Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kaliurang No.2, Desa Pakembinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa daerah Yogyakarta mempunyai banyak desa wisata yang letaknya tersebar di seantero provinsi. Desa wisata termasuk ke dalam wisata terpadu yang mampu menawarkan atmosfer asyik, suasana ramah, menonjolkan kesederhanaan, hingga pengalaman yang mengesankan bagi banyak wisatawan.

Tidak heran jika desa wisata di Jogja acap kali dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun internasional. Salah satu destinasi wisata terpadu yang bisa anda kunjungi yaitu desa wisata Ledok Sambi yang terletak di Kabupaten Sleman. Objek wisata tersebut menjadi primadona lantaran keindahan alamnya yang masih begitu asri, dan beragam kegiatan seru yang mampu dihadirkan mampu memberi pengalaman liburan berkesan untuk anda..

Daya Tarik Wisata Ledok Sambi

Daya Taraaik Ledok Sambi Sleman
Photo by Google Maps Aqil’s Hobby

1. Disebut Hidden Paradise

Wisata Jogja saat ini dimeriahkan oleh Ledok Sambi yang disebut sebagai hidden paradise. Disebut demikian lantaran destinasi tersebut belakangan tengah naik daun dan viral di kalangan wisatawan. Meskipun baru viral selama beberapa waktu belakangan, nyatanya tempat wisata tersebut sudah ada sejak tahun 2004 lalu.

Desa wisata yang sempat ditutup hingga empat bulan lamanya setelah pandemi tersebut, awalnya mengusung konsep wahana outbound untuk acara malam keakraban maupun gathering. Namun setelah new normal, objek wisata tersebut kembali unjuk gigi dengan konsep yang sedikit berbeda.

Menurut penuturan dari pihak pengelola, saat ini wisata terpadu tersebut mengusung konsep berupa arena piknik keluarga. Target pasarnya sendiri tidak lain adalah para orang tua yang ingin menghabiskan waktu liburan bersama putra putri mereka. Anda yang belum berkeluarga pun sangat bisa menikmati liburan di sini bersama teman, cocok sebagai tempat refreshing menghilangkan penat.

2. Panorama Alam Indah dan Sejuk

Objek wisata Ledok Sambi berada cukup dekat dengan Gunung Merapi. Setidaknya anda bisa melihat dengan jelas bagaimana keindahan Gunung Merapi dari arah destinasi ini. Letaknya tersebut membuat tempat wisata ini memiliki panorama alam yang begitu indah untuk dipandang mata.

Tidak hanya indah, pemandangan alam di sekitarnya juga terlihat sangat menyegarkan. Dimana kondisi alam di destinasi ini penuh dengan persawahan dan pepohonan rindang yang begitu hijau. Tidak heran jika udara yang ada di sekitar pun terasa begitu sejuk, bahkan nyaris begitu dingin pada pagi hari dan sore hari.

Nunasa alam pedesaannya memang masih begitu alami dan asli Jogja, benar benar suasana yang tidak akan anda dapatkan di keseharian. Bahkan banyak rumah rumah joglo, sinom, limasan dengan halaman luas yang bisa dimanfaatkan oleh para wisatawan untuk bermain bersama keluarga atau teman. Anda yang ingin refreshing menghilangkan penat sangat direkomendasikan untuk datang ke sini.

3. Sungai yang Jernih dan Menyegarkan

Di Ledok Sambi, anda akan menemukan suasana khas pedesaan yang begitu kental. tidak hanya pemandangan Gunung Merapi dan pepohonan rindang saja yang membuat suasananya menjadi khas pedesaan. Namun anda juga akan menemukan sungai jernih yang begitu menyegarkan di sini. Di sekitar sungai itu pula yang dijadikan sebagai pusat berbagai aktivitas di desa wisata satu ini.

Daya Tarik Dimiliki Ledok Sambi Sleman
Photo by Google Maps Edi S. Mulyanta

4. Lahan Pertanian

Masih menjadi kawasan dengan suasana khas pedesaan yang kental, anda bisa menemukan lahan persawahan luas di destinasi ini. Dimana lahan persawahan tersebut juga dimanfaatkan oleh pihak pengelola wisata, sebagai sarana untuk memberikan ilmu terkait dengan dunia pertanian kepada wisatawan.

Sehingga para wisatawan yang berkunjung ke sini bisa menjajal bagaimana keseruan menanam padi dan membajak sawah, hingga serangkaian aktivitas pertanian lainnya. Bahkan pengunjung juga akan diajarkan bagaimana cara yang benar dan tepat dalam budidaya jamur.

5. Peternakan

Selain lahan pertanian yang luas, desa wisata Ledok Sambi juga memiliki peternakan yang dimanfaatkan pula oleh pihak pengelola wisata untuk mengedukasi para pengunjung yang datang. Di sini anda bisa menemukan peternakan sapi perah, dan anda pun dapat belajar bagaimana cara yang benar dalam memerah susu sapi apabila mengambil wisata paket komplit.

6. Kesenian dan Kebudayaan

Tidak hanya kondisi alamnya saja yang begitu dijaga sehingga masih asri. Namun desa wisata tersebut juga masih melestarikan kesenian dan kebudayaan yang dijunjung tinggi. Tidak jarang, masyarakat akan memperkenalkan berbagai kesenian dan kebudayaan tersebut kepada para pengunjung yang datang.

Seperti wayang kulit, acara kenduri, ruwahan, sadranan, sampai karawitan Jawa. Serangkaian pertunjukan tersebut biasanya dilaksanakan pada momen momen tertentu, jadi pastikan anda datang di saat yang tepat apabila ingin menyaksikan masyarakat sekitar melakukan tradisi secara langsung.

7. Tersedia Banyak Wahana

Menjadi destinasi dengan orientasi wisata keluarga, dan hingga kini banyak dikunjungi untuk family outing, school outing, hingga corporate outing, desa wisata ini tentunya menyediakan banyak wahana outbound yang menarik untuk dijajal. Beberapa wahana yang bisa dicoba antara lain flying fox, meniti tali, paint ball, dan lain sebagainya.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Lokasi

Ticket Ledok Sambi Sleman
Photo by Google Maps Dwimart -Ono

Desa wisata Ledok Sambi terletak di Dusun Sambi, Jalan Kaliurang KM. 19 No. 2, Pakembinangun, Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Lokasi tersebut berada di sisi selatan dari lereng Gunung Merapi atau di sebelah utara Kota Jogja. Dari pusat Kota Jogja sendiri, jaraknya kurang lebih 18 kilometer dan bisa dicapai dengan menempuh perjalanan sekitar 45 menit.

Untuk menuju lokasi wisata, anda hanya dapat menggunakan kendaraan pribadi saja. Sebab belum ada transportasi umum yang melalui kawasan dusun tersebut. Akan tetapi anda tidak perlu khawatir, karena akses jalannya tergolong sudah bagus untuk dilalui oleh berbagai kendaraan. Selain itu rutenya melewati daerah yang rindang dan hijau sehingga anda tidak akan bosan selama perjalanan.

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk

Harga tiket Ledok Sambi Sleman
Photo by Google Maps Afin Fauzi

Desa wisata Ledok Sambi dibuka untuk umum mulai pukul 09. 00 sampai dengan 17.00 WIB. Dengan harga tiket masuk yang tidak dipungut biaya sepeserpun alias gratis. Akan tetapi, pihak pengelola memberikan kesempatan bagi para pengunjung untuk berkontribusi seikhlasnya bagi kemajuan wisata setempat.

Selain itu, anda perlu memilih paket wisata yang tersedia untuk menikmati berbagai fasilitas dan objek wisata di sini. Paket yang ditawarkan sendiri sangat beragam dengan harga yang bervariasi, yaitu mulai dari Rp. 20.000 saja sampai dengan Rp. 3.000.000 untuk paket komplit. Biasanya paket komplit dipilih untuk keperluan gathering dan sejenisnya.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan

Aktivitas Ledok Sambi Sleman
Photo by Twitter JOGJA / YOGYAKARTA

1. Piknik di Pinggir Sungai

Mengusung konsep wisata yang baru berupa area piknik untuk keluarga, tentu piknik di pinggir sungai menjadi salah satu kegiatan andalan ketika berkunjung ke Ledok Sambi. Sambil bermain air dan menikmati keindahan alam di sekitar, anda bisa menggelar karpet sembari menyantap berbagai menu.

Akan tetapi, pihak pengelola wisata tidak memperkenankan para pengunjung untuk membawa perbekalan sendiri dari rumah. Meski demikian, anda tidak perlu khawatir lantaran tempat ini menyediakan deretan warung yang menawarkan sejumlah hidangan dengan harga terjangkau.

Beberapa menu yang ditawarkan antara lain tempe mendoan, kentang goreng, pisang goreng, nasi ayam goreng laos, mie goreng atau mie rebus, hingga nasi sayur. Minuman yang tersedia pun cukup bervariasi, seperti robusta kopi susu ledok, cokelat ledok, kopi vietnam drip, kopi merapi, dan arabika atau robusta kopi ledok.

Harga makan dan minuman di sini begitu merakyat, berkisar antara Rp. 4.000 hingga Rp. 18.000 saja yang siap menemani kegiatan piknik anda bersama keluarga atau teman. Untuk alasnya sendiri, anda juga tidak perlu bingung. Sebab pihak pengelola telah menyiapkan tikar, sehingga anda tinggal memilih saja mana tempat yang enak.

2. Kemah Pinggir Sungai

Selain piknik, anda juga bisa berkemah di desa wisata Ledok Sambi. Cukup dengan membayar sekitar Rp. 35.000 saja per orangnya, anda sudah bisa merasakan bermalam di sini yang menawarkan banyak pengalaman seru. Jika tidak mempunyai perlengkapan berkemah sendiri, anda bisa menyewa tenda seharga kurang lebih Rp. 120.000 dengan kapasitas 4 orang.

Yang mana pengunjung sudah mendapatkan kelengkapan alas kayu dan matras serta tendanya, agar pengalaman berkemah lebih nyaman. Check in untuk kemah sendiri bisa dilakukan mulai pukul 15.00 WIB, sementara check out-nya maksimal pukul 14.00 WIB. Dan untuk keperluan masak dan makanan bisa dibawa sendiri dari rumah.

Akan tetapi, anda yang menginginkan kemah santai juga tidak perlu khawatir akan kerepotan. Sebab warung yang menjajakan makanan dan minuman cukup banyak di sana. Bahkan anda juga bisa memesan makanan dari warga Desa Wisata Sambi, yang nantinya akan diberikan kontaknya oleh pihak pengelola wisata.

Nantinya makanan atau minuman yang dipesan akan diolah kemudian diantar ke lokasi camping anda. Ingin sekaligus merasakan api unggun saat berkemah ? Tentu semua pengalaman seru seperti ini bisa diwujudkan di Ledok Sambi. Cukup menambah biaya sekitar Rp. 100.000, anda hanya perlu terima jadi untuk menikmati api unggun di malam hari.

Aktivitas seru Ledok Sambi Sleman
Photo by Google Maps Heru Bambang Jaka Dahari

3. Outbound

Adanya berbagai wahana outbound seperti flying fox, meniti tali, hingga paintball akan memberikan pengalaman seru dan membuat anda lebih dekat dengan anggota keluarga atau teman. Paintball sendiri per orang dibekali sekitar 50 peluru, yang mana saat ini bisa dicoba hanya dengan minimal 2 orang saja sebab sebelumnya paintball hanya terima minimal 20 sampai 25 orang.

Bahkan ada juga kegiatan outbound lainnya yang dipersiapkan khusus untuk kegiatan family outing atau kebutuhan gathering lainnya. Selama pandemi, kegiatan outbound seperti ini menerima peserta minimal 20 dan maksimal 50 orang saja agar lebih kondusif. Lebih lanjut mengenai informasi outbound bisa anda tanyakan secara langsung ke pihak pengelola wisata.

4. River Tubing

River tubing juga bisa menjadi salah satu kegiatan seru yang dapat anda coba ketika berkunjung ke Ledok Sambi. Untuk perlengkapan tubing, nantinya akan disediakan oleh pihak pengelola sehingga anda hanya perlu mempersiapkan diri saja. Jernihnya air dan udara yang begitu sejuk akan menemani anda selama melakukan aktivitas seru ini.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Ledok Sambi

Fasilitas Ledok Sambi Sleman
Photo by Google Maps Hery Malmsteen Cah 90an YK

Sebagai tempat wisata terpadu, desa wisata di Sleman ini menghadirkan beragam fasilitas memadai untuk menunjang setiap kegiatan wisatawan selama berkunjung ke sana Deretan fasilitas yang ditawarkan antara lain mushola, lahan parkir yang cukup luas, toilet dan kamar mandi bersih, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya rekreasi seru, mengunjungi wisata terpadu Ledok Sambi akan memberikan banyak ilmu untuk para pengunjung. Terlebih jika anda berkunjung bersama dengan putra putri ke sini dan mencoba paket wisata komplit, seperti pertanian hingga peternakan. Tentunya semua pengalaman tersebut akan sangat berkesan dan menjadi liburan terbaik sepanjang masa.

Give a Comment