Pantai Drini salah satu objek wisata yang indah berada di deretan pantai selatan Gunung Kidul, Jogja. Memiliki panorama alam yang eksotis, keindahan pulau kecil dan berbagai aktivitas liburan yang seru.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Banjarejo, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

Gunung Kidul yang berada di Jogja memang menjadi salah satu kawasan yang menawarkan keindahan alam tak terlukiskan indahnya. Tak hanya air terjun dan perbukitan, deretan pantai yang menawan pun kerap kali Anda jumpai di kabupaten ini. Salah satunya adalah Pantai Drini yang menawarkan keindahan tersendiri yang menarik untuk dijelajahi saat musim liburan.

Daya Tarik Wisata Pantai Drini

Daya Tarik Pantai Drini
Image Credit: Facebook.com @jogya

Pantai yang berada di daerah Gunung Kidul ini memang menjadi perbincangan oleh banyak wisatawan dari berbagai kalangan. Hampir sama dengan pantai yang ada di daerah selatan Jogja, wisata bahari ini juga memiliki keindahan tiada tara yang sangat mempesona. Keelokannya pun akan membuat Anda betah untuk menghabiskan waktu di lokasi satu ini.

Hal yang membuat pantai satu ini unik adalah letaknya yang berada diantara dua bukit pada sisi barat dan di sisi timur. Dengan begitu, hal ini akan membuat Pantai Drini cenderung memiliki udara yang lebih asri jika dibandingkan dengan pantai lain yang ada di daerah selatan Jogja

Karena pantai satu ini merupakan salah satu jenis wisata yang masih belum banyak dijamah atau diketahui oleh wisatawan, saat berada di tempat ini, suasananya pun cenderung lebih tenang. Bahkan Anda akan merasa seperti sedang berada di rumah sendiri ketika menghabiskan waktu di lokasi satu ini.

Saat Anda berada disini, Anda pun akan mendapati deretan perahu nelayan yang di cat dengan warna warni. Hal tersebut membuat Pantai Drini menjadi salah satu objek wisata yang bagus. Tak hanya itu saja, untuk menghabiskan waktu disini, Anda bisa duduk duduk di gazebo yang memang sengaja disediakan oleh pihak pengelola.

Dengan adanya gazebo tersebut, Anda bisa menikmati pemandangan pantai yang sangat indah. Ditambah lagi, semilir angin khas pantai yang bisa Anda nikmati di lokasi satu ini akan membuat Anda betah untuk berlama lama. Di gazebo ini, Anda juga bisa untuk mencicipi berbagai macam makanan lezat yang bisa Anda jumpai di sekitar pantai maupun yang Anda bawa dari rumah.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Pantai Drini

Alamat Pantai Drini
Image Credit: Google Maps (Simon Rajagukguk)

Pantai yang berada di daerah Gunung Kidul, memiliki lokasi yang mudah ditemukan, terutama bagi Anda yang bertempat tinggal di Jogja. Untuk jarak tempuhnya sendiri yakni sekitar 60 km. Sedangkan untuk perkiraan waktu tempuhnya, Anda bisa sampai ke lokasi satu ini mulai dari 2 hingga 3 jam dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Apabila Anda berangkat dari Bantul, maka rute yang harus Anda lalui adalah nada bisa berjalan menuju ke Lintas Selatan. Selanjutnya, Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju ke Panggang dan ke arah Saptosari. Kemudian, ikuti arah menuju ke pantai dan Anda pun akan sampai menuju ke Pantai Drini.

Kemudian, untuk rute dari Wonosari, Anda bisa memulai perjalanan dari Jalan Wonosari. Lalu, teruskan ke arah Pitungan menuju ke Bukit Patuk dan ke daerah Sambipitu. Anda bisa melanjutkan ke daerah Pasar Playen arah Paliyan dan belok ke pertigaan Polsek Paliyan dan mengambil arah kanan.

Nantinya Anda akan tiba ke Desa Pucung Planjan dan masuk ke Jalan Raya Pantai Selatan. Lanjutkan perjalanan menuju ke pertigaan arah Pantai Kukup dan mengambil arah ke kiri. Setelah menemukan perempatan, Anda bisa lurus hingga ke pertigaan dan mengambil jalur kanan. Barulah Anda tiba di Pantai Drini.

Selanjutnya, jika Anda memulai perjalanan dari Jogja, Anda bisa melangkah menuju ke Jalan Wonosari. Kemudian, masuk menuju ke daerah Piyungan hingga ke Bukit Bintang dan lurus menuju ke Sambipitu dan Logandeng. Nantinya Anda akan tiba di alun alun Wonosari menuju ke Pertigaan Arah Pantai Baron dan ambil jalur kiri. Anda pun akan tiba di lokasi pantai ini.

Ketika Anda menuju ke kawasan pantai, namun masih kesulitan akan jalur yang Anda lewati, Anda bisa memanfaatkan peta digital yang disediakan oleh Google Maps maupun Waze. Hal ini dikarenakan dengan adanya fitur tersebut, akan memudahkan Anda untuk melakukan perjalanan menuju ke lokasi satu ini dengan lancar.

Selanjutnya, ketika Anda tidak memiliki kendaraan pribadi dan ingin berwisata menuju ke Pantai Drini, tak perlu khawatir. Hal ini dikarenakan beberapa mode transportasi seperti travel, bus hingga gojek bisa dengan mudah untuk Anda jumpai. Ditambah lagi, akses menuju ke lokasi satu ini pun telah bagus.

Sebab, perjalanan menuju kesini Anda akan bisa melewati jalanan yang beraspal. Oleh karena itu, bagi wisatawan yang membawa kendaraan pribadi tak perlu takut jalan nya akan rusak atau terjal. Karena sepanjang perjalanan kesini, Anda pun bisa melewati jalanan yang terbilang dalam kondisi yang mulus.

Harga Tiket Masuk Pantai Drini Jogja

Harga Tiket Pantai Drini
Image Credit: Google Maps (Sunar San)

Jika Anda berencana untuk liburan ke Pantai Drini, maka tiket masuk untuk menuju kawasan wisata satu ini pun terbilang cukup murah. Hal ini dikarenakan Anda hanya akan dipatok biaya tiket masuk yang berlaku untuk memasuki beberapa kawasan pantai lain yang ada di sekitarnya.

Sebut saja seperti Pantai Sadranan, Pantai Ngobaran, Pantai Krakal hingga Pantai Kukup dan juga termasuk Drini. Sedangkan untuk Anda yang ingin bermain kesini, Anda bisa mengunjunginya mulai dari hari Senin sampai Minggu karena pantai ini buka setiap harinya. Namun jika Anda ingin berwisata dengan suasana pantai yang sepi, disarankan untuk datang pada hari kerja.

Untuk jam buka dari pantai ini sendiri yakni akan buka selama 24 jam penuh. Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin berkunjung ke tempat satu ini, bisa datang kapan saja karena pantai ini buka dari pagi hingga malam. Akan tetapi, Anda perlu ingat bahwa loket masuk tidak buka setiap waktu. Penting bagi Anda untuk memperhatikan jam buka dari loket tiket tersebut.

Aktivitas Menarik yang Bisa Dilakukan di Pantai Drini

Aktivitas di Pantai Drini
Image Credit: Google Maps (Nur Arifin Enggar Kurniawan)

1. Menikmati Kuliner Lezat

Salah satu kegiatan yang bisa Anda lakukan untuk menghabiskan waktu di lokasi satu ini adalah menikmati ragam kulinernya yang lezat. Disini, Anda bisa mencicipi hidangan khas pantai dengan pemandangan alam yang eksotis lengkap dengan udara lautnya yang sangat segar.

Kuliner yang bisa Anda nikmati di Pantai Drini adalah olahan hasil laut yang tentunya masih sangat segar dan memiliki cita rasa yang lezat. Bagi Anda yang tertarik, tidak sulit untuk menemukan warung makan saat berada di sekitar pantai. Hal ini dikarenakan terdapat beberapa rumah makan di sekitar pantai yang bisa untuk Anda pilih.

Pada rumah makan tersebut akan tersedia beragam menu makanan yang menggugah selera. Selain itu, Anda pun bisa menikmati hidangan tersebut di gazebo gazebo rumah makan yang memang telah disediakan. Anda juga bisa membeli hasil tangkapan nelayan secara langsung ketika berada di lokasi satu ini.

2. Hunting Foto Keren

Berfoto menjadi salah satu kegiatan wajib yang bisa Anda lakukan di tempat ini. hal tersebut dikarenakan Pantai Drini merupakan salah satu objek wisata yang menyediakan beberapa spot untuk berfoto. Sebut saja seperti pondokan, stand berbentuk kupu kupu maupun berfoto dengan latar belakang ombak saat berada di pantai ini.

Spot yang Anda temui di tempat satu ini, merupakan beberapa tempat yang bisa Anda jadikan sebagai lokasi untuk berfoto. Karena memiliki tempat dengan latar belakang pemandangan yang indah, Anda pun bisa menjadikan tempat satu ini sebagai lokasi untuk melangsungkan pre wedding.

3. Snorkeling

Untuk Anda yang ingin melihat indahnya pemandangan alam bawah laut yang ada di Pantai Drini, maka snorkeling menjadi salah satu kegiatan wajib yang bisa Anda lakukan ketika berada di lokasi satu ini. hal ini dikarenakan berada di lokasi satu ini, Anda pun akan disuguhkan dengan jernihnya air laut.

Sehingga, kegiatan snorkeling menjadi salah satu aktivitas wajib yang bisa Anda lakukan saat berada di lokasi satu ini. untuk Anda yang tertarik, kegiatan satu ini dapat dilakukan ketika gelombang air sedang tenang dan arus sedang surut. Hal ini dikarenakan ketika air sedang pasang dan ombak cukup besar, spot untuk snorkeling berada di luar area yang aman.

Aktivitas Pantai Drini
Image Credit: Instagram.com @nk_habibah

4. Surfing

Namun Anda tak perlu berkecil hati, apabila ombak sedang tinggi dan pasang atau gelombang sedang besar, Anda bisa mencoba untuk bermain surfing. Di pantai satu ini terdapat banyak sekali kegiatan yang bisa Anda lakukan. Meskipun Anda tidak bisa melakukan snorkeling saat ombak besar, surfing menjadi alternatif kegiatan lain yang bisa Anda lakukan.

5 Bermain Kano

Jika Anda sedang berada di Pantai Drini, kegiatan bermain kano menjadi salah satu aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan. Lebihnya lagi, kegiatan satu ini bisa Anda lakukan meskipun air sedang pasang maupun sedang surut. Hal ini dikarenakan ketika air sedang pasang, Anda bisa bermain dengan ombak sambil mengayuh kano ke pinggir pantai.

Namun, ketika ombak sedang surut, Anda bisa bermain kao ke area agak menengah. Dimana pada area tengah tersebut, Anda akan menemukan kolam yang bisa digunakan sebagai lokasi untuk mengayuh. Kapasitas dari perahu kano yang bisa Anda gunakan pun bermacam macam. Anda bisa memilih untuk satu hingga empat orang.

6. Bermain Pasir

Apabila Anda kesini bersama si kecil, dijamin anak Anda tidak akan pernah bosan.sebab, Anda bisa membawa peralatan bermain di pasir dan mendirikan istana pasir di lokasi satu ini. pasir putihnya yang lembut akan membuat si kecil betah untuk berlama lama dan menghabiskan waktu di lokasi satu ini.

Fasilitas Wisata yang Tersedia di Pantai Drini Gunung Kidul

Fasilitas Pantai Drini
Image Credit: Google Maps (Aris Fadillah)

Jika berbicara mengenai fasilitas, pantai ini tergolong memiliki fasilitas yang lengkap. Hal ini dikarenakan disini, Anda akan menemukan area parkir yang cukup luas. Selain itu, apabila perut sedang kelaparan, Anda bisa menyantap hidangan di beberapa warung makan yang ada di sekitar pantai. Disini, juga tersedia mushola, toilet hingga ruang bilas untuk Anda membasuh tubuh setelah bermain di pantai.

Berbagai aktivitas menarik bisa Anda jumpai ketika berada di pantai satu ini. oleh karena itu, bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu di daerah Gunung Kidul, Pantai Drini menjadi salah satu objek wisata menarik yang bisa dikunjungi. Tak hanya memiliki pemandangan yang memukau saja, Anda pun bisa berwisata dengan berbagai macam kegiatan di tempat satu ini.

Give a Comment