Langlang Buana, Tempat Wisata Ala Eropa yang Hits di Sleman Jogja

Langlang Buana, Tempat Wisata Ala Eropa yang Hits di Sleman Jogja
Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kaliurang, Sawungan, Kel. Hargobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Yogyakarta tidak pernah berhenti menyuguhkan tempat-tempat wisata yang menarik dan indah.           Ada banyak destinasi wisata yang bagus mulai dari wisata alam hingga museum dapat Anda temukan ketika sedang berlibur ke Kota Pelajar. Salah satu wisata populer dan hits dikalangan wisatawan adalah Langlang Buana yang terletak di Sleman.

Tempat hits ini mengusung konsep agrowisata dan edukasi, sehingga akan sangat cocok ketika Anda menghabiskan waktu liburan Anda disini bersama dengan teman atau keluarga. Apa saja hal menarik seputar tempat wisata ini, berikut ulasan lengkapnya.

Daya Tarik Wisata Langlang Buana

Wisata Langlang Buana Jogja Yang Instagramable Dan Lagi Hits Di Sleman
Photo by Google Maps berbagifun Family

1. Spot Foto Menarik

Langlang Buana sangat terkenal dengan spot fotonya yang sangat menarik karena memiliki latar bangunan ikonik di dunia khususnya Eropa yang sangat instagramable untuk spot foto bagi kaum milenial. Jadi, tidak heran, ketika Anda berkunjung kesini Anda akan menemukan banyak kaum milenial yang berkunjung karena tempat ini menjadi tujuan bagi mereka yang tidak punya waktu atau memiliki budget terbatas untuk keliling dunia khususnya Eropa.

Konsep dari spot foto disini juga terinspirasi dari masih banyaknya masyarakat khususnya kaum muda. Ketika Anda kesini, Anda dapat menjumpai Santorini, rumah indah dengan bendara swiss, box telephone khas Inggris, sampai Pulau Indah yang ada di Yunani yang begitu terkenal pun bisa Anda temui disini. Selain bangunan ikonik dunia, spot foto menarik yang juga tidak pernah dilewatkan oleh para wisatawan adalah spot lukisan dinding hasil karya dari mahasiswa ISI Yogyakarta.

2. Sewa Kostum

Untuk membuat hasil foto Anda semakin maksimal, pihak pengelola juga menyediakan sewa kostum tradisional ala Eropa kepada para wisatawan. Jika Anda ingin menyewa kostum tradisional ini, Anda dapat menyewa ke bagian ticketing sebelum masuk ke kawasan Langlang Buana.

Harga sewa kostum tradisional ala eropa ini dikenakan tariff sebesar Rp20.000 untuk durasi pemakaian 1 jam. Jika, pemakaian kostum melebihi durasi yang ditentukan, Anda akan dikenakan tarif lagi dengan membayar sebesar Rp20.000

Wisata Langlang Buana Jogja Yang Menawan Dan Menarik Di Sleman
Photo by Google Maps Haruyuki

3. Field Trip

Selain menyajikan spot foto yang menarik, Langlang Buana memberikan edukasi yang menyenangkan kepada para wisatawan. Wahana edukasi cocok tanam ini menjadi sarana edukasi yang sangat cocok untuk anak-anak atau para wisatawan yang ingin berelaksasi dari rutinitas sehabis bekerja.

Disini, wisatawan dapat belajar banyak hal tentang tanaman hidroponik. Tanaman hidroponik ini sangat bagus dan efisien walau Anda memiliki lahan yang sempit. Anda dapat belajar banyak mulai dari pembibitan, penanaman, sampai pengolahan areal hidroponik. Wahana menarik satu ini sangat mengasyikkan dan tidak kalah menarik dari spot foto yang ada di Langlang Buana.

4. Proses Pembuatan Kopi Luwak

Tentu Anda tidak asing lagi jika mendengar kopi luwak, siapa yang tidak kenal dengan kopi satu ini? Kopi luwak begitu terkenal dikalangan masyarakat bahkan jenis kopi satu ini bahkan menjadi salah satu kopi termahal di dunia. Biji kopi satu ini memiliki rasa yang begitu nikmat dan berbeda dari jenis biji kopi yang lainnya. Sebenarnya, perbedaan jenis biji kopi luwak dengan jenis biji kopi lainnya bukan terletak dari biji, melainkan dari proses pemilihannya. Jika proses pemilihan biji kopi pada umumnya dipilih oleh manusia, maka kopi satu ini dipilih oleh luwak sendiri.

Untuk Anda yang seorang penggemar kopi, Anda diberi kesempatan oleh pihak pengelola untuk melihat proses pembuatan kopi luwak. Selain itu, Anda juga dapat membeli hasil produksi biji kopi luwak dan membawanya sebagai oleh-oleh. Disini, para wisatawan selain dapat melihat produksi biji kopi luwak, wisatawan juga diberi edukasi tentang bagaimana pemilihan biji kopi yang baik, cara memanen, sampai belajar proses penggilingan. Setelah proses pembungkusan, para wisatawan dapat memberi hasil produksi biji kopi sebagai oleh-oleh.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Lokasi Wisata Langlang Buana Jogja Di Sleman
Photo by Google Maps Aulia Ardiani

Langlang Buana berlokasi di Jl. Kaliurang, No. Kilometer 20, Sawangan, Kelurahan Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Jika Anda berangkat dari pusat Kota Yogyakarta, jarak yang harus Anda tempuh untuk bisa berkunjung ke tempat indah ini sekitar 22 km. Kalau Anda berangkat menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil, waktu tempuh kurang lebih sekitar 40 menit.

Anda tidak perlu khawatir jika ingin berkunjung kesini karena lokasi dari wisata populer ini sangat mudah untuk dikunjungi. Selain itu, akses jalan sangat baik, dapat dilalui oleh kendaraan mobil maupun motor. Bahkan, karena lokasinya yang begitu mudah, Anda juga bisa mengikuti rute dari Google Maps yang akan semakin memudahkan Anda untuk menemukan lokasi wisata hits ini.

Harga Tiket Masuk Langlang Buana

Tiket Masuk Di Wisata Langlang Buana Jogja
Photo by Google Maps Iwan Haniyoto

Jika Anda ingin berwisata di salah satu tempat wisata terbaik di Sleman, Langlang Buana dibuka setiap hari, sehingga wisatawan bisa berkunjung hari apa saja, dengan jam operasional mulai pukul 08.30 sampai dengan 17.00 WIB.

Untuk harga tiket masuk, tidak ada perbedaan antara hari biasa (Senin sampai Jum’at) dan akhir pekan. Pengunjung akan dikenakan harga tiket sebesar Rp 25.000 per orang. Tetapi, untuk pengunjung yang berusia dibawah 12 tahun tidak akan dikenakan tiket masuk.

Ragam Aktivitas Menarik yang Dilakukan

Kegiatan Menarik Di Wisata Langlang Buana Jogja
Photo by Google Maps Lis Setiadi

1. Hunting Foto Instagenic

Tentu saja, hal pertama yang akan menarik perhatian para wisatawan khususnya kaum muda yang menyukai selfie atau photography adalah hunting foto. Berwisata di Langlang Buana, mata Anda akan sangat dimanjakan karena Anda dapat menemukan banyak sekali spot foto yang menarik dengan latar yang sangat cocok untuk menghiasi feed akun Instagram Anda.

2. Mengunjungi Mini Farm

Selain memiliki spot foto yang menarik, disini juga terdapat sebuah wahana mini farm di mana Anda dapat melakukan interaksi dengan hewan hewan. Tetapi, Anda tidak perlu takut karena hewan yang terdapat disini aman dan juga jinak. Wahana Mini Farm ini sangat populer dan disukai oleh anak-anak karena mereka yang memiliki rasa ingin tahu tentang hewan hewan lucu disekitar mereka.

Disini, para wisatawan bisa bermain dengan kelinci di Taman Kelinci. Anak-anak bisa sepuasnya bermain bersama kelinci sambil memberi mereka makan. Selain bermain bersama kelinci, anak-anak juga bisa bermain dengan domba. Salah satu hal menariknya adalah para pengunjung juga bisa belajar budidaya hewan disini, yaitu belajar budidaya kelinci dan kambing. Untuk kambing, jenis yang dipelajari adalah dari jenis Kambing Ettawa.

Selain dapat bermain bersama dengan kelinci dan domba serta belajar edukasi budidaya hewan, anak-anak pasti akan semakin betah karena disini mereka juga dapat melakukan kegiatan lainnya seperti memerah susu kambing dan sapi dan memberikan dot susu kepada bayi kambing. Selain hewan ternak, disini juga ada hewan berjenis reptile seperti kura-kura, ular, dan lainnya yang digunakan untuk edukasi. Anda tidak perlu khawatir karena reptile disini aman.

Aktivitas Menarik Lainnya Di Wisata Langlang Buana Jogja
Photo by Google Maps Cynites

3. Mencoba Wahana Permainan

Di Langlang Buana, para wisatawan juga dapat menikmati wahana permainan yang begitu menarik. Salah satu wahana menarik yang bisa Anda temui ketika berkunjung kesini adalah adanya wahana outbond yang disediakan oleh pihak pengelola. Terdapat beberapa wahana outbound yang bisa Anda mainkan disini. Untuk bermain di wahana ini, wisatawan tidak perlu lagi membayar tiket karena tiket memainkan wahana ini sudah termasuk ketika Anda membayar tiket masuk.

4. Berkeliling Dengan Jeep

Salah satu aktivitas menarik lain yang bisa Anda lakukan di tempat ini adalah berkeliling dengan Jeep. Pihak pengelola telah menyediakan Jeep untuk wisatawan naiki, nantinya wisatawan akan di ajak berkeliling di kawasan sekitar menggunakan Jeep. Harga untuk berkeliling menggunakan jeep ini memiliki tarif yang lumayan mahal yaitu sekitar Rp 350.000 sampai Rp 500.000. Tetapi, Anda akan mendapatkan sebuah pengalaman yang tidak akan terlupakan.

5. Wisata Kuliner Khas Jogja

Ketika berkunjung kesini, Anda dapat menemukan beberapa restoran yang menjual beragam makanan khas Yogyakarta yang dijual mulai dari camilan sampai dengan makanan berat dapat Anda temukan. Berwisata kuliner makanan khas Yogyakarta tentu akan menjadi hal yang menyenangkan dan jangan sampai Anda melewatkannya. Untuk harga, tiap restoran menerapkan harga makanan yang berbeda, tetapi Anda tenang saja, karena berburu kuliner disini harganya masih sangat terjangkau.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Langlang Buana

Fasilitas Di Tempat Wisata Langlang Buana Jogja
Photo by Google Maps Darmawan Joko Prasetyo

Langlang Buana tidak pernah sepi oleh para wisatawan, baik hari biasa maupun hari pekan. Bahkan, ketika musim liburan sekolah sudah tiba, wisata populer satu ini akan sangat ramai dipenuhi oleh para wisatawan yang berkunjung. Melihat antusiasme para wisatawan yang begitu tinggi, tentu dibutuhkan fasilitas yang memadai untuk membuat wisatawan yang datang merasa aman dan nyaman. Fasilitas yang tersedia di Langlang Buana cukup lengkap dan sangat memadai para wisatawan.

1. Area Parkir Wisatawan

Jika Anda datang menggunakan kendaraan pribadi seperti motor ataupun mobil, pihak pengelola menyediakan lahan parkir yang bisa digunakan oleh para wisatawan. Tidak perlu khawatir untuk keamanan, karena disini ada petugas yang akan menjaga keamanan kendaraan Anda. Untuk biaya parkir mobil dikenakan tarif Rp5.000 dan biaya parkir motor dikenakan tarif Rp2.000

2. Kamar Mandi Umum

Pihak pengelola juga menyediakan kamar mandi umum yang bisa digunakan oleh para wisatawan. Kamar mandi ini tidak di gabung antara pria dan wanita. Untuk masalah kebersihan, Anda tidak perlu khawatir, karena pihak pengelola menjamin kebersihan dari fasilitas kamar mandi yang tersedia disini. Selain itu, ada petugas kebersihan yang akan selalu menjaga kebersihan kamar mandi.

3. Tempat Ibadah (Mushola)

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa mayoritas penduduk Indonesia memeluk agama muslim. Adanya tempat ibadah seperti mushola menjadi sangat penting keberadaannya. Ketika Anda menghabiskan waktu di Langlang Buana, Anda tidak perlu khawatir di mana Anda akan menunaikan ibadah karena pihak pengelola telah disediakan tempat ibadah untuk para wisatawan yang beragama muslim, sehingga para pengunjung dapat menikmati wisata satu ini dengan nyaman.

4. Restoran

Selain menyuguhkan spot menarik seperti tempat berfoto, wahana bermain, dan lain sebagainya, pihak pengelola juga menyediakan sebuah restoran yang menyajikan beragam makanan khas Kota Jogja untuk para wisatawan. Sehingga, jika Anda merasa lelah sehabis berkeliling dan merasa lapar, Anda bisa beristirahat sejenak dan menikmati kuliner khas Jogja yang disediakan disini.

Itulah beberapa hal menarik seputar destinasi Langlang Buana yang terkenal di Sleman, Jogja. Tempat hits yang menjadi tujuan terbaik bagi kaum muda yang tak punya waktu atau budget untuk keliling dunia utamanya Eropa.