Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Berbah – Prambanan, Desa Kalitirto, Kec. Berbah, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

Salah satu tempat wisata di Jogja yang bisa anda kunjungi adalah Lava Bantal. Tempat ini merupakan geo wisata atau geo heritage yang berlokasi di Sleman, Jogja. Tempat wisata ini memiliki keunikan tersendiri yang berbeda dengan wisata alam pada umumnya. Anda penasaran dengan keunikan tempat ini? Yuk simak ulasan berikut ini!

Mengenal Geowisata Hits di Jogja

Mengenal Geowisata Hits di Jogja
Photo by Instagram indopikniks

Geo wisata di Jogja ini memang memiliki nama yang cukup unik dan memberikan kesan tersendiri. Nampaknya, nama tersebut memang merepresentasikan objek wisatanya, yaitu berupa lava yang sudah mengeras dan berbentuk seperti bantal. Dengan penamaan yang unik juga bisa membuat para pengunjung lebih mudah untuk mengingat lokasi ini.

Lava Bantal terbentuk secara alami karena terjadinya bencana alam berupa gunung meletus. Lokasi ini sudah terbentuk sejak lama dan hingga saat ini masih diteliti untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Namun, perkiraan terbentuknya sudah sekitar 60 juta tahun yang lalu yang terbentuk karena adanya gunung meletus di bawah laut.

Meski sudah terbentuk sejak lama, objek wisata ini baru dibuka pada tahun 2016. Saat pertama kali dibuka, masih belum banyak pengunjung yang datang, tapi semakin ke sini semakin banyak pengunjung yang datang untuk melihat keunikan dari Lava Bantal ini. Di sini juga banyak aktivitas yang bisa anda lakukan selain melihat keunikan geo wisata ini.

Hingga saat ini masih banyak peneliti yang berkunjung ke sini untuk meneliti lava dan mendapatkan informasi yang lebih banyak tentang asal mula terbentuknya lava di bantaran sungai ini. Saat ini, kawasan geowisata ini sudah dibangun dengan lebih baik supaya lebih ramah terhadap pengunjung yang datang.

Daya Tarik Wisata Lava Bantal

Daya Tarik Lava Bantal Sleman
Photo by Twitter Pemkab Sleman

1. Lava yang Membeku

Sebagaimana namanya, daya tarik yang paling mencolok adalah lava yang membeku dan membentuk batuan dengan warna yang berbeda-beda di bantaran sungai. Lava yang sudah membeku dan diperkirakan berusia 60 juta tahun ini membuat pemandangan di sungai ini sangat unik dan berbeda dengan sungai pada umumnya.

Fenomena yang terjadi dan membentuk wisata alam Lava Bantal ini hingga saat ini juga masih diteliti lebih lanjut untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap. Tempat ini bisa dibilang sebagai objek wisata yang sulit ditemukan di tempat lain di Indonesia karena fenomena alam yang menyebabkannya sudah terbentuk sekitar 60 juta lamanya.

Oleh karena itu, wisata alam ini mendapatkan penghargaan sebagai tujuan wisata baru yang paling populer oleh Anugerah Pesona Indonesia (API) pada tahun 2018. Tempat wisata ini menjadi salah satu geo heritage yang ada di Jogja dari sembilan tempat lainnya. Sejak saat itu dibuat menjadi tempat wisata yang seramah mungkin kepada para pengunjungnya.

2. Pemandangan Sungai Opak

Lava Bantal memiliki sebuah sungai yang mengalir dan di bagian bantarannya terdapat lava yang membeku dan berbentuk seperti bantal yang berserakan. Sungai ini juga memiliki arus yang cukup tenang yang bisa digunakan aktivitas dengan aman. Di sini anda bisa bersantai sembari menikmati pemandangan Sungai Opak yang menjadi aliran sungai di area wisata ini.

Di sini juga sudah tersedia gazebo yang bisa anda manfaatkan untuk beristirahat dan menikmati pemandangan di objek geo heritage ini. Dengan suasana yang tenang, anda akan dibantu untuk meringankan beban pikiran dan bebas menikmati pemandangan alam yang ada di sini.

Daya Tarik Dimiliki Lava Bantal Sleman
Photo by Twitter Pemkab Sleman

3. Tersedia Wahana Tubing

Daya tarik lain yang dimiliki oleh Lava Bantal yaitu adanya wahana tubing yang bisa anda nikmati. Dengan wahana ini, anda tidak hanya menikmati pemandangan sungai dari pinggir saja, tapi anda bisa menjelajah sungai dengan menggunakan ban berukuran besar dan menempuh jarak sekitar 200 meter.

Untuk menikmati wahana ini, anda memang diminta untuk membayar tiket, tapi harga tiket yang anda bayarkan bisa dibilang sangat murah jika dibandingkan dengan keseruan yang akan anda rasakan. Wahana ini sangat cocok untuk dinikmati bersama keluarga atau teman-teman. Anda bisa merasakan berkeliling lokasi dengan ban dan menyusuri sungai. Seru, bukan?

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Lokasi

Alamat Lava Bantal Sleman
Photo by Instagram gus_cheers

Objek wisata Lava Bantal terletak tidak jauh dari Bandara Adisutjipto, tepatnya di Jalan Berbah – Prambanan, Kabupaten Sleman. Jika anda berangkat dari Jogja, aksesnya juga sudah baik dan bisa dilalui oleh berbagai jenis kendaraan, bahkan bus pariwisata juga bisa lewat.

Jika anda berangkat dari Kota Jogja, maka anda bisa mengarahkan kendaraan anda menuju ke arah timur Kota Jogja. Kemudian masuk lewat Janti menuju Blok O Kompleks TNI AU dan terus ikuti jalan hingga sampai di Jalan Berbah – Prambanan. Lokasinya sangat mudah dijangkau dan mudah ditemukan. Jika anda mengalami kebingungan bisa melihat Google Maps.

Jika anda berangkat dari Bandara Adisutjipto, maka jarak dan waktu tempuh yang anda butuhkan akan lebih singkat lagi. Pasalnya, objek wisata ini lebih dekat dengan bandara dan anda membutuhkan waktu sekitar 25 menit untuk tiba di objek wisata ini. Di sepanjang jalan juga banyak penunjuk jalan yang bisa anda ikuti.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Ticket Lava Bantal Sleman
Photo by Instagram sastranaling

Untuk menikmati objek wisata Lava Bantal, anda tidak perlu khawatir dengan biaya yang harus anda bayarkan. Pasalnya, objek wisata ini mematok harga yang sangat terjangkau dan ramah di kantong. Untuk biaya parkirnya berkisar antara Rp 2 ribu hingga Rp 5 ribu, tergantung jenis kendaraan yang anda bawa.

Sementara itu, anda juga akan dikenai biaya jika ingin menikmati wahana tubing. Untuk orang dewasa sebesar Rp 15 ribu dan untuk anak-anak sebesar Rp 10 ribu. Harga ini tentu tidak mahal karena banyak hal yang bisa anda dapatkan sembari menikmati panorama alamnya. Destinasi ini juga sangat cocok untuk wisata edukasi untuk anak-anak.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas seru Lava Bantal Sleman
Photo by Instagram vhentynoventina

1. Menikmati Wahana Tubing

Aktivitas seru yang bisa anda lakukan di Lava Bantal adalah menikmati wahana tubing yang tersedia di sini. Tubing adalah semacam aktivitas air yang menggunakan ban untuk menyusuri sungai. Anda bisa menikmati wahana ini dan menyusuri aliran sungai yang berkelok dan rute yang naik turun.

Bagi anda yang suka dengan olahraga menantang pasti sangat cocok untuk menikmati wahana tubing di kawasan wisata. Aliran sungai di sini terbilang tenang, tapi ada beberapa bagian yang arusnya cukup deras, terutama di bagian liku yang berbatu. Akan tetapi, secara umum kondisi arus sungainya terbilang tenang dan cukup aman untuk bermain air.

2. Bersantai dan Menikmati Pemandangan

Jika anda tidak suka dengan tubing, anda juga bisa bermain bersantai sembari menikmati pemandangan Lava Bantal. Dengan dukungan fasilitas yang baik, segala aktivitas yang anda lakukan di sini akan terasa lebih nyaman dan aman. Dengan suasana yang tenang dan lingkungan yang asri, dijamin anda akan lebih betah berlama-lama di sini.

3. Mengabadikan Momen

Mengabadikan momen dengan jepretan lensa adalah hal yang wajib Anda lakukan saat berkunjung. Pasalnya, objek wisata yang unik ini memiliki jembatan yang menghubungkan satu sisi sungai dengan sisi lainnya dan sering dijadikan spot untuk berfoto. Banyak wisatawan yang menggunakan jembatan ini sebagai tempat foto paling ideal.

Bagi pecinta fotografer alam, Lava Bantal memiliki keunikan tersendiri yang jarang dimiliki oleh daerah lainnya. Untuk itu, siapkan kamera atau kamera HP yang bagus untuk mengabadikan momen anda selama berada disini. Lokasi alamnya memiliki banyak spot foto yang menarik dan bagus untuk diabadikan.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Lava Bantal

Fasilitas Lava Bantal Sleman
Photo by Instagram jogjacafe_resto

Ketika pertama kali dibuka, lokasi ini belum dilengkapi dengan fasilitas yang menunjang. Namun, seiring dengan berjalannya waktu sudah diperbaiki menjadi lebih bagus untuk menunjang kenyamanan pengunjung. Lava Bantal juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas yang mendukung pengunjung yang datang.

Tempat ini juga dilengkapi dengan area parkir yang luas, sehingga bisa memuat banyak kendaraan dari para wisatawan. Selain itu, di sini juga disediakan beberapa gazebo yang bisa digunakan untuk istirahat sejenak setelah lelah berkeliling dan bisa juga untuk memakan bekal bawaan sambil bercengkrama dengan keluarga ditemani suasana alam yang asri.

Bagi anda yang lupa tidak membawa bekal makanan tidak perlu khawatir karena di sini tersedia warung makan yang menyediakan berbagai menu makanan dengan harga yang terjangkau. Kawasan wisata ini juga menyediakan toilet yang nyaman dan terdapat wahana tubing yang bisa anda nikmati bersama keluarga atau teman-teman.

Jika anda sedang berkunjung ke Jogja, tidak ada salahnya untuk mampir ke geo wisata Lava Bantal di Sleman untuk melihat keunikan yang tersaji. Selain itu, tempat ini juga cocok untuk berlibur bersama keluarga dan menjadi wisata edukasi sekaligus bermain. Biaya yang dipatok juga sangat ramah di kantong, sehingga anda tidak perlu menyediakan budget yang besar.

Give a Comment