Jogja menyuguhkan berbagai destinasi wisata museum keren yang menarik dikunjungi untuk belajar sejarah dan budaya. Rangkaian ilmu yang ada lebih menantang untuk ditelisik lebih dalam. Mengunjungi wisata edukasi di Jogja adalah pilihan yang tepat.

Liburan bersama dengan keluarga adalah hal yang sangat menyenangkan. Berbagai lokasi bisa dipilih untuk mengisi momen tersebut. Kebanyakan dari Anda pasti pernah menghabiskannya di Jogja. Siapa sangka apabila di kota ini sangat mudah ditemukan museum keren yang bisa menjadi tujuan wisata edukasi. Penasaran? Berikut daftar museum yang direkomendasikan.

1. Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu
Image Credit: Google Maps (Budi Sulis)

Destinasi wisata pertama yang bisa Anda kunjungi saat berada di Yogyakarta adalah Museum Ullen Sentalu. Lokasinya hanya berjarak sekitar 25 kilometer dari kota Jogja. Lebih tepatnya museum tersebut berada di kawasan wisata Kaliurang. Di sana terdapat banyak sekali koleksi barang bersejarah dari Kesultanan Mataram.

Berbagai informasi tentang batik juga dapat digali di sana. Siapa sangka jika karya seni ini mengandung berbagai makna yang dituangkan melalui perbedaan coraknya. Bahkan pengunjung bisa mengetahui bagaimana sejarah terciptanya kain tersebut. Pengelola museum pun ikut memberikan kesempatan kepada para tamu untuk mencoba kegiatan membatik.

Harga Tiket: Rp 50.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Boyong No.KM 25, Kaliurang, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

2. Museum Affandi

Museum Affandi
Image Credit: Google Maps (Affandi Museum)

Museum ini dibangung oleh sosok legendaris di dunia seni yaitu Pak Affandi. Sesuai dengan namanya, di lokasi inilah beliau memajang semua lukisan keren yang pernah dibuatnya dulu. Secara keseluruhan terdapat 4 galeri yang bisa Anda kunjungi di sana. Setiap pajangan yang ada ditata dengan rapi dan cocok dipilih sebagai background foto yang menarik.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Laksda Adisucipto No.167, Papringan, Caturtunggal, Kec. Depok, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

3. Museum Gunung Merapi

Museum Gunung Merapi
Image Credit: Google Maps (WrackAce Marz)

Informasi tentang penanggulangan bencana serta aktivitas gunung aktif dapat Anda ketahui apabila berkunjung ke Museum Gunung Merapi. Wisata edukatif ini terletak di sekitaran jalan Kaliurang, Sleman, Yogyakarta. Di sana terdapat dua lantai yang sangat menarik untuk dikunjungi. Anda dapat menikmati keindahan Merapi dan menonton film pendek di sana.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kaliurang No.Km, Banteng, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

4. Museum Sonobudoyo

Museum Sonobudoyo
Image Credit: Twitter.com @azinggih

Museum Sonobudoyo menghadirkan koleksi tentang kebudayaan Jawa terlengkap setelah Museum Nasional Indonesia yang berada di Jakarta. Di lokasi inilah lebih dari 40 ribu benda bersejarah dipertontonkan. Barang tersebut dibagi dalam beberapa kategori yaitu filosofi, arkeologi, seni rupa, dan historika.

Bahkan di waktu waktu tertentu pengunjung bisa menyaksikan pagelaran wayang yang disediakan oleh pengelola museum. Tiket masuk ke lokasi tersebut juga tergolong sangat murah yaitu sekitar 3 ribu rupiah untuk dewasa dan 2.500 untuk anak anak. Begitu sampai di lokasi, sempatkanlah waktu untuk berfoto di gapura bagian depan museum yang cukup ikonik.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pangurakan No.6, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

5. Museum Jogja Kembali

Monumen Jogja Kembali
Image Credit: Google Maps (Nafi Nurhadi)

Museum Jogja Kembali atau Monjali menyimpan sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia. Lokasi ini menjadi simbol kembalinya pemerintahan Indonesia setelah berhasil mengalahkan Belanda. Koleksinya cukup lengkap sehingga dijamin dapat meningkatkan pengetahuan pengunjung tentang sejarah Indonesia dalam meraih kemerdekaan.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Ring Road Utara, Jongkang, Sariharjo, Kec. Ngaglik, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

6. Museum TNI AU Dirgantara Mandala

Museum TNI AU Dirgantara Mandala
Image Credit: Twitter.com @vivacoid

Museum TNI AU Dirgantara Mandala menyuguhkan berbagai koleksi yang berkaitan dengan dunia penerbangan. Pengunjung dapat berkeliling di 6 gedung yang memamerkan 36 jenis pesawat yang berbeda. Wisatawan juga dapat mencoba menaiki beberapa pesawat yang dipajang di sana.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kompleks Landasan Udara Adisucipto, Jl. Raya Janti, Karang Janbe, Kec. Banguntapan, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

7. Museum Biologi UGM

Museum Biologi UGM
Image Credit: Twitter.com @jogja24jam

Museum Biologi UGM adalah tempat yang cocok untuk dipilih sebagai lokasi pembelajaran yang menyenangkan. Destinasi ini memamerkan berbagai jenis flora dan fauna baik yang sifatnya endemik Indonesia maupun yang berasal dari luar negeri. Objek wisata tersebut buka pada hari Sabtu dan Minggu dan berlokasi di sekitaran jalan Sultan Agung Yogyakarta.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sultan Agung No.22, Wirogunan, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

8. Museum Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg
Image Credit: Google Maps (Sugi Arto)

Benteng Vredeburg dulunya dibangun dengan alasan untuk menjaga keamanan keraton, padahal Belanda memanfaatkannya untuk memata matai kegiatan Sultan. Saat ini fungsinya sudah berubah karena dipakai sebagai destinasi wisata sejarah yang menarik dan edukatif. Lokasi ini menyediakan berbagai koleksi yang berhubungan dengan peristiwa sejarah di masa lalu.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Margo Mulyo No.6, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

9. Museum Bahari

Museum Bahari
Image Credit: Twitter.com @ardiannard

Sesuai dengan namanya, Museum Bahari menghadirkan informasi terkait dengan dunia kelautan dan kemaritiman. Lokasi tersebut sengaja di desain menyerupai kapal yang kemudian di bagian dalamnya diisi peralatan seperti senjata meriam, bom laut, radio komunikasi, hingga torpedo teropong. Bahkan pengunjung dapat melihat pemutaran film yang masih berkaitan dengannya.

Harga Tiket: Rp 1.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. R.E. Martadinata No.69, Wirobrajan, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

10. De Mata Trick Museum

De Mata Trick Museum
Image Credit: Twitter.com @harian_jogja

De Mata Trick Museum merupakan destinasi liburan yang kekinian dan populer di Jogja. Di lokasi ini pengunjung dapat melihat berbagai mural dan gambar tiga dimensi yang unik dan menarik. Bahkan tempatnya tergolong instagramable karena koleksinya yang sangat indah. Anda juga dapat berfoto di berbagai spot dengan tema yang berbeda beda.

Harga Tiket: Rp 30.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Veteran No.150-151, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

11. Museum Tembi

Museum Tembi
Image Credit: Facebook.com @dianratnapurnamasari

Museum Tembi juga dikenal dengan sebutan Rumah Budaya Tembi. Destinasi ini berada di sekitaran Jalan Parangtritis Yogyakarta. Spot wisata ini memajang koleksi benda benda kuno mulai dari gamelan, peralatan dapur, hingga tempat tidur. Di lokasi ini pula pagelaran wayang dan tarian tradisional sering dipertunjukkan untuk menghibur wisatawan yang datang.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Parangtritis No.Km 8.4, Tembi, Timbulharjo, Kec. Sewon, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

12. Museum Sasmitaloka

Museum Sasmitaloka
Image Credit: Twitter.com @wikipediaberita

Museum Sasmitaloka dulunya adalah rumah resmi Jendral Sudirman setelah beliau dilantik sebagai panglima. Di bangunan inilah berbagai barang yang pernah digunakan oleh beliau dipajang dengan rapi. Pengunjung dapat menelusuri berbagai ruangan yang kondisinya masih tertata seperti sedia kala. Wisatawan yang datang juga tidak dipungut biaya alias gratis.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Bintaran Wetan No.3, Gunungketur, Kec. Pakualaman, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

13. Museum Perjuangan Yogyakarta

Museum Perjuangan Yogyakarta
Image Credit: Twitter.com @berandajogja

Museum Perjuangan Yogyakarta dibangun dengan penuh filosofi. Bagian pintu depannya yang berjumlah 17 menggambarkan tanggal kemerdekaan Indonesia. Di sana juga terdapat berbagai relief dan patung kepala pahlawan nasional yang ikut berjuang merebut Indonesia dari tangan penjajah. Bagi Anda yang tertarik berkunjung dapat mampir ke sekitaran jalan Kolonel Sugiono.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kolonel Sugiyono No.24, Brontokusuman, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

14. Museum Kereta Keraton

Museum Kereta Keraton
Image Credit: Twitter.com @eximenesbeno

Museum ini memamerkan berbagai koleksi kereta yang sempat digunakan oleh pihak keraton Jogja. Bahkan armada yang sudah berumur ratusan tahun juga bisa Anda temukan di sana. Harga tiket yang dibanderol hanya sekitar 5 ribu rupiah saja. Dengan biaya segitu pengunjung sudah bisa berkeliling menikmati keindahan barang antik yang dipajang dengan rapi.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat:  Jl. Rotowijayan, Kadipaten, Kec. Kraton, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

15. Museum Puro Pakualaman

Museum Puro Pakualaman
Image Credit: Twitter.com @ardiankusuma

Sesuai dengan namanya, museum ini menyimpan berbagai barang yang berhubungan dengan peninggalan raja Pakualaman. Begitu masuk, Anda akan disambut dengan Gerbang Regol Wiwara Kusuma yang megah. Spot inilah yang sering dipilih sebagai tempat foto yang menarik. Destinasi wisata tersebut hanya berjarak sekitar 2 kilometer dari kawasan wisata Malioboro.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sultan Agung, Puro Pakualaman, Purwokinanti, Kec. Pakualaman, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

16. Museum Candi Prambanan

Museum Candi Prambanan
Image Credit: Twitter.com @maxonemks

Candi Prambanan adalah sebuah situs yang sudah dikenal akan kemegahannya serta cerita rakyatnya yang melegenda. Pengunjung yang datang ke sana tidak hanya bisa melihat bangunan candi yang megah namun juga bisa berkeliling menambah pengetahuan di kawasan museumnya. Destinasi yang satu ini didesain unik dengan bentuk bangunan yang menyerupai pendopo.

Lokasinya yang masih satu wilayah dengan candi membuatnya tak pernah sepi pengunjung. Anda juga dapat berfoto di bagian depan museum yang kental dengan unsur budaya. Belum lagi sisi lain dari Candi Prambanan yang indah akan membuat hasil jepretan Anda semakin fotogenik. Tidak heran apabila wisata sejarah yang satu ini menjadi pilihan tepat untuk berlibur.

Harga Tiket: Rp 50.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Candi Sewu No.26, Candi Prambanan, Tlogo, Kec. Prambanan, Kab. Klaten, Jawa Tengah.

17. Museum Keraton Ngayogyakarta

Museum Keraton Ngayogyakarta
Image Credit: Google Maps (Andine Dinok)

Museum Keraton Ngayogyakarta terletak di sebelah barat Keraton Kasultanan. Di lokasi inilah berbagai barang jejak peninggalan Sultan Hamengkubuwono IX dipamerkan. Bangunan yang kental dengan nuansa Jawa ini tak pernah sepi pengunjung terlebih saat masa liburan tiba. Dengan harga sekitar 7 ribu rupiah saja wisatawan dapat berkeliling sampai puas.

Harga Tiket: Rp 7.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Rotowijayan Blok No.1, Panembahan, Kec. Kraton, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

18. Museum Wayang Kekayon

Museum Wayang Kekayon
Image Credit: Twitter.com @dhefpittamel

Sesuai dengan namanya, destinasi andalan di Yogyakarta yang satu ini memamerkan berbagai koleksi wayang. Kabarnya beberapa benda yang dipajang itu berasal dari abad ke 6. Bahan pembuatannya juga beragam, ada yang berasal dari kayu, kulit, dan kertas. Harga tiketnya juga sangatlah terjangkau yaitu hanya 7 ribu rupiah per orangnya.

Harga Tiket: Rp 7.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Jogja-Wonosari Km.7 No.277, Kalangan, Baturetno, Kec. Banguntapan, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

19. Museum History of Java

Museum History of Java
Image Credit: Twitter.com @mutiarasoftindo

Mengunjungi museum yang dilengkapi dengan fasilitas yang canggih tampaknya tergolong hal baru. Pengalaman tersebut dapat Anda temukan apabila berkunjung ke Museum History of Java. Banyak orang salah sangka apabila destinasi yang satu ini sama seperti museum pada umumnya. Padahal sebenarnya di sana terdapat berbagai teknologi canggih yang memukau.

Lokasi ini dikembangkan menggunakan Augmented Reality Technology yang merupakan gabungan antara benda maya dua dimensi dan tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan yang nyata. Keunikannya tidak berhenti disitu, pengunjung dapat singgah ke ruang audio visual serta menemukan berbagai spot foto menarik.

Harga Tiket: Rp 30.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Parangtritis Km 5.5, Kec. Bangunharjo, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

20. Museum Sandi

Museum Sandi
Image Credit: Google Maps (Qonita Aulia R)

Museum Sandi berlokasi dekat dengan Tugu Jogja. Di sanalah kamu dapat menemukan berbagai koleksi mesin sandi buatan Indonesia dan luar negeri. Bukan hanya itu, berbagai dokumen persandian juga ikut dipajang dalam sebuah diorama yang tertata rapi. Bagi Anda yang tertarik, museum tersebut dapat dikunjungi tanpa mengeluarkan biaya alias gratis.

Pengunjung yang pernah datang ke sini selalu membawa pulang berbagai foto menarik. Bagaimana tidak? Berbagai sudut museum tersebut memiliki bentuk arsitektur yang menarik. Nuansa kolonial juga masih terasa akibat bangunannya yang sudah tua. Liburan Anda di Jogja akan semakin lengkap setelah mengunjungi destinasi tersebut.

Harga Tiket: Rp 30.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Faridan M Noto No.21, Kotabaru, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta.

Menemukan berbagai informasi baru adalah kegiatan yang menyenangkan. Dengan begitu pengetahuan Anda juga akan semakin luas. Akan sangat disayangkan apabila saat berlibur ke Jogja Anda tidak menyempatkan diri untuk mengunjungi berbagai museum terbaik yang telah disebutkan sebelumnya.

Give a Comment