Harga Tiket: Rp 175.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Ngargogondo, Kec. Borobudur, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

Magelang memang terkenal akan wisata sejarah dan wisata alam yang menarik. Namun kawasan yang kaya akan budaya ini ternyata juga menyimpan deretan wisata untuk kaum urban. Salah satunya yaitu Mata Langit Borobudur, yang sedang trend di kalangan para pecinta travel.

Tempat kekinian ini adalah salah satu cafe atau spot urban yang dijadikan sebagai destinasi wisata baru oleh masyarakat. Pasalnya tempat tersebut mampu menyuguhkan sky view yang begitu keren, berkat letaknya yang berada di ketinggian dan menampilkan 6 gunung tinggi di Jogja. Jadi tidak hanya nongki cantik dengan teman, cafe ini juga bisa dijadikan sebagai tujuan wisata bersama keluarga tercinta.

Daya Tarik Wisata Mata Langit

1. Menawarkan Pemandangan 6 Gunung

Daya tarik Mata Langit Magelang
Photo by Twitter Rudi cayo

Mata Langit merupakan salah satu cafe yang berada di ketinggian Magelang. Sky view yang ditawarkan dari tempat ini berupa 6 gunung dan 20 desa di Borobudur. Deretan gunung yang bisa disaksikan secara langsung melalui objek wisata satu ini antara lain Gunung Merapi, Gunung Prau, Gunung Sumbing, Gunung Merbabu, Gunung Andong, dan Gunung Telomoyo.

Bahkan ketika cuaca sedang cerah, dari kejauhan anda bisa melihat bagaimana megahnya Candi Borobudur yang terlihat menyimpan banyak sejarah. Dari cafe yang berada di Perbukitan Menoreh ini, memang bukan hal yang sulit untuk menikmati keindahan alam. Lokasinya yang diapit pegunungan dari berbagai penjuru membuat kawasan tersebut terasa begitu sejuk.

Udara bersih dan terasa segar akan menemani anda selama berada di lokasi. Benar benar suasana yang begitu cocok sebagai tujuan untuk rekreasi menghilangkan penat. Bukan hanya tubuh, pikiran pun bisa menjadi lebih rileks berkat suasana seperti ini. Belum lagi dengan pemandangan hijau di sekitar yang sangat memanjakan mata.

2. Spot Sunset Terbaik

Dengan segala pemandangan yang luar biasa dari alam di sekitarnya, Mata Langit Magelang pun menjelma menjadi salah satu spot terbaik untuk menyaksikan sunset. Dimana pengunjung bisa melihat secara langsung bagaimana matahari perlahan lahan mulai kembali ke peraduannya, di antara deretan pegunungan yang mengelilingi lokasi ini.

Tentunya pemandangan bak lukisan tersebut tidak bisa anda lewatkan begitu saja. Itulah mengapa banyak orang yang memilih berlama lama di sini, menanti senja datang. Bahkan ada pula yang sengaja datang menjelang sore untuk sekadar mengagumi keindahan sunset yang tersaji di kawasan ini.

Tapi sebaiknya jangan datang terlalu sore, karena dikhawatirkan anda malah tidak mendapatkan spot yang tepat untuk menikmati semua keindahan tersebut. Mengingat bahwa animo masyarakat lokal dan wisatawan dari berbagai daerah yang cukup tinggi terhadap destinasi kekinian ini, maka sebaiknya anda datang lebih siang agar lebih santai.

Daya tarik Dimiliki Mata Langit Magelang
Photo by Twitter Majalah Get Lost

3. Restoran Bergaya Joglo

Mata Langit Borobudur menjadi salah satu cafe urban atau restoran yang mengusung tema patuh terhadap budaya yang ada. Dengan konsep Joglo yang begitu asri, anda akan menemukan bangunan restoran yang berbentuk rumah adat Jawa terkenal tersebut. Rumah Joglo ini mempunyai aksen kayu yang begitu kuat dengan perpaduan warna coklat dan putih.

Tidak lupa tambahan elemen alam lainnya sebagai pelengkap membuat tempat makan satu ini mempunyai rasa yang asri sekaligus hangat. Benar benar menjadi tempat yang nyaman untuk bersantap di atas Perbukitan Menoreh. Luas restorannya sendiri terbilang cukup untuk menampung sekitar 50 pengunjung, sehingga banyak acara keluarga yang diselenggarakan di sini.

Mereka yang ingin mengadakan acara lainnya seperti makan makan perusahaan juga acap kali terlihat mengunjungi restoran dengan gaya dan konsep Joglo ini. Di bagian pelatarannya sendiri, café dan resto ini menyediakan meja bar yang dibatasi oleh kaca bening. Sehingga para pengunjung tetap bisa melihat secara jelas pemandangan luar biasa yang ada di sekitar.

Spot plataran itu pula yang biasanya menjadi favorit bagi para pengunjung. Karena dari sini, panorama alam yang indah bisa dinikmati sepuasnya. Mulai dari pemandangan 6 gunung tinggi di daerah Yogyakarta, pemandangan sunset yang eksotis, sampai Candi Borobudur yang terlihat dari kejauhan. Tidak heran jika spot duduk tersebut selalu menjadi rebutan dan selalu terlihat ramai.

4. Wisata Kuliner

Berdiri sebagai sebuah restoran dengan pemandangan alam yang begitu mumpuni, tidak lantas membuat Mata Langit hanya menjual panorama alamnya saja. Namun anda juga bisa melakukan wisata kuliner dengan nyaman di sini. Sebab deretan menu yang ditawarkan tidak kalah menarik dari pesona alam yang ada.

Dimana daftar menu yang ada terbilang cukup variatif, mulai dari menu ala Nusantara, Asia, hingga western food siap ditawarkan untuk para pengunjung. Sajian mewah sekaligus berkelas dengan rasa yang begitu lezat bisa anda dapatkan. Salah satu yang menjadi rekomendasi contohnya yaitu Mentok Geol Geol.

Hidangan tersebut menjadi signature dish di café ini, dan acap kali dipesan oleh para pengunjung. Mentok Geol Geol ini adalah sejenis unggas yang telah dibumbui dengan rempah dan cabai hijau. Rasa dagingnya hampir mirip dengan ayam, dengan tekstur dan rasa daging yang dijamin langsung membuat anda kepincut ketika mencicipinya.

Alamat dan Rute Lokasi

Alamat Mata Langit Magelang
Photo by Google Maps Ferry Maulana

Mata Langit berada di area kebun atau sawah di Ngargogondo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Lokasi ini tidak terlalu jauh dari Candi Borobudur atau sekitar 7 kilometer saja, sehingga anda yang berkunjung ke objek wisata tersebut bisa mampir ke destinasi kekinian ini, untuk mengisi perut sembari menyaksikan keindahan alam yang ada.

Dari pusat Kota Magelang sendiri, destinasi ini berjarak kurang lebih 22 kilometer. Dan jika dari pusat Kota Jogja, berjarak sekitar 37 kilometer. Yang mana anda bisa mencapai lokasi dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Namun pastikan jika pengemudinya cukup andal, sebab rute perjalanan mendekati lokasi terbilang cukup sulit.

Pasalnya lokasi Mata Langit yang berada di ketinggian, membuat anda harus melewati jalanan yang menanjak. Tidak hanya menanjak, namun jalan tersebut juga tergolong cukup sempit sehingga agak sulit ketika ada dua mobil yang berpapasan. Atau untuk lebih mudahnya, anda bisa menyewa kendaraan beserta sopirnya dari pusat kota sebelum berangkat.

Jam Operasional dan Harga Tiket

Ticket Mata Langit Magelang
Photo by Google Maps Ahmad Syaifulloh

Jam operasional Mata Langit Magelang sebenarnya mulai pukul 07.00 WIB sampai dengan pukul 19.00 WIB. Akan tetapi, anda juga bisa memesan akses khusus apabila ingin menikmati matahari terbit di sini. Akses khusus tersebut terbilang cukup terbatas, dan bisa dipesan mulai pukul 05.00 WIB.

Harga tiket masuknya sendiri sudah sekaligus harga menu yang ingin dipesan. Dimana tersedia beberapa paket menu yang bisa anda jadikan pilihan. Seperti breakfast set menu yang bisa dipesan pukul 07.00 sampai 09.00, dengan harga sekitar Rp. 175.000 per orang. Lalu ada paket brunch yang bisa dipesan di pukul 09.30 sampai 12.00 WIB dengan harga sekitar Rp. 200.000 per orang.

Untuk akses khusus melihat sunrise, ada paket picnic breakfast alfresco dan sunrise breakfast. Paket picnic breakfast alfresco bisa dipesan dengan minimal pemesanan 2 orang seharga kurang lebih Rp. 500.000 per orang. Sementara paket sunrise breakfast tersedia dengan harga kurang lebih Rp. 350.000 per orangnya.

Anda yang datang untuk makan siang juga bisa mengambil menu paket khusus lunch, yang bisa dipesan mulai pukul 12.30 sampai 15.00 WIB dengan harga sekitar Rp. 200.000 per orang. Lalu paket yang terakhir ada early dinner yang tersedia pada pukul 15.30 sampai 18.00 WIB dengan harga sekitar Rp. 250.000 per orang.

Selain paket menu tersebut, pengunjung juga bisa memesan menu satuan yang tersedia dalam berbagai varian. Harganya pun bervariasi, sehingga bisa dijadikan pilihan apabila anda tidak ingin merogoh kocek dalam. Untuk harga menu yang telah disebutkan juga dapat berubah sewaktu waktu sesuai dengan ketentuan pihak pengelola.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Mata Langit Magelang
Photo by Twitter Disporapar Jateng

1. Piknik di Mata Langit

Piknik bersama keluarga tercinta atau dengan teman bisa menjadi salah satu kegiatan menarik yang dapat anda lakukan ketika berkunjung. Sambil menyantap menu lezat yang disajikan dari restoran Mata Langit, anda bisa piknik menyaksikan keindahan alam yang begitu mempesona.

Kegiatan seperti ini sesekali memang dibutuhkan untuk mempererat hubungan antar keluarga atau jalinan pertemanan. Meski terdengar sepele, quality time seperti itu mampu menghidupkan kembali rasa cinta dengan orang orang tersayang. Apalagi bagi anda yang mempunyai buah hati, sangat direkomendasi untuk melakukan piknik keluarga di sini.

2. Berburu Foto di Spot Instagramable

Bagi kaum urban dan masyarakat millenials, tidak lengkap rasanya apabila berkunjung ke objek wisata tanpa mengabadikan satu momen pun di sana. Anggapan tersebut memang tidak salah, terlebih jika anda berkunjung ke Mata Langit. Pasalnya pesona alam yang ada membuat destinasi ini mampu menawarkan banyak spot foto instagramable.

Di sini, anda bisa berburu foto ciamik untuk diunggah ke media sosial. Saking indahnya, tempat kekinian ini pernah dijadikan sebagai lokasi syuting film populer yakni “Ada Apa dengan Cinta 2”. Hal tersebut tidak mengherankan, karena suasana di sini memang tidak hanya indah tapi juga begitu romantis.

3. Melakukan Yoga dan Meditasi

Berada di ketinggian dengan suasana alam yang segar dan menangkan, sehingga mampu membuat tubuh dan pikiran menjadi rileks, membuat pihak Mata Langit mengizinkan para pengunjung untuk melakukan meditasi dan yoga di sini. Bahkan sudah tersedia instruktur yoga, yang siap mendampingi anda untuk dapat merasakan aktivitas kebugaran tubuh tersebut.

Fasilitas di Mata Langit Borobudur

Fasilitas Mata Langit Magelang
Photo by Google Maps Papa Abeecello

Fasilitas yang ditawarkan oleh pengelola terbilang cukup lengkap dan melimpah, siap memanjakan para pengunjung yang datang ke sana. Karena tidak hanya cafe dan resto dengan berbagai menu lezat dan spot foto instagenic saja yang ditawarkan di sini, tapi ada banyak fasilitas lain yang akan menyambut anda.

Seperti tempat parkir kendaraan yang luas, toilet bersih, area yoga dengan instruktur, gazebo, mushola, outbound area, kolam renang, sunset view point, sampai Hotel Mata Langit by Plataran. Dengan semua fasilitas ini, anda bisa menikmati semua keseruan dari tempat ini seharian penuh, bahkan sampai bermalam di akomodasi yang ada di sana.

Jika anda tengah bingung akan menghabiskan hari libur di mana, maka Mata Langit Borobudur di Magelang ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Lokasinya yang strategis dan tidak jauh dari Borobudur, membuat anda bisa sekaligus mengunjungi beberapa objek wisata lainnya di daerah Yogyakarta. Sebelum menutup hari dengan segala pesona yang ditawarkan café dan resto tujuan kaum urban ini.

Give a Comment