saja di tempat ini, Anda bisa mencicipi kopi jossnya yang begitu terkenal. Kopi hitam ini akan dimasukkan bongkahan bara api ketika sudah diseduh. Cita rasa minuman ini begitu berbeda dan Anda bisa mencicipinya.

Lokasi: Jl. Ps. Kembang, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

6. The House Of Raminten

House Of Raminten
Image Credit: Google Maps (Erry Putri .A)

The House Of Raminten bisa dijadikan jujugan bagi Anda yang ingin kulineran di malam hari. Buka selama 24 jam, Anda bisa mencicipi beraneka ragam menunya. Mulai dari sego kucing, sego gudeg, pecel Raminten, mangut lele hingga menu tradisional lainnya. Tak hanya makanan, minuman yang ditawarkan juga sangat beragam dengan tempat yang kental budaya jawanya.

Lokasi: Jl. Faridan M Noto No.7, Kotabaru, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

7. Sate Klathak Pak Bari

Sate Klathak Pak Bari
Image Credit: Google Maps (Ana Purwandari)

Sate Klathak menjadi menu berikutnya yang juga banyak diburu oleh wisatawan. Dan Anda bisa menuju sate Klathak Pak Bari yang juga sangat legendaris. Satu porsi sate klatak, akan berisi dua tusuk sate, kuah gulai dan nasi putih. Tenang saja, ukuran satenya besar dengan daging yang empuk. Dijamin Anda akan ketagihan dengan rasa sate klathak satu ini.

Lokasi: Pasar Wonokromo, Jl. Imogiri Timur No.5, Wonokromo II, Wonokromo, Kec. Pleret, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

8. Oseng Oseng Mercon Bu Narti

Oseng Mercon Bu Narti
Image Credit: Google Maps (Bang Awak)

Ingin mencicipi makanan yang pedas? Oseng Oseng Mercon Bu Narti menjadi tujuan kuliner malam di Jogja yang pas. Warung lesehan ini menawarkan oseng daging sapi dengan rasa yang pedas seakan meledak layaknya mercon. Menikmati satu porsi oseng mercon, Anda juga bisa memilih banyak lauk pendamping. Tempat satu ini tak pernah sepi pengunjung dan legendaris.

Lokasi: Jl. Padokan No.16, Padokan Kidul, Tirtonirmolo, Kec. Kasihan, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

9. Bakmi Jawa Mbah Mo

Bakmi Mbah Mo
Image Credit: Google Maps (bagus painting)

Mengunjungi Jogja, tidak afdol rasanya jika Anda tidak mencicipi bakmi Jawanya. Anda bisa mampir di Bakmi Jawa Mbah Mo untuk merasakan nikmatnya menu satu ini. Racikan bakmi jawa ini tidak menambahkan kecap, bihun, tomat juga merica. Dalam satu porsi, Anda akan menemukan mie kuning, suwiran ayam kampung, telur bebek yang bisa dipesan kuah atau goreng.

Lokasi: Jl. Parangtritis No.Km.11, Code, Trirenggo, Kec. Bantul, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

10. Sop Kaki Kambing Bang Udin

Sop Kaki Kambing Bang Udin
Image Credit: Google Maps (Septiana Mar Atisnaini)

Warung kaki lima satu ini memiliki rasa sop kaki kambing yang begitu enak. Anda bisa menemukan di sekitar SMP N 1 Jogja yang biasanya buka hingga tengah malam. Aromanya yang kaya rempah, tanpa bau amis atau prengus membuat penikmatnya tak pernah sepi. Harganya terbilang murah dengan isian mulai dari daging, jeroan, kaki kambing hingga bagian kepalanya.

Lokasi: Terban, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

11. Sego Godog Pak Pethel

Sego Godog Pak Pethel
Image Credit: Google Maps (bani marwanto)

Kuliner yang terbilang unik adalah Sego Godog Pak Pethel. Sego atau yang berarti nasi ini memang direbus bukan digoreng seperti biasanya. Nasi rebus tersebut akan dimasak dengan kuah yang kaya rempah dan diberi tambahan seperti kubis, ayam suwir hingga telur. Anda bisa menemukannya di Ngaglik Bantul dan siap siap untuk antri panjang.

Lokasi: Ngaglik, Pendowoharjo, Kec. Sewon, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

12. Nasi Goreng Papua

Nasi Goreng Papua
Image Credit: Google Maps (Teguh Supriyadi)

Penjual nasi goreng memang sudah ada di mana mana, amun jika Anda sedang di jogja bisa mengunjungi Nasi Goreng Papua Mbak Amel. Di tempat ini, Anda bisa menikmati nasi goreng dengan porsi jumbo. Soal rasa Anda tak perlu khawatir karena memang begitu juara. Jika Anda tidak habis, Anda juga bisa membungkus nasi goreng Anda.

Lokasi: Jl. Ngapak – Kentheng No.2, Kembang, Ngestiharjo, Kec. Kasihan, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

13. Warmindo Bu Siti

Warmindo Bu Siti
Image Credit: Google Maps (Zubad Sam)

Siapa yang tidak suka olahan Indomie? Memang tempat satu ini menyediakan olahan mie instan tetapi antrian pembelinya begitu panjang. Warmindo Bu Siti menawarkan mie pedas dengan tambahan telur, ayam juga telor bebek. Mienya dibuat nyemek dan juga ditambahkan dengan bumbu sendiri, sehingga rasanya luar biasa nikmat.

Lokasi: Jl. Sisingamangaraja No.36, Brontokusuman, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

14. Mie Ayam Kamehame

Mie Ayam Kamehame
Image Credit: Google Maps (Dwi Laras Adhiningsih)

Mie Ayam Kamehame bisa dikatakan sebagai mie ayam yang rasanya jempolan di Jogja. terutama bagi Anda yang gemar makan makanan pedas. Kuliner satu ini menyediakan beberapa level pedas pada mienya. Ukuran mienya terlihat besar tapi teksturnya kenyal dan lembut.

Lokasi: Jl. Urip Sumoharjo No.64, Klitren, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

15. Gudeg Pawon

Gudeg Pawon
Image Credit: Google Maps (Muhammad Mustain)

Gudeg Pawon menawarkan cita rasa gudeg basah yang luar biasa nikmat. Terutama jika Anda mencicipi ayam kampungnya yang empuk dan bikin nagih. Untuk menikmati gudeg ini, siap siap untuk antri panjang. Tidak hanya memiliki rasa maknyus, Gudeg Pawon juga begitu legendaris. Hanya buka malam hari yakni pada 21.30 sampai dengan 00.00 WIB.

Lokasi: Jl. Janturan UH/IV No.36, Warungboto, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

16. Gudeg Mercon Bu Tinah

Gudeg Mercon Bu Tinah
Image Credit: Google Maps (O’Neil Castro)

Kuliner malam di Jogja tak lengkap jika tak mengunjungi Gudeg Mercon Bu Tinah. Gudeg yang manis dan gurih akan disajikan dengan oseng mercon super pedas. Warung kaki lima satu ini menawarkan rasa yang tak akan membuat kecewa. Lauk yang bisa dijadikan pilihan juga sangat banyak.

Lokasi: Jl. Asem Gede No.8, Cokrodiningratan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

17. Tongseng Pak Kribo

Tongseng Pak Kribo
Image Credit: Google Maps (Junio TR)

Menyusuri kawasan Jogja Utara, jangan lupa mampir di Tongseng Pak Kribo. Di warung ini, Anda bisa menikmati berbagai olahan kambing yang rasanya tiada dua. Tengklengnya begitu gurih dengan daging super lembut. Untuk penikmat tongseng rasanya sedikit manis tapi gurih. Sementara gulainya terasa gurih, semua menunya memang juara.

Lokasi: Jl. Kaliurang No.KM.17, Sukanan, Pakembinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

18. Nasi Goreng Kambing Samsat

Nasi Goreng Kambing Samsat
Image Credit: Google Maps (Yoktan E. M.)

Warung nasi goreng kambing terkenal di Jogja yang bisa Anda kunjungi adalah Nasi Goreng Kambing Samsat. Yang membuatnya berbeda, nasi goreng akan dimasak ketika ada orderan. Sehingga rasanya menjadi lebih fresh dan hangat sebab baru saja dari penggorengan.

Lokasi: Jl. Tentara Pelajar No.28, Bumijo, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

19. Martabak KumKum

Martabak KumKum
Image Credit: Google Maps (Andry S Santoso)

Martabak menjadi panganan yang memiliki banyak penggemar. Di Jogja, Anda bisa menjadikan Martabak KumKum sebagai tujuan. Anda bisa memesan martabak manis ataupun telur dengan rasa jempolan. Topping yang ditawarkan juga sangat banyak, Anda bahkan bisa memesan yang 16 rasa.

Lokasi: Jl. Prof. Herman Yohanes No.1060, Terban, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

20. Surabi Bandung

Surabi Bandung
Image Credit: Google Maps (Regina Kroesdiyantika W.)

Siapa bilang mencicipi surabi Bandung harus datang dulu ke Bandung. Di Jogja, ada warung surabi yakni Surabi Bandung Kang Sena Gejayan yang rasanya luar biasa. Varian topping yang ditawarkan juga sangat banyak. Anda bisa memesan surabi manis juga asin sesuai dengan selera.

Lokasi: Jl. Affandi No.20, Soropadan, Condongcatur, Kec. Depok, Kab. Sleman, DIYogyakarta.

21. Wedang Ronde Lek Dhie

Wedang Ronde Lek Dhie
Image Credit: Google Maps (Lek Dhie JOGJA)

Kuliner khas yang pas diburu ketika malam hari adalah Wedang Ronde. Minuman satu ini menggunakan kuah jahe hangat yang ditambahkan kacang tanah, roti tawar juga candil. Perpaduan rasa pedas dan manis ini akan menghangatkan tubuh Anda. Warung ronde satu ini sudah terkenal dengan rasanya yang nikmat.

Lokasi: Jl. Dagen No.7-12, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

22. Bajigur

Bajigur
Image Credit: Google Maps (Finna Oktasari Saputra)

Selain ronde, Anda juga harus mencicipi nikmatnya wedang bajigur. Minuman satu ini cocok untuk menemani malam Anda saat di Jogja. terbuat dari santan dan gula aren membuatnya manis juga gurih. Disajikan saat hangat, bajigur memiliki isian seperti kolang kaling dan roti tawar. Anda bisa mengkonsumsinya dalam bentuk hangat atau dingin.

Lokasi: Jl. Alun-Alun Utara No.1, Kadipaten, Kec. Kraton, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

Beberapa tempat kulineran malam di kota Jogja tersebut bisa Anda jadikan referensi saat berkunjung. Sebenarnya masih ada banyak tempat makan yang bisa Anda kunjungi di malam hari. tapi beberapa yang telah disebutkan merupakan yang paling terkenal. Jadi, sudah siap untuk menjelajah Jogja di malam hari?

Give a Comment