Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Solo, Kec. Banguntapan, Kab. Bantul, Yogyakarta.

Hingga saat ini, Jogja masih menjadi kota wisata yang sayang untuk anda lewatkan saat musim liburan tiba. Kota ini menyuguhkan berbagai destinasi wisata yang sangat beragam dan lengkap. Salah satu lokasi yang layak untuk anda kunjungi adalah Museum Dirgantara Mandala. Yuk cari tahu lebih dalam tentang destinasi tersebut di sini.

Sekilas Tentang Museum Dirgantara Mandala

Sekilas Museum Dirgantara Mandala
Image Credit: Google Maps (Wanto Pujakesuma)

Saat datang ke jogja, akan sangat disayangkan jika anda hanya berkeliling untuk berbelanja di Malioboro. Sempatkanlah waktu anda untuk berkunjung ke Museum Dirgantara Jogja. Museum tersebut dibangun dan digagas oleh TNI AU untuk mengenang berbagai peristiwa bersejarah yang berkaitan dengan korps mereka. Banyak sekali pajangan berbau TNI AU yang diletakkan di sana.

Berbagai koleksi museum yang dimaksud diantaranya adalah pesawat tempur, rudal, dan pesawat sipil. Selian melihatnya, anda juga dapat menaiki pesawat tersebut. Tentu dalam kondisi diam dan tidak mengudara. Banyak sekali ilmu yang dapat anda peroleh. Selain itu, anda juga dapat melihat bagaimana peran TNI AU di masa lampau.

Museum ini juga ditata dengan baik sehingga tidak terlihat kuno dan membosankan. setiap sudut ruangannya terlihat cocok sebagai spot foto. Tentunya akan semakin berkesan, jika anda berfoto dengan benda benda peninggalan yang kaya akan nilai sejarah. Selian berkeliling, pengunjung museum juga dapat berbelanja cinderamata khas dirgantara.

Pengalaman tersebut sangat cocok untuk anda gunakan untuk mengisi masa liburan. Akan lebih baik pula jika anda mengajak anak anak. Sepulangnya dari lokasi tersebut, buah hati anda akan memiliki wawasan yang lebih luas tentang sejarah dirgantara indonesia. Bukan tidak mungkin si kecil akan mengubah cita cita nya menjadi anggota TNI AU.

Daya Tarik Wisata Museum Dirgantara Mandala

Daya Tarik Museum Dirgantara Mandala
Image Credit: Google Maps (Udabow)

1. Koleksi Pesawat yang Keren

Di museum ini, anda dapat melihat sekaligus menyentuh 38 koleksi pesawat yang dimiliki oleh TNI AU. Pesawat pesawat tersebut adalah pesawat tempur dan juga pesawat sipil. Beberapa di antara mereka, bahkan menjadi bagian dari pergolakan Indonesia saat meraih kemerdekaan. Artinya, mereka memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi.

Salah satu pesawat yang kaya nilai sejarah itu adalah Guntei bersayap ganda. Armada tersebut pernah digunakan dalam pertempuran dengan tentara jepang. Pesawat Ini menjadi pesawat pengeboman pertama yang digunakan dalam sejarah TNI AU. Ada juga koleksi lain seperti pesawat Mustang yang dulunya digunakan dalam operasi yang bernama Permaseta.

2. Koleksi Benda Bersejarah yang Lengkap

Museum yang baik adalah mereka yang dapat menampilkan berbagai benda bersejarah dengan lengkap kepada pengunjungnya. Hal ini pula yang menjadi daya tarik Museum Dirgantara Mandala. Anda dapat menemukan banyak sekali benda benda lama yang memiliki kisah panjang. Saking banyaknya koleksi, museum ini membaginya ke dalam 6 ruangan berbeda.

Selain pesawat, koleksi lain yang ada di sana yaitu berupa foto bersejarah, tanda kehormatan, pakaian dinas, senjata tajam, radar, bom, parasur, lukisan, dan masih banyak lagi. Bahkan anda dapat menemukan berbagai alutsista yang terlihat unik dan asing. Tentunya, anda tidak dapat menemukan pajangan tersebut jika tidak datang ke museum ini.

Salah satu barang koleksi yang selalu menyita perhatian pengunjung adalah diorama satelit palapa dan pesawat ruang angkasa challenger yang mengorbitkan nya. Tentu koleksi tersebut akan membuat setiap pengunjung berdecak kagum. Anda yang merupakan pecinta ruang angkasa dan dunia udara pastinya akan merasa sangat puas dan terhibur.

Daya Tarik Museum Dirgantara Mandala
Image Credit: Google Maps (Andry Pramunanto)

3. Banyak Ilmu yang Didapat

Saat berkunjung ke Museum Dirgantara, anda tidak perlu heran jika sering melihat siswa SD, SMP, atau SMA yang sedang melakukan study tour. Kegiatan tersebut sejatinya memang dilakukan oleh sekolah untuk mengajak siswanya mencari informasi sekaligus berwisata. Banyak sekali hal menarik yang data anda temukan di dalam museum tersebut.

4. Banyak Terdapat Spot Foto

Suasana yang suram dan membosankan sering sekali melekat pada sebuah museum. Akan tetapi, anda tidak akan merasakan hal tersebut di Museum Dirgantara. Banyak sekali spot foto yang keren, sehingga setiap langkah anda terasa tidak membosankan. Beberapa spot foto yang selalu dipilih oleh wisatawan adalah bagian depan museum dan patung wajah pahlawan.

Anda juga dapat menggunakan replica bunker sebagai background foto. Bunker syarat makan nuansa patriotism, karena dulunya menjadi tempat bagi para pejuang untuk bersembunyi selama perang berlangsung. Berdasarkan penjelasan yang telah diberikan ini, terlihat bahwa anda harus siap siap membawa kamera dengan memori besar.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Museum Dirgantara Mandala
Image Credit: Instagram.com @aprii_za

Museum Dirgantara Mandala berada di kompleks TNI AU, lebih tepat nya di jalan Raya Solo Kecamatan Banguntapan, Bantul, Yogyakarta. Untuk sampai ke sana, anda hanya perlu menempuh perjalanan sejauh 7,6 KM dari pusat kota. Jarak tersebut hanya akan memakan waktu selama setengah jam dengan kecepatan sedang.

Rute untuk sampai ke sana juga terbilang mudah, yaitu langsung saja menuju ke arah timur setelah melewati pusat 0 km hingga sampai ke jalan kusumanegara. Setelah itu, kemudikan kendaraan hingga sampai di perempatan dan jalan terus sampai menemukan putar balik. Terus saja ikuti jalan tersebut hingga sampai ke lokasi museum.

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk

Tiket Masuk Museum Dirgantara Mandala
Image Credit: Google Maps (Jaya Sakti)

Informasi lain yang tidak kalah penting bagi setiap pengujung adalah kapan jam buka dan tutup dari Museum Dirgantara. Terkait dengan hal ini, anda tidak perlu khawatir, karena destinasi ini buka setiap hari sepanjang pekan. Jam bukanya adalah pukul 08.30 pagi dan tutup pukul 15.00 sore. Oleh karena itu, pastikan anda datang di antara jam tersebut ya.

Untuk harga tiket masuknya, museum ini sangat terjangkau, anda hanya perlu membayar biaya sebesar 3 ribu rupiah. Namun jika anda datang bersama dengan rombongan, maka HTM nya menjadi 2 ribu saja. Sedangkan untuk biaya parkir kendaraannya bisa dibilang lebih mahal, yaitu 20 ribu untuk mobil dan 30 ribu untuk bus.

Namun jika dihitung hitung, biaya tersebut tidak terlalu memberatkan. Apalagi, banyak sekali informasi yang bisa anda dapatkan jika berkunjung ke sana. Terdapat berbagai hal dapat memukau anda dan keluarga. Tidak heran jika museum ini selalu ramai, terutama saat masa masa libur sekolah dan long weekend. Mulai dari orang tua hingga anak anak berkunjung ke sana.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Ragam Aktivitas Dilakukan Museum Dirgantara Mandala
Image Credit: Google Maps (Niken Prabaningtyas)

1. Bisa Merasakan Sensasi Menjadi Pilot

Selain melihat lihat koleksi para wisatawan juga dapat merasakan bagaimana sensasi menjadi pilot. Anda bisa menyewa pakaian pilot dan bergaya di bagian dalam pesawat, kegiatan tersebut tentu sangat menarik dan tidak dapat dilakukan di sembarang museum. Bahkan para wisatawan juga diperbolehkan untuk menaiki wahana simulasi menerbangkan pesawat.

Pengalaman tersebut tentunya sangat menyenangkan, terutama bagi anak anak. Meskipun bukan benar benar menerbangkan pesawat namun anda tahuk komponen apa saya yang terdapat di bagian dalamnya. Anda pun dapat menjajal kemampuan mengendalikan pesawat, meskipun hanya dari alat simulasi saja.

2. Mengambil Berbagai Foto

Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, banyak sekali spot foto menarik yang ada di dalam Museum Dirgantara Mandala. Anda bisa mengambil foto dengan background pesawat tempur hingga berbagai barang peninggalan lain. anda pun bisa memajang foto tersebut di media social untuk ikut memperkenalkan dunia TNI AU kepada para followers.

Ragam Aktivitas Dilakukan Museum Dirgantara Mandala
Image Credit: Instagram.com @jogjanetizen

3. Menyerap Informasi Tentang Dirgantara

Karena museum ini didedikasikan untuk perjuangan TNI AU, maka tidak heran jika banyak sekali infirmais tentang dunia oenerbangan khususnya pesawat militer yang dapat anda ketahui. Selain itu, anda juga akan melihat secara langsung bagaimana susunan pangkat dari TNI AU yang selama ini menjaga langit wilayah Indonesia.

4. Berbelanja Cenderamata

Setelah berkeliling melihat koleksi museum, anda juga bisa membeli berbagai cenderamata yang berkaitan dengan dunia penerbangan sebagai kenang kenangan. Harga yang ditawarkan juga tidak terlalu mahal dan pilihannya pun beragam. Anda akan dibuat pusing untuk memilih salah satu benda yang hendak di bawa pulang.

Selain pedaang cenderamata, anda juga bisa menemukan banyak sekali pedagang makanan. Anda tidak perlu khawatir jika setelah berkeliling, merasa lapar. Akan tetapi, jangan lupa untuk bertanya terlebih dahulu berapa harga menu tersebut sebelum membeli. Hal ini penting, agar anda tidak diminta untuk membayar harga yang mahal.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Museum Dirgantara Mandala

Fasilitas di Museum Dirgantara Mandala
Image Credit: Google Maps (Andreas S)

Museum ini sangat layak dibanggakan bukan tanpa alasan. Ada banyak sekali fasilitas penunjang yang dapat membuat para pengunjung merasa nyaman. Adapun beberapa fasilitas tersebut adalah toilet, souvenir shop. Mushola, perpustakaan, kantin, dan tempat parkir yang luas. Semua fasilitas itu sengaja diadakan untuk memberikan pengalaman wisata yang menyenangkan.

Selain itu, di sekitar museum juga terlihat cantik karena dihiasi oleh taman yang tertata dengan baik. Setiap tumbuhan yang ada di sana terlihat segar dan tumbuh dengan baik. Anda pun bisa menggunakan taman tersebut sebagai background foto. Keberadaan taman itu pula yang membuat kawasan museum terlihat menarik dan lebih cantik.

Itulah beberapa informasi tentang Museum Dirgantara Mandala yang perlu anda ketahui. Akan sangat disayangkan jika anda tidak menyempatkan diri untuk datang ke sana. Adapun waktu terbaik bagi anda untuk berkunjung adalah jam mendekati makan siang, agar anda bisa sekalian menyantap hidangan yang dijual oleh pedagang sembari beristirahat.

Give a Comment