Nepal Van Java, Desa Wisata Hits dengan Suguhan Panorama Memesona di Magelang

Nepal Van Java, Desa Wisata Hits dengan Suguhan Panorama Memesona di Magelang
Harga Tiket: Rp 8.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Butuh, Desa Temanggung, Kec. Kaliangkrik, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

Ketika anda menghabiskan waktu di Magelang, Jawa Tengah, tentunya anda tidak hanya akan menghabiskan waktu di Candi Borobudur saja. melainkan banyak tempat menarik lain yang memiliki keindahan dan keunikan tersendiri yang bisa untuk anda kunjungi. Salah satunya adalah Nepal Van Java.

Destinasi wisata berupa perkampungan ini memang cukup populer di kalangan wisatawan. Hal ini lantaran keunikan dari bangunannya. Bahkan anda pun bisa menikmati pemandangan alam yang indah dan udara segar selama berada di dusun yang mempesona ini.

Jika anda penasaran dan berencana ingin mengunjungi kawasan satu ini, maka sebaiknya anda segera mampir dan mencari tahu apa saja daya tarik yang diusung dari tempat wisata yang unik ini.

Daya Tarik Wisata Nepal Van Java

Daya Tarik Nepal Van Java Magelang
Photo by Google Maps choirul bhahari

1. Memiliki Pemandangan yang Indah dan Udara Sejuk

Dusun yang sering dijuluki sebagai Nepal Van Java merupakan salah satu desa dengan pemandangan yang indah. Disini, anda pun akan disuguhkan dengan sebuah desa yang memiliki panorama apik dan mempesona. Keunikan lain yang anda jumpai dari desa ini adalah lokasinya yang cenderung cukup miring.

Lokasinya yang miring tersebut dikarenakan mengikuti topografi dari kaki Gunung Sumbing. Dengan memiliki latar belakang pemukiman berupa pegunungan, saat berada disini, anda pun tidak akan pernah bosan akan pesona dan juga keindahan bentang alam yang ditampilkan oleh desa satu ini.

Selain itu, kawasan Nepal Van Java ini juga tidak hanya memiliki panorama alam yang memanjakan mata saja. melainkan, anda pun bisa menghirup udara yang sejuk ketika berada di lokasi satu ini. Dusun Butuh, yang menjadi tempat tertinggi di Magelang ini pun dikenal dengan udaranya yang bersih sekaligus sejuk.

Tentunya, udara yang segar tersebut lantaran lokasinya yang dekat dengan pegunungan. Oleh karena itu, ketika anda berada disini, anda pun akan menghirup udara yang melegakan hidung. Bagi anda yang rindu akan suasana dan udara yang bersih, langsung saja datang ke kawasan yang ada di Magelang ini.

2. Adanya Spot Matahari Terbit yang Sangat Menakjubkan

Hal lain yang menjadi daya tarik saat anda berada di destinasi wisata satu ini adalah adanya spot matahari terbit yang sangat mengagumkan. Pasalnya, Dusun Butuh ini merupakan salah satu tempat melihat sunrise terbaik ketika anda berada di Magelang. Bahkan tak tanggung tanggung, keindahan tersebut juga diakui oleh Menpakref Bapak Sandiaga Uno lantaran melihat indahnya matahari terbit disini.

Tak heran, keindahan dari sunrise yang anda saksikan di Dusun Butuh ini dapat menjadi salah satu daya tarik tersendiri yang dimiliki oleh wisatawan, baik pelancong dari dalam negeri hingga luar negeri. Disini, anda pun bisa menikmati secangkir kopi hangat sembari menunggu indahnya matahari terbit.

Daya Tarik Dimiliki Nepal Van Java Magelang
Photo by Google Maps Surianto Tjung

3. Merupakan Desa Paling Tinggi di Magelang

Selanjutnya, daya tarik yang menjadikan wisatawan ingin berlibur ke Nepal Van Java adalah Dusun Butuh merupakan salah satu desa yang paling tinggi di Magelang. Hal ini dikarenakan memiliki ketinggian yang mencapai lebih dari 1700 meter di atas permukaan laut atau 1.700 mdpl.

Dengan ketinggian tersebut, tentu saja wisatawan yang berkunjung dan berlibur ke tempat satu ini memang akan benar benar sangat dimanjakan dengan pesona yang ada. Dari desa yang berada cukup tinggi tersebut, anda pun akan bisa melihat pemandangan alam dengan lebih nyaman dan leluasa.

Pasalnya, deretan rumah penduduk yang berada di kaki Gunung Sumbing ini akan bisa menjadi salah satu lokasi foto yang cukup instagramable. walaupun desa satu ini berada di ketinggian, anda tidak perlu khawatir akan akses menuju ke lokasi satu ini. sebab, anda pun bisa datang langsung kesini tanpa perlu hiking dan ribet.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Alamat Nepal Van Java Magelang
Photo by Google Maps Warjo Warjo

Setelah mengetahui keindahan dan daya tarik yang dimiliki oleh Nepal Van Java ini, anda akan bisa menemukan desa tersebut di Dusun Butuh, Desa Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Untuk bisa mencapai kawasan wisata satu ini, anda bisa saja datang langsung melalui kota Magelang.

Untuk rutenya sendiri, apabila anda menggunakan kereta api, maka anda pun bisa memilih yakni rute Semarang maupun Yogyakarta. Pasalnya, ke Magelang sendiri memang belum memiliki akses kereta, sehingga stasiun terdekat adalah berada di Kota Semarang maupun Jogja.

Sesampainya di kedua stasiun tersebut, anda pun bisa saja untuk melanjutkan perjalanan dengan memilih beberapa kendaraan umum yang tersedia menuju ke tempat wisata satu ini. anda bisa menyewa kendaraan juga untuk memudahkan akses kesini. Sedangkan, bagi anda yang menggunakan kendaraan pribadi, maka berikut rute yang bisa anda tempuh.

Pertama anda bisa berangkat dari pusat kota Magelang. Selanjutnya, dari arah kota Magelang tersebut, anda bisa melanjutkan perjalanan ke arah Kecamatan Bandongan. Setelah melewati kawasan Bandongan, maka anda pun bisa terus mengikuti jalan hingga sampai ke pertigaan.

Nantinya anda pun akan menemukan papan penunjuk arah yakni menuju ke Kaliangkrik dengan belok ke kiri. Barulah anda bisa melanjutkan perjalanan menuju ke kawasan Pasar Kaliangkrik. Setelah itu, anda pun bisa menyusuri jalan dan menemukan pertigaan dengan mengambil arah menuju ke Sutopati dengan belok ke arah kanan hingga sampai ke balai desa Temanggung dan sampailah anda di Nepal Van Java.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Tiket Nepal Van Java Magelang
Photo by Google Maps Fardiah Nafisah Oemar

Apabila anda tertarik ingin mengunjungi Nepal Van Java, maka ada sejumlah tarif yang perlu untuk anda bayarkan. Diantaranya adalah tiket masuk dengan tarif yakni mulai dari 8 ribu rupiah saja. cukup terjangkau bukan? Dengan harga tersebut, anda pun akan bisa menikmati keindahan alam yang ditawarkan pada wisata satu ini.

Kemudian, jika anda membawa kendaraan bermotor, maka anda juga akan dikenakan biaya parkir. Diantaranya adalah sekitar 3 ribu rupiah untuk anda yang membawa sepeda motor dan juga sekitar 10 ribu rupiah, jika anda membawa mobil. Dan juga anda berkeliling tempat wisata ini dengan menggunakan gojek, maka akan dikenakan tarif yang berlaku sesuai dengan jarak pengantaran anda.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Nepal Van Java Magelang
Photo by Google Maps R47NA TJAN

1. Melihat Indahnya Sunrise

Hal pertama yang bisa anda lakukan saat ingin menghabiskan waktu di tempat satu ini adalah melihat indahnya pemandangan atau fenomena matahari terbit. Dusun Butuh yang ada di Magelang ini memang memiliki keindahan panorama yang akan membius siapa saja yang berkunjung ke sini.

Pasalnya, saat menghabiskan waktu di Nepal van Java, anda pun bisa langsung melipir dan merasakan indahnya pemandangan sunrise yang sangat mengagumkan. Sehingga, jika anda memutuskan untuk liburan kesini, tak ada salahnya untuk bermalam di homestay yang ada di sekitar Dusun Butuh.

Dari homestay tersebut, anda pun bisa melihat secara langsung matahari yang mulai menyingsing di pagi hari. Gelapnya malam, tentunya akan langsung berganti dengan indahnya langit yang berwarna jingga kekuning kuningan hingga berakhir dengan warna biru yang cerah.

Untuk itu, menghabiskan waktu di Dusun Butuh dan menyaksikan keindahan sunrise yang sangat mempesona menjadi salah satu pengalaman indah yang tidak akan terlupakan. Ada baiknya anda tak terburu buru meninggalkan desa satu ini ketika memutuskan untuk liburan di desa yang ada di Magelang ini.

2. Hunting Foto di Nepal Van Java

Salah satu hal yang bisa anda lakukan ketika berada di lokasi satu ini adalah hunting foto. Kegiatan hunting foto banyak diburu oleh wisatawan yang berkunjung karena pemandangan dan panorama alam yang disajikan oleh destinasi satu ini memang sangat memukau. Bahkan di tempat satu ini, anda pun akan menemukan banyak sekali spot foto menarik yang bisa anda kunjungi.

Dengan spot spot foto yang unik dan berbeda tersebut, tentu saja akan membuat latar belakang foto yang anda miliki akan terlihat sangat apik. Di samping itu, Nepal Van Java adalah salah satu destinasi wisata yang mungkin hanya ada satu di Indonesia saja, yakni di Magelang.

Dengan pemandangan alam yang indah dan instagramable, anda pun nantinya akan bisa puas merasakan serunya wisata di tempat yang mengagumkan tersebut. Oleh karena itu, bagi anda yang memang ingin berwisata dan menghabiskan waktu di tempat atau destinasi ini, bisa saja untuk langsung datang ke daerah Magelang.

Ada beberapa spot foto yang sebaiknya tidak anda lewatkan begitu saja. diantaranya adalah Taman Depok, Gapura Dusun, Teras Masjid, Teras Nepal dan juga Gapura Pendakian. Dengan begitu, anda pun tidak akan kehabisan stok foto saat menghabiskan waktu di destinasi yang indah satu ini.

Aktivitas Seru Nepal Van Java Magelang
Photo by Google Maps Veri Saputra

3. Melihat Aktivitas Dari Warga Sekitar

Ketika berada di Dusun Butuh yang ada di Magelang ini, atau yang dikenal sebagai destinasi wisata Nepal van Java, maka anda pun bisa menikmati berbagai macam aktivitas menarik. Salah satu yang tidak bisa anda lewatkan adalah mengintip berbagai aktivitas dari masyarakat sekitar yang ada di sekitar tempat ini.

Sebab, disini ketika pagi hingga siang hari, anda pun akan mendapati beberapa warga yang sedang melakukan berbagai macam aktivitas harian. Mulai dari bercocok tanam dan juga memetik sayur. Anda pun juga bisa bertanya apakah bisa memetik sayur sendiri bersama dengan warga setempat.

4. Menikmati Pemandangan yang Asri

Pemandangan yang ada di Nepal van Java masih terbilang sangat asri. Hal ini dikarenakan ketika anda menghabiskan waktu di tempat ini, anda pun akan disuguhkan dengan keindahan yang sangat mengagumkan. Tidak hanya bentuk rumah rumahnya yang sangat unik, berjejer jejer dan juga memiliki warna yang beragam, pemandangan alam yang ada disini juga tak bisa dipandang sebelah mata.

Pasalnya, sepanjang mata memandang, anda pun akan disuguhkan dengan keindahan dan suasana alam yang sangat memukau. Bahkan anda pun akan merasa puas untuk menghabiskan waktu di lokasi satu ini. untuk itu, bagi anda yang ingin datang kesini, pastinya akan mampu untuk melepas penat akan aktivitas harian yang anda hadapi.

Berwisata ke Nepal Van Java dapat menjadi salah satu alternatif yang bisa anda lakukan ketika ingin melepas lelah. Sebab, disini anda akan disuguhkan dengan panorama alam yang indah dan suasana desa yang masih sangat asri. Tak hanya itu saja, anda pun juga bisa untuk melepas lelah dengan hunting foto dan berjalan jalan di sekitar destinasi ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published