Museum Chocolate Monggo, Wisata Edukatif untuk Pecinta Cokelat di Bantul

Museum Chocolate Monggo, Wisata Edukatif untuk Pecinta Cokelat di Bantul
Harga Tiket: Rp 10,000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Tugu Gentong, Sribitan, Bangunjiwo, Kec. Kasihan, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

Daerah Istimewa Yogyakarta seolah tidak pernah berhenti memberikan kejutan kepada para wisatawan. Setiap tahun, selalu ada saja tempat wisata yang menawarkan pengalaman liburan yang seru dan tidak biasa. Salah satu tempat wisata di Bantul, DI Yogyakarta yang cukup baru adalah Museum Chocolate Monggo. Produk Cokelat ini memang sudah ada sejak tahun 2005, namun museumnya baru diresmikan pada tahun 2017 silam.

Sejak saat itu, Museum Chocolate Monggo menjadi salah satu tempat wisata alternatif di kota Yogyakarta. Bahkan museum ini sudah terkenal hingga mancanegara, dengan dibuktikan banyaknya turis asing yang datang untuk melihat proses pembuatan coklat sekaligus membawa pulang Cokelat Monggo sebagai oleh-oleh liburan. Bagi Anda yang penasaran, artikel ini akan mengulas lengkap informasi tentang pabrik Cokelat Monggo beserta museum yang menawarkan pengalaman seru dalam berwisata.

Daya Tarik Wisata Museum Chocolate Monggo

Daya Tarik Wisata Museum Chocolate Monggo
Photo by Google Maps Gps Wisata Indonesia

1. Melihat Operasional Pabrik Cokelat

Daya tarik utama dari Museum Chocolate Monggo adalah kesempatan yang diberikan oleh wisatawan untuk melihat langsung prosesi pembuatan Cokelat Monggo yang legendaris. Nama Cokelat Monggo mungkin masih asing di telinga wisatawan. Tapi bagi masyarakat Yogyakarta, Cokelat Monggo merupakan merk cokelat legendaris yang berhasil menembus pasar nasional.

Di Yogyakarta sendiri, Cokelat Monggo juga menjadi salah satu oleh-oleh khas yang sering dibawa pulang oleh para wisatawan. Apalagi kini Cokelat Monggo memiliki kemasan yang lebih menarik dengan aneka varian rasa.

Nah, kini wisatawan pun berkesempatan untuk datang ke pabriknya langsung. Tidak hanya itu saja, wisatawan bisa melihat proses pembuatan Cokelat Monggo meski hanya dari salah satu selasarnya saja. Dari balik jendela kaca berukuran besar wisatawan bisa melihat aktivitas karyawan yang sedang mengolah aneka jenis Cokelat Monggo yang siap untuk diproduksi.

Meski bisa melihat secara langsung aktivitas di pabrik Cokelat Monggo, wisatawan tidak diperbolehkan masuk ke area produksi. Hanya karyawan dan orang-orang tertentu saja yang mendapatkan ijin untuk melihat atau meliput kegiatan produksi dari dekat.

Meski hanya melihat dari lorong kaca saja, wisatawan tetap bisa mendapatkan pengalaman baru datang ke pabrik cokelat sembari melihat langsung proses produksinya. Tidak heran jika Museum Chocolate Monggo selalu ramai dikunjungi oleh rombongan keluarga yang membawa serta anak-anak mereka.

2. Nongkrong di Kedai Cokelat

Selain bisa melihat proses pembuatan Cokelat Monggo dari dekat, salah satu tujuan utama wisatawan datang ke Museum Chocolate Monggo tentu saja untuk menikmati aneka sajian makanan dan minuman yang terbuat dari cokelat di cafe yang bernama Kedai Cokelat. Lokasinya berada di bagian depan pabrik, yang membuat wisatawan langsung tidak sabar untuk mencicipi aneka menu sejak pertama kali melihatnya dari pintu masuk.

Kedai Cokelat menawarkan aneka jenis minuman yang terbuat dari coklat dengan beragam komposisi. Wisatawan bisa mencicipi minuman cokelat dengan kadar mulai dari 41% hingga 77% dalam kategori Dark Chocolate.

Kedai Cokelat juga memiliki menu andalan berupa eskrim Gelato yang menjadi favorit anak-anak. Ketika datang ke Museum Chocolate Monggo, jangan lewatkan untuk mencicipi aneka Gelato dengan rasa cokelat asli. Tersedia pula aneka jenis Milkshake dengan beragam variasi topping.

Kedai Cokelat juga memiliki beberapa menu makanan barat seperti Quiche, Crepes, dan yang paling menarik adalah Cake of The Day, aneka sajian kue yang tersedia di hari itu saja dengan aneka varian rasa.

Selain memiliki beragam menu yang enak, Kedai Cokelat juga memiliki dekorasi yang sangat menawan. Penampilannya kental dengan nuansa Jawa yang dihiasi oleh beragam patung, ukiran, serta ornamen khas kota Yogyakarta.

3. Belanja Oleh-Oleh Cokelat Monggo

Selain bisa melihat langsung dan mencicipi aneka olahan cokelat yang disajikan pada menu Kedai Cokelat, wisatawan juga sering datang ke Museum Chocolate Monggo hanya untuk berbelanja oleh-oleh. Pada dasarnya wisatawan bisa menemuka aneka produk Cokelat Monggo di toko oleh-oleh yang tersebar di pusat kota dan dekat area wisata.

Namun beberapa orang beranggapan bahwa datang langsung ke pabrik merupakan cara yang tepat untuk menutup perjalanan wisata di kota Yogyakarta. Anggapan tersebut memang benar karena di sini, ada ratusan produk dengan aneka varian rasa dan kemasan yang unik.

Wisatawan bisa membeli beberapa produk best seller seperti Dark Chocolate 100% atau Milk Chocolate yang menjadi salah satu produk favorit anak-anak. Selain membeli produk cokelat batangan, wisatawan juga berkesempatan membeli produk lain seperti Biskuit Cokelat, snacks bernama Dried Coconut Flakes, Cruncy Bites dan Belgian Waffles, hingga bubuk cokelat premium yang bisa dibawa pulang untuk topping kue. Anak Anda pasti juga suka Kids Product yang ditawarkan, seperti aneka jenis cokelat dengan bentuk dinosaurus, robot, atau bahkan kupu-kupu.

Alamat, Rute dan Harga Tiket

Alamat, Museum Chocolate Monggo
Photo by Google Maps Gps Wisata Indonesia

Museum Chocolate Monggo beralamatkan di jl. Tugu Gentung, Sribitan, Bangunjiwo Kecamatan Kasihan, Bantul DI Yogyakarta. Jaraknya hanya sekitar 45 menit perjalanan dari pusat kota Yogyakarta. Dari titik 0 Km Yogyakarta, wisatawan bisa berkendara melalui jalan Jogja-Wates dan menuju ke Kasihan melalui jl. Ring Road Selatan.

Lanjutkan perjalanan ke jl. Bagunjiwo-Bibis yang akan bersimpangan dengan jl. Tugu Gentong. Dari persimpangan Bangunjiwo Tugu Gentong akan ada penunjuk jalan yang mengarahkan wisatawan menuju ke pabrik Cokelat Monggo.

Harga tiket masuk museum ini hanya Rp 10.000,- per orang. Namun untuk bisa menikmati aneka olahan cokelat, wisatawan akan dikenakan biaya sesuai dengan harga produk. Wisatawan bisa datang setiap hari dan operasional toko dimulai pukul 10.00 hingga 18.00 WIB.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Menarik Museum Chocolate Monggo
Photo by Google Maps Fe Al Izlami

1. Chocolate Creating and Tasting Experience

Museum Chocolate Monggo menawarkan setidaknya 3 pilihan aktivtias seru yang akan mengajak wisatawan untuk turut serta dalam mengolah cokelat. Ada 3 paket yang bisa dipesan untuk rombongan, seperti The Chocolate Creating Experience, The Chocolate Tasting Experience, dan juga Mayan Costumes.

Wisatawan bisa memesan salah satu paket lalu akan diajak untuk mencoba membuat cokelat dan mencetaknya dengan aneka bentuk cetakan yang tersedia. Wisatawan juga bisa mencicipi aneka jenis coklat siap produksi hingga buah kakao yang belum diolah.

Selain dua kegiatan tersebut, wisatawan juga bisa memilik Mayan Costumes untuk berkesempatan berpenampilan seperti Suku Mayans, yakni suku yang pertama kali menemukan kakao dan mengolahnya menjadi cokelat.

Ketiga kegiatan tersebut harus dilakukan pemesanan dan memiliki batas minimal kuota rombongan. Jika Anda datang bersama keluarga besar, jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba ketiga aktivitas seru yang dipandu oleh guide berpengalaman.

2. Belajar Sejarah Cokelat

Selain berkesempatan mencoba aneka jenis cokelat, wisatawan bisa mengenal lebih dekat tentang sejarah cokelat. Tidak hanya di Indonesia saja, tetapi Museum Chocolate Monggo Coklmenampilkan klipping koran yang membahas sejarah coklat secara menyeluruh. Setiap sudut dinding museum dihiasi dengan koran berbingkai yang berisikan informasi tentang sejarah cokelat.

Wisatawan bisa membaca setiap ornamen tersebut untuk mencari informasi yang komprehensif tentang sejarah cokelat di dunia. Selain itu ada banyak tulisan tentang sejarah Cokelat Monggo dari dulu hingga sekarang. Kesempatan seperti ini merupakan sesuatu yang langka dan hanya bisa Anda dapatkan ketika mengunjungi museum Cokelat Monggo saja.

3. Selfie Spot

Aktivitas seru di museum Cokelat Monggo tentu saja foto-foto. Pabrik cokelat ini memang tidak terlihat seperti pabrik pada umumnya. Area pabrik yang menyatu dengan area kedai dan halaman terlihat unik. Dari halaman depan saja wisatawan sudah bisa merasakan aura bahagia. Bangunan kuno berpadu cantik dengan ornamen kayu khas kota Yogyakarta yang membuat setiap sudut bisa digunakan sebagai selfie spot.

Bahkan di area musem dan kedai, wisatawan bebas mengekspresikan diri dengan berfoto dengan hiasan cokelat aneka bentuk. Salah satu bentuk yang unik adalah cokelat yang berbentuk seperti sepatu hak milik perempuan. Halaman utama yang berupa rumah Joglo juga memiliki hawa yang sejuk, membuat wisatawan serasa berada di jaman kerajaan.

Fasilitas Wisata di Museum Chocolate Monggo

Photo by Google Maps Min Seong Kim

Sebagai salah satu tempat wisata berupa museum, pabrik Cokelat Monggo memiliki fasilitas yang sangat lengkap. Area parkir muat untuk menampung kendaraan milik wisatawan. Ruang ibadah, toilet, hingga halaman yang luas mencerminkan bahwa Museum Chocolate Monggo sangat ramah untuk anak dan rombongan keluarga.

Kesan nyaman pun langsung terasa sejak pertama kali masuk ke halaman depan. Selain itu, karyawan yang ramah terhadap para pengunjung juga menciptakan nuansa kekeluargaan yang kuat.

Datang ke Museum Chocolate Monggo akan menjadi pilihan terbaik untuk mengajak si kecil mengenal lebih dekat tentang cokelat. Ini merupakan tempat wisata yang wajib dikunjungi ketika berlibur bersama dengan seluruh anggota keluarga dan mengenalkan kepada mereka bahwa cokelat bukan sekedar makanan saja. Wisatawan juga berkesempatan untuk membeli aneka produk Cokelat Monggo yang sangat lengkap.