Bukan hanya Candi Borobudur saja yang membuat Magelang menjadi salah satu tujuan liburan yang mengasyikkan. Kabupaten ini memiliki banyak tempat wisata yang siap menjadi tujuan. Menariknya, selain mengunjungi objek wisata Anda juga bisa menikmati kuliner yang lezat. Berikut beberapa makanan khas Magelang yang unik akan membuat liburan makin lengkap dan berkesan.

1. Nasi Lesah

Nasi Lesah
Image Credit: Tribunnews.com

Kita bisa memulai perjalanan rasa ini dengan mencicipi nasi Lesah. Makanan satu ini memang masih belum banyak diketahui. Namun jika Anda melihat tampilannya, akan mengingatkan Anda dengan sajian soto. Sehingga tak sedikit yang menyebutnya dengan Soto Magelang. Kuahnya terlihat keruh dan membuat Anda tidak sabar mencicipinya.

Dalam satu porsi Nasi Lesah, Anda akan menemukan beberapa isian. Mulai dari daging ayam yang telah disuwir suwir, kemudian ada juga bihun dan tauge. Makanan ini makin nikmat dengan tambahan kerupuk. Kuahnya ditambahkan dengan santan sehingga membuatnya memiliki rasa yang gurih. Dan ini juga yang menjadi alasan mengapa kuahnya keruh.

2. Nasi Goreng Magelangan

Nasi Goreng Magelangan
Image Credit: Twitter.com @demeterkouzina

Nasi Goreng Magelangan atau Magelangan bukanlah menu asing bagi masyarakat Jogja, terutama di kalangan mahasiswa. makanan satu ini memang sangat mudah untuk Anda ditemukan di berbagai warung makan. Terutama warung warung yang dekat dengan kampus. Nasi goreng ini merupakan perpaduan dari nasi dan juga mie goreng.

Memang jika Anda melihat tampilannya tidak jauh berbeda dengan nasi goreng biasanya. Namun ketika Anda mencicipinya, Anda akan menemukan rasa yang berbeda. Karena rasanya lebih gurih, mengingat di dalam bumbunya ada tambahan kemiri. Sajiannya sangat menarik dengan kerupuk, telur, ayam suwir juga timun, tak ketinggalan bawang goreng.

3. Sup Senerek

Sop Senerek Pak Parto
Image Credit: Google Maps (Anita Setya)

Kuliner khas Magelang yang juga sayang untuk Anda lewatkan adalah Sup Senerek. Sup ini tidak hanya bisa memberikan rasa yang berbeda, tetapi juga memiliki sejarah tersendiri. Dimana makanan ini merupakan mendapatkan pengaruh dari Belanda di masa penjajahan saat itu. Hingga kini masih menjadi kuliner yang populer di Magelang.

Jika melihat sajiannya, tak terlalu jauh dengan sup pada umumnya. Sayur yang digunakan umumnya adalah bayam juga kacang merah. Kemudian akan ditambahkan dengan daging sapi maupun daging sapi. Walaupun makanan ini terlihat sederhana, tetapi rasanya akan membuat Anda ketagihan. Anda juga bisa menambahkan lauk pendamping sesuai keinginan.

4. Mangut Lele

Mangut Lele
Image Credit: Twitter.com @arieparikesit

Mangut Lele merupakan makanan dari Magelang yang sangat terkenal dan legendaris. Makanan ini sudah ada dari lama, bahkan sebelum Indonesia merdeka. Bahan dasar makanan ini adalah ikan lele yang memiliki kuah kuning dengan campuran santan. Rasa yang dihadirkan dalam mangut lele adalah perpaduan rasa gurih dan pedas yang mantap.

5. Mangut Beong

Mangut Beong
Image Credit: Twitter.com @taechils

Selain ikan lele, Anda juga bisa mencicipi Mangut Beong yang tak kalah nikmat. Seperti namanya, bahan dasarnya adalah ikan Beong. Ikan ini memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan ikan lele, begitu juga dengan dagingnya yang lebih tebal. Ikan Beong akan digoreng terlebih dahulu sebelum akhirnya di bumbu mangut.

Umumnya bagian ikan beong yang dijadikan masakan adalah bagian kepalanya. Di beberapa warung yang menjual olahan ini, Anda juga bisa memilih bagian lain dari ikan ini. Perpaduan rasa gurih, manis juga pedas yang dihadirkan akan membuatnya sangat cocok disandingkan dengan nasi hangat. Ayam bacem, oseng kikil hingga sayur tracel juga cocok jadi teman pendamping.

6. Kupat Tahu

Kupat Tahu Pojok Magelang
Image Credit: Google Maps (Yuanita Dewi)

Kupat Tahu merupakan panganan sederhana khas Magelang yang akan memberikan rasa khas. Walaupun mungkin Anda bisa menemukan kupat tahu di tempat lain, namun Kupat Tahu Magelang . Karena kupat tahu Magelang memiliki kuah bening dan menggunakan bahan dasar tauge mentah. Membuat rasanya sangat menyegarkan dan membuat penasaran.

Dalam satu porsi Kupat Tahu, Anda akan menemukan irisan kol, mie, tahu putih dengan bakwan dan tauge. Tidak ketinggalan adanya ketupat yang membuatnya makin menarik. Jangan lupakan bumbu kacangnya yang bisa dipilih tingkat kepedasannya. Biasanya juga akan ditambahkan kerupuk serta irisan timun untuk menambah citarasa.

7. Buntil Daun Talas

Buntil Daun Talas
Image Credit: Twitter.com @potatopote

Buntil adalah makanan tradisional yang terbilang kondang di area Jawa. dimana biasanya buntil akan menggunakan daun pepaya, tetapi di Magelang menggunakan daun talas untuk membungkus isiannya. Soal rasa Anda tak perlu khawatir, karena tidak kalah nikmat dengan buntil lainnya. Dimana daun talas yang digunakan adalah daun talas yang masih muda.

Isian buntil ini tak jauh berbeda dengan buntil pada umumnya, yakni udang rebon, parutan kelapa dan ada juga yang menambahkan pete. Setelah buntalan daun talas ini akan dimasak dengan kuah santan yang nikmat. Menu satu ini sangat cocok jika disandingkan dengan nasi hangat, sambal bawang, ikan pindang juga lalapan kacang panjang.

8. Opor Entok

Opor Entok
Image Credit: Twitter.com @hbisbannews

Makanan khas Magelang yang juga bisa Anda cicipi adalah Opor Entok. Makanan satu ini termasuk ikon kota Magelang yang menggunakan entok sebagai bahan utamanya. Entog ini unggas yang mirip dengan angsa. Yang membuat sajian ini luar biasa, setelah di sembelih entok akan lebih dahulu dibakar diatas tungku agar minyaknya keluar.

Sehingga ketika dimasak menggunakan kaldu opor akan lebih sedap dan kental. Dengan pengolahan yang tepat, daging entok akan lebih lembut. Dipadukan dengan bumbu opor, membuat rasanya berkali lipat lebih gurih. Dalam satu porsi Opor Entok Anda akan didampingi dengan lalapan timun, daun pepaya juga sambal ijo jelantah.

9. Jemunak

Jemunak
Image Credit: Twitter.com @detikcom

Panganan tradisional khas Magelang yang hingga kini masih hits adalah Jemunak. Jika Anda melihat tampilannya, sekilas panganan ini mirip dengan bubur sumsum. Sayangnya Anda hanya bisa menemukannya ketika memasuki bulan Ramadhan. Rasanya yang legit, memang sangat cocok sebagai takjil. Bahan dasarnya beras ketan, ketela dan gula merah juga kelapa.

10. Sego Godog

Sego Godog
Image Credit: Twitter.com @harianbernas

Sego Godog menjadi kuliner khas Magelang yang kondang dan banyak digemari selain bakmi godog. Seperti artinya, makanan ini memang nasi yang disajikan dengan kuah. Sangat nikmat disantap ketika malam hari, karena bisa menghangatkan tubuh Anda. Sego Godog juga termasuk panganan yang memiliki gizi baik dan menyehatkan.

Dalam prosesnya, nasi akan diberikan bumbu bumbu agar rasanya makin mantap. Satu porsi sego godog akan dilengkapi dengan sayuran, mie serta bawang goreng juga kerupuk diatasnya. Perpaduan rasa gurih dan pedasnya akan menggoyang lidah Anda. Jika Anda suka pedas, Anda bisa menambahkan sambal ataupun cabai agar makin nikmat.

11. Sego Megono

Sego Megono
Image Credit: Twitter.com @iucup

Anda yang bosan menikmati nasi dengan cara yang biasa, di Magelang Anda bisa memilih beberapa olahan nasi yang berbeda. Seperti nasi Megono atau sego megono yang memiliki rasa nikmat. Walaupun makanan satu ini terlihat sederhana, tetapi soal rasa Anda tak perlu meragukannya. Dimana nasi Megono merupakan nasi putih yang ditambahkan aneka rempah.

Membuat nasinya tidak hampar dan kaya akan rasa walaupun tanpa lauk tambahan. Agar Sego Megono semakin nikmat, akan dihadirkan tumis daun pepaya maupun kluban untuk jadi teman menikmati Sego Megono. Tidak ketinggalan taburan ikan teri goreng yang membuat rasanya makin nikmat. Umumnya kuliner satu ini dijadikan sebagai menu untuk sarapan.

12. Kluban

Kluban
Image Credit: Twitter.com @restuandara99

Kluban atau yang biasanya dikenal dengan Kluban yang juga mudah Anda temukan di Magelang. Sayuran yang biasanya akan diolah menjadi kluban adalah kangkung, kol rebus, kacang panjang dan wortel yang semuanya direbus. Setelah ditambahkan dengan bumbu bumbu yang membuatnya nikmat. Perpaduan rasa gurih dan segar akan sangat cocok dengan nasi hangat.

13. Blendrang

Blendrang
Image Credit: Twitter.com @katakakid

Perjalanan rasa Anda di Magelang masih belum selesai, karena Anda harus mencicipi Blendrang. Terutama ketika Anda sedang di daerah Muntilan. Blendrang adalah bubur nasi yang ditambahkan dengan banyak isian juga kuah. Terlihat seperti sup krim kuah kental yang isiannya ada daging. Daging yang ditambahkan bisa berupa daging ayam maupun sapi.

14. Gudeg Poncol

Gudeg Poncol
Image Credit: Twitter.com @pllatjrk

Menemukan Gudeg di Jogja memang sangat mudah, dan Anda bisa menemukan gudeg berbeda di Magelang. Gudeg ini sekilas sama dengan gudeg pada umumnya, yakni berbahan nangka muda. Kemudian ditambahkan bumbu dan daging ayam kampung yang membuat rasanya khas. Gudeg Poncol tak pernah sepi pengunjung, sehingga Anda wajib mencicipi.

15. Tape Ketan Muntilan

Tape Ketan Muntilan
Image Credit: Twitter.com @unilubis

Selain makanan berat, di Magelang juga memiliki makanan berupa tape ketan Muntilan. Makanan yang terbuat dari beras ketan difermentasi ini banyak diburu untuk oleh oleh. Uniknya di Magelang, Anda akan langsung menikmatinya dengan emping melinjo. Ada juga yang menyeduhnya dengan air, sehingga bisa sekalian menikmati air tape yang membuat hangat.

Itulah beberapa makanan khas Magelang yang bisa Anda coba cicipi saat berkunjung. Makanan yang dimilikinya terbukti sangat mudah untuk diterima lidah masyarakat Indonesia. Ada juga beberapa makanan tradisional yang tidak bisa Anda temukan di daerah lain. Maka dari itu wisata kuliner di Magelang tidak akan membuat Anda menyesal dan membuat liburan Anda makin sempurna.

Give a Comment