Berkeliling mall sembari berbelanja atau sekedar kulineran memang menjadi kegiatan menarik dilakukan. Inilah rekomendasi mall terbaik di Jogja sebagai alternatif wisata dan berbelanja.

Yogyakarta memang masih menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan untuk menghabiskan liburan. Tidak hanya terkenal sebagai kota pendidikan dan budaya, kota satu ini juga menawarkan kegiatan wisata yang beragam. Anda bisa menghabiskan waktu liburan dengan wisata belanja yang menyenangkan. Berikut beberapa mall terbaik di Jogja yang bisa Anda jadikan tujuan.

1. Mall Malioboro

Mall Malioboro
Image Credit: Google Maps (Alif Mochamad)

Rasanya memang tidak lengkap jika menginjakkan kaki di Jogja tetapi tidak singgah di Malioboro. Kawasan satu ini tidak pernah sepi, baik siang maupun malam hari selalu menghadirkan sisi menarik. Tak hanya bisa berbelanja di deretan pedagang kaki lima, Anda juga bisa menghabiskan waktu dengan belanja di Mall Malioboro,

Pusat perbelanjaan yang sudah ada sejak tahun 1993 ini terdiri dari banyak tenant tenant yang terkenal. Bangunannya dari luar memang terlihat tak terlalu besar, tetapi memiliki tiga lantai utama dan juga dua lantai dasar. Tak hanya selalu penuh dengan pengunjung yang berbelanja, mall ini juga langganan untuk mengadakan berbagai event.

Tenant tenant yang bisa Anda temui mulai dari Department Store, Gramedia Book Store, Supermarket, Mcdonalds, Fun World dan lainnya. Mall satu ini masih termasuk mall yang selalu ramai dikunjungi. Hal ini dikarenakan mall ini berada di lokasi yang strategis, selain itu juga terbilang lengkap. Pengunjungnya akan berlipat ketika liburan tiba.

Lokasi: Jl. Malioboro No.52-58, Suryatmajan, Kec. Danurejan, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

2. Plaza Ambarrukmo Mall

Plaza Ambarrukmo Mall
Image Credit: Google Maps (Ifandri Dwi Aryono)

Untuk melanjutkan perjalanan wisata belanja Anda, Anda bisa menjadikan Plaza Ambarrukmo Mall sebagai tujuan. Masyarakat sekitar sering menyebut mall ini dengan sebutan Amplaz. Pusat perbelanjaan modern ini terbilang luas, yakni luasnya mencapai 120.000 meter persegi. Tidak lengkap jika Anda tidak singgah di mall ini.

Mengingat Amplaz juga menjadi pusat perbelanjaan terbaik yang ada di Jogja dan sekitarnya. Selain itu juga berhasil mendapat predikat sebagai mall paling besar. Sehingga bukan hal mengherankan jika pengunjungnya tak pernah sepi. Mulai dari kawula muda hingga keluarga menjadikan mall satu ini sebagai tujuan wisata belanja favorit.

Layaknya pusat perbelanjaan lainnya, Anda akan menemukan banyak tenant yang menarik. Mulai dari yang menyediakan produk fashion, restoran siap saji, hingga yang menyediakan kebutuhan sehari hari. Setidaknya ada sekitar 230 tenant dengan 4 lantai utama dan juga 2 lantai dasar. Tak lupa bagian hiburan seperti bioskop dan juga arena permainan.

Berjalan jalan mengelilingi Amplaz akan membuat Anda puas. Setelah lelah, Anda bisa beristirahat sembari memanjakan perut di Tamansari Food Court. Food court satu ini menyediakan berbagai jenis makanan dengan harga yang cukup terjangkau. Selain itu, mall satu ini juga memiliki fasilitas pendukung yang memadai dan sangat strategis.

Lokasi: Jl. Laksda Adisucipto No.3, Ambarukmo, Caturtunggal, Kec. Depok, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

3. Lippo Plaza Yogyakarta

Lippo Plaza Yogyakarta
Image Credit: Facebook.com @lippoplazayk

Berdiri sejak tahun 2015 silam, pusat perbelanjaan ini juga menarik untuk jadi tujuan belanja Anda. Lippo Plaza Yogyakarta berdiri di bekas Saphir Square dan hadir dengan desain bangunan yang menawan. Konsep yang diusung memang konsep urban, sehingga kesan modern dan mewahnya sangat terlihat. Di mall ini, Anda bisa menemukan berbagai tenant ternama.

Lokasinya yang strategis dan mudah untuk ditempuh menjadikan mall ini tak pernah sepi pengunjung. Anda bisa singgah mulai dari pukul 10 pagi sampai dengan 10 malam. Terdiri dari 9 lantai, Anda bisa menjelajahi setiap sudut lantai untuk menemukan barang incaran Anda atau sekedar jalan jalan. Mengingat disini tersedia banyak tenant dan barang yang bisa diburu.

Untuk Anda yang ingin sekalian membeli oleh oleh untuk keluarga di rumah, lantai dasar Lippo Plaza tersedia tenant yang menawarkan berbagai oleh oleh khas Jogja. Mulai dari tas jaket hingga kaos yang diproduksi oleh masyarakat Jogja sendiri. Pengunjung juga akan dimanjakan dengan berbagai fasilitas tambahan seperti Wifi maupun Smart Lounge.

Lokasi: Jl. Laksda Adisucipto No.32-34, Demangan, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

4. Jogja Town Square

Jogja Town Square
Image Credit: Twitter.com @rahmandabonz

Salah satu mall terbaik di Jogja yang juga bisa dijadikan alternatif adalah Jogja Town Square. Pusat perbelanjaan ini masih terbilang baru, tetapi sudah berhasil menyita perhatian. Berdiri di tengah tengah pemukiman, pusat perbelanjaan ini ada di lahan dengan luas sekitar 5 hektar. Tak heran jika kawasan satu ini termasuk kawasan komersial paling lengkap di Jogja.

Konsep yang diusung mall satu ini adalah konsep hiburan yang modern. Beberapa tenant hadir untuk mendukung konsep ini, terutama untuk tenant kulinernya. Dimana beberapa di antaranya akan siap melayani 24 jam. Shopping mall ini lebih dikenal dengan JTOS di kalangan masyarakat. Anda bisa menemukan berbagai brand dalam maupun luar negeri,

Mall satu ini sudah lumayan diterima oleh masyarakat, hal ini terbukti dengan banyaknya kawula muda yang menjadikannya sebagai tempat nongkrong. Tidak ketinggalan keluarga juga banyak yang menghabiskan waktu di Jogja Town Square ini. Mall satu ini sangat cocok untuk Anda yang ingin menikmati wisata kuliner, karena food beverage nya cukup lengkap.

Lokasi: Jl. Tambak Bayan 4 No.19b, Janti, Caturtunggal, Kec. Depok, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

5. Jogja City Mall

Jogja City Mall
Image Credit: Tribunnews.com

JCM menjadi mall selanjutnya juga tak kalah menarik untuk dijelajahi. Kehadirannya langsung menyita perhatian, karena memiliki desain yang unik. Gaya arsitektur yang diusung merupakan gaya Romawi Kuno dengan pilar yang menjulang tinggi. Bangunannya yang indah ini seringkali dijadikan sebagai tempat untuk mengambil beberapa gambar kekinian.

Ketika Anda masuk ke dalam mall, Anda akan dibuat takjub. Karena di dalam desainnya merupakan interior modern dengan arsitektur khas Jawa. terdiri dari 2 lantai utama, 2 lower ground dan juga 1 lantai dasar membuat Anda akan puas menjelajah. Tidak ketinggalan 1 upper ground juga rooftop. Setidaknya mall ini bisa menampung 1500 mobil dan 1250 motor.

Tidak hanya unik dengan tampilannya dan desainnya, di dalamnya juga terdapat berbagai outlet besar. Mulai dari supermarket, department store hingga bioskop. Bahkan Anda juga bisa menjajal kegiatan ice skating di dalam mall ini. Tak hanya belanja saja, Anda juga bisa melakukan berbagai kegiatan menarik ketika mengunjungi mall satu ini.

Lokasi: Jl. Magelang KM.6 No.18, Kutu Patran, Sinduadi, Kec. Mlati, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

6. Mall Jogjatronik

Mall Jogjatronik
Image Credit: Google Maps (Wahyu Rat Hari Wibowo)

Melihat namanya, Anda tentu sudah bisa menembak jika mall satu ini tempat berburu alat dan kebutuhan elektronik. Mall Jogjatronik memang akan memenuhi semua kebutuhan alat elektronik Anda. mulai dari produk smartphone, laptop, komputer hingga kamera yang juga sudah lengkap dengan aksesorisnya.

Selain menyediakan produk produk baru, Anda juga bisa membeli produk bekas di mall ini. Tak jarang diadakan juga pameran produk elektronik yang bisa Anda kunjungi. Mall Jogjatronik juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas unggulan. Anda bisa menemukan mesin ATM, tempat karaoke hingga food court di salah satu mall terbaik di Jogja ini.

Lokasi: Jl. Brigjen Katamso, Prawirodirjan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

7. Hartono Mall

Hartono Mall
Image Credit: Tribunnews.com

Tidak ketinggalan Hartono mall yang juga menjadi salah satu pusat perbelanjaan di Jogja yang harus disinggahi. Anda bisa menghabiskan waktu dengan mengunjungi mall ini. Meskipun masih terbilang baru, tetapi Hartono Mall cukup kondang di kalangan masyarakat. Setidaknya ada sekitar 300 tenant ternama yang siap memenuhi kebutuhan Anda.

Setelah berkeliling di berbagai toko retail, Anda bisa beristirahat di food court. Ada berbagai macam kuliner yang siap untuk dicicipi dan memanjakan perut juga lidah. Hartono mall juga dilengkapi dengan fasilitas pendukung yang memadai. Seperti kursi roda yang bisa digunakan difabel dan dipinjam tanpa ada biaya apapun.

Hartono Mall sendiri baru dibuka di tahun 2015 dan termasuk jajaran mall terbesar di Jogja. Berada di naungan PT Duta Merlin Dunia Properti, beberapa tenant kondang hadir di mall ini. Seperti Hypermart,Matahari, Informa, Nike, Charles & Keith, Starbucks hingga tenant makanan seperti J.CO. dijamin Anda akan puas berbelanja di mall satu ini.

Setelah berbelanja, Anda juga bisa melanjutkan dengan aktivitas lainnya. Seperti menonton film favorit di CGV Blitz. Atau menikmati berbagai kuliner yang tersedia. Berbagai tenant yang hadir semakin mewujudkan slogannya yakni Your Shopping World. Perpaduan tenant yang lengkap dan juga fasilitas unggulan, Hartono Mall akan jadi tempat belanja yang sangat ideal.

Lokasi: Jl. Ring Road Utara, Kaliwaru, Condongcatur, Kec. Depok, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

8. Galeria Mall Yogyakarta

Galeria Mall Yogyakarta
Image Credit: Google Maps (Galeria Mall-Yogyakarta)

Shopping mall selanjutnya yang akan memuaskan hasrat berbelanja Anda adalah Galeria Mall Jogja. Mall satu ini lebih mengusung konsep keluarga, tak heran jika akan lebih banyak keluarga dibandingkan muda mudi. Segala kebutuhan keluarga memang tersedia hanya dalam satu tempat saja. Seperti Department store hingga food mart yang bisa ditemukan.

Galeria Mall Jogja terdiri dari 3 lantai utama dan 2 lantai dasar. Menariknya, mall ini juga memiliki bagian rooftop yang difungsikan sebagai cafe. Sehingga Anda bisa sekalian nongkrong atau mengambil beberapa foto kekinian. Walaupun memiliki konsep keluarga, kawula muda Jogja juga banyak yang menghabiskan waktu di tempat satu ini.

Galeria mall sendiri lebih banyak dikenal dengan Gale oleh masyarakat kota Jogja. ketika akhir pekan mall ini tidak pernah sepi, karena memang sangat cocok untuk dijadikan tempat melepas penat. Untuk Anda yang ingin nongkrong di cafenya, disarankan untuk datang malam hari. karena pemandangan yang disuguhkan akan membuat Anda berdecak kagum.

Lokasi: Jl. Jend. Sudirman No.99-101, Terban, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

9. Sahid J Walk

Sahid J Walk
Image Credit: Google Maps (Kelik Sumardiyanta)

Sahid Jogja Walk atau yang akrab disebut Sahid J Walk juga menjadi pusat perbelanjaan yang wajib dikunjungi. Konsep yang diusung oleh mall satu ini berbeda dengan mall pada umumnya. Karena memiliki kawasan terbuka hijau yang terbilang luas. Mall yang juga paling besar ini, berdiri kokoh di lahan sekitar 2,2 hektar yang siap memanjakan pengunjung.

Berbagai toko retail dengan merek dari dalam dan luar negeri siap untuk Anda jelajahi. Terbilang cukup lengkap, sahid J Walk memang memiliki daya tarik pada sisi satu ini. Di area kawasan hijaunya, Anda bisa memanjakan perut dan lidah karena ada area Food Walk. Wahana permainan untuk anak anak juga tersedia di Sahid J walk ini.

Lokasi: Jl. Babarsari, Janti, Caturtunggal, Kec. Depok, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

10. Sleman City Hall

Sleman City Hall
Image Credit: Tribunnews.com

Pusat perbelanjaan ini memang tidak terletak di Jogja, tapi bukan berarti tidak menarik untuk dikunjungi. Masih baru dibuka di tahun 2019 lalu, Anda akan menemukan banyak tenant di dalamnya. Selain itu juga didukung dengan berbagai fasilitas yang menarik dan modern. Terdiri dari 8 lantai, mengelilingi mall ini akan membuat Anda puas.

Lokasi: Jl. Gito Gati No.18, Penggung, Tridadi, Kec. Sleman, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

Demikianlah beberapa mall terbaik di Jogja yang bisa Anda jadikan sebagai tujuan berbelanja. Tidak hanya menghadirkan tenant dan juga merek yang beragam, beberapa di antaranya juga dilengkapi dengan fasilitas yang menarik. Jadi, mall mana yang akan Anda kunjungi dahulu untuk memuaskan keinginan belanja anda?

Give a Comment