Entah sejak kapan kebiasaan untuk berburu oleh-oleh masih dipegang masyarakat hingga saat ini. Rasanya ada yang kurang jika tidak membawa buah tangan untuk keluarga di rumah. Saat Anda liburan di Magelang, Anda tak perlu khawatir akan hal itu. Karena kota ini menawarkan beberapa oleh-oleh khas Magelang yang bisa Anda bawa pulang. Mulai dari makanan sampai dengan kerajinan tangan yang unik mudah untuk ditemukan.

1. Ampyang

Ampyang
Image Credit: Twitter.com @kodokijooooo

Sebenarnya, Ampyang tidak hanya bisa ditemukan di Magelang namun sangat mudah dijumpai di Magelang. Camilan tradisional ini hingga saat ini masihlah digemari, baik oleh wisatawan maupun masyarakat lokal. Camilan ini juga dikenal dengan Gula Kacang yang terbuat dari gula merah dan juga kacang tanah.

Ampyang memang makanan sederhana dengan pengolahan sederhana juga. Rasanya yang gurih akan membuat siapapun ketagihan. Teksturnya keras mirip coklat tetapi ketika sudah berada di mulut lumer. Kini ampyang khas Magelang berinovasi dengan rasa baru seperti coklat jahe. Bisa tahan lama, oleh-oleh satu ini bisa Anda jadikan pilihan untuk keluarga di rumah.

2. Getuk Trio

Getuk Trio
Image Credit: Twitter.com @kristupa

Getuk Trio menjadi buah tangan khas dari Magelang yang wajib Anda buru. Magelang dan Getuk Trio memang sangat berkaitan erat dan menjadi ikon dari Magelang. Jajanan tradisional satu ini sampai saat ini memang masih hits. Getuk ini memiliki tekstur yang lembut dengan rasa yang manis dan juga gurih, perpaduan ini membuat banyak ketagihan.

Seperti namanya, Trio yang berarti tiga makanan ini memang memiliki 3 lapor warna yang begitu khas. Terdiri dari warna merah muda, putih dan juga cokelat. Panganan satu ini umumnya akan disajikan dengan parutan kelapa. Tenang saja, parutan kelapa ini bisa bertahan 2 hari di luar kulkas. Dan sangat mudah untuk menemukannya di berbagai pusat oleh-oleh.

3. Tape Ketan Muntilan

Tape Ketan Muntilan
Image Credit: Twitter.com @unilubis

Tidak lengkap rasanya jika tidak mencicipi nikmatnya Tape Ketan Muntilan saat ada di Magelang. Makanan tradisional ini memang sangat terkenal dan banyak dijadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Dengan cita rasa manis, makanan ini dibuat dari ketan yang telah difermentasi dengan menggunakan ragi.

Yang membuatnya tape ketan ini berbeda, yakni memiliki warna hijau yang membuat tidak sabar mencobanya. Warna hijau ini menggunakan bahan alami yang berasal dari daun katuk. Pengemasannya yang menarik dengan menggunakan cup akan memudahkan Anda membawanya pulang. Selain itu juga sangat mudah untuk menemukan makanan yang satu ini.

4. Geblek

Geblek
Image Credit: Twitter.com @sikakdidinding

Geblek adalah salah satu panganan khas Magelang yang juga bisa dijadikan sebagai buah tangan. Makanan tradisional ini dibuat dari bahan pati dan memiliki rasa yang gurih. Menariknya, makanan ini memiliki bentuk layaknya angka delapan yang unik. Hanya saja, makanan ini termasuk sulit untuk ditemukan, biasanya di jual di pasar tradisional.

Namun kini perlahan banyak gerai oleh-oleh yang akhirnya menyediakan makanan ini. Dan Anda bisa membawa geblek dalam keadaan mentah dan tinggal menggorengnya di rumah. Mengingat makanan ini sangat cocok dinikmati ketika masih hangat. Makanan ini bisa bertahan sekitar 4 hari untuk yang mentah, sehingga cocok untuk Anda yang perjalanan jauh.

5. Wajik Week

Wajik Week
Image Credit: Twitter.com @opiinovianti

Buah tangan dari Magelang yang bisa Anda bawa pulang selanjutnya adalah Wajik Week. Wajik ini cukup populer di kalangan wisatawan karena memiliki rasa yang nikmat. Teksturnya yang kenyal tapi lembut di mulut yang akan membuat siapapun ketagihan. Perpaduan rasa gurih dan manisnya, rasanya ingin terus mencobanya.

Dan Wajik Week merupakan wajik legendaris yang telah berdiri dari tahun 1939 dan dirintis oleh Keluarga Ong Gwek Nio. Inilah yang menjadi alasan dikenal dengan nama Wajik Week yang berasal dari Gwek. Anda bisa memilih dua varian, yakni rasa pandan maupun coklat. Tahan 3 hingga 5 hari, Anda tak perlu takut basi jika tujuannya Anda jauh.

6. Getuk Bolen

Getuk Bolen
Image Credit: Twitter.com @evazahraa

Getuk merupakan panganan tradisional yang sangat akrab dengan masyarakat Jawa. Dan saat ini telah muncul inovasi dari getuk menjadi olahan bolen. Oleh-oleh khas dari Magelang kekinian ini merupakan kue yang dilapisi dengan puff pastry. Sementara untuk bagian tengahnya berisikan getuk yang memiliki aneka rasa. Mulai dari rasa original, cappucino, durian sampai keju.

Perpaduan dari pastry dan juga getuk ini membuat rasa yang dihadirkan sangat unik. Apalagi tampilannya juga sangat menarik, bulat cantik layaknya mangkok. Kabar baiknya, makanan ini juga bisa bertahan sampai dengan 5 hari. Untuk Anda yang ingin memburu kuliner ini, Anda bisa mengunjungi Fiori Bakery & Patisery, dimana Getuk Bolen merupakan salah satu produknya.

7. Permen Tape

Permen Tape
Image Credit: Twitter.com @nofianisa

Magelang juga masih memiliki permen tape yang juga banyak diburu untuk dijadikan buah tangan. Permen tradisional ini dibuat dari bahan singkong yang telah dilakukan fermentasi. Memiliki rasa yang legit, tekstur permen ini sekilas mirip dengan dodol. Hanya saja tidak kenyal dan memiliki aroma tape singkong yang begitu khas.

Untuk membuat penikmatnya semakin tertarik, permen ini dibungkus dengan kertas minyak yang berwarna warni. Hal ini ternyata justru menjadi ciri khas dari permen ini. Permen Tape menjadi panganan yang banyak diburu, sehingga sangat mudah untuk menemukannya. Berbagai pusat oleh-oleh yang tersebar di Magelang menyediakan makanan satu ini.

8. Pothil

Pothil
Image Credit: Twitter.com @wie2design

Untuk masyarakat Magelang, Pothil tentu bukanlah makanan yang asing. Camilan satu ini memiliki rasa gurih dengan tekstur renyah yang sangat cocok jadi teman bersantai. Bentuknya sendiri bolong layaknya cincin dengan warna kecoklatan. Bahan utamanya adalah singkong yang terlebih dahulu diproses hingga menjadi tepung.

Setelah itu ditambahkan dengan berbagai bumbu dan dibentuk layaknya cincin. Panganan satu ini juga telah mengalami inovasi pada rasanya. Tidak hanya rasa original, Anda juga bisa menemukan aneka rasa lainnya seperti pizza, keju, balado sampai jagung bakar. Walaupun rasa original masih menjadi primadona di bandingkan rasa yang lainnya.

9. Grubi

Grubi
Image Credit: Twitter.com @tribuanad

Grubi adalah makanan khas Magelang yang juga bisa dijadikan sebagai buah tangan. Makanan satu ini dibuat dari ubi jalar kemudian dipotong memanjang. Setelah itu dibentuk bola bola dan ditambahkan dengan gula jawa. proses memasaknya dengan cara digoreng, sehingga teksturnya menjadi renyah dengan rasa manis nan gurih.

Warnanya menjadi lebih cantik ketika bahan yang digunakan adalah ubi ungu, meskipun rasanya tak jauh berbeda. Menemukan grubi di Magelang bukanlah hal yang sulit. Hampir di setiap sudut kota ini Anda bisa menemukannya. Selain harganya yang terjangkau, oleh-oleh satu ini juga bisa bertahan lama dan sangat cocok dibawa keluar kota.

10. Slondok

Slondok
Image Credit: Twitter.com @rendynurcahyo

Slondok merupakan panganan berikutnya yang juga dibuat dari singkong. Sekilas bentunya mirip dengan kerupuk tetapi memiliki rasa rempah yang kaya. Selain rasa original, Anda juga bisa memilih slondok pedas manis atau slondok pedas. Anda juga bisa membawa makanan ini dalam keadaan mentah. Sehingga nanti Anda tinggal menggorengnya di rumah.

11. Keripik Sayur

Keripik Sayur
Image Credit: Twitter.com @sbflashest

Anda sebelumnya mungkin sudah familiar dengan keripik buah, maka di Magelang Anda bisa menemukan keripik sayur. Sayuran yang biasanya dijadikan keripik cukup beragam, mulai dari bayam, pare sampai daun singkong. Rasanya yang gurih dengan tekstur yang renyah membuatnya banyak diburu wisatawan. Anda bisa menemukannya di pusat oleh-oleh di sekitar Magelang.

12. Tahu Gundul

Tahu Gundul
Image Credit: Cookpad.com

Tahu Gundul merupakan penganan yang dibuat dari tahu yang bentuknya bulat lalu digoreng kering. Membuat teksturnya renyah dan memiliki rasa gurih yang bisa tahan lama. Anda bisa menjadikan Tahu Gundul sebagai buah tangan karena tidak akan mudah basi. Selain itu harga yang ditawarkan untuk satu wadahnya juga ramah kantong.

13. Miniatur Candi

Miniatur Candi
Image Credit: Olx.co.id

Magelang terkenal dengan candi candinya yang cukup banyak, bukan hanya candi Borobudur saja. Maka Anda bisa menjadikan miniatur sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah selain makanan. Cinderamata ini bisa Anda jadikan sebagai pajangan dan bisa diberikan pada sanak saudara.

14. Batik Magelang

Batik Magelang
Image Credit: Twitter.com @indonesiaindc

Satu lagi oleh-oleh selain makanan yang bisa Anda jadikan pilihan yakni Batik Magelang. Kain bercorak ini memiliki motif yang berbeda dari daerah lainnya. Yakni motif water torn yang terinspirasi dari menara air Belanda yang ada di alun alun Magelang. Selain itu juga ada motif bunga kopi maupun kopi pecah dengan warna yang cantik.

15. Kerajinan Gerabah

Kerajinan Gerabah
Image Credit: Kompas.com

Souvenir berupa kerajinan gerabah juga bisa Anda jadikan sebagai pilihan. Dimana kualitas gerabah Magelang terkenal bagus kualitasnya. Gerabah ini bisa berbentuk pot bunga, kendi, cangkir sampai miniatur candi. Harganya bervariasi, mulai dari seribu rupiah sampai dengan jutaan rupiah.

Itulah beberapa oleh-oleh khas dari Magelang yang bisa Anda jadikan sebagai buah tangan keluarga atau teman di rumah. Dari makanan tradisional, makanan kekinian sampai dengan souvenir barang bisa Anda temukan. Dan tentunya belum tentu bisa Anda temukan di kota lainnya.

Give a Comment